Selasa, 12 Juni 2018

5 Tips Efektif Menjaga Kesehatan Mata dari Bahaya Sinar Biru




“Nduk, ibu dulu di nasihatin kakungmu. Orang pakai kacamata itu sama saja kayak orang cacat!”

Hah?! Aku yang saat itu masih kelas 6 SD dan terbilang perdana memakai kacamata tentu saja kaget. Kenapa respon keluargaku lebay banget ya kalau aku pakai kacamata? Padahal saat itu aku baru terkena silinder, itu pun masing-masing mata hanya seperempat saja. Setelah aku telusuri, rupanya memang keluarga ibuku sangat berhati-hati  dalam menjaga kesehatan, termasuk kesehatan mata. Memakai kacamata sama saja kondisi mata sedang tidak normal, apalagi jika harus memakai kacamata permanen.

Sejak saat itu, ibu tidak berhenti memberiku salah satu “ramuan” yang aku benci: jus wortel murni dengan gula sedikit. Baunya saja sudah bikin perutku mual.


Kesehatan Mata, Jangan disepelekan!

Sering aku terlena dengan angka silinder ku yang terbilang rendah. Kerap aku melewati wakunya minum ramuan ibu. Apalagi sejak kuliah di Malang dan jauh dari orang tua, aku nyaris tidak pernah minum jus wortel. Upayaku untuk menjaga kesehatan ya hanya sekitar olahraga ringan dan makan makanan sehat, tidak ada yang spesifik.

Disisi lain, aktivitasku yang bersinggungan dengan laptop ataupun smartphone terus meningkat. Saat masih kuliah dan sering menulis, setiap hari aku selalu membuka laptop untuk mengerjakan beberapa tulisan. Baik laptop maupun kacamata yang aku gunakan, sama-sama tidak memiliki semacam paparan sinar biru. Hasilnya mudah ketebak, kan? Angka silinderku terus naik dan naik, seperti tagihan listrik~~~
Ilustrasi mata lelah kebanyakan mantengin laptop

Apalagi cahaya biru pada laptop dan gadget itu nggak baik. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa cahaya biru, khususnya di malam hari apalagi dengan kondisi cahaya yang minim, dapat menyebabkan kerusakan retina. Dampak negatif lainnya pun juga mudah terlihat dalam waktu singkat, misalnya mata lelah, merah, mata kering, sakit kepala, otot-otot mata dipaksa untuk fokus terus menerus pada cahaya biru, hingga sulit tidur. Bisa bayangin kan, betapa buruknya cahaya biru ini, dampaknya jadi getting worse kalau kita hape-an sambil tiduran di malam hari. Ehem, boleh ngaku dalam hati yang masih punya kebiasaan ini. Hihihi. Susah sih ya menolak rayuan era digital yang memabukkan ini. Zaman now, siapa sih anak muda dan dewasa yang tinggal di perkotaan dan tidak terpapar gadget? Biar tetep sehat, perlu banget belajar mengenai self control yang kuat.

Tapi yah, mau gimana lagi, memang aku tidak memiliki prinsip se-kuat ibuku dalam memandang kacamata. Aku terlanjur menganggap memakai kacamata itu keren dan kurang serius untuk lebih menjaga kesehatan mata. Eh, tapi rupanya banyak yang sependapat dengankuu:
Source: instagram story @nabilladp . Alhamdulillah banyak yang sudah paham kalau pakai kacamata artinya mata kurang sehat. Tapi tidak sedikit juga yang sependapat denganku hihi

Padahal yah, coba deh googling. Mata minus, plus, maupun silinder itu merupakan bentuk ketidaksempurnaan kinerja mata dan menunjukkan mata kita nggak sehat. Bisa karena keturunan, kelainan pada kondisi mata, maupun karena akibat dari tidak menjaga kesehatan mata dengan baik. Lama-lama aku mulai terasa susahnya menderita astigmatisme. Repotnya itu kalau kacamata tertinggal atau ada "tragedi" mendadak. Seperti kapan hari, kacamataku satu-satunya mendadak dirusak oleh si kecil. Mau tidak mau harus aku betulkan hari itu juga atau mencari optik yang bisa membuat kacamata dengan kualitas bagus dan sehari jadi. Kalau sudah begini, yang repot bukan kesehatan mata dan produktivitas kita saja, tapi kesehatan dompet pun ikut terganggu. 😁


Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mataku juga semakin menurun pasca melahirkan. Mungkin karena aku teramat lelah akibat menyusui, aktifitas lainnya sebagai ibu baru, ditambah berbagai riwayat penyakit dalam tubuhku. Alhasil, aku jadi mudah terserang penyakit, termasuk sakit mata dan bahkan ada reaksi alergi yang timbul di dalam kelopak mata.

Karena ongkos berobat ke dokter itu nggak murah, aku pikir nggak ada salahnya mulai menerapkan beberapa tips menjaga kesehatan mata, toh itu semua untuk diri kita sendiri dan keluarga kan. Nah, ini beberapa tips mata sehat yang aku jalani sehari-hari agar tetap bersahabat dengan paparan laptop dan gadget yang cukup intens:

1. Beri mata waktu untuk “me time”
Bahasa ringkesnya, istirahatkan mata ketika sudah waktunya. Ada beberapa tanda mata kita kelelahan setelah memandang laptop dan gadget terus-terusan, misalnya mata mulai berair, reaksi tangan untuk mengucek-ucek mata, kepala mulai pusing, dan lain sebagainya. Kalau ingin istirahat sebentar, bisa coba lihat tanaman yang berwarna hijau segar, makan buah-buahan, minum air putih, dan mengompres mata dengan potongan buah mentimun. Kalau terasa sudah lelah banget, aku biasanya mengompres mata dengan buah mentimun lalu aku tidur.

