Kamis, 20 Desember 2018

Sst.. Inilah Rahasiaku dalam Melatih Motorik Si Buah Hati


 jual monde boromon, lomba blog monde boromon, boromon cookies ingredients, komposisi biskuit boromon, biskuit sehat yang murah untuk anak, biskuit sehat untuk anak, cemilan sehat murah untuk anak, melatih motorik anak 2 tahun, melatih motorik kasar anak 2 tahun, melatih motorik halus anak 2 tahun,


Beberapa bulan terakhir ini aku kerap terharu melihat si kecil Mahira yang kini telah berusia 2 tahun 6 bulan. Sering aku melihat ia sebagai sosok bayi yang menangis saat pertama kali aku menyusuinya. Tidak jarang pula aku tersentak dalam lamunan, melihat ia dipelukanku dengan berat badan hampir 5x lipat dari berat badannya saat lahir.

“Mahiya mau ditimang, bunda,” begitu pintanya setiap jelang tidur malam.

Aku yang tidak lagi kuat menggendongnya terlalu lama, menawarkan pilihan untuk menimang sebelum tidur. Mungkin ia juga teringat kehangatan tubuhku, mungkin ia juga tidak bisa beranjak dari masa bayi yang serba tergantung kepadaku. Dulu ia hanya bisa menangis dan tertawa tanpa suara, kini ia sudah sangat fasih bercerita tentang apapun yang ia alami dan ia lihat.

Ya.. sekarang Mahira sudah bisa melakukan banyak hal dengan kedua tangannya sendiri.

Membuka kulkas, menggambar lingkaran dan hewan-hewan lainnya (tentu saja hanya dia yang tahu hewan apa yang sedang digambar), menuang air di gelas, memakai sepatu, menggunakan sabun untuk tubuhnya sendiri, dan makan dengan ataupun tanpa alat. Perkembangan kemampuan fisik motorik kasar dan halus Mahira terus berpadu seiring dengan pertumbuhannya, juga dengan kemampuan bahasa, sosial emosi, serta kognitif.

 jual monde boromon, lomba blog monde boromon, boromon cookies ingredients, komposisi biskuit boromon, biskuit sehat yang murah untuk anak, biskuit sehat untuk anak, cemilan sehat murah untuk anak, melatih motorik anak 2 tahun, melatih motorik kasar anak 2 tahun, melatih motorik halus anak 2 tahun, biskuit monde boromon


Kalau kemampuan motorik kasar, aku dan suami lebih mudah melatihnya karena Mahira sangat aktif dan suka bergerak dan cepat menguasai gerakan-gerakan motorik kasar. Kadang ia bermain sepak bola dengan suami, memanjat kursi, meja, berjoget, dan sesekali kami ajak ke playground untuk bermain prosotan dan mandi bola.


 jual monde boromon, lomba blog monde boromon, boromon cookies ingredients, komposisi biskuit boromon, biskuit sehat yang murah untuk anak, biskuit sehat untuk anak, cemilan sehat murah untuk anak, melatih motorik anak 2 tahun, melatih motorik kasar anak 2 tahun, melatih motorik halus anak 2 tahun, biskuit monde boromon
Melatih motorik kasar paling asik: mandi bola, sekalian quality time

Nah, kalau kemampuan motorik halus Mahira yang masih menjadi salah satu pekerjaan rumahku. Mahira agak lama belajar permainan yang melibatkan motorik halus, oleh karenanya dia perlu stimulasi. Terutama saat makan sendiri. Dia sering kesulitan mengkoordinasikan tangannya sehingga makanan dan minuman yang ia suap ke mulutnya kerap tumpah. Buatku sih tak mengapa, tapi kadang dia sendiri yang risih.

“Bunda, lap bunda! Bunda, ini tumpah bunda!” ia sangat tidak sabar untuk membersihkan sisa makanan atau minuman yang tercecer. Kadang ia segera mengambil tisu atau memintaku mengelap bajunya.

Aku kemudian tersadar bahwa harus lebih sering mengajaknya bermain yang melibatkan koordinasi antara mata dan kedua tangan. Apalagi saat ini Mahira sudah mau memasuki momen prasekolah, kemampuan motorik halus akan sangat berperan dalam momen makan siang bersama teman-teman sebaya, kemampuan bermain, belajar, serta penyelesaian masalah.

Nah, saat aku asyik melatih motorik halusnya dengan berbagai cara, tanpa aku sadari, aku dan Mahira tengah menciptakan momen berharga yang kelak akan menjadi pondasi kuat untuk masa depannya.


