Parenting blogger | Travel blogger | Lifestyle blogger

Bikin Ketagihan! Sensasi Halal Tour Seru ke Eropa Timur Bareng Cheria Holiday.



Menjadi emak-emak millennials rupanya membuat hasrat untuk traveling semakin tinggi. Apalagi habis baca survei dari Spring Travel Trends yang menunjukkan, minat wisatawan untuk mengunjungi Eropa Timur meningkat sebesar 13 persen pada 2017 (Kompas.com). Hm.. rupanya di kalangan masyarakat kelas menengah Indonesia, popularitas benua Eropa sebagai destinasi wisata juga terus meningkat.

Kalau sebagian besar godaan para bapak adalah emak-emak yang nggak mau nyalakan lampu seinnya saat mau belok, buat suamiku, itu tidak seberapa. Baginya, tantangan terbesar yang pasti bikin dia deg-degan adalah kalau istrinya minta izin buat jalan-jalan lagi. Sebetulnya aku paham banget sih kegundahan hati suami, tapi aku juga yakin dia pasti akan bilang IYA SAYANG. Tanpa pikir panjang dan keburu keinginan padam, aku langsung ngontak suami yang lagi ngantor:

Berhubung aku adalah istri salihah (aamiiin!) aku turutin dong titah suami. Langsung aku buka dan menjelajahi link yang dia kirim dan mencari maksud tersembunyi suami.

Desiran keinginan itu makin meledak-ledak di dada begitu browsing website dan ke-cheria-an pelanggan Cheria Holiday. Sambil tidur-tiduran, aku nostalgia masa-masa kuliah. Saat itu, aku doyan banget traveling baik sendiri maupun dengan rombongan. Ada rasa bangga dan tantangan tersendiri saat menjejak di bumi Allah dengan mengenakan jilbab dan bertemu dengan berbagai macam karakter manusia serta budayanya. Aku masih punya wishlist kota di Eropa yang ingin banget aku kunjungi sejak tahun 2011 lalu, salah satunya adalah Praha.

Aku jadi maklum dan paham dengan tren berlibur di Eropa yang makin meningkat di kalangan masyarakat kelas menengah Indonesia. Lha wong ada travel asik seperti Cheria Holiday yang pas banget untuk muslim traveler.


I Am Cheria! Holiday Halal dengan Hati Tenang, Nambah Wawasan, Dompet Aman.


Kebanyakan traveler suka membanding-bandingkan antara jalan sendirian atau jalan rombongan. Kenapa ya kok dibanding-bandingkan? Padahal keduanya itu seru dan sama-sama menantang, lho! Aku sudah pernah menikmati kesendirian saat traveling di luar negeri, begitupun aku juga sangat sering jalan-jalan bareng rombongan. Traveling bareng rombongan bakal semakin beda sensasinya kalau ketemu sama penyedia layanan Travel Wisata Halal yang amanah dan asik di Jakarta seperti Cheria Holiday. Bisa-bisa malah ketagihan pengen jalan-jalan lagi bareng mereka!


Dari namanya saja, Cheria Holiday sudah menunjukkan energi positif. Sugesti positif itu penting banget lho untuk bekal perjalanan. Kalau ditanyain, “Eh, ke Eropa bareng siapa?” kita bisa jawab, “Bareng CHERIA!” sambil pamerin gigi dan senyum yang lebar.
Keenan dan Pevita saat Umroh dan Ke Turki bareng Cheria Holiday. Videonya Pevita di Turki bisa klik video sebelumnya ya. Sumber: Facebook Testimoni CHeria Holiday.

Testimoni liburan halal bareng Cheria Holiday. Eh ada Aa Gym! :D
Crew Cheria yang selalu Ceria!

Apalagi dengan kenaikan angka muslim kelas menengah di Indonesia yang punya karakter universal, Cheria Holiday bisa menjadi pilihan yang tepat. Sejak tahun 2012, Cheria Holiday hadir dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan umat Islam dalam melakukan perjalanan ibadah, diantaranya memberikan kemudahan memperoleh menu halal di lokasi wisata, akad transaksi yang halal, perjalanan yang halal dengan lancarnya ibadah, dan lain sebagainya. Meskipun tergolong baru, Cheria Holiday sudah melayani ribuan wisatawan dan peziarah dengan komitmen pelayanan terbaik dengan harga bersaing dan garansi kepuasan.

