Meski Kondisi Keuangan Keluarga Sedang Tertekan, Jangan Sembrono Mencari Pinjaman

Juli 24, 2019


pinjaman online cepat cair, pinjaman online langsung cair, pinjaman online tanpa jaminan, pinjaman online terpercaya, pinjaman online bunga rendah, pinjaman online ojk, pinjaman online yang terdaftar di OJK, pinjaman online syariah, pinjaman online seluruh Indonesia, pinjaman online jangka panjang, pinjaman online terdaftar OJK, pinjaman online tercepat, pinjaman online untuk mahasiswa, pinjaman online pasti cair, pinjaman online ilegal, pinjaman online paling mudah, pinjaman online modal ktp, pinjaman online dengan bunga rendah, pinjaman online yang aman, pinjaman online yang terdaftar di OJK 2019, pinjaman online bank mandiri, pinjaman online bank bri, pinjaman online bank bca, pinjaman online untuk usaha, pinjaman online untuk pedagang, pinjaman online yang aman dan terpercaya


Sudah kesekian kalinya Ibuku membagi cerita tentang temannya yang tertipu ketika melakukan transaksi pinjaman online dengan entah siapa. Kalau sudah begitu, Ibu meminta tolong kepadaku untuk membantu atau paling tidak menjelaskan apa yang sedang terjadi dan bagaimana bisa hal tersebut. Aduh, kadang ada rasa gemez dan seringnya aku hanya bisa tepok jidat.

Begini Buibu, bukannya tidak mau menjelaskan, tapi kadang aku keheranan, mengapa mau-maunya bertransaksi hanya dengan penawaran dari orang tak dikenal via sms? Padahal, sudah jelas ancamannya nyata, ya! Bertransaksi dengan orang di dunia maya, tuh, ada rambu-rambunya. Lha wong bertransaksi di bank saja juga ada banyak syarat. Pada dasarnya, mau transaksi online ataupun offline, semuanya tetap ada rambu-rambu yang perlu ditaati oleh kedua pihak. Mungkin karena aktivitas keuangan via online bisa lebih cepat karena memangkas beberapa prosedur, jadi banyak orang jahat yang memanfaatkan kesempatan. Sialnya, banyak yang tertipu juga.

"Dia soalnya butuh duit, kepepet." 

Ah, ya, aku berusaha memaklumi. Aku juga punya keluarga yang pernah dalam kondisi sangat darurat