Momen Berharga dengan Bermain Bersama

Permainan untuk  Mahira selalu aku usahakan untuk menyentuh 4 aspek kecerdasan. Namun, beberapa waktu belakangan ini, aku lebih sering memusatkan aktivitas untuk melatih dua hal utama, yakni untuk melatih motorik kasar dan motorik halus. Kalau motorik kasar aku banyak menyerahkannya kepada sang ayah, karena Mahira jauh lebih antusias bermain dengan ayahnya, misalnya main sepak bola, memasukkan bola basket, menendang bola, berjalan-jalan di taman, dan lain-lain. Sementara aku, sering menghabiskan waktu untuk melatih motorik halusnya.

 jual monde boromon, lomba blog monde boromon, boromon cookies ingredients, komposisi biskuit boromon, biskuit sehat yang murah untuk anak, biskuit sehat untuk anak, cemilan sehat murah untuk anak, melatih motorik anak 2 tahun, melatih motorik kasar anak 2 tahun, melatih motorik halus anak 2 tahun, biskuit monde boromon


Sebisa mungkin aku hadir dalam proses bermain Mahira. Kebetulan aku bekerja di rumah secara freelance dan memiliki lebih banyak waktu di rumah, sehingga mudah bagiku untuk menemani Mahira saat bermain.

Mainan yang aku berikan ke Mahira mulai dari yang sederhana sampai yang membutuhkan biaya. Apapun itu, yang penting ada aku sebagai bundanya maupun pengasuh yang hadir untuk memantau dan membantu anak menafsirkan konsep dan manfaat permainan yang belum ia pahami.

Permainan motorik halus: main pasir kinetik. bisa beli sendiri dan main di rumah atau main bersama teman-teman di playground :)

menggambar di dinding rumah. tau lah ya anak-anak doyan coret-coret, tinggal kita fasilitasin dan kita temenin :)

 jual monde boromon, lomba blog monde boromon, boromon cookies ingredients, komposisi biskuit boromon, biskuit sehat yang murah untuk anak, biskuit sehat untuk anak, cemilan sehat murah untuk anak, melatih motorik anak 2 tahun, melatih motorik kasar anak 2 tahun, melatih motorik halus anak 2 tahun, biskuit monde boromon
lukisan pertama Mahira (sama bunda) hihihi


Permainan yang Mahira sukai ada bermacam-macam. Mulai dari menggambar, melukis, menempel potongan kertas, menempel stiker, bermain pasir kinetik, masak, dan memakai make up. Aku membebaskannya dalam berkreasi, namun kadang Mahira meminta bantuanku untuk melakukan beberapa hal yang ia belum bisa, misalnya menggambar. Aku mengiyakan sembari mengajaknya untuk turut serta. Jadi tangan kami bergerak bersama. Proses bermainku dengan Mahira bisa dilihat divideo ini ya :)



  
Tidak hanya permainan, Mahira juga kerap aku libatkan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, membuang sampah, merapikan pakaian, dan merapikan mainannya. Tentu saja Mahira melakukannya dengan senang hati. Anak-anak tuh pada dasarnya suka banget diberi “tugas” dan diberikan kesempatan untuk berperan. Kalau aku selesai memompa ASI untuk adiknya, Mahira selalu mengambil peran mengambilkan plastik atau botol ASIP dan membawakan ASIP serta peralatan pumping untuk dimasukkan ke dalam kulkas.

“Mahiya aja yang masukin, Mahiya aja yang menutup, Bunda diam aja!” begitulah anak usia 2 tahunan, sudah mulai tumbuh ke-aku-annya dan ada keinginan untuk show off atau pamer bahwa aku bisa, lho Bunda!


Momen Berharga dengan Makan Bersama

Aku dan Mahira kerap bermain di siang hari, sebelum ia tidur siang. Setelah bermain, Mahira mengeluh lapar, namun ia nggak ingin makan makanan yang berat. Biasanya ia meminta nasi saja atau cemilan siang. Sejak usia 2 tahun, Mahira lebih sering meminta untuk makan sendiri saat siang atau sore hari dengan piring favoritnya. Buatku ini anugerah tersendiri, sebab Mahira termasuk anak yang agak sulit beradaptasi dengan proses makan, terutama makan sendiri dengan kedua tangannya.