Kalau umumnya travel halal melayani paket umroh dan haji saja, Cheria Holiday mencakup banyak hal. Diantaranya kebutuhan paket Tour Wisata Muslim di dalam dan luar negeri (dengan puluhan ragam destiansi, tentu saja!), pemesanan tiket hotel, visa, dan kebutuhan perjalanan lainnya baik untuk personal, grup, maupun untuk urusan bisnis atau corporate.

Keunggulan Cheria Holiday dalam hal harga tiket yang bersaing memang tidak mengherankan. Sebab, Tiket Cheria adalah AGEN IATA baik domestik maupun internasional. Sementara untuk layanan Haji Plus dan Umroh, Cheria Holiday merupakan Agen Resmi Madinah Iman Wisata Cabang Jakarta dengan izin resmi Depag No. 1188/2015 dan D/70/2015. Legalitas Cheria Holiday lainnya bisa dilihat di gambar di atas yaa.. Cheria juga mengantongi beberapa prestasi lho, diantaranya ini nih:




Dengan penawaran yang menggiurkan serta destinasi yang beragam, impian yang bisa ku wujudkan dengan Cheria Holiday tentu saja: Paket Tour Halal Eropa Timur! Eh, kalau kamu pengen ke Eropa Barat, Cheria Holiday juga menyediakan Paket Tour Halal Eropa Barat, kok! Saat aku share info ini di Instastory, rupanya banyak yang kepengen traveling bareng Cheria Holiday juga! Ku yakin sih begitu lihat foto-fotoku dibawah ini, pasti langsung pada kepoin websitenya Cheria Holiday. 😁



Dijamin Seru! 4 Negara, 7 Kota, 9 Hari ke Eropa Timur Bareng Cheria Holiday


Paket Halal Tour Eropa Timur dari Cheria Holiday ini sudah terjadwal sampai bulan November 2018 nanti. Mulai dari tanggal 27 Juli 2018, 11 Agustus 2018, 19 Oktober 2018, dan 16 November 2018. Menginapnya pun di Accord Groups Hotel berbintang 3 atau yang setaraf. Tour ini pas banget buat keluarga, buat yang gak mau ribet dalam perjalanan, plus siapapun yang memprioritaskan kenyamanan. Tour ke Eropa Timur ini nanti berlangsung selama 9 hari mulai dari Jakarta – Vienna – Bratislava – Budapest – Salzburg – Hallstatt – Chesky – Kromlov – Praha – Jakarta. Lihat, ada PRAHA disana!
  
Sambil scrolling down web Cheria Holiday dan beberapa website referensi lainnya, aku terus membayangkan kalau aku menjadi bagian dari Wisata Halal ke Eropa Timur bareng Cheria Holiday. Begini kira-kira jadinya, ehem, berandai-andai dulu boleh dong yaa.. hihihi.

Vienna

Ilustrasi lagi jalan-jalan di Vienna! Sumber foto: dreamstime.com, edited by me.

Vienna atau yang dalam bahasa Indonesia lebih akrab dengan nama Wina, adalah kota yang kaya akan sejarah, baik itu dalam arsitektur maupun musiknya. Vienna menjadi kota pertama yang akan kita datangi dengan Cheria Holiday. Siapapun yang melihat kecantikan kota, naluri untuk city tour pasti langsung membuncah! Di Vienna kita bisa mengunjungi Ringstrasse, State Opera House, dan Hofburg Palace, sebuah Imperial Palace yang berfungsi sebagai kantor untuk Presiden Austria, rumah museum, serta pusat konferensi internasional. Jika ada waktu lebih, kita bisa mampir ke museum (ingat, ke Eropa gak lengkap kalau nggak ke museum!) seperti The Museums Quartier, Vienna Art House, Museum Liechtenstein, atau The Museum of Fine Arts.


