Pentingnya Baju yang Nyaman, Aman, dan Modis untuk Ibu dan Anak

April 18, 2019

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman


“Mbak, ini kenapa hayo? Kok punggungnya merah-merah?” tanya perawat yang memijat anakku. Aku yang ditanya gelagapan sambil mikir kira-kira kenapa, ya?

“Alergi, Mbak. Kulitnya sensitif,” jawabku singkat.

“Bikin kulitnya nggak nyaman ini, Mbak,” dia menambahi.

Hm.. iya juga ya. Aku jadi merasa agak abai dengan problem kulit anak keduaku ini. Sebab saat anak pertama, dia nggak pernah ada problem kulit. Kulit Si kakak cenderung normal, nggak pernah ada alergi terhadap bahan-bahan pakaian ataupun produk tertentu.

Beda dengan Si Adek yang sejak awal kulitnya sering merah-merah. Semula kukira karena aku pakaikan minyak telon dan bedak, akhirnya aku cut lah pemakaiannya. Tapi kok merah-merahnya nggak ilang juga?

Setelah aku cek ulang, aku curiga dengan bahan pakaian yang pernah aku belikan untuk Laiqa. Kalau anak pertama dulu kan baju bayi yang bagus dan berkualitas membludak banget di rumah karena banyak yang memberi kado baik dari rekan-rekan suami maupun orang tuaku. Begitu anak kedua? HEHE.


Lalai Memilih Baju untuk Bayi

Karena dulu aku jarang turun tangan membelikan baju untuk kakak, terutama saat dia baru lahir, jadi aku kurang paham gimana sih kriteria baju yang bagus, aman, dan nyaman untuk anak-anak? Aku pikir model cakep, bahan terasa adem, plus harga yang murah sudah cukup. Ternyata enggak! Ada poin yang nggak boleh luput loh, Bund, yaitu label SNI.

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Pentingnya label SNI untuk baju anak.


Aku sempat membeli kaos dalam yang tidak SNI, juga pakaian yang tidak berlabel SNI. Bahannya sih rasanya tidak terlalu buruk, tetapi mungkin dari segi jahitan baju kurang pas dan membuat bayi kurang nyaman. Alhasil, kulit anakku mudah teriritasi, merah, hingga keluar benjolan merah di punggungnya seperti digigit semut dalam jumlah banyak.

Solusinya sih mudah ya kalau untuk jangka pendek. Tinggal pakaikan bedak gatal atau dioles minyak. Tapi, untuk jangka panjang? Akhirnya aku mulai mengemasi pakaian anak-anakku yang kurang berkualitas dan kurang cocok untuk kulitnya serta kembali berburu pakaian bayi yang memenuhi standar dan kenyamanan bayi.


Menyeleksi Baju yang Nyaman dan Aman untuk Kulit Bayi

Aku jadi sadar kalau beli pakaian untuk bayi dan anak nggak boleh asal. Karena kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa, sel kulitnya lebih kecil dan tipis. Pada beberapa bayi, juga ada yang mengalami kulit sensitif.

Laiqa ini sepertinya juga punya kulit sensitif, meskipun tidak terlalu parah kondisinya. Dari situ, aku jadi lebih selektif memilih baju. Ada beberapa prinsip yang aku pegang dalam memilih baju yang nyaman untuk bayi dan anak. Silahkan disimak ya, barangkali juga bisa kamu contoh juga, Bund!

1. Pilih yang berbahan katun.
Bahan katun biasanya dingin dan sangat bersahabat untuk kulit bayi yang tinggal di daerah tropis. Katun tentu lebih cocok buat kulit bayi ketimbang yang berbahan sintetis seperti nilon dan polyester. Karena bahan-bahan tersebut tidak mudah menyerap keringat bayi.

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Pentingnya baju berbahan katun untuk bayi dan anak.


2. Nggak berbulu dan nggak bikin gatal.
Ini masih tentang bahan, ya. Kadang ada jenis bahan katun, atau mungkin bahan jenis lain ya aku kurang paham, yang bikin pakaian jadi mbrudul dan bikin gatal. Nah, yang berpotensi gini dihindari ya. Pilihlah bahan katun yang berkualitas. Biasanya nggak terlalu tipis dan saat kita pegang langsung terasa nyaman di kulit kita.