Saat banyak sekali anak-anak seusia Mahira yang memakai sistem BLW (baby led weaning), Mahira tetap disuapi karena ia tidak mau makan dengan kedua tangannya sendiri. Syukurlah, secara bertahap Mahira bisa menyesuaikan dengan cepat. Betul sekali kata orang, setiap anak memiliki waktunya sendiri-sendiri, tugas utama orang tua adalah memberi stimulasi yang tepat sesuai karakter dan perkembangannya.

Dalam proses pengenalan makanan kepada Mahira, aku juga kerap menggunakan trik khusus agar ia mau lebih lahap dan lebih banyak dalam menghabiskan makanan. Misalnya, dengan memberi contoh saat makan, mengenalkan makanan yang dimakan hewan, mengajak boneka untuk ikut makan, dan memberikan Mahira cemilan yang sehat agar pencernaannya tidak terganggu.

Masih ingat kan cerita lamaku saat proses makannya Mahira yang menyebabkan ia sembelit dulu? Saat itu aku sangat ceroboh membiarkan Mahira makan makanan tanpa melihat komposisi, dan rupanya Mahira sangat tidak toleran dengan kandungan di cemilan instan tersebut. Sejak saat itu, aku sangat selektif dan berupaya untuk memberikan asupan yang ramah dipencernaannya.

Sebab, kalau pencernaan sehat, proses makanpun menjadi lancar dan menyenangkan. Proses stimulasi jadi bisa lebih maksimal dan berkesan!

Cemilan Gluten-Free bikin Bunda jadi Worry-Free

Salah satu cemilan siang yang kuberikan untuk Mahira adalah cemilan Monde Boromon Cookies  yang gluten dan milk-free. Aku senang sekali ada snack buatan Indonesia yang gluten free dan Mahira doyan banget! Ini pas banget buat anak yang intoleran dengan susu sapi/bubuk dan yang sedang membatasi konsumsi makanan yang mengandung gluten.

 jual monde boromon, lomba blog monde boromon, boromon cookies ingredients, komposisi biskuit boromon, biskuit sehat yang murah untuk anak, biskuit sehat untuk anak, cemilan sehat murah untuk anak, melatih motorik anak 2 tahun, melatih motorik kasar anak 2 tahun, melatih motorik halus anak 2 tahun, biskuit monde boromon

Cemilan ini bisa aku gunakan untuk siang hari juga sebagai bekal Mahira ke sekolah. Baru-baru ini Mahira menjalani trial di beberapa pre-school dan disana juga ada sesi makan siang bersama. Pas banget kan, siang hari Mahira paling males makan makanan yang berat. Jadi aku membawakannya puding, cookies, roti, ataupun cemilan Monde Boromon Cookies ini agar ia bisa makan sendiri bersama teman-teman sebayanya. 

Cemilan Monde Boromon Cookies ini juga menjadi penunjang dalam melatih motorik halus Mahira, khususnya di tangan dan mulut. Sebab bentuknya sangat mungil, mudah diambil oleh kedua jari, dan sangat pas di mulut toddler. Monde Boromon Cookies ini juga melatih motorik halus di mulut dan lidah. Ehem.. jangankan Mahira, bundanya aja juga doyan banget!

 jual monde boromon, lomba blog monde boromon, boromon cookies ingredients, komposisi biskuit boromon, biskuit sehat yang murah untuk anak, biskuit sehat untuk anak, cemilan sehat murah untuk anak, melatih motorik anak 2 tahun, melatih motorik kasar anak 2 tahun, melatih motorik halus anak 2 tahun, biskuit monde boromon
Lucu dan mungil banget khaaan xD

 jual monde boromon, lomba blog monde boromon, boromon cookies ingredients, komposisi biskuit boromon, biskuit sehat yang murah untuk anak, biskuit sehat untuk anak, cemilan sehat murah untuk anak, melatih motorik anak 2 tahun, melatih motorik kasar anak 2 tahun, melatih motorik halus anak 2 tahun, biskuit monde boromon
ea.. ada yang gak tahan nih! hahaha


Selain menunjang programku dalam menstimulasi motorik halusnya, Monde Boromon Cookies yang gluten-free ini bikin aku worry-free alias nggak khawatir bikin Mahira sembelit. Hal ini dikarenakan Boromon punya sejumlah kebaikan untuk anak usia 1 sampai 5 tahunan antara lain mengandung sari pati kentang sehingga lebih mudah dicerna perut, mengandung manfaat madu dan minyak ikan, mengandung DHA.