Halal food? Bersyukurlah Vienna bukan kota yang susah untuk mendapatkan restoran halal. Ada beberapa kudapan lokal halal maupun kedai kebab yang tersebar di Vienna. Mau mencicipi masjid disana pun oke, ada sejumlah masjid seperti Islamic Center Vienna, Masjid Kuba, Masjid Hidaya, Masjid Schura, Masjid Haci Bayram, dan lain-lain. Seusai dari Vienna, perjalanan dilanjutkan ke Bratislava untuk transfer hotel.

Bratislava

Jika aku ke Old Town Hall Bratislava... Sumber foto: tenpennydreams.com , edited by me.

Bersama Cheria Holiday, kita bakal menghabiskan waktu semalam di Bratislava, Ibukota Slovakia. Disana, ada beberapa lokasi menarik seperti Old Town Hall, Katredal St Martin’s, menara Old Town Square, menjajal keunikan stasiun kereta utama, ke Slovak National Theatre, nggak ketinggalan kita juga bisa ke Bratislava Castle.

Uniknya, Bratislava menyediakan The Bratislava Card yang bisa kita beli untuk bisa berkeliling Bratislava lebih hemat dan dapet banyak diskon dari berbagai produk serta destinasi wisata di Bratislava.

 Budapest

Berandai-andai lagi di Fisherman's Bastion Budapest. Sumber foto: dreamstime.com , edited by me.

Merupakan kota ketiga yang akan kita singgahi bersama Cheria Holiday. Di Budapest, kita bisa berkeliling kota mengunjungi Fisherman’s Bastion, Matthias Church, Heroes’ Square, Parliament House, Danube River, Citadel Hill dan Royal Palace. Budapest juga merupakan kota yang cocok untuk berbelanja, tepatnya di sepanjang Vaci Street.
Danube River yang romantis di malam hari. Sumber foto: http://budacastlebudapest.com/open/

Kita juga bisa belajar mengenai persebaran Islam, aktivitas pemeluk agama Islam di Vienna, sekaligus sholat di Islamic Center Budapest. Halal food disana juga cukup banyak ditemui kok. Apalagi ada Cheria Holiday, wes worry free!

Salzburg

Kalau aku ke Mozart Birthplace... Sumber foto: afar-production.net , edited by me.

Hari ke-5 akan kita habiskan di kota Salzburg. Kota menawan di Austria Barat ini terkenal dengan tempat kelahiran Mozart, salah satu komposer musik klasik terbaik di dunia. Kamu termasuk penggemar karyanya? Jangan lewatkan singgah ke Mozart Birthplace yang terletak di No. 9 Getreidegasse yang menjadi rumah sekaligus museum yang paling banyak dikunjungi di Austria. Disinilah Wolfgang Amadeus Mozart lahir pada tanggal 27 Januari 1756. Lokasi ini memiliki daya tarik tersendiri mengingat Mozart memiliki pengaruh besar dalam dunia musik klasik.
 
Bangunan kelahiran Mozart yang jadi museum terkenal. Sumber foto: salzburg.info
Selain mengenal Mozart, kita juga bisa jalan-jalan di kota yang menawan ini dan mengunjungi lokasi lainnya. Misalnya, Mirabell Garden yang menjadi tempat pertunjukan Sound of Music, atau mengunjungi Hellbrunn Palace (Istana Hellbrunn) yang memberikan atraksi seru berupa tradisi keluarga istana pada abad ke-17 yakni “semprotan” air ke pengunjung di beberapa titik air mancur tersembunyi di istana.

Hallstatt

Ya.. beginilah kalau aku ke The Hallstatter See saat winter. Sumber foto: www.im-salzkammergut.at edited by me.

Merupakan kota yang akan kita singgahi sebelum ke Chesky Krumlov dan Praha. Semalam di Hallstatt bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan apa-apa, lho! Hallstatt punya pemandangan yang sangat indah! Bahkan salah satunya, terdapat The Hallstatt-Dachstein atau Salzkammergut Cultural Landscape yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO (World Heritage Site).

Cuantik banget khaaan! Sumber foto: wallpapersite.com

Disana juga terdapat danau gunung yang spektakuler bernama The Hallstätter See yang memiliki panjang sekitar 8,5 km dan kedalaman hingga 125 meter, dikelilingi oleh lereng berhutan curam, serta menjadi danau yang paling bersejarah di Pegunungan Alpen. Kalau lagi males jalan-jalan, sekedar tenguk-tenguk­ atau bersantai dan menikmati pemandangan aja udah nikmat banget. Apalagi sambil baca buku dan ditemani suami tercinta. Aiihhh...

