Backpacking time! first destination: Jogjakarta.

Sebenernya kalo ngomongin Jogja udah cukup tau tentang beberapa sudut kota ini. kira-kira sejak SD, udah 5x aku kesana, entah itu sama ortu, keperluan tes dan verifikasi UGM (dan akhirnya ngga lolos -____-), dan study tour. tapi yang ini berbeda.
esensinya adalah terletak pada backpackingnya.
ya, aku kesana ama temen-temen gila di FH (sista, dina, atika). enaknya backpacking, pasti ada hal-hal yang seru dan jelas unforgettable. aku memang menghindari naik travel. soalnya enggak seru dan pasti bosen, tempat yang dikunjungin juga itu-itu aja. nggak ada seni nya. seni nyasar, seni bertanya-tanya, seni malu-maluin :D
berhubung dari kami berempat yang udah cukup sering ke Jogja hanya aku, cukuplah aku yang jadi tourguide nya mereka hehe.

ki-ka: atika, sista(yg berjilbab biru), dina, aku :)

Ke Jogja kali ini kurang lebih memakan biaya 500ribu, itu udah termasuk nginep di mess BTN yang super murah (20 ribu semalam). kenapa murah? karena sodara dan ayahnya dina kerja di BTN hehe..dan memang itu mess nya khusus orang BTN. sebagai newbie backpacker, kami cukup boros di transport. karena kami naek bis patas SBY-Jogja. memang nyaman, enak, dapet makan, dan terjamin lah. harganya 63ribu. menurutku sih, kalo backpacker ya biasanya cari yang levelnya ekonomi lah, menghemat duit hehe. tapi aku, sista ama atika paling ngga tahan ama asap rokok, jadilah kami memilih bis patas.

So, here we go...

Hari pertama, 11 Juli 2011

Kami udah janjian kumpul di bungurasih jam 6, tepat kita dateng (aku dina sista) ada bis eka nongkrong yg ke jogja. Pas bgt! Sayang atika belom dtg. Eh dia dateng, bisnya keburu berangkat. Kami nunggu bentar kira" 15 menit dtg lagi bis eka, tp yg jurusan magelang, juga ngelewatin jogja. Akhirnya ya cus naik deh..

Sebelumnya, aku udah bilang ama sista yg tukang beser kalo bisnya ngga ada toiletnya, jadi dia jangan minum banyak-banyak. Eh ternyata yg kebelet pipis malah dina ama atika. Atika sih masih bisa stay cool, tapi dina udah gupuh dewe. Dia udah ngeluh :aduh sakit rek kalo diempet", akhirnya dia request ama pak kernet buat mampir pos bensin. Pak kernetnya hanya mengiyakan, tapi ternyata udah 4 pom bensin kita lewatin begitu aja, dina tambah ketar ketir ama megangin perutnya. Begitu pak kernetnya lewat lagi, dina request lagi, akhirnya di daerah madiun bis berhenti, aku ikut skalian juga, ngacir ama dina n atika. Pak supirnya teriak, cepetan ya! Haha, jadi kami kencing itu ditungguin, udah gitu di toilet banyak beberapa anak SMA yg teriak" ga jelas. Setelah kita kencing, eh nggak bayar, parah dah! Kami lari" dr toilet ke bis dan otomatis di liatin seisi bis, haha malu banget..begitu masuk bis dina udah ketawa" lagi, ama bilang, babah ta mene yo gak ketemu lagi. Haha..

Alright, perjalanan berlanjut dan sesuai dengan saran temennya dina, kita berhenti di bawah jembatan laying janti dan lanjut naik Trans Jogja. Jalan beberapa meter, ketemu deh halte TransJog. Setelah nanya ama petugas, TransJog 1A bisa mengantarkan kami langsung ke malioboro. Dari malioboro ke mess BTN, ternyata cukup jauh, yaa kurang lebih 1 km. malamnya, langsung capcus jalan ke malioboro :D

