Sabtu, 01 Desember 2018

Tips Hidup Sehat Realistis ala BuSui yang Kurang Sehat


 
Hidup sehat sering dikaitkan dengan olahraga, makan makanan organik, tidur cukup, daaan sebagainya. Kalau indikatornya itu, aku tentu belum layak dan nggak bisa ngasih tips karena… aku masih jauh dari gaya hidup itu.

Olahraga? Jarang.
Tidur cukup? Apa itu, punya satu toddler dan satu bayi, mana bisa tidur cukup!
Makan makanan organik? Hem sebulan sekali juga belum tentu. Kalo indomie, baru deh seminggu sekali!

Terasa banget sih kalau aku ini kurang sehat. Kadang habis aktifitas sebentar, sudah lelahnya banget. Baru renang sebentar, sudah ngos-ngosan. Kalau ketemu tangga, aku juga naiknya selalu perlahan. Sepertinya ini akibat dari jarang olahraga dan kebanyakan makan karbo dan daging-dagingan, jadi badan terasa berat. Apalagi aku juga melahirkan secara SC yang membuat badanku terasa banget bedanya sebelum dan sesudah melahirkan. Kalau capek dikit, radang tenggorokanku sering kumat. Kalau kena pemicu alergi, penyakit alergi dan turunan langsung kambuh seperti flu karena debu dan batuk sesak.

Walaupun begitu, aku punya niat untuk hidup sehat kok hehehe meskipun terbilang receh. Misalnya, mulai mengurangi makanan yang mengandung pengawet dan banyak gula, selalu melihat komposisi makanan instan atau jajanan yang dimakan, mengurangi minum yang dingin-dingin, dan sebisa mungkin makan makanan rumahan. Kalau mengurangi indomie ama nasi padang agak susah deh, karena kalau pas di rumah gak ada makanan atau makanannya gak cocok, aku biasanya order nasi padang favorit, KFC, atau bikin indomie.


Buat buibu yang kayak aku, masih tanggung banget untuk hidup sehat secara ideal, monggo kalau mau mengikuti tips hidup sehat ala aku, seorang ibu menyusui yang sebetulnya yaa nggak sehat-sehat banget sih! 

Minum air putih yang cukup. Banyakin malah bagus. Kalau air putih kurang, aku biasanya agak pusing dan tenggorokan rasanya kering. Kalo pas pipis kan terlihat ya air kencingnya berwarna apa. Nah kalau udah kuning pekat, itu tanda kalo kita harus banget segera menambah asupan air minum.

Makan buah. Sebagai seorang karnivor sejati, buatku susyaah sekali untuk mengurangi daging-dagingan. Buat penyeinbang, biasanya aku tambahin asupan sayur, ngemil timun, dan makan buah.

Kurangi makanan bersantan. Hm.. lemaknya kimpul-kimpul tuh kalo di makanan yang bersantan. Untung aku gak begitu suka makanan bersantan selain yang aku beli di nasi padang. Kalo masak sendiri, aku juga jarang banget pake santan, kecuali ya kalo bikin lodeh atau masakan yang memang seharusnya bersantan. Kalaupun makan santan, usahain banget dihabiskan di satu hari itu. Makin dihangatkan, makin banyak lemak jahatnya :(((

Makan indomie pake pelengkap. Misalnya telur, sayur, dan yang penting jangan pake nasi ya!

Hirup udara pagi dan stretching. Meskipun aku jaraang sekali olahraga, aku usahakan setiap pagi aku stretching, meregangkan otot, dan menghirup udara pagi sambil gendong-gendong bayi. Lumayan lah bikin pikiran segar juga.

Jaga jam tidur. Jam tidur yang singkat, ditambah gaya hidup yang kurang sehat, tentu bisa berpotensi bikin kita makin mudah sakit ya. Oiya, pake oil-oilan yang sekarang ngetren itu bisa efektif membantu meningkatkan kualitas tidur juga.

Hindari asap rokok dan perokok. Bersyukur bangeeet suami dan ayahku nggak merokok. Juga aku sebisa mungkin menghindari asap rokok di rumah. Kalau ada saudara yang perokok datang, pasti sudah aku warning duluan agar tidak menyalakan batang rokoknya di rumahku. Kalau mau merokok entar ajalah kalo udah pulang.

Positif thinking dan stay happy. Sebagai Seorang yang pernah punya dan sedang berjuang menangani masalah kesehatan mental, buatku bahagia dan menjalani hidup dengan penuh energi positif dan kesyukuran itu penting buanget. Sekali pemicu stres datang, itu pikiranku bisa mudah kesenggol dan harus segera aku kontrol. Jadi lebih baik kan kita hindari aja pemicunya ya..

Semoga tips sehat receh ini bermanfaat buuu :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow me @nabilladp