Chesky Krumlov

Ke Old Town Square di Cesky Krumlov dulu yuk! Sumber foto: thesanetravel.com edited by me.

Di hari ke-7 ini, setelah check out dan sarapan di Hallstatt, destinasi selanjutnya adalah jeng..jeng..jeng.. Praha! YEAY! Tapi, kita mampir dulu sebentar nih ke Cesky Krumlov. Lonely Planet aja mengatakan kalau Cesky Krumlov adalah sala satu kota paling indah di Eropa, masa ga mau mampir sejenak?
Miniatur Praha. Sumber: amdolcevita.com

Banyak yang mengatakan Cesky Krumlov sebagai miniatur Praha. Arsitektur kota yang sangat khas dengan gaya Renaissance dan arsitektur Baroque, termasuk juga keindahan Cesky Castle dan Old Town-nya. Setelah makan siang, baru kita cuss ke PRAHA!

Praha

Charles Bridge yang legendaris ituh.. sumber foto: dreamstime.com edited by me.

AKHIRNYA! Tiba juga kita di Kota Seribu menara. Praha yang sudah berusia 1.100 tahun ini justru terlihat eksotik dari hari ke hari. Sepanjang mata memandang penuh dengan pemandangan indah mulai dari gereja berkubah, menara tua, rumah, bahkan jalanan kota yang layak disebut sebagai salah satu permata arsitektur Eropa. Mau belok kanan atau kiri, arsitekturnya penuh dengan gaya Gothic, Baroque, Renaissance, dan Art Nouveau yang mewarnai kota. Eh, meskipun ada juga lho bangunan modern yang sangat unik dan kontras di tengah gedung-gedung tua yang bernama The Dancing House.


Kalau ke Praha, sudah pasti juga kita akan ke Old Town Square yang menjadi salah satu tempat terbaik untuk mulai menjelajahi kota. Disini, kita bisa menemukan Tyn Curch dan Celementium, juga berbagai gereja tua lainnya, juga tidak ketinggalan Astronomical Clock yang sudah berdiri sejak abad ke-15 silam. Masih tentang kastil, kita juga bisa mampir ke St. Vitus, gereja Kristen terbesar dan terpenting di Republik Ceko. Di gereja ini terdapat menara utama setinggi 87 meter yang menawarkan keindahan kota Praha dari atas.
Klasik dan menawan. Sumber: expedia.ca.

Sempatkan juga untuk take a walk di Charles Bridge yang terkenal memilik patung-patung tua yang indah seperti Kaisar Romawi Charles IV dan John of Nepomuk. Saking tuanya jembatan ini, banyak juga takhayul yang beredar, seperti kalau menggosokkan plakat di dasar patung bisa membantu pengabulan permohonan, dan lain-lain.
Ala Eiffel Paris. Sumber foto: dreamstime.com
Cheria Holiday juga akan mengajak kita ke Petrin Hill yang menawarkan beberapa spot menarik seperti Petrin Lookout Tower setinggi 63 meter yang merupakan miniatur menara Eiffel di Paris. Bedanya, kalau naik ke Tower ini kita bisa lihat panorama Praha yang eksotik itu! Buat yang belum kenyang berbelanja di Vienna, bisa meripit ke Pariszka Street yang udah punya nama (banget!) di kalangan turis untuk belanja barang-barang bermerk. Kalaupun nggak belanja, kita bisa juga foto-foto disekitar jalannya yang menawan.

Anyway, meskipun buanyak banget gereja tua di Praha, populasi muslim di kota ini juga cukup berkembang, lho! Praha adalah rumah untuk dua masjid yakni The Islamic Centre of Prague dan The Mosque di Prague City Center. Halal restoran pun cukup banyak ditemui, mulai dari yang harga kaki lima sampai yang bintang lima.


Pulang ke Indonesia... Bawa Apa Aja?