Hari kedua, 12 Juli 2011.
Pagi ini kami memutuskan untuk pulang tanggal 14 pagi saja, dengan pertimbangan kalo pulang sore tanggal 13, nyampe sby/malang nya pasti malem, and that’s not good for girls-newbie-backpacker (asli, maksa banget istilahnya). Hari kedua ini rencana ke candi-candi, yakni Borobudur dan Prambanan. Kalo ke Borobudur, jujur aku rada bosen. Hampir setiap ke Jogja selalu ke candi ini, dan interestku ama Borobudur cuman ama turis-turisnya dan posisi candi megah yang terletak diantara perbukitan. Tapi, buat sista tentu lain cerita, berhubung this is her very first time. Jadi keliatan banget excitednya! Di Borobudur, as usual, selalu mencoba ngobrol ama bule-bule. Diantara semua turis yang kami temui, kami berempat terpaku ama si Japanese Man 23 years old yang kami lupa nanyain siapa namanya. He’s so cute and soooo formal! Bayangkan, ke Borobudur yang terletak di antara perbukitan jelas-jelas pasti panas, dia pake kemeja, celana kain, dan membawa tas layaknya orang kerja. Yang teringat jelas dibenak ku adalah keringetnya yang segede-gede biji salak. Haha lebay.. ngga henti-hentinya dia kipas-kipas plus ngobrol ama guidenya. Sayangnya, dia ngga seberapa bisa bahasa Inggris. But, he’s the very first Japanese tourist that paused my eyes :p

Untuk perjalannanya, kami memulai dari malioboro, berhubung memang itu halte terdekat dari tempat kami nginep dan nyari sarapan. Dari malioboro, ternyata ngga ada TransJog yang langsung ke Jombor, jadi harus transit dulu. Ada sih, tapi nunggunya lama banget. Jadi kami naik 3A transit di PKU Muhamadiyah trus lanjut naik 2B yang turun di terminal Jombor. Dari terminal Jombor, ada 2 pilihan bis. Saya sarankan, naik aja bis yang langsung ke terminal Borobudur, ada banyak bisnya. Pokoknya ada mutiara-mutiara gitu kalo ga salah. Kalo ragu, Tanya aja ama informasi atau pedagang di situ. Pilihan lainnya adalah naik bis jurusan Jogjakarta-magelang. Sangat tidak saya sarankan, soalnya bis ini berhenti di terminal muntilan, ntar malah ribet kalo mau ke Borobudur, naik angkot lagi. Btw supir bisnya parah! Motor udah diserempetin aja tuh..haha tarifnya yaaa lumanyan lah, 10ribu rupiah. Baliknya, juga ngga ada bis yang langsung ke Prambanan. At least, kami balik ke Jombor. Dari jombor ke Prambanan juga ngga bisa langsung, harus transit 2x. pertama naik 3B (kalau ngga salah) ke condong catur, baru naik 2A (kalau ngga salah juga hehe) yang transit di Meguwo. Setelah itu naik 1A yang bisa berhenti di terminal prambanan. Awalnya, dina ama atika ogah-ogahan diajakin ke Prambanan. Dina ngga mau soalnya menghemat, sedangkan atika, dari raut wajahnya ketebak banget dia suntuk. Entah suntuk dengan hal lain atau dia capek..hehe tapi akhirnya mereka ikut juga dan ujung-ujungnya takjub juga ama keindahan prambanan. Pengalaman pribadi sih, aku baru 2x ke prambanan. Yang pertama dulu, waktu masih kelas 4 SD dan langsung jatuh cinta ama suasana disini.

