Kamis, 29 November 2018

Quick Review Buku Anak Terbaik, Murah, dan Edukatif versi Bunda Biya



Buibu suka bacain anak buku? Suka dongengin anak? Alhamdulillaaah… ini penting loh dipelihara, agar anak nggak terlalu konsen ama gadgetnya, juga sebagai upaya menumbuhkan kebiasaan baik saat anak dewasa.

Membacakan buku untuk anak di Indonesia tantangannya agak gede ya. Mulai jenis buku, harga buku yang mahal, sampai sindiran orang sekitar, “ngapain sih dibacain buku, kan belum ngerti?!”

Memang mungkin anak dibawah dua tahun belum sepenuhnya paham konten, tapi bukan berarti mereka tidak bisa menyerap apa-apa dari cerita yang kita bacakan. Mereka juga bisa kok memahami, apalagi jika kita bacakan berulang. Selain itu, membaca sejak dini juga bisa membiasakan anak untuk gemar membaca di kemudian hari. Harapannya, tentu aja anak jadi cerdas, bijak, dan gak mudah termakan hoax (penting).

Berikut adalah buku-buku anak terbaik 2018 ala Bunda Biya:


Buku-bukunya Rabbit Hole

Aku beli buku dari penerbit Rabbit Hole saat sedang flash sale. Sueneng banget ooy! Aku juga sangat bangga ada penerbit buku anak yang bukunya sangat bagus untuk perkembangan emosi anak sejak bayi juga untuk merekatkan bonding dengan ortu. Setauku, Rabbit Hole juga penerbit pertama yang menggunakan buku anak ala buku-buku terbitan luar negeri, seperti ada tambahan kain-kain untuk melatih motorik, halamannya bisa dibuka-tutup, dan lain-lain.
mba devi raisa dan bukunya (source: liputan6)

Desainnya juga sangat bagus, anak mudah mengerti. Aku membacakan buku-bukunya Rabbit Hole sejak anak pertamaku berusia 6 bulan. Awalnya aku bacakan buku yang Cilukba! Dia masih belum begitu paham, tapi ya ketawa-ketawa aja dan sangat antusias. Baru bener-bener paham jalan cerita sekitar usia 18 bulan.

Aku juga sangat suka buku emosi terbitan Rabbit Hole. Buku tersebut menurutku menafsirkan emosi dengan sangat baik dan membantu anak mengenal emosi sejak dini.


Buku "Baby"

Ini buku aku beli di BBW 2018 (link) dan aku jarang sekali nemu buku dengan konten pengenalan aktivitas bayi. Saudaraku pernah mengirim buku tentang adik, tapi buku itu dibawa dari Sydney. Jauh bok haha.

Nah buku pengenalan aktivitas bayi ini lucu sekalii karena serasa hidup, jadi ada figur adik bayi yang bisa kita pindah-pindah gitu sesuai aktivitas. Buku ini juga bisa sangat membantu si kakak untuk mengenal adiknya nanti. Bagus untuk usia di atas 2 tahun.


Buku Opposite

Buku ini juga aku beli di BBW Surabaya 2018. Ini juga menurutku baguuss sekali untuk mengenalkan lawan kata ke anak, membantu dia untuk mengembangkan logika berpikir juga. Sangat mudah dipahami karena bukunya bisa ditarik ulur gitu. Harganya aku lupa sih, tapi seingatku ga sampe 100 ribu. BBW gitu looo..



Board Book dan Sound Book Anak Muslim

Ada dua buku muslim terbitan Indonesia nih. Yang pertama adalah dua buku pemberian Bentang Pustaka Kids. Menyusul Rabbit Hole, Bentang Kids mulai memproduksi buku-buku dengan layout yang lebih interaktif. Menariknya, kontennya tentang anak muslimah. Desainnya bagus, mudah dipahami anak dan clear, seperti desain buku Rabbit Hole.

Kemudian yang kedua, aku diberi oleh Seller di IG @dibalikhalaman . Penerbitnya Gulali Books. Buku ini menurutku sangat bagus dan sepertinya masih jarang banget nih sound book sekaligus board book dengan konten islami. Kalo kamu beli buku ini, bakal dapet tas dengan isi buku, panduan untuk ortu, dan ucapan terima kasih dari Gulali Books.


Buku tentang hewan langka

Ini salah satu buku anak yang sering aku baca dengan Mahira. Aku beli buku-buku ini di Togamas, di bagian buku cerita anak-anak. Buku ini bukan buku board, kertasnya bisa mudah sobek  jadi lebih baik buku ini dibaca oleh anak berusia di atas 18 bulan.

Keunggulan buku ini menurutku ada pada karakter, pesan cerita, dan seri. Buku ini memiliki karakter binatang langka seperti macan tutul, badak sumatera, dan ceritanya pun penuh dengan nilai positif. Kamu perlu lihat bagaimana reaksi Mahira saat aku bacakan buku Badak Sumatera disini. Di bagian akhir cerita, ada kisah menyedihkan tentang jumlah badak Sumatera yang semakin berkurang karena ulah pemburu. Secara tidak langsung, buku ini juga bisa mengajarkan emosi pada anak.

Buibu sudah pernah baca kelima buku di atas untuk anak-anaknya? Share disini dong :)

4 komentar:

  1. Lucu-lucu banget illustrasi bukunya.. saya pingin banget bisa menjadi illustrator kayak mereka.. huhu.. terima kasih rekomendasi buku anaknya mbaak.. ❤️❤️

    BalasHapus
  2. Dulu waktu anak-anak msh kecil suka bacain buku mb ... Mengadah daya ingat setidaknya demikian..
    Hehe

    BalasHapus
  3. Sama novel anak punyaku dong. He .he ...

    BalasHapus
  4. Buku anak tuh gemesin ya desain dan ilustrasinya, alhamdulillah saya masih suka bacain buku ke anak-anak, kadang bacain majalah bobo edisi lama, hehehe

    BalasHapus

Follow me @nabilladp