Memilih Kelas Bahasa Inggris Terbaik

April 23, 2019



kelas bahasa inggris terbaik untuk anak, kursus ef surabaya, kursus ef malang, kursus ef jakarta, harga kursus ef untuk anak, memilih kursus bahasa inggris terbaik untuk anak


Aku bersyukur memiliki orang tua yang tidak pernah mewajibkanku pandai matematika. Ayah hanya meminta satu hal: harus bisa berbahasa Inggris. Permintaan beliau pun aku turuti, aku mulai mengikuti kursus Bahasa Inggris sejak kelas 3 SD hingga kuliah. Tidak ada penyesalan sama sekali mengenal Bahasa Inggris sejak kecil, justru yang ada sebuah kebanggaan karena pada masa itu tidak banyak teman-temanku yang bisa berbahasa Inggris. Mereka pun sering bertanya (dan menyontek :p) kepadaku kalau ada tugas ataupun ujian.

Sekarang, aku sangat familiar dengan Bahasa Inggris. Mengingat dalam keseharian, kita nggak lepas dari Bahasa Inggris, mulai dari menggunakan peralatan elektronik, bermain game, belajar, maupun ujian sekolah, pasti kita selalu bersinggungan dengan bahasa Inggris. Bahasa Inggris juga menjadi mata pelajaran yang wajib dipelajari. Apalagi bahasa Inggris selalu ada di setiap ujian sekolah, ujian masuk universitas, dan ujian masuk kerja. Tidak berhenti sampai di situ, sebagian besar jurnal ilmiah serta alat-alat yang juga menunjang perkuliahan maupun pekerjaan yang menggunakan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, bahasa Inggris menjadi hal yang wajib kita pelajari. Bahasa Inggris memang diajarkan di sekolah bahkan mulai dari pendidikan anak usia dini. Namun, terkadang materi yang disampaikan kurang maksimal. Selain itu, sering pula terjadi anak tidak mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam belajar Bahasa Inggris di kelas.

Jika Bunda merasakan materi bahasa Inggris di sekolah kurang maksimal, Bunda bisa mengikutsertakan si kecil ke kelas belajar bahasa Inggris. Memilih kelas belajar bahasa Inggris susah-susah gampang, salah memilih kelas belajar malah jadi pemborosan loh, Bund. Berikut 5 tips bagaimana memilih kelas  belajar bahasa Inggris.


1. Pilih yang memiliki kelas kecil

Tujuan untuk mengikutsertakan si kecil belajar bahasa Inggris adalah agar anak dapat belajar secara maksimal, bukan? Jika kelas memiliki banyak murid, fokus guru lebih banyak terpecah. Selain itu, anak akan dapat terganggu konsentrasinya karena kemungkinan besar ia akan terganggu dengan teman sekelasnya. Pilih kelas belajar bahasa Inggris yang memiliki kelas kecil, artinya satu kelas jumlah muridnya tidak lebih dari 8-10 orang. Sehingga, anak dapat menyerap pelajaran dengan maksimal dan mendapat pengalaman belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan.


2. Pilih kelas belajar bahasa Inggris yang menawarkan tes penempatan

Tes penempatan (placement test) penting dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh si kecil memahami bahasa Inggris. Hasil dari placement test ini membantu Bunda untuk memilih program kelas belajar yang tepat untuk Si Buah Hati. Dari hasil tes, Bunda juga dapat melihat lebih spesifik mengenai penguasaan anak, apakah reading, listening, writing, atau speaking.


3. Pengajar yang handal

Pengajar menjadi salah satu faktor yang penting dalam memilih kelas belajar Bahasa Inggris. Sebelum mendaftar kelas belajar, lakukan riset kecil misalnya bertanya kepada staff mengenai kompetensi pengajar. Lulusan dari mana saja pengajarnya, apakah pengajarnya pengajar lokal atau native speaker, dan pilih kelas belajar bahasa Inggris yang memiliki trial class (kelas percobaan), agar Bunda dapat melihat bagaimana guru di kelas belajar tersebut mengajarkan materi kepada siswanya.


4. Suasana belajar

Suasana belajar yang menyenangkan memberikan manfaat yang bagus untuk anak loh, Bund. Anak memahami pelajaran dengan lebih baik dan akan lebih semangat mengikuti kelas belajar. Pilih kelas belajar Bahasa Inggris yang memiliki suasana belajar yang menyenangkan dan fasilitas pembelajaran yang mendukung. Eits... bukan berarti suasana belajar ini harus selalu berada di dalam kelas, ya. Bagi anak-anak, perlu sesekali ada aktivitas yang fun di luar kelas.

Beberapa kelas belajar Bahasa Inggris seperti English First (EF) menawarkan pembelajaran di luar kelas, sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif. EF memiliki program yang dinamakan EF Life Club. EF Life Club merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang penting dan merupakan bagian dari pengajaran komprehensif oleh EF. Dengan tema kegiatan yang beragam, anak dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang seru sambil meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya.