Alhamdulillah, setelah seharian keliling Praha, kita balik lagi ke negara tercinta. Hm.. buat aku pribadi, jalan-jalan bareng Cheria Holiday adalah salah satu perjalanan terbaik yang pernah aku lakukan. Selain bisa mewujudkan mimpi sejak tahun 2011 lalu, aku juga mengantongi wawasan baru dari segi sejarah, makin banyak berzikir mengagumi ciptaanNya, sekaligus kembali teringat ayat Allah dalam Surat Al-Mulk ayat 15: "Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan."

Bangun dari mimpi...

Glotak!

Smartphone yang aku pegang sambil rebahan tiba-tiba aja jatuh. Walah, rupanya aku terlalu jauh berkhayal sampai lupa daratan!

Anyway, kamu juga bisa mengikuti keceriaan Cheria Holiday ini di Instagram Cheria Holiday, Facebook Fanspage Cheria Holiday, Twitter Cheria Holiday, YouTube Cheria Holiday, Website Cheria Holiday dan kontak lengkap Cheria Holiday. Langsung klik aja masing-masing link di atas yes.










Referensi:
Sumber foto ada pada keterangan tiap foto. Edited by bundabiya.com. 
Company Profile Cheria Holiday
https://www.cheria-travel.com/
http://budacastlebudapest.com/open/
https://www.salzburg.info/en/sights/top10/mozarts-birthplace
http://www.home.co.id/read/4522/ciri-ciri-arsitektur-renaisans
https://www.arsitag.com/article/gaya-arsitektur-gotik
https://www.arsitag.com/article/gaya-asitektur-baroque
http://kopikeliling.com/visual/art/sejarah-aliran-seni-art-nouveau-dan-seniman-besar-di-baliknya.html




19 komentar:

  1. semoga aku juga bisa jalan2 ke eropa

    BalasHapus
  2. Wiiiih keren banget berwisata ke Eropa Timur bersama Cheria Holiday...jadi mupeng pengen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kesampaian ya mbaa akupun kepengen hihihi

      Hapus
  3. Blm banyak negara eropa timur yg aku datangin. So far baru bulgaria dan serbia. Suami yg bisa dibilang udh kliking eropa krn dia lama tinggal di jerman, finland, dan bulgaria. Makanya klilingnya udh puas. Cuma tipe aku dan suami kalo jalan selalu sendiri mba, ga pake tur :p. Kita ngerasa lbh bebas aja sih. Apalagi kesukaan kita berdua selalu wisata ekstrim. Dan itu jarang ada di tur2 biasa. Tp sesekali kalo lg males arrange itin, bolehlah pake jasa tur kyk ceria ini :D. Itupun kalo waktu cutiku terbatas. Jd bisa lbh teratur kalo pake tur

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba aku kalo berdua aja ama suami ya backpackeran aja wehehe tapi kalo rombongan enak ama tur, ada yg ngatuuurr :D

      Hapus
  4. Lhoo ternyata gak susah yaaa liburan halal di Eropa. Ini mimpinya inspiring deeehh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mba yg susah mulai nabungnya kali yes wehehe

      Hapus
  5. Wah.. Semoga kesampaian mimpinya ya Mbak.. Aamiin.
    Pakai jasa tur memang simpel, semua ada yang ngatur jadi deh teratur:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mba makasi doanya mba Dian :)

      Hapus
  6. Kayaknya semua sudut kota di Eropa, fotonya bagus yaa. Gaya arsitektur dari semua zaman ada...Seruuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbaa, bikin siapapun pengen menjelajah :)

      Hapus
  7. mantab emang mbak satu ini hehehe keren mbak smg kesampean yah ksnanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah situ juga kereeen.. aamiin mas moga2 tercapai segala impian kitaah :D

      Hapus
  8. Semoga kewujud mbak jadi bukan cuma mimpi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih doanya mas, aamiin :D

      Hapus
  9. First time nih komen di blognya mbak Nabilla, Bundabiya. :) Kayaknya seru ya mbak eksplor Eropa bareng Cheria Holiday. Recommended halal travel agency ...

    www.bangfirman.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih dah mampir bang firman :) iya semoga suatu saat bisa kesana ya bang aamiin

      Hapus
  10. Salam kenal Bundabiya :)
    Keren ulasannya. Semoga bisa ke sana... Eropa memang destinasi favorit.


    -travrilia.wordpress.com

    BalasHapus