Wujudkan Mimpi Traveling ke 5 Pantai Cantik di Indonesia Barat

April 05, 2018





Impian Traveling 5 Pantai Tercantik di Indonesia - Rasanya kita nggak boleh sekalipun berhenti bersyukur atas keindahan alam yang Tuhan berikan untuk Indonesia. Keunikan Indonesia sebagai archipelagic state atau negara kepulauan serta anugerah berupa garis pantai sepanjang 99.000 km, membuat Indonesia menjadi surga dunia bagi pecinta pantai seperti aku. Eksotisme wisata bahari Indonesia tersebar mulai dari barat ke timur dengan segala keunggulannya, misalnya saja stingless jellyfish yang terdapat di Danau Kakaban, pasir pantai berwarna pink di Pink Beach Labuan Bajo, serta lokasi Indonesia yang menjadi salah satu bagian dari coral triangle. Di bagian barat Indonesia juga nggak kalah cantik, ada pantai penuh batuan granit raksasa di Belitung dan Natuna, kekayaan ikan, dan arus ombak yang tenang untuk snorkeling.

Aku memiliki kesan tersendiri dengan pantai di bagian barat Indonesia. Tahun 2011 lalu, aku pernah terlibat menjadi salah satu peserta Sail Belitong dan berlayar dari Jakarta (Tanjung Priok) – Kepulauan Natuna – Batam – Dumai – Bangka – Belitung – hingga kembali lagi ke Jakarta (Tanjung Priok) selama sebulan penuh. Meskipun aku harus pulang dengan kulit yang semakin gelap, kecintaanku terhadap wisata bahari Indonesia justru meningkat drastis.

Rasa candu untuk kembali kesana terus ada, lagi dan lagi…

Apalagi makin kesini, akses ke lokasi wisata makin mudah dengan beragam tur yang disediakan oleh agen wisata lokal. Beli tiket dan cari hotel pun makin mudah berkat beragam aplikasi perjalanan terpercaya dan sudah pasti no tipu-tipu. Kita pun perlu bersyukur punya maskapai yang bisa mengantarkan kita kemana saja dan punya segudang prestasi yaitu Garuda Indonesia. Mengantongi tiket Pesawat Garuda, traveling bakalan makin nyaman dan aman, sebagaimana kedua hal itulah yang menjadi prioritasku saat ini. Maklumin aja, udah susah banget sih kalau mau backpacker-an karena aku sudah bersuami dan punya anak satu. 😁😁

Dibawah ini aku mau ceritakan beberapa pengalaman jelajah pribadiku dan wawasan bahari di bagian barat Indonesia. Keep scrolling, ya... Siapin juga budget biar bisa segera pesan tiket pesawat! Uhuy!


Dua Permata di Bangka Belitung


Menarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang kuasa
Cinta kita di dunia.. selamanya

Lirik lagu Laskar Pelangi milik Nidji terus kami nyanyikan sepanjang perjalanan di Pulau Belitung, sebuah pulau cantik di utara Jakarta yang menurut Andrea Hirata terlihat berkilauan dari angkasa karena stok timah dan kaolin yang melimpah ruah.

Belitung memang luar biasa indah, penduduk lokalnya ramah, jajan dan kudapan lokal pun terasa sedap di lidah. Perjalanan kami menuju destinasi pertama yaitu Pantai Tanjung Tinggi yang merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi dihiasi pemandangan kawah yang cantik bekas penambangan kaolin. Meskipun sebetulnya penambangan ini membawa dampak destruktif, tapi alam membuatnya menjadi lebih indah dan bisa menjadi salah satu spot foto yang instagrammable. Barangkali inilah realisasi dari pepatah “when life gives you lemon, make a lemonade!” hehehe. 😀

Aku sudah menyiapkan sunblock untuk area tangan, kaki, dan wajah. Sebagaimana daerah pesisir, matahari selalu tampak ganda, tetapi tentu saja hal ini tidak menyurutkan langkah kami untuk nyebur ke 2 pantai tercantik di Belitung. Gelap mah urusan nanti!

