Parenting blogger | Travel blogger | Lifestyle blogger

Mengenal “Excellence”, Proses Edukasi Anak yang Tepat untuk Mencapai Kemajuan Bangsa

review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa


Pertengahan Januari lalu, aku sempat menghadiri rangkaian acara di salah satu pesantren di Pujon, Kabupaten Malang. Saat memasuki gerbang pesantren, aku melihat ada sebuah papan dengan sebuah quotes yang diambil dari Hadist. Bunyinya kurang lebih seperti ini:

"Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian."

Wow! That’s it! Aku tidak memiliki kata lain selain menyetujui kalimat diatas. Sebagai orang tua millennials yang telah memiliki anak, tidak jarang aku ngeri sendiri membayangkan bagaimana zaman anakku kelak. Mengingat kini kita hidup di zaman dimana arus teknologi sangat deras dan mampu memengaruhi perilaku manusia, potensi bonus demografi Indonesia yang sudah di depan mata, serta persaingan global yang tidak terbendung.

Sudah jelas masa depan tidak akan bisa digapai dengan baik jika kita, sebagai orang tua, hanya mengandalkan metode yang sudah ketinggalan zaman. Misalnya saja, mengabaikan potensi anak, memarahi nilai buruk pada pelajaran matematika, membebani dengan kursus yang terlalu banyak, dan lain-lain. Alih-alih makin pintar, yang ada anak justru penat dan tidak enjoy dalam belajar. Padahal, kecintaan anak pada suatu ilmu atau bidang itu menjadi kunci berkembangnya potensi. Jika ia mampu mengembangkan potensi, bayangkan seberapa luas kebermanfaatan yang bisa diberikan untuk manusia lainnya dan untuk kemajuan bangsa.


Tantangan di Masa Depan

Setidaknya, terdapat 3 tantangan yang akan dihadapi oleh anak-anak kita dimasa mendatang, yaitu:
review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Tantangan dan peluang di masa depan



Arus Deras Teknologi

Kemajuan teknologi di dunia sangat pesat dan mampu membuat proses edukasi menjadi lebih mudah dengan media laptop misalnya. Meski demikian, teknologi juga membawa dampak negatif seperti membuat anak-anak menjadi malas bersosialisasi serta kurang peka dengan lingkungan. Jika kita sebagai millennials saja sudah sangat dekat dengan yang namanya gadget, bukan mustahil jika generasi dibawah kita menganggap gadget adalah bagian dari hidup. No gadget, no life!

Pengaruh Kuat Media Sosial

Sering ya kita dengar anak-anak zaman now disebut sebagai generasi nunduk? Tidak hanya mereka, tetapi para orang tua pun juga ikut merasakan nikmatnya berselancar di dunia maya dan berinteraksi di media sosial. Namun bagi anak-anak, hal ini membawa banyak dampak negatif berupa kecanduan. Ada sebuah artikel menarik di Blog EduCenter yang mengupas tentang 10 bahaya pengaruh buruk gadget pada anak. Menguasai teknologi memang penting, tetapi aktivitas di luar pun juga harus berjalan seimbang.

Bonus Demografi Indonesia

Kita sekarang berada di pintu peluang besar kemajuan Indonesia, yakni bonus demografi yang akan didapatkan oleh Indonesia pada tahun 2020-2030 mendatang, dan menjadi momentum pada 100 tahun Indonesia di tahun 2045. Bonus demografi sendiri dapat diartikan sebagai meningkatnya jumlah usia angkatan kerja pada rentang usia 15 – 64 tahun yang mencapai 70%. Sementara 30% sisanya diisi oleh penduduk dengan usia tidak produktif yaitu pada usia < 14 tahun dan > 65 tahun.

Nah, coba tebak generasi apa saja yang akan mengisi masa-masa kritis itu? Yap! Generasi millennials dan Gen Z. Plus satu lagi, generasi alpha yaitu anak-anak kita (termasuk si kecil Mahira hihihi) yang lahir dalam kurun tahun 2011–2020.

Lalu, baiknya proses edukasi seperti apa yang bisa kita berikan untuk anak agar mampu survive sekaligus berkontribusi dalam memajukan bangsa?

