Sabtu, 03 Maret 2018

8 Peralatan MPASI buat Makmak Medhit dan Irit




Bunda yang sebentar lagi memasuki usia MPASI pasti galau. Iya ndak?

Gemana endak.. masih mikir menu, mikir perkakas dan biayanya, mikir kalau GTM gimana, dan lain-lain. Eum, sebetulnya lho ya, perkakas mpasi itu nggak mahal kok. Memang kadang kita pengeen banget bisa terbantu dengan teknologi peralatan yang mendukung pertumbuhan si kecil. Atau malah kepengeen banget beli perkakas yang ngehits di instagram (lagi-lagi instagram!). Tapi, bagaimanapun sebagai mentri keuangan di rumah, tentu saja tetap harus menyesuaikan budget.

Jika budget lagi mepet, berbagai perkakas ini sudah sangat cukup membantu kok. Apa aja, keep scrolling yaa:

1. Parutan
Parutan ini akan sangat berfungsi di awal mpasi, sebab baby masih berproses dengan tekstur makanan yang lembut. Jangan lupa sediakan parutan yang khusus dipakai untuk mpasi nya si kecil aja ya. kalau bisa, pisau, telenan, dan perkakas lain pun juga dipisah.

2. Dandang
Atau bisa juga disebut kukusan. Sudah tahu kan, bahwa mengukus makanan itu adalah proses terbaik ketimbang menggoreng ataupun merebus? Sebab, vitamin dan nutrisi lain yang hilang jauh lebih sedikit. Biasanya, setelah bahan-bahan di kukus, langsung dipenyet-penyet pake…

3. Saringan
Sediakan saringan khusus dengan lubang yang rapat-sedang. Aku sempat beli saringan di toko deket rumah, murah ga sampe 10 ribu. Eeh 2x pake udah karatan, trus lubangnya terlalu rapat jadi makanan terlalu lembut plus susah dibersihkan. Belilah di mart-mart besar semacam jayen, haiper.. dan lain lain.

4. Botol asip atau plastik untuk wadah kaldu
Kalau lihat tutorial makmak yang bikin kaldu, selesai bikin di taruh di semacam kotak block kecil-kecil gitu yang ada tutupnya. Pas aku cek di shopee (tau kan alasan aku belanja disini..) harganya 40 ribuan. Eemmm… Jadilah aku akalin pakai plastik cetikan obat (pokoknya bunyi cethik) dan aku masukkan ke tupperware. Cuman, ndak enaknya berpotensi bocor kalau naruhnya terlalu rapat, jadi kalau bisa naruhnya disekat-sekat gitu ya.. biar mudah ambilnya plus dilapisin alumunium foil. Alternatif lain bisa pakai botol asip yang 50 cc atau pakai plastik asip. Aku sempat pakai plastik asip salah satu brand, kebetulan stok ku banyak karna aku belinya pas lagi promo.

5. Teflon kecil
Berfungsi untuk numis, kali aja anak-anaknya bunda kayak anakku yang mudah bosen sama makanan kukusan hehehe. Lengkapi juga dengan suthil kecil ya.. kalau aku biasanya pake enthong yang biasa dipakai ambil nasi itu.

6. Cobek kecil
Berfungsi untuk nguleg bumbu makanannya si kecil. Sekali lagi, siapa tau anaknya bunda sekalian kayak Mahira yang sukanya makanan dengan bumbu komplit, wangi, dan lezat.

7. Siapkan kaldu, EVOO, dan unsalted butter
Kaldu fungsinya bikin masakan makin sedap. EVOO (extra virgin olive oil, minyak zaitun dengan kualitas terbaik) sebagai tambahan lemak, dia lebih baik digunakan setelah makanan matang, dicampurkan gitu ke makanannya.  Nah kalau ELOO (extra light olive oil) berfungsi sebagai pengganti minyak goreng kelapa sawit. Harganya? Agak pricy, tapi ya wajar karena kandungannya yang lebih bagus. Aku dulu juga bertanya-tanya, kenapa nggak pake minyak goreng aja? Sebetulnya boleh kok.. tapi emang lebih baik pakai zaitun.  Aku juga ikutan lho.. tapi sampai beberapa bulan saja. EVOO ku yang botol kecil itu juga cuma berkurang separuh, gegara ditgur dokter Dini. Beliau bilang, nggak usah dikasih evoo, rasanya kan nggak enak kasian anakmu. Beliau saranin, kasih makanan yang enak lezat, tambahan lemak bisa yang lain kayak UB (unsalted butter) atau santan, dan lain sebagainya.

8. Blender kecil
Kalau ibu-ibu punya blender Maspion yang 3in1 itu, pasti disana ada blender yang kecil juga kan. Nah, blender kecil itu bisa dipakai untuk melembutkan daging ayam, udang, sapi, untuk dijadikan bakso. Hindari melembutkan makanan yang siap makan pakai blender ya, soalnya akan merusak vitamin dan mengubah tekstur makanan. Melembutkannya pakai saringan aja.

Nah itu tadi beberapa perkakas untuk emakemak medhit dan irit.😂😁 Semoga membantu dalam menyelamatkan dompet keluarga ya 😆

4 komentar:

  1. anakku lahir taun 2014, waktu itu udah ada perkakas mpasi yg canggih2, aku lebih seneng pakai saringan buat bejek2 sayuran ato buah waktu awal mpasi ... sama blender juga sikk ... jangan lupa juga nye-tock plastik ber-zipper buat kuah kaldu, mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mba sama, lebih ringkes dan murmer yah mba. Iyah mba aku pakai plastik cethik gitu, kadang pakai plastik asip yang ada zipper nya :)

      Hapus
  2. Makasih mbk sharingnya, walau aku belum nikah dan punya anak. Aku noted dan aku yakin suatu hari nanti pasti berguna. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya mba Muthi semoga bermanfaat pada waktunya nanti ya :)

      Hapus

Follow me @nabilladp