Kamis, 20 Desember 2018

Mau Tips dan Inspirasi Harian? Mampir ke Tipsibu.com, gih!




Belakangan ini sempat tahu video kampanye yang lagi viral nggak?

Itu loh, video kampanyenya salah satu calon presiden yang menurutku ehehe... agak nggak jelas poin yang mau disampaikan apa. Video tersebut menampilkan seorang mahasiswa arsitek yang lulus dengan predikat cumlaude yang kesulitan mencari kerja. Pemuda tersebut sempat berganti-ganti pekerjaan dengan menjadi driver, fotografer, dan lain-lain, dengan dubbing suara kerja-kerja-kerja, namun pekerjaan yang didapatkan tidaklah sesuai dengan gelar di ijazah.

Video ini menimbulkan pro dan kontra, yha lebih banyak kontranya sih. Terutama dari kalangan pekerja lepas, driver, pekerja kreatif, dan arsitek. Sempat rame lah ya di media sosial.

Menurutku sayang banget itu campaign-nya karena nanggung banget. Padahal capres dan timnya bisa membuat kampanye yang lebih positif dan kreatif, misalnya dengan mengunggulkan bahwa lapangan pekerjaan pada era digital ini lebih luas dibanding sebelumnya dan bekerja tidak harus di kantor.

Apalagi sejak ada Google, semuanya seolah bisa dipelajari via mbah legendaris ini, walaupun tetep ya lebih afdhol kalau kita belajar dengan bertatap muka dengan guru.


Banyak Ilmu Bertebaran di Google

Di zaman yang serba ada dan serba mudah ini, rasanya agak aneh kalau kita kesulitan mencari solusi dan mencari tips maupun cara-cara tertentu untuk belajar sesuatu yang baru, apalagi untuk masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan ataupun masyarakat dan generasi yang sudah akrab dengan internet.

Pasalnya, internet kini sangat mudah dijangkau di Indonesia, begitupun sosialisasi tentang penggunaan internet positif. Nyaris apapun bisa kita temukan dengan mengetik kata kunci di search engine. Walaupun ada beberapa search engine, Google seolah menjadi satu-satunya mesin pencari yang dikenal masyarakat modern. Cari apa aja bakal ketemu! Mulai dari mengerjakan tugas, mencari artikel tertentu, mengerjakan penelitian, hingga memulai bisnis bisa kita mulai dari memainkan jari di kolom pencarian Google.

Algoritma Google pun memungkinkan siapa saja bisa berkontribusi dan membuat konten yang berkualitas yang kemudian akan ditampilkan di halaman teratas Google dan pada akhirnya bisa membantu orang banyak, bahkan orang-orang yang tidak dikenal oleh penulis artikel tersebut. Asalkan konten yang ditulis original dan bermanfaat. Selebihnya, kita sebagai pembaca bisa menyaring sendiri mana informasi yang sesuai kebutuhan dan mana yang tidak.

Misalnya saja, aku baru mencari tips tentang usaha kecil-kecilan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Aku ingin mendorong adik iparku untuk mulai mengenal dunia kreatif dan dunia kerja sebelum ia menjadi mantan mahasiswa. Mumpung ia adalah anak muda yang kreatif dan berprestasi, jadi yaa kenapa nggak kita coba aja, kan?


Mencari Berbagai Petunjuk Praktis di Tipsibu.com

Saat aku sedang mencari tips dan artikel tentang bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan modal kecil, aku masuk ke halaman tipsibu.com. Aku berencana mendiskusikan inspirasi-inspirasi yang aku dapatkan di Google dengan adik iparku. Di tahun ini, kebetulan ia sedang mendapatkan beberapa pendanaan dari pemerintah untuk memulai berwirausaha ala mahasiswa. Sungguh kesempatan yang nggak boleh disia-siakan! Hehehe

Di website tersebut, rupanya ada beberapa artikel singkat, padat, dan jelas tentang berbagai tips. Misalnya, tips bisnis untuk ibu rumah tangga, tips seputar finansial, dan tips tentang bisnis ala mahasiswa. Nah, di artikel yang sedang aku baca, beberapa bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa dengan modal minim  antara lain menjadi reseller, berjualan pulsa, membuka jasa penulisan lepas, desainer grafis yang bekerja secara freelance, dan bisnis makanan ringan. Aku dulu pas masih mahasiswa, sama sekali gak kepikiran untuk berbisnis hahaha nyesel banget dah. Padahal ada tuh beberapa temanku yang sudah memulai bisnisnya sejak mahasiswa dan memanen buah manisnya sekarang.

Aku rasa website ini bisa jadi rujukan bagi orang-orang yang ingin mencari artikel singkat dan informatif untuk mendapat inspirasi dan memulai sesuatu yang baru. Silahkan mampir aja langsung kesana ya! :D


3 komentar:

Follow me @nabilladp