Metode "Excellence" Menjadi Pilihan yang Tepat untuk Anak

Tentu tidak ada yang memungkiri pentingnya pendidikan untuk manusia, terutama untuk anak-anak. Konstitusi Indonesia saja meletakkan kalimat “mencerdaskan kehidupan bangsa” sebagai salah satu tujuan bernegara dan mendukungnya dengan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN. Presiden kita yang sekarang, Presiden Jokowi, juga memberikan suara yang sama. Beliau berpendapat bahwa melalui pendidikan, kejujuran, kebersamaan, kesantunan, nilai dan budi pekerti pada anak-anak diajarkan dan bisa menjadi modal kita sebagai bangsa besar yang mampu memecahkan masalah dimanapun, sekaligus mampu memenangkan kompetisi global.

Masa muda adalah salah satu fase kehidupan dimana seseorang punya impian besar, punya cita-cita dan mempercayai dengan tulus bahwa ada cahaya cerah di masa depan. Coba kita ingat-ingat yuk, saat kita masih di bangku TK atau SD dan ditanya mengenai cita-cita, hampir seisi kelas menjawabnya dengan antusias. Dokter! Guru! Astronot! Presiden! Arsitek! Penyanyi! Penari Balet! Dan lain sebagainya. Energi dan keyakinan yang begitu kuat akan masa depan yang cerah tampak jelas dari raut muka dan mata anak-anak muda. Energi yang sedemikian besar itulah yang harus kita alirkan ke pos-pos yang bermanfaat.
review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Anak dan berbagai potensinya

Jangan lupa, waktu mereka sangat singkat! Sebentar lagi anak-anak akan menjadi orang dewasa dan melalui sebuah proses transisi yang akan mengubah pikiran dan pandangannya, bisa jadi sama sekali berbeda. Anak yang telah beranjak dewasa, umumnya akan mampu memahami dirinya, potensi, kelemahan, serta berbagai peluang untuk sukses. Saat itulah proses edukasi yang tepat mengambil peran besarnya.

Nah, salah satu metode yang bisa diterapkan oleh orang tua adalah Excellence. Iya, ini aku sendiri yang bikin singkatan hihihi. Apa aja detailnya, yuk simak dibawah ini:
review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Metode "Excellence"


1. Excavate the potential (Menggali Potensi). Manusia diciptakan dengan keunikan yang berbeda-beda, dengan potensi sekaligus kelemahan yang berbeda pula. Kita tentu sering mendengar kalimat focus on strenght dalam mengedukasi anak, salah satunya dengan memahami dan membantu anak mengembangkan potensinya. Jika kita sebagai orang tua mampu memahami anak, tentu harapannya di masa depan ia tidak tersesat, salah arah, serta happy dalam menjalani pekerjaan dan kehidupan di masa mendatang. Selengkapnya, ada artikel menarik mengenai step by step mengenali bakat anak di halaman ini.

2. Easiness in facility (Kemudahan dalam Fasilitas). Fasilitas itu tidak harus mahal, lho! Mudah saja, misalnya si kecil suka musik, maka kita fasilitasi dia untuk belajar alat musik. Kalau sukanya corat-coret dan membaca, sediakan kertas, buku, pensil warna dan crayon sebagai media untuk mengeksplorasi potensinya.

3. Light up their activities at school (Dukung aktivitas anak di sekolah). Terkadang, anak-anak menemui banyak kesenangan juga hambatan di sekolahnya. Dengarkan ia, berikan apresiasi dan tanggapan sebaik mungkin atas ceritanya selama di sekolah. Misalnya dia mendapat nilai yang buruk pada salah satu subjek pun, ada baiknya bunda tidak perlu buru-buru marah. Mungkin saja potensinya bukan disitu, atau mungkin ia memerlukan pelajaran tambahan di luar kelas.

4. Let Them Know Some Courses (Kenalkan dengan Lembaga pendidikan Non-formal). Umumnya, anak-anak mulai dari TK (bahkan ada juga yang sejak play group) hingga SMA, akrab dengan aktivitas pendidikan non-formal seperti lembaga kursus. Ada baiknya bunda memilihkan lembaga kursus terbaik untuk anak sesuai dengan minat serta bakat yang dia miliki.

