Rabu, 23 November 2011

Batam, episode 4

Puas seharian pelesir dan makan-makan gratis, hari ini (2 oktober 2011) pagi kami dijadwalkan untuk agenda bersih-bersih pantai di salah satu pantai di Batam. Nama pantainya Batu Besar, engga terlalu ramai oleh wisatawan sih. mungkin karena ombaknya kurang menarik, ya sejujurnya memang ngga ada ombak ._. jadi kebanyakan yg mengunjungi ya keluarga yang membawa anak-anak kecil, karena pantai ini relatif aman kalo dipake anak balita berenang. tapi selebihnya, pantai Batu Ampar ini asik kok untuk doing nothing alias ngaso, leyeh-leyeh ngga jelas. hanya saja fasilitasnya perlu diperhatikan lagi oleh pemerintah batam. By the way, pagi ini cuaca di dermaga cerah sekali, bahkan aku bisa ngelihat Singapore loh! heheheh.

nah itu, keliatan singapore-nya!

kepiting almarhum

Pantai Batu Besar
setelah bersih-bersih pantai, langsung capcus ke lokasi pembuatan kapal di kampung becek. unik ya, memang kampung tersebut dinamakan kampung becek karena jalanan disana memang becek almost everyday. tanahnya juga merah gitu. sejujurnya aku ngga terlalu tertarik mengunjungi pembuatan kapal ini, karena penjelasannya juga kurang jelas, aku hanya bisa nyantol sepotong-sepotong. jadilah aku dan beberapa peserta yang sama-sama boring pota-pota di sekitar kapal. eh ngga tau nya kapten umar ngelihat dan melototin kami sambil naruh jari telunjuk kanan di dahi. bahasa tubuh yang mengartikan: mikir dong pake otak! hahahah bau-bau nya bakal kena semprot nih ntar malem. I'll tell about kapten Umar later, ya! he's the star! hahahah btw KRI ternyata gede banget lho, aku aja ngga sampe nyentuh angka "642" nya..

hari ini temen-temen dari KPN dijadwalkan balik ke kapal dan mengakhiri homestay mereka di pulau panjang. tapi sebelum itu, mereka dikasih kesempatan buat jalan-jalan di nagoya mall dulu, begitu pula kami. Sekitar jam 4an, peserta LNRPB langsung cabut ke nagoya mall, apalagi coba kalo ngga shopping! hehehehe. btw harga baju disini bisa di nego, biasanya kan kalo di mall-mall gitu mana bisa nego.. gadget di batam juga dijual cukup murah, karena memang produk-produk yang masuk ke Batam ngga dikenakan pajak, jadi harganya jatuh lebih murah. tapi sayangnya cuman garansi Toko, ya nanggung amat..mana berani beli aku.

***

at Oktober, 3rd 2011, we have to leave this beautiful land.
peran parade dilaksanakan pukul 12.00, dan para ABK lagi sibuk mindahin minuman kaleng buatan Malaysia yang banyak banget untuk diangkut ke kapal. dari seluruh destinasi yang kami datangi, aku paling salut sama penyambutan di Batam. sebagai peserta yang ngikutin seluruh acara di Batam, aku merasakan betul pemerintah kota Batam bener-bener all out dalam penyambutan, serasa bener-bener jadi tamu kehormatan. hehehehhe. thank's Batam! I'll be back soon, insya Allah!

sebelum peran parade, kami dikasih "hadiah" . Yak, hadiahnya tak lain tak bukan adalah DANGDUTAN sodara-sodara.. siang-siang bolong di suguhin dangdut, mana asik. tapi berhubung ada kapten umar yang juga ikut dangdutan, jadi seru deh.
setelah kapal lepas dari dermaga, seperti biasa, kegiatan untuk mengisi kejenuhan di kapal adalah materi. Kali ini materi disampaikan oleh Pak Panca dari kemenpora. beliau chubby nan imut, tapi sudah tua. materi yang beliau bawakan tentang sosialisasi UU Kepemudaan. dan waktu sesi tanya jawab, seperti biasa, naluri mahasiswa kami pada meronta pengen keluar. hehe

sekitar pukul 17.00, ditengah-tengah sesi tanya jawab termin kedua, tiba-tiba ada alarm bunyi, seinget aku waktu penjelasan simulasi peran peninggalan kapal, alarm ini adalah alarm tanda bahaya. bener aja, setelah itu ada suara "KAPAL MENGALAMI KEBOCORAN..KAPAL MENGALAMI KEBOCORAN" langsung deh seisi ruangan pada panik. tapi aku enggak. heheheh soalnya sebelumnya udah dapet bocoran kalo bakal "dikerjain".
ngga lama, terdengar aba-aba kalo bakal melakukan peran peninggalan. yang sadar kalo lagi "dikerjain" ternyata ngga cuma aku, malah lebih banyak hehehhe. segera, kami disuruh ngambil live vest masing-masing dan alat kelengkapan lain yang sudah dipraktikkan dalam simulasi. trus disuruh ke deck paling atas, menuju life craft  masing-masing. bodo nya aku, peralatanku ngga lengkap. malah, setelah kami dikumpulin di helideck, peserta cewek ngga ada yang memakai alat kelengkapan dengan lengkap. entah karena gupuh atau emang udah tau kalo dikerjain. jadilah kami diomelin sama pak Agus. Walaupun salah, peserta cewek ngga dihukum berat, cuman disuruh melengkapi aja. enaknya jadi cewek..hehehhe! Tapi omelan tersebut hanya berlangsung sementara..malah setelahnya, beliau bilang,
"untuk mengakhiri sore hari yang cerah ini, marilah kita tutup dengan....burung bangau"
yailah! bagi yang belom tau, ini nih liriknya burung bangau:
burung bangau terbang tinggi
soleram njot..njotan!
gue sabit kagak kena-kena
soleram njot..njotan!
2x
lirik yang kedua dibuat slowmotion. udah gitu, jogetnya unik banget! saya sih udah kenal joget+lagu ini sejak SMA, tapi waktu diajarin lagi ama orang-orang TNI AL dan ngelihat respon temen-temen yang capedeee , burung bangau berasa lucu lagi!
malam harinya, ditutup oleh siraman motivasi dan rohani yang mengharu biru. sukses membuat seisi kapal, bahkan termasuk para perwira kapal yang cewek, nangis bombay. ya biasa lah efek motivasi, tapi karena kali ini motivasi trainingnya di kapal, jadi berasa beda. hasilnya, kami menjadi lebih dekat secara emosional satu dengan yang lain :)
serong kiri berjamaah!

burung bangau in action!

*panic*
kak ison, lengkap banget nih!
>> to be continued..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow me @nabilladp