Jumat, 02 Desember 2011

Cuban Talun Waterfall: the sweet escape

Terkadang hal yang tidak direncanakan justru memberi kenikmatan yang luar biasa.

Ya, memang begitu adanya. Selasa, 29 november 2011 kemaren, aku memang seharusnya ikutan survey diklat FKPH. tapi mendadak gak bisa, karna harus dateng rapat evaluasi study ekskursi. Batal deh...
di luar dugaan, rapat nya berjalan sangat cepat dan efisien. Sekitar pukul 13.00, rapat udah kelar, temen" juga udah pada siap untuk survey diklat FKPH.

Aku boncengan sama Atika, Dina sama Surya, Sista sama Irham. seharusnya sista sama atika gak perlu ikutan sih. Sista bukan anggota FKPH, sedangkan Atika, itu calon anggota FKPH. ya seharusnya Atika nggak boleh tau dulu dong tempat diklatnya. Tapi, dia pengecualian lah. kalo gak ada dia, aku sama siapa dong? hehe berhubung belom punya SIM :p

Deket aja sih sebenernya, perjalanan kurang lebih 30-45 menit dari kampus. Lokasi nya setelah sengkaling. Kalo dari malang, ya arah Batu, trus naik ke arah cangar. nanti ada papan penunjuk nya ke Cuban Talun.

Kau akan menemukan ini di pintu masuk :)

Berkeliling disekitar area outbond dan rumah warga di Cuban Talun, terlihat jelas bahwa tempat wisata ini masih dikelola oleh warga sekitar. Lokasi outbondnya cukup luas. Ada kakek tua yang menjaga di tempat parkir namanya mbah Sumari, beliau lahir sekitar tahun 1933. Tua banget ya?
Beliau cerita kalau dulu pernah ada siswa yang meninggal di area outbond karena kejatuhan pohon pinus. Dan akhirnya lokasi tersebut dibuatkan tugu kecil. Hiiii..

lokasi outbond sekitar bendungan

jalan setapak menuju waterfall
Lokasi outbond dengan air terjun nggak berdekatan. Udah gitu, aku kira air terjun cuban talun ini 11-12 ama cuban rondo medannya. ternyata enggak, sodara..
mungkin karena cuban rondo sudah di aspal dan dikelola dengan baik ya, sedangkan jalan menuju cuban talun bener-bener masih alami banget.
ada 2 cara kalo mau ke air terjun, pertama lewat hutan, atau nyebrang sungai kecil. Aku sama temen-temen memilih rute nomer 2 PP, alasannya: lebih seru.hehe trek nya juga cukup curam. tapi tetep aja untuk mencapai air terjun harus menempuh trek singkat yang licin dan berliku. Namanya juga ngga terlalu direncanakan, jadilah aku masih membawa laptopku di tas. Mana ada mau trekking malah bawa laptop hehe. Total, aku jatuh bangun sekitar 6 kali. Jangan jaim ya! berani kotor itu luar biasa! Seru to the max!

menuju waterfall, masih di rerumputan udah ditemui sampah

harus lewat sini nih!

keliatannya kecil ya? tapi jangan salah, kedalamannya se-lutut lho. kalau arus lagi deras, lebih baik menyebrangnya dengan berpegangan tangan aja satu sama lain
udah pada nyeker nih
Siang itu yang menempuh trek bener-bener hanya kami ber enam! wuu asik banget serasa alam milik sendiri. hehehe! waktu itu juga ngga seberapa panas, lha wong udah mau sore. agak gerimis dan mendung juga, mungkin itu yang membuat jalan agak licin.
ada spot untuk menikmati view seperti ini lho! super!
jalan setapak menuju air terjun. masih jauuuh!

udah jatuh bangun turun, eh wrong way! --"

jalan yg masih bener-bener asri.
udah deket nih!

the destination!

narsis dikit

self timer picture that I loved so much! btw, setelah foto ini diambil, kakinya Surya (baju putih) digigit lintah! hiiiii.. sekitar air terjun juga masih ada sampahnya. sayang sekali..
Kami disana nggak foto-foto terlalu lama, begitu Surya kena lintah, langsung pada bubar semua. hehe. Btw, air nya coklat gitu sodara..nggak bening seperti di Cuban Rondo. Mungkin karena faktor cuaca penghujan juga ya dan kebersihan yang memang belum sepenuhnya terjaga. Tapi arus derasnya sih kurang lebih sama seperti cuban rondo. tebingnya juga bagus banget! Pokoknya ngga rugi deh!

Waktu naiknya lagi nih yang berat..aku sama atika sukses berada dalam barisan paling belakang, apalagi atika, dikit-dikit berhenti. hehe. kurang lebih, kami menghabiskan waktu+trekking PP selama 1 jam. Setelah sampai di parkiran, langsung deh menyerbu warung gorengan!
kami sampai di parkiran kurang lebih pukul 16.00 WIB. dan jam segitu, masih ada pasangan anak muda yang masuk. Waah waaaah, langsung deh pada negative thinking semua! hehehhehe.

quotes of the episode:
Well, sometimes if you need to feel the rainbow, you have to punched by storm.

2 komentar:

  1. maklumlah jiiiik
    badan segede gambreng kaya aku ini wajar kalo capek. lagian udah lama gak trekking ke gunung. udh setaun pula -.-

    BalasHapus
  2. hahha yoiii, nextime trekking lagi lah :D

    BalasHapus

Follow me @nabilladp