5. Nurture Their Happiness of Studying (memelihara kebahagiaan saat belajar). Sudah bukan zamannya anak harus dijejali pelajaran mulai pagi sampai malam non-stop dan kehilangan waktu bermain, family time, serta bersosialisasi. Bantulah anak untuk mengatur waktu dengan baik agar ia tetap menikmati proses belajar. Jika anak bahagia, tentu lebih mudah dalam menyerap wawasan baru, kan? Boleh lah kita sontek model edukasi di negara maju yang menitikberatkan pada kebahagiaan anak didik dalam belajar, selain itu metode ini sudah teruji efektif mampu meningkatkan daya serap anak kepada materi yang diberikan, lho!

6. Meet EduCenter (mengenal EduCenter). Indonesia beruntung sekali memiliki mall edukasi pertama di Indonesia bernama EduCenter dengan konsep “one stop excellence of education”. Konsep yang sangat menarik ini setahuku, baru satu-satunya di Indonesia dan ada di BSD City. Beruntung sekali warga yang tinggal disana, ya!


Mengenal EduCenter, Mall Edukasi dengan Konsep "One Stop Education of Excellence"


Kesan pertama yang aku dapat saat berselancar di www.educenter.id adalah WOW! Ada nih konsep orisinil macam ini di Indonesia? EduCenter bisa menjadi jawaban berbagai problematika orang tua dalam memilih proses edukasi yang tepat. Potensi yang bisa dimaksimalkan, fasilitas yang memadai, kenyamanan, kebutuhan sosialisasi anak yang terpenuhi, dan yang paling penting, anak bisa belajar dengan nyaman.

Wah, kok bisa begitu?


review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
6 Keunggulan EduCenter


Aku eksplanasikan beberapa poin yang menjadi keunggulan EduCenter ini ya, keep scrolling ya Bunda 😉

Konsep Orisinil

Saat masih kecil, pernahkah Bunda diminta ikut les ini itu oleh orang tua? Atau coba tengok kanan kiri, adakah anak-anak yang kelelahan karena full day school dan masih harus mengikuti kursus ini itu? Nah, EduCenter telah melakukan survey dan menganalisanya bahwa rupanya ada common problem dikalangan orang tua dan anak.
review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Problematika orang tua dan anak yang umumnya tinggal di wilayah perkotaan


Dengan waktu yang dihabiskan anak-anak, mereka nyaris tidak bisa mendapatkan family time dan sudah pasti kelelahan. Kalau sudah gini, yakin pelajaran bisa diserap dengan efektif?

Inilah konsep yang EduCenter tawarkan:
review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Solusi oleh EduCenter









Solusi yang diberikan oleh EduCenter berupa perjalanan antar lembaga kursus, biaya, serta kelelahan fisik anak-anak kita. Sebagai gantinya, EduCenter yang mengusung konsep "One Stop Education of Excellence" menawarkan berkumpulnya lembaga kursus dalam satu atap (kita tentu bisa memilih beberapa atau bahkan semuanya!), waktu yang lebih efisien, serta stress-free. Manfaatnya sudah terlihat didepan mata, seperti efektivitas waktu, anak bisa lebih fokus, hemat biaya, lebih nyaman dan aman, serta potensi anak jadi bisa terasah maksimal. Detail mengenai hal ini, bisa disimak dalam video dibawah ini ya:





review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Ada 5 manfaat kursus di EduCenter



Terdapat 20 Kursus di EduCenter

EduCenter memiliki lebih dari 20 tempat kursus dan 1 pre-school. Kursus yang diberikan tidak terbatas pada pelajaran di sekolah saja tetapi juga ada kursus yang membantu mengembangkan potensi anak yang lain. Selain itu, dengan banyaknya lembaga kursus serta fasilitas pendidikan, EduCenter mengakomodir anak mulai dari TK sampai dengan mahasiswa. Sebab, didalamnya terdapat Pre-School (TK), kursus bahasa Inggris, kursus Bahasa Mandarin, kursus masak dan membuat kue, kursus balet dan dancing, kursus matematika fisika kimia, kursus sempoa dan calistung, kursus art dan menggambar, kursus musik, sekolah pilot dan penerbangan, university preparation (uniprep), dan kampus UIC College untuk siswa yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri.
review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Berbagai tenant di EduCenter