3. Pilih yang ber-SNI
Sudah tahukah Bunda kalau pakaian bayi wajib ber-SNI? Pengaturan wajib SNI pada pakaian bayi ini resmi ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perindustrian tertanggal 17 Mei 2014. Pemberlakuan di lapangan awalnya dimulai 17 November 2014, namun karena berbagai sebab aturan itu baru bisa diterapkan dan mulai diawasi sejak 17 Mei 2015 lalu. Jadii… sudah waktunya kita lebih selektif lagi memilih baju bayi. Kalau nggak ada label SNI-nya lebih baik skip aja, deh!

Pentingnya label SNI pada pakaian bayi ini dikarenakan bayi butuh prioritas paling tinggi untuk dilindungi. Menurut Kemenperin, rupanya masih banyak pakaian bayi yang beredar di Indonesia dan belum ber-SNI! DUH.

4. Pilih yang longgar
Sebaiknya jangan memakaikan pakaian yang terlalu ketat untuk bayi maupun anak. Sebab, kulit bayi masih tipis, belum sempurna, serta belum ada lapisan lemak tebal seperti orang dewasa. Bahkan hingga usia 1 tahun, lapisan kulit terluarnya masih 20-30 persen lebih tipis dibandingkan orang dewasa. Sehingga, ketika ada gesekan yang terlalu sering dengan pakaian dan menekan kulit, kulit mereka akan mudah terluka dan iritasi. Selain itu, baju yang sempit akan membuat bayi sulit dan tidak nyaman bergerak.

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Pakaian bayi yang longgar membuatnya nyaman bergerak.


5. Pilih yang berpotensi terus awet.
Pengennya beli baju untuk anak bisa dipakai dalam jangka waktu lama agar bisa hemat juga, kan? Keawetan ini juga berhubungan dengan bahan pakaian bayi dan harga. Biasanya kalau bahannya bagus, mau dicuci berkali-kali juga nggak akan memudar warnanya. Kalau awet, mau diberikan ke adik ataupun disumbangkan juga masih layak, kan.

6. Harga terjangkau.
Soal harga ini memang relatif, ya. Jadi sebaiknya tetap sesuaikan dengan anggaran masing-masing keluarga. Kalau aku pribadi mendingan beli baju yang agak mahal sedikit tapi awet ketimbang yang murah plus murahan. Kalo kata orang-orang sih “ada harga ada rupa”.

Prinsip-prinsip di atas aku terapkan juga dalam memilih baju yang aman untuk anak-anak dan juga untuk ibu menyusui. Sebab, kondisi anak dan ibu menyusui berbeda dengan orang dewasa biasa. Anak-anak yang masih sangat aktif bergerak untuk melatih motorik kasarnya cenderung mudah berkeringat. Begitu pula ibu menyusui yang mandi keringat plus air ASI yang merembes ke daster! Kalau pakai daster yang bahannya nggak menyerap keringat dan nggak sering ganti, bisa jadi sarang bakteri.


Yang Juga Penting: Daster Ibu Menyusui yang Nyaman

Sedihnya, problem baju ini nggak cuma eksis di anak keduaku. Belakangan aku juga menyesal telah membeli daster murah yang baru sebulan pakai udah sobek di sana sini. Belum lagi motifnya yang “mak-mak banget”.

Jadi percuma gitu, lho. Mendingan kan beli agak mahal dikit dibanding harga umum tapi bisa awet, ya. Nggak buang waktu untuk belanja dan nggak buang duit lagi untuk membeli daster yang baru. Daster yang udah sobek aku pakai jadi kain lap (biar gak mubadzir! hehe) dan sekarang aku beralih ke daster katun yang sudah ber SNI dan yang memiliki motif cantik atau berwarna polos agar enak dipandang. Kriteria daster untuk ibu menyusui yang nyaman kurang lebih sama seperti memilih baju bayi di atas.


Belinya Dimana? Online atau Offline?

Dua-duanya ada, kok! Kalau aku boleh menyarankan, cobalah membeli produk di Ryan Collection. Aku langsung jatuh cinta begitu memegang sendiri bahan pakaian serta melihat label SNI yang tertempel di label baju! Kebetulan baru-baru ini aku beli satu set baju ibu dan anak yang lucu banget! Warnanya kuning dong, salah satu warna kesukaanku dan anak-anak. Nih, rincian pakaian yang aku beli dari Ryan Collection. Total aku beli 4 produk yakni daster untuk ibu menyusui, jumper bayi, kaos singlet, celana panjang untuk kakak, dan satu set baju main untuk kakak.