Bunda juga jadi nggak khawatir soal keamanannya karena Boromon Cookies adalah salah satu produk dari Monde, sudah terdaftar di BPOM RI dan halal MUI. Melihat logo Monde saja aku udah tenang, karena Monde juga menjadi jajanan favoritku dan aku punya kenangan tersendiri saat mengunjungi pabrik Monde yang harum banget di daerah Rungkut, Surabaya! Hehehe.

Hal yang membuat Mahira sangat tertarik dengan Monde Boromon Cookies karena gambar pada produknya sangat cute, rasa Monde Boromon Cookies yang renyah namun lumer di mulut, dan sangat membantu Mahira dalam mengenal beragam tekstur, bentuk, dan rasa makanan. Lumayan banget untuk membiasakan kemampuan makan Mahira.

Kelebihan lainnya? Murah sis! Hanya 12.500 disini. Satu box beratnya 120 gram dan berisi 6 plastik (per plastik beratnya 20 gram) dan terjamin kehigienisannya. Duh, aku mah mudah banget nge-approve cemilan buat Mahira yang bergizi dan murah! Biasanya yang punya komposisi dan manfaat serupa ama Monde Boromon Cookies tuh mahal, lho :D

Senang sekali ya, ternyata banyak pilihan dan kemudahan yang bisa bunda lakukan untuk melatih motorik anak usia 2 tahunan.

Bunda punya cerita apa nih dalam menstimulasi perkembangan motorik si kecil? Berbagi disini, yuk! :)





Referensi:
Sumber foto dan infografis: pribadi
Ebook Melatih Motorik Anak 2-5 tahun Sahabat Keluarga Kemdikbud
Ebook Asyiknya Makan
http://www.parenting.co.id/balita/motorik+kasar+vs+motorik+halus




52 komentar:

  1. Akmal juga suka mainin make up bundany �� bedak habis pecah kemarin. Tapi ya geemanaaaa atas nama melatih motorik halus yo sakkarepmu lah nak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal bukan lisptik yang mahal aja ya sist wkwk

      Hapus
  2. Mahiyaaa..
    Kamu kok lucu syekaliih siihh.
    Senang banget melukis2 ya, keren banget lukisan aka coret2nya hehehe.

    Monde Boromonnya enak yaaa.
    Bukan cuman kesukaan anak2, emaknya juga doyan hahaha
    Udah gitu gak was2 pula ngasih ke toddler :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba :)) akupun sering minta kalo mahiya lagi makan hahaha

      Hapus
  3. Boromon ngerti kebutuhan anak ya, selain enak juga bebas gluten, itu penting banget buat anak, baik buat bodi maupun tumbuh kembang lainnya

    BalasHapus
  4. Main sama anak usia 1tahun keatas itu seru banget ya mbk. Mulai banyak hal yang terlihat saat bermain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak bener banget mba. Kadang amaze sendiri dengan perkembangannya :))

      Hapus
  5. Ntr lg anakku usia 2 th
    Dan memang benar ada banyak sekali perubahan fisik yg trjadi
    Maa syaa Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba, pasti senang ya menyambut usia 2 tahun anak xD

      Hapus
  6. Bagus banget ya Boromon Cookies ini, bisa mencerdaskan anak karena kandungan gizinya yang lengkap.
    Pengen cobain ke anakku ah, semoga aja dia suka.

    BalasHapus
  7. Cemilannya lucu, piring makan Mahira juga.
    Iyah Mbak, anak2 punya cara dan waktunya masing-masing. Si Kakak juga dulu malas makan, seiring waktu dia sendiri malah yang minta makan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya mba, memang kitanya yang perlu sabar dan terus menstimulasi ya :)

      Hapus
  8. Boromon Cookies tampilannya dan kemasannya bagus punya daya tarik selain itu komposisinya juga mantul

    BalasHapus
  9. Seru banget mainnya ya Mahira! Memang anaknya udah aktif gini ya, Bunda? Wah setiap hari rumah jadi seru dong ya

    BalasHapus
  10. Lukisannya bagus banget. Usia dua tahunan nih memang waktu yang tepat untuk selalu mengajar motorik anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mba Alidaa.. saat2 emas untuk anak ya :)

      Hapus
  11. Kemasan dan tampilan cookiesnya lucu. Nggemesin banget. Mo coba beli juga ah buat anak lanang. Semoga aja udah tersedia di swalayan dkt rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup mba bisa banget terus nyetok di rumah

      Hapus
  12. Kayanya semua anak emang suka gambar di dinding ya dan ini sangat bantu motoriknya. Boromon camilan enak, keponakanku juga suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya mba.. jadi dikasih kertas gitu biar ga terlalu kotor dindingnyaa