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini memiliki luas sekitar 80 hektar, sehingga meskipun selalu ramai dengan wisatawan, kamu tidak perlu merasa seperti butiran cendol ketika nyemplung ke pantai. Kamu masih bisa leluasa berenang, kok! Lebih baik datang weekdays untuk menghindari wisatawan yang sangat ramai baik dari wisatawan asing maupun penduduk lokal. Daya pikat pantai ini selain pada arus ombak yang tenang, juga ada pada keindahan pasir putih serta banyaknya batu granit raksasa. Pemandangan ini jarang ditemukan di pantai lain. Saat sunset tiba, kamu bisa naik ke atas batu bersama pasangan dan duduk menikmati keindahan matahari terbenam yang romantis. So sweet... Nggak heran khaan kenapa Riri Riza dan Mira Lesmana mengambil lokasi ini sebagai salah satu setting di film Laskar Pelangi?
tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner

tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner

tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner

tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner

tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner

tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner

Pantai Tanjung Kelayang

Pada tahun 2011, pantai ini sangat ramai dan menjadi sorotan wisatawan lokal dan mancanegara. Salah satu penyebabnya adalah karena ia menjadi icon dan lokasi acara puncak Sail Belitong 2011. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan panjang. Disana juga terdapat batu granit jumbo meskipun tidak sebanyak di Pantai Tanjung Tinggi. Uniknya, kumpulan batu granit itu seolah membentuk patung menyerupai Burung Garuda. Di pantai ini kamu juga bisa menemukan perahu karet dan perahu milik nelayan untuk menangkap ikan. Akses ke Pantai Tanjung Kelayang ini juga cukup baik, cukup parkir kendaraan di pinggir jalan raya dan kamu bisa langsung berlari ke bibir pantai.
tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner

tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner

tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner




Pulau Senoa, Kepulauan Natuna

Tidak banyak wisatawan lokal datang ke Kepulauan Natuna, meskipun sebetulnya beberapa destinasi wisata disini sudah menjadi tujuan favorit para turis dari Singapura, Malaysia, dan Australia. Fyi, Kepulauan Natuna ini adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau dan berbatasan langsung dengan negara Vietnam serta Kamboja di bagian utara. Pada bagian barat juga berbatasan dengan Malaysia dan Singapura. Natuna kerap menjadi promadona di kalangan wisatawan asing tersebab kekayaan non-renewable resources nya seperti minyak dan gas bumi, serta keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya yang tidak kalah dengan bagian timur Indonesia. Kekayaan alamnya ini jelas memikat nelayan negeri tetangga untuk melancarkan aksi pencurian ikan. Beruntung, TNI AL sudah memiliki beberapa pos untuk meminimalisir illegal fishing dan penyelundupan lainnya, serta adanya movement keren dari Menteri Perikanan dan Kelautan kita, siapa lagi kalau bukan Ibu Susi.
tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner
Pulau tak berpenghuni di Kep. Natuna


Poin yang paling menantang adalah Kepulauan Natuna masih sangat asri, beberapa pulau bahkan baru saja dialiri listrik. Tapi tenang.. tenang.., pulau-pulau yang menyajikan wisata sudah cukup terfasilitasi dengan baik, kok. Salah satu Pulau yang menjadi idaman para pelancong adalah Pulau Senoa. Cantik, iya, fasilitas oke, iya!

Dapat dikatakan Pulau Senoa menjadi salah satu primadona di Kepulauan Natuna. Dia memiliki pasir putih dan air yang jernih, biota bawah lautnya pun terlihat tumbuh sehat dengan berbagai macam terumbu karang dan ikan. Nama Senoa berasal dari legenda yang dipercayai oleh masyarakat sekitar, dimana Pulau Senoa ini merupakan jelmaan dari seorang perempuan yang sedang hamil. Memang kalau dari kejauhan, pulau ini terlihat seperti emak-emak yang sedang mengandung. Untuk mencapai ke Pulau Senoa, kamu perlu waktu 30 menit dari dermaga di Ibukoa Kabupaten Natuna, Kota Ranai. Dari atas air pun, pemandangan bawah laut di Pulau Senoa bisa ditembus dengan mata telanjang, lho. Airnya sangat jernih!
tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner
Sumber: www.elzha09.com

tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner

tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner


Pulau Senoa juga berhasil memikat Ibu Menteri Susi untuk berlama-lama diving, snorkeling, dan bahkan bermain kano. Masa’ kamu nggak kepengen juga?


tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner
Sumber: www.tempo.co

Teluk Kiluan, Lampung

Pengen lihat lumba-lumba langsung dari alam liar tapi udah bosen ke Pantai Lovina? Kamu bisa nyobain beli tiket ke Lampung dan langsung menuju teluk kiluan! Teluk Kiluan ini sudah rutin jadi destinasi wisata para traveler dari Jakarta, sebab menuju kesana memang mudah dan murah, cukup naik kapal dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni. Pagi-pagi banget, biasanya sekitar jam 06.00 kamu akan diajakin pemandu untuk melihat atraksi lumba-lumba di pagi hari! Hm.. pasti seru!
tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner
Sumber: www.gosumatera.com


Teluk Kiluan ini terletak di Desa Kiluan Negeri, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Kabupaten ini memiliki potensi wisata bahari dan terkenal dengan banyaknya lumba-lumba (yang sering ditemui jenis hidung botol) serta jika beruntung kamu juga bisa melihat ikan paus di sekitar Teluk Kiluan.


tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner
Sumber: www.jejakpiknik.com

Selain melihat si dolphin, kamu juga bisa mencoba berenang di kolam renang alami yaitu Laguna Gayau dan snorkeling. Pastikan kamu snorkeling bersama pemandu dan tetap berada di dekat kapal ya, sebab arus di Teluk kiluan ini terkadang cukup deras.

Pantai Sadranan, Jogja

Kata siapa pantai selatan nggak bisa dipakai snorkeling? Pantai Sadranan di Jogja ini jawabannya! Selama ini pantai selatan selalu identik dengan ombak yang ganas, belum lagi cerita mistis-nya yang sering bikin begidik sebelum nyebur. Beda halnya dengan pantai baru di Gunung Kidul ini yang bisa jadi wisata idaman untuk keluarga maupun sahabat. Akses dan parkirnya mudah, jalannya pun tidak curam, sangat mungkin untuk membawa bayi dan anak-anak disana karena ada tenda-tenda dan payung pantai yang bisa kita sewa sekitar 15.000 - 25.000 rupiah. Kalau mau bermalam, ada cottage sederhana milik penduduk lokal yang bisa kamu sewa. Kalau mau snorkeling, tinggal menyewa peralatan yang disediakan. Ada banyak pemandu lokal yang menawarkannya dengan harga Rp 50.000 rupiah saja plus dapat bonus foto-foto underwater. Kamu hanya perlu siapkan SD card yang kompatibel.


tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner
Sumber: www.piknikasik.com
tiket pesawat, tiket pesawat garuda, skyscanner, tiket pesawat garuda indonesia, pantai di indonesia barat, pantai di belitung, pantai laskar pelangi, jelajah nusantara bersama skyscanner





Itu dia 5 pantai tercantik yang jadi wishlist-ku. Kalau kamu punya pengalaman traveling kemana aja, bunda? Sharing disini yuk.


---


Semua gambar dan desain adalah milik dan kreasi penulis, kecuali disebutkan secara khusus dalam keterangan foto.
Foto header: Photo by Sai Kiran Anagani on Unsplash

You Might Also Like

14 komentar

  1. Mbak.. Pantainya cantik-cantik banget yaaa...
    Memang jelajah Nusantara enggak akan ada habisnya ys apalagi sudah ada Skyscanner yang memudahkan kita mencari tiket pesawat sekalian penginapan dan kendaraan ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah mbaa, betul banget, jadi makin bersyukur yaa berstatus WNI :D nggak sabar pengen ke pantai lainnya :)

      Hapus
  2. pantainya cantik2 dan tanjung tinggi yang paling eksotis dg batuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba Tira, rasanya nagih pengen kesana lagi :D

      Hapus
  3. Pantainya cantiik..nusantara memang ga ada habis habisnya buat di jelajahi..terlalu kece sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mba Mega, memanjakan mata banget yaa :)

      Hapus
  4. Subhanalloh, luar biasa keindahan pantainya. Mupeng banget pengen jalan-jalan cantik kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, makin kagum sama kuasanya Allah.. semoga segera ada rezeki untuk traveling yah mba Damar aamiin :)

      Hapus
  5. aku suka sama pantai tanjung tinggi.. pemandangannya bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya koh, akupun sukaa. pengen kesana lagi. anw makasi dah mampir koh Huang :)

      Hapus
  6. emanggggg kereeennnn banget bunda ini mah juaraaaaaa dalam concepting konten, amazing mbk hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah masih belajar aku masnyaa hehe masih jauuh ama yg lebih senior.. makasi dah mampir mas joe

      Hapus
  7. Melihat deretan pantai secantik ini, kulit jadi legam sih rela2 aja

    BalasHapus