Dibandingkan Borobudur, aku lebih suka Prambanan. Memang, ukuran candinya lebih megah Borobudur, tapi menurut aku Prambanan lebih mengesankan. Selain dari bangunannya yang menjulang tinggi, aku tertarik sama nilai legendanya, yakni Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Aku masih inget betul gimana Ibu nyeritain itu semua ke aku, dan aku kroscek ama legenda yang beredar. Saying sekali, langit diselimuti awan hitam. Memang nggak hujan, tapi mendung. Dan mendung menyembunyikan sunset dari penglihatan. It means that I have to save my target :|
Sepulang dari prambanan, kami naik TransJog 1A yang langsung turun Malioboro. Kami ditraktir ama atika naik becak (as I said before, she’s tired of being a steet walker! Hahahha kidding ton). Seolah masih punya segalon tenaga, malamnya kami berniat untuk jalan-jalan di alun-alun utara dan alun-alun kidul. Kata dina, ngeliatin orang pacaran..aaakkaka. berkat saran mang Ngkus (yang jaga Mess BTN) ada persewaan sepeda onthel di sekitar jalan pasar kembang. Berangkatlah kami kesana. Eh ternyata di daerah sostrowijayan juga ada, tepatnya di hotel kartika. Mereka menyewakan motor (50tibu per 24 jam) ama sepeda (20ribu per 24 jam). 4 sepda kami kantongin dengan jaminan KTP ku. Baaah ngimpi apa coba nggowes malem-malem di jogja.. haha. Berangkatlah kami ke alun-alun utara lanjut ke alun-alun kidul. This is our very first time, FYI. Dan pulangnya, seni dari backpacking pun kami temui: NYASAR. Lebih tepatnya NYASAR JAUH. Sapa yang bikin nyasar? I guess they will point me.

Di alun-alun utara, ternyata beberapa pemuda dan orang-orang yang memakain baju khas jogja (aku kurang tau mereka abdi dalem keratin atau gimana) semacam bikin sesajen dan bawa bendera Jogjakarta. Dari gelagatnya, udah kayak lagi persiapan demo. Aku Tanya ama salah satu pemuda di sana. Dan ternyata bener. “Iya mbak, kita mau demo. Biar pak SBY nggak tenang tidurnya di istana negara situ,” pemuda itu jawab dengan santainya. Oooh aku baru tau, jadi Pak RI 1 lagi ada di Jogja dan secara otomatis, boboknya pasti di istana depan benteng vredeburg itu. Salut juga sih ama konsistensi masyarakat jogja. Dimana-mana ditempel spanduk tentang “penetapan berbasis Ijab Qobul” ada lagi “Rakyat Jogja siap tumpah darah mempertahankan Penetapan” dan yang lain “Jogjakarta siap REFERENDUM”. Nggak main-main nih ancamannya. Saying, peserta demo pada malam itu sedikit. Tapi keesokan harinya..beeeh. lanjut dulu dah.

Sista, yg lain demo eh dia minta dipotoin -,-

me and sista :D

Hari Ketiga, 13 Juli 2011.
Ini hari dimana kau-terbangun-dengan-pinggul-nyeri-akibat-ngontel.
Serius! Sadel sepedanya kali ya yang nggak nyaman, pinggulku sakiiit banget. Ternyata nggak aku aja, atika mengalami hal yang sama juga. Akhirnya aku putusin buat tuker sepda cewek. Dan ternyata di persewaan sepeda ngga ada stok sepeda cewek. Jadilah aku pake sepeda wimcycle yang pendek..akakak konyol, mana aku pake rok.

Selain itu, hari ini mungkin hari demo-nya Jogja. I named it, because I saw 4 demonstration on this Wednesday. Pertama, demo soal buruh, tentang kecaman terhadap UU Jaminan Sosial. Kedua, demo yang mengangkat tema sama. Ketiga, demo dari kawan-kawan UGM yang kalo ngga salah, juga mengangkat tema yg sama. Baru sekitar agak sore, demonya masyarakat Jogja yang tentu saja membicarakan soal Penetapan Keistimewaan DIY. Sang orator, yang aku rasa dialah yang menamakan dirinya Relawan Referendum, mengungkap bahwa mereka harus bertemu SBY dan membicarakan hal ini lebih lanjut.
SBY sendiri, pagi ini berangkat ke muntilan untuk menghadiri pelantikan TNI AU (dari informasi pak polisi, sih..). keberangkatan SBY diiringi oleh anak-anak SD dan SMP yang melambaikan jalan dipinggir jalan, termasuk dina, sista, atika. Aku sendiri sibuk mengabadikan :D