2. Olahraga yang cukup
Hm.. kalau ini aku belum bisa memberi saran banyak ya hehe. Karena aku bukan tipikal yang suka banget olahraga. Biasanya, aku sempatkan saja untuk berenang dan stretching setelah bangun tidur sambil menghirup udara pagi yang segar.

3.    Pakai pelindung Sinar Biru pada laptop atau kacamata
Ada beberapa lensa kaca mata yang memiliki pelindung sinar biru, namun tentu saja dengan harga yang lebih mahal dari lensa umumnya. Opsi lainnya bisa juga menutup layar komputer atau laptop dengan lapisan pelindung sinar biru.

4. Makan makanan yang sehat
Seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan yang paling penting usahakan tidak kekurangan cairan. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari adalah wajib. Selain bagus untuk kulit, juga pasti bagus untuk kesehatan mata dan tubuh.

5. Kalau perlu, minum multivitamin Eyevit
Sekarang, produsen obat-obatan ini rupanya memahami kecenderungan masyarakat menderita gangguan eksehatan mata seperti ini. Contohnya PT. Lapi yang memproduksi EYEVIT, suplemen kesehatan mata. Salah satu keunggulan eyevit ini adalah mengandung Pure Bilberry dan bahan alami lainnya yang bagus banget untuk mata kita.

Hm... Apa itu Bilberry? Siapanya blueberry?


Eyevit: Membantu Melindungi Mata dari Efek Buruk Sinar Biru

Sebagai suplemen kesehatan mata yang qualified, EYEVIT memiliki berbagai kandungan alami dalam tiap kapsulnya seperti Bilberry, Zeaxanthin, Vitamin E, Selenium, Zinc, Beta Karoten dan Retinol, serta Lutein. Ya, akupun tidak paham apa saja manfaat dari berbagai komponen di atas, but thanks to EYEVIT yang memberikan edukasi kepada orang awam melalui websitenya www.eyevit.co.id mengenai kegunaan Pure Bilberry yang baru aku ketahui. Oh iya, website EYEVIT juga menyediakan tes mata GRATIS! Bisa langsung di akses di halaman ini [klik]. Berhubung habis mendapat wawasan baru, sekalian aku berikan ulasan singkat mengenai produk EYEVIT buat temen-temen yang memiliki problem kesehatan mata sepertiku:


Komposisi Eyevit

Kandungan Eyevit

Mengonsumsi suplemen tentu tidak boleh sembarangan, kan? Pernah suatu saat aku mengonsumsi suplemen vitamin C dan kemudian pipisku menjadi lebih kuning dari biasanya. Dokter mengatakan kalau suplemen tersebut kurang baik untuk ginjal. Makanya, konsumsilah vitamin yang sudah jelas riwayatnya. EYEVIT, telah melalui berbagai uji klinis manfaat dari bahan-bahan alami di atas dalam memperbaiki mata setelah terpapar oleh layar gadget. Soal keamanan juga tidak perlu khawatir sebab EYEVIT ini sudah lolos BPOM dan mudah ditemukan di apotek terdekat. Coba saja googling, nanti bakal ketemu berbagai e-commerce yang jualan EYEVIT.






EYEVIT ini tersedia dalam 2 bentuk, tablet dan sirup. Nah, yang ada gambar elangnya ini khusus untuk anak-anak di atas usia 1 sampai 12 tahun yang barangkali menderita gangguan kesehatan mata karena terlalu banyak terpapar oleh gadget. Tau kaaan anak generasi zet dan alpha zaman sekarang, sudah fasih banget kalau diminta scrolling down YouTube. Padahal aktivitas ini nggak bagus banget buat mata anak-anak kita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Tentu kita nggak mau to, mereka menderita gangguan mata yang lebih parah di masa depan?




Kamu juga bisa konsultasi dengan dokter pribadi kamu mengenai pemakaian suplemen EYEVIT ini. Belum terlambat, insya Allah, kalau dari sekarang mau memulai menjaga kesehatan mata kita. Oiya, mumpung lagi suasana mudik, jangan lupa bawa EYEVIT saat mudik ya. Sebab, kelelahan tubuh akibat berpergian dan perjalanan panjang juga bisa memicu masalah kesehatan mata lainnya.

Stay healthy, peeps!



---
Infografis: by Nabilla DP
Sumber foto: freepik.com
Sumber konten dan uji klinis: www.eyevit.co.id





Artikel ini merupakan artikel berbayar / sponsored post, kolaborasi antara www.bundabiya.com dengan EYEVIT

4 komentar:

  1. kayaknya aku harus beli juga nih eyevit mbak, aku silinder plus min e

    BalasHapus
    Balasan
    1. wii ya monggo dicoba mas. berapa angkanya mas? aku mah dari dulu susah turunnya kalo silinder haha

      Hapus
  2. wah kayanyak harus nyoba juga nih suplemennya, biar mata tetap terjaga :D

    BalasHapus

Follow me @nabilladp