5. Metode pembelajaran

Memilih kelas belajar bahasa Inggris menawarkan metode pembelajaran yang berbeda. Ada yang hanya fokus kepada pembelajaran di dalam kelas dan  ada pula yang mengedepankan metode pembelajaran yang interaktif. Sedikit saran dariku, Bunda bisa memilih kelas belajar Bahasa Inggris yang memiliki metode pembelajaran yang interaktif. Sebab, dengan metode ini anak dapat memahami pelajaran lebih baik ketika mereka praktik langsung.

Itu dia cara memilih kelas belajar Bahasa Inggris yang dapat membantu Bunda dalam memilih kelas belajar Bahasa Inggris terbaik. Ingat, Bahasa Inggris merupakan investasi yang sangat penting untuk anak, jadi pilih kelas belajar Bahasa Inggris yang terbaik ya, Bund! Bunda ingin si kecil merasakan serunya belajar bahasa Inggris di EF dan jadi jago berbahasa Inggris? Daftar sekarang di EF.ID/april-promo dan dapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 juta dan merchandise eksklusif EF! #AkuBisa jago Inggris dengan seru di EF.

kelas bahasa inggris terbaik untuk anak, kursus ef surabaya, kursus ef malang, kursus ef jakarta, harga kursus ef untuk anak, memilih kursus bahasa inggris terbaik untuk anak


Psst.... sebagai alumni EF Malang, aku sangat merekomendasikan EF ini untuk anak-anaknya Bunda. Suasana belajar sangat menyenangkan, ada teacher yang native speaker, dan selalu ada aktivitas yang menyenangkan di luar kelas, untuk aku yang saat itu sudah kuliah sekalipun! Aku yang awalnya ragu bicara Bahasa Inggris, jadi berani mencoba lebih aktif, dan lebih pede untuk membuat paper sebagai syarat seleksi pertukaran pelajar ke luar negeri.

Kabari aku, ya, kalau sudah dafar. Eh, atau ada anaknya Bunda yang sudah jadi murid di EF? Share di sini, yuk!




You Might Also Like

31 komentar

  1. Hi Bunda Biya makasih ya infonya. Keponakanku sekarang masih ikutan kursus di EF Puri Indah, laki-laki dan dia sudah SMA. Sebelumnya sempet dia ikutan kursus di salah satu tempat kursus yang juga lumayan banyak cabangnya di Jakarta tapi kok pas saya ajak ngobrol dia kaku begitu mungkin ketika kursus ditempat itu dia lebih banyak belajar grammar.

    Tapi ketika pindah ke EF dia malah terlihat pede ya, ini beneran loh karena saya coba ajak ngobrol dia langsung respon ngejawab tanpa malu-malu. Karena setahu saya di EF tuh diberlakukan English Speaking Zone jadi student-student yang berada di area itu "dipaksa" untuk berbicara dalam bahasa inggris :D

    BalasHapus
  2. Penempatan sebelum masuk les bahasa inggris memang perlu biar setara duduk sama teman yang kelas bahasa Inggris sama .

    BalasHapus
  3. Aku juga belajar bahasa Inggris dari SD sampai SMU mbak, beneran disuruh mama. Katanya bahasa itu penting karena menyatukan banyak hal. Ternyata bermanfaat banget, meski sekarang tidak aktif lagi. Jadi teringat si kecil yang sekarang sudah suka dengan bahasa bakalan di leskan di tempat les aku dulu EF pastinya.

    BalasHapus
  4. Bagus ya, dengan setara kemampuan bahasa Inggrisnya maka mempercepat proses belajar ya, karena ini ilmu aplikatif

    BalasHapus
  5. Keren banget Bunda Biya udah les bahasa Inggris sejak kelas 3 SD, pastinya jago bahasa Inggrisnya, pengen deh anak-anak kursus bahasa Inggris sejak dini biar ga gagap kayak emaknya kalau ngomong bahasa Inggris

    BalasHapus
  6. Sewaktu SMA saya ikut Les bahasa, tapi dirasa kurang cukup karena masih gak pd untuk bicara bhs inggris. Tapi tmn2 Saya yang EF emang keliatan jago2 Dan percaya diri, Saya sempet kepo2 juga, ternyata disana pengajarnya banyak native juga ya mbak..

    BalasHapus
  7. Wah mba mantab banget kursus dari SD kelas 3 sampe kuliah, aku malahan kursusnya empot-empotan makanya inggrisku ya mintul wkwkk..

    aku udah telepon EF mba sayangnya jadwalnya bentrok dan kendalanya ga ada yg anter jemput anakku ke sana semoga next udah gedean dikit bisa mandiri ke EF-nya

    BalasHapus
  8. yang point pertama pilih kelas kecil biar lebih kerasa fokusnya ya mbak, dan jadi anak bisa lebih fokus speaking englishnya. ^^

    BalasHapus
  9. Aq juga suka bgt belajar bhs inggris Mba, kyk memasuki dunia lain kalo udah belajar. seruu :)

    BalasHapus
  10. Kemampuan Bahasa Inggris menjadi daya saing ya saat ini. Saya tuh, paling susah membiasakan diri untuk menulis dan berbincang menggunakan Bahasa Inggris, ndak bisa malah. Tapi anak keduaku justeru berbeda, dia kok m udah banget belajarnya, jadi berpikkir apa aku kursusin ke EF ini ya? makasih banyak ya tipsnya.