Rabu ini, wisata kami lanjutkan ke Benteng Vredeburg. Berkat ada rombongan dari beberapa, yap boleh diulangi, BEBERAPA murid-murid SD dan SMP yang juga mengunjungi benteng, otomatis rame banget dan mereka masuk berebutan. Dina nih yang paling bisa mengambil kesempatan. Langsung dia ajak aku, sista, ama atika ikutan nyusup diantara precil-precil ini. daaaan ketebak banget, kami masuk nggak pake tiket! Uhuy.. haha bahkan waktu masuk diorama pun juga ngga diminta tiket. Asoy banget dah..
Setelah itu, kami lanjut ke keraton, museum kereta keraton, dan Taman Sari. Keraton sendiri, awalnya aku kira kalo masuk lewat utara, yang harga tiketnya 3ribu, bisa tembus ke keratin yg utama. Ternyata tidak, sodara… jadi kalo mau ke keratin yg utama itu harus bayar lagi, sebesar 5000 rupiah untuk wisnus dan 12.500 untuk wisman. Rugi 3 rebu nih sodara…
Lanjut ke museum kereta yang mengoleksi beberapa kereta kerajaan yang unik dan well, mungkin sedikit mistis.

Terakhir, ke Taman Sari, tempat pemandian raja, ratu,d an selir-selirnya. Bagus sih, airnya dan suasananya. Tenang gitu. Sayang banget ada beberapa bagian yang penuh coretan-coretan nggak penting seperti I love you, Rini..dan lain-lain. Ada juga yang ketangkep basah ama kameraku lagi pacaran dan ‘meraba-raba’ satu sama lain. Akakakakka..
Setelah itu, kami lanjut ke malioboro buat belanja titipan ama barang-barang yang kami pengenin. Sebelumnya, udah masuk ke pasar beringharjo sih, cuman barangnya lebih mahal dan nggak bisa ditawar setengah harga. Berhubung nggak ramah kantong, kami urungkan niat deh belanja di beringharjo. Kalo soal kualitas, memang lebih bagus di beringharjo daripada di malioboro.

Berhubung pinggulku sakit dan aku tampak konyol naik sepeda kecil, aku tuker lagi sepeda ini ama sepeda tua. Seru banget, dari 3 sepeda yang aku naikin, I love the vintage bicycle! Remnya pakem, bunyi belnya juga so old. Seru !
Sesudah belanja, kami lanjut ke pabriknya bakpia, dan aku memborong bakpia rasa keju, coklat, dan kacang ijo masing-masing 1 kardus yang berisi 20 biji.
Setelah itu, kami lanjut nongkrong di malioboro bentar sambil menikmati music jalanan. asli yahud..perpaduan angklung, drum kecil dan alat music dari bamboo yang sangat easy listening. Sekitar jam 20.30, sista dan dina ngajak balik ke kosan. But I really need to spend more time in this street. Akhirnya, aku minta mereka duluan, sementara aku pengen keliling dulu sampe BTN sambil motret. Eh si atika pengen ikutan. At least, dina sista balik duluan ke kosan (I’m wide understand that they so tired and sleepy) sementara aku ama atika menyusuri jalan malioboro sampe jam setengah 10 malam. Di tengah jalan, kami berdua dihibur lagi oleh pemusik jalanan. namanya Calung Funk, menurutku mereka lebih bagus dari yg sebelumnya. Kompakan pake baju warna kuning dan mainnya rapi banget. Asik dah pokoknya..aliran lagunya macem-macem. Ada yg pop, dangdut, dan DK. Apa itu DK? Tanya aja sule :D

Last Day, 14 Juli 2011.
this is the time to say "yaaaah.." or "yeah, finally!" haha..
We have nothing to visit. Selain udah ngga ada tenaga, duit juga udah kempes..hehe. karena duit kempes, sarapannya di angkringan deh. Lumanyan, 4000 rupiah udah bisa ngeganjel perut. Selesai sarapan, capcus kami ke terminal malioboro 1 naik TransJog 3A jurusan terminal Giwangan. Dan udah tiba saatnya mengucap selamat tinggal buat Jogjakarta.
This is really very amazing trip, as a newbie backpacker like me.

by the way, karena koneksi internet yang kurang bersahabat, sharing foto ajdi ke pending. Actually I have some awesome pictures to share (memuji hasil jepretan sendiri). just wait.. :)