Fasilitas Lengkap

Tidak hanya tenant, ada berbagai fasilitas lain di EduCenter seperti cafe, foodcourt dan restoran, minimarket, tempat ibadah, serta ATM Center. Semua fasilitas itu berada di satu atap gedung yang eksklusif dan sangat kondusif untuk proses belajar anak-anak. Orang tua atau nanny yang mengantar pun pun tidak lagi jenuh menunggu.
review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Gedung EduCenter



Mudah Dihubungi


EduCenter menyadari bahwa konsep yang sangat menarik ini pasti memikat banyak pihak. Para orang tua, anak-anak, maupun pebisnis bisa menghubungi EduCenter di berbagai opsi seperti telepon, email, website, sosial media, dan lain-lain.
review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Hubungi EduCenter disini


Banyak Event

Sebagai lembaga pendidikan non-formal yang berkualitas, EduCenter pun tidak jarang mengadakan berbagai events untuk anak-anak berbagai usia. Events tersebut dapat dijumpai di sosial media EduCenter seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Tidak hanya events berupa selebrasi saja, ada juga berbagai kompetisi yang diselenggarakan di EduCenter.
edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Event di EduCenter

review educenter, kursus educenter, lomba blog educenter, edukasi sebagai kunci kemajuan bangsa
Kompetisi di EduCenter


Lokasi Strategis

Lokasi EduCenter berada di kawasan perumahan elit BSD City. Lokasinya terbilang strategis, dengan dikelilingi oleh 31 institusi pendidikan dan 4 cluster perumahan. Sehingga, sudah pasti sangat mudah ditemukan dan dijangkau oleh anak dan orang tua.

Harapan untuk EduCenter

Sebagai orang tua millennials yang tinggal di luar Jabodetabek, tentu aku mengharapkan EduCenter ini bisa berkembang dan membuka cabang di kota lain. Malang misalnya, hehe.


Kolaborasi dari metode Excellence dan EduCenter bisa menjadi jawaban bagi para orang tua zaman now, terutama mereka yang tinggal di wilayah urban, agar bisa memaksimalkan potensi anak dengan baik, anak pun nyaman dan senang menjalani proses belajar, dan tentu saja harapannya di masa depan kelak, mereka bisa menjadi salah satu orang yang berpartisipasi dan menjadi kunci kemajuan bangsa.

Yang bangga, tentu kita juga kan? 😊

---

Referensi materi:
http://www.educenter.id/
http://nakita.grid.id/read/0210095/8-fakta-tentang-generasi-alpha-yang-mama-wajib-tahu?page=all
https://lifestyle.kompas.com/read/2015/10/03/174041923/8.Jenis.Kecerdasan.Anak.dan.Cara.Mengembangkannya
http://presidenri.go.id/berita-aktual/sdm-kunci-kemajuan-bangsa.html

Catatan: semua editan adalah milik dan kreasi pribadi, foto-foto diambil dari website EduCenter (www.educenter.id)


11 komentar:

  1. Balasan
    1. sama-sama mbak tira, semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  2. Lengkap bgt ya EduCenter ini. Mampir blogku juga yuk Mbak 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mbaaa, berharap ada di Surabaya atau Malang hihihi. siap mba, otw ke rumahnya :)

      Hapus
  3. Semoga ke depannya bisa hadir di kota-kota di luar jakarta.
    Surabaya atau bahkan Malang gitu lah, biar bisa sering-sering berkunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat banget mba Nanik, itu juga yg jadi harapan ku :D salam kenal, mbak :D

      Hapus
  4. Lengkap ya di Educenter sangat membantu orang tua biar makin melejitkan potensi anak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, alhamdulillah ya ada konsep seperti ini di Indonesia :)

      Hapus
  5. Semoga ada juga educenter seperti ini di kota lainnya. Ide yang hebat! Bisa di satu tempat begini memudahkan anak dan orang tuanya dalam pengembangan bakat, minat dan potensi sejak dini.
    Terima kasih sharingnya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. betul bgt mba, kayaknya itu jadi harapan orang banyak ya hihihi. Sama-sama mba, terima kasih sudah mampir 🤗

      Hapus
  6. Waw menarik ya Bun konsep belajarnya. Jadi penasaran saya, soalnya sekarang banyak sekali metode belajar baru dan semuanya hampir ramah anak. Membuat saya ingin melihatnya satu2

    BalasHapus