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Daster menyusui dari Ryan Collection yang sangat nyaman dan berbahan katun.

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Jumper bayi yang lucu, adem, dan aman untuk kulit bayi yang sensitif.

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Baju bermain yang nyaman untuk Si Kakak.

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Celana panjang dan celana pendek yang nyaman untuk Si Kecil yang aktif.

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Kaos singlet yang menyerap keringat dan adem.


Baju-baju dari Ryan Collection ini sangat memenuhi kriteria di atas: ber-SNI, nggak berbulu, nggak bikin gatal, adem dan aman karena bahannya 100% katun! Kualitas bahannya yang baik membuat aku yakin baju Ryan Collection ini bakalan awet.

Model pakaian dan desainnya pun beragam, khas anak-anak dengan warna bold maupun pastel yang bisa membantu stimulasi penglihatan, dan motifnya pun nggak pasaran. Selain itu, mereka juga punya banyak stok untuk anak lelaki maupun perempuan dengan size kecil sampai dewasa. Komplit, ya?

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Baju yang nyaman banget untuk anak. Sangat mendukung Si Kakak yang aktif bergerak.

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Si Kecil makin bebas bergerak karena dapat baju yang aman untuk kulitnya yang sensitif :)

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman
Aku? Tentu saja gembira! Daster yang nyaman itu bisa menunjang mood, apalagi aku kerja di rumah hehe.


Tapi, ternyata nggak cuma baju aja. Setelah scrolling timeline Instagramnya, aku baru tau kalau Ryan Collection ini juga jual perlengkapan bayi misalnya bantal, lunch box, perlak, dan lain-lain. Jadi, misalnya mau belanja baju untuk bayi yang baru lahir untuk diri sendiri maupun untuk kado, bisa sekalian beli keperluan yang lainnya gitu.

Ryan Collection ini ada tokonya di ITC Mangga Dua Lantai 1 Blok D nomor 23/28 Jakarta. Kalau mau beli online, juga bisa via Instagram (@ryanbabywear), Shopee RyanGrosirOnline, dan Tokopedia RyanClubGrosirOnline, juga bisa langsung WhatsApp ke 0859-2133-8909.

Anyway, katalog produk mereka sangat lengkap di websitenya (http://ryan-collection.com). Tampilan katalognya sangat rapi dan ada beragam kategori. Tersedia juga menyediakan gift set yang bisa kita beli sebagai untuk teman atau saudara yang baru melahirkan.

 Baju untuk bayi sensitif, Baju untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang kering, pakaian untuk kulit bayi yang gatal, pakaian untuk kulit bayi yang sensitif, pakaian untuk kulit bayi yang iritasi, baju untuk bayi yang gatal, baju untuk bayi yang iritasi, baju bayi ber sni, merek pakaian bayi ber sni, merek baju bayi ber sni, grosir baju bayi ber sni, baju bayi tidak ber sni, baju yang aman untuk bayi, baju yang aman untuk kulit bayi sensitif, baju untuk ibu menyusui modis, baju untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui, daster untuk ibu menyusui, daster ibu menyusui modis, toko baju menyusui di jakarta, baju bayi yang aman, baju anak yang aman, pentingnya baju anak ber SNI, baju anak yang nyaman dan aman



Kualitasnya gimana? Harganya pasti mahal, ya?

Aku tidak meragukan kualitas produk di Ryan Collection apalagi mereka sudah ber-SNI dan memegang motto comfort that lasts. Mereka memang menomorsatukan kenyamanan anak tetapi tidak alpa dengan desain, warna, serta motif pakaian anak.

Soal harga, awalnya juga aku pikir agak mahal, apalagi dengan kualitas yang bagus banget dan standar keamanan untuk bayi. Ternyata enggak, lho! Harganya mah menurutku cenderung murah dan standar! Ini sih LANGKA ya, ada produk bagus dan uang di dompet nggak perlu hangus hihihi.

Gimana nih menurut buibu sekalian? Bisa ya jadi tempat belanja baju anak selanjutnya :D

You Might Also Like

0 komentar