    BalasHapus
  11. Belajar bahasa inggris memang gak ada ruginya yaa, Mba, malah banyak untungnya. Apalagi di zaman sekarang, orang yang gak pandai berbahasa inggris tuh rasanya kayak ketinggalan zaman (itu mah saya, hehehe)

    BalasHapus
  12. EF ini memang bikin suasana senang belajar bahasa Inggris.
    Ga ada ragu buat ngomong, karena lingkungan yang mendukung.
    Andaikan di sekolah pun suasana nya semenyenangkan ini...pasti Bahasa Inggris bisa jadi second languange yang dikuasai anak-anak hingga dewasa yaa...

    BalasHapus
  13. Wah, seru banget ya kelas EF di saat liburan buat si kecil. Pastinya bakal bikin liburan jadi menyenangkan dan berfaedah. Anakku yang nomor 3 bakalan suka nih kalo diikutkan.

    BalasHapus
  14. Dulu aku anak EF dan emg bener sih kelasnya asyik bgt buat anak2. Trus ada program ke luar negeri jg. Keren!

    BalasHapus
  15. EF emang keren dari jaman aku sekolah udah ada dan berbeda de lembaga B inggris yang lainnya. Sekarang lebih kereeen ..

    BalasHapus
  16. Wah asyik nih..temenku jg ada yg jd guru di EF..lama di Inggris jg blio jd fasih banget cucok lah jd guru di sini..

    BalasHapus
  17. Dari kapan itu aku udah kepikiran buat cari tempat kursus bahasa asing. Lha baca ini jadi teringat lagi karena belum terealisasi kan. Mau cari info dulu deh apa EF ini ada di Jepara atau gak

    BalasHapus
  18. Aku jadi kangen ngajar bahasa Inggris! Aku dulu suka pegang kelas anak kecil and it was fun indeed

    BalasHapus
  19. Paling setuju point pertama. Kelas kecil karena memang anak bisa benar-benar fokus belajar

    BalasHapus
  20. Paling kerasa bedanya kalau di EF memang pengajarnya si Mbak, karena banyak yang native ya.... Jadi dapet feelnya, nggak nyolong-nyolong bahasa Indonesiaan pas les, hihihi #curhat

    BalasHapus
  21. Aku suka dulu pelajaran bahasa inggris
    paling suka pelafalan yang benernya harus gimana
    dulu suka sering menang juga pas disuruh nulis yang benar
    Aku jadi pengen les juga, buat keponakan juga oke

    BalasHapus
  22. Ah, ngomongin soal les bahasa inggris, aku jadi ingat masa laluku yang kurang baik, Mbak. Pengennya nih ya ntar anakku nggak mengalaminya dan bisa mahir bahasa inggris. Terima kasih untuk tipsnya di atas.

    BalasHapus
  23. aku pengen nyoba nih buat kid3. Kayaknya bakal suka bgt dia. Mayan nih potongan harganya

    BalasHapus
  24. Di Lampung sini juga EF salah satu favorit, yang les di EF rata2 speaking skillnya kece

    BalasHapus
  25. Banyak tempat les yang menempatkan anak pada usia dan kelasnya, bukan kemampuan mereka sudah sampai mana ya mba. . Jadi yang baik harus di test untuk penempatan suswanya ya ada di kemampuan level berapa? ?

    BalasHapus
  26. Anak-anakku jebolan EF. Mereka suka di EF karena ketemu guru yang native speakers. Suasana belajarnya juga asik, banyak gamenya.

    BalasHapus
  27. penting banget nih anak belajar bahasa inggris. aku di EF dulu cuma 6 bulan aja. emang masalaluku kurang baik jadi ga bisa belajar dg baik

    pilih kelas kecil emang jadi fokus belajarnya.

    BalasHapus
  28. Bener banget Bun, memilih kelas kecil supaya guru lebih fokus ke murid yang terbatas. Paham perkembangannyajuga.

    BalasHapus
  29. Wiih...lama juga ikut lesnya, dari SD-Kuliah. Mahiir pasti. Yuukkk ah, EF buka cabang di Banjarnegara. Hihihi

    BalasHapus
  30. Jadi pengen daftarin anakku juga bund jadinya. Soale pengen punya anak bisa bahasa inggris juga sih akunya

    BalasHapus
  31. EF ini dulu cita2ku banget buat belajar di sana. Skrg masih pingin sih tapi kendalanya waktu: gak bs kemana-mana krn kerja dan ngurus usaha di rumah, heuheu

    BalasHapus