      Hapus
  13. Miqdad doyan banget ngemil Monde Boromon ini, enak sih soalnya

    BalasHapus
  14. Monde Boromon cookies ini selain memiliki banyak kandungan gizi ternyata harganya murah meriah juga. Aku kira harganya mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terjangkau banget mba. pikirku juga mahal awalnya, eh ternyata endaaak hehe

      Hapus
  15. Lukisannya cakep lho itu.. pinteer deh dedek. Sering-sering latihan sama bunda yaaa nak

    BalasHapus
  16. Saya harus memutar memori paling enggak ke sekitar 10 tahunan ke atas tentang stimulasi motorik anak hehehe. Ya, pastinya menstimulai harus dengan cara menyenangkan seperti bermain

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba memang dengan bermain cara yang paling asyik dan efektif :D

      Hapus
  17. Boromon ini cemilan enak banget lho ga cuma anak kecil aja yang suka saya pun suka hehe.

    BalasHapus
  18. Aku juga sering stok boromon cookies buat ngemil bareng anak2 sambil baca buku atau gambar, enaak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba lumayan ya buatt camilan sehari harinya anak :)

      Hapus
  19. Sungguh lihat perkembangan motorik anak itu menyenangkan sekali. Tiba-tiba aja dia udah bisa begini dan begitu. Ditambah lagi dengan camilan sehat dari Monde Boromon Cookies ya moms, makin mendukung anak jadi makin lincah

    BalasHapus
  20. Horeee senang kalau liat anak aktiv gini ya BUnd.
    Jadi merasa senang, karena anaknya riang dan lagi ada biskuit boromon yang melatih motorik anak.

    BalasHapus
  21. Waaah Mahira pinter banget, usia 2 tahub udah pinter menggambar, seneng ya kalau anak aktif dan pintar karena terstimulasi dengan baik

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah punya anak yang pinter tumbuh sesuai harapan adalah dambaan orangtua ya mba. Mahira sesuai namanya, tumbuh jadi anak yang pinter. Pinter gambar pula.

    BalasHapus
  23. Kita jd ortu mesti punya bnyk ide kreativitas ya biar bisa ikut ngebantu juga perkembangan motorik anak

    BalasHapus
  24. Mahira lucu sekali Mba. Hehehe. Btw ikut grup WAG Fun Blog Walking dan baca macam2 postingan soal ibu dan anak jadi nambah pengetahuan ku banget. Dpt ilmu gratis yang bsrfaedah bt masa depan wkwwkwk

    BalasHapus
  25. lukisannya bikin baper hehe...aku jadi penasaran sama boromon ini

    BalasHapus
  26. Boromooon~
    Ini camilan anak-anakku pas masih kicik-kicik.

    Sepertinya gak semua swalayan menyediakan merk ini yaa...?

    BalasHapus
  27. Wah rahasianya kece banget. Bikin makin semangat buat mendidik dan membersamai anak nih

    BalasHapus
  28. Udah cantik, si ade pinteeeer banget. banyak ya cara yang bisa dilakukan untuk melatih otot motorik anak. Dan ini bisa dilakukan dengan cara yang disukai anak. Makin pinter adek cantik :)

    BalasHapus
  29. Zaman anak2ku masih kecil dulu juga dinding rumah penuh coretan. Alhamdulillan sepadan dgn pengorbanannya ya hehe

    BalasHapus
  30. Ah Mahira kayak anak kebanyakan, suka coret2 di dinding rumah. Tanda anak kreatif sih menurutku. Nah apalagi kalo cemilannya kayak Boromon, udah bernutrisi, bebas gluten pula. Bisa untuk cemilan anak berkebutuhan khusus karena bebas gluten

    BalasHapus
  31. Jadi enggak khawatir lagi ya kalau cemilan Mahira udah gluten free gini. Mana kandungan lain-lainnya oke banget, ada minyak ikan yang dipercaya bagus banget untuk pertumbuhan otak anak. Sehat-sehat selalu ya Mahira :*

    BalasHapus
  32. Wah senangnya jadi Mahira ditemenin menggambar dan bermain sama Bunda .Apalagi ada camilan enak dan bergizi

    BalasHapus
  33. Wah hapopy banget pasti Mahira kalau main ditemani bundanya.
    Perkembangan anak2 itu cepet banget ya, tanpa diduga mereka bisa melakukan sesuatu dengan cepat.

    BalasHapus

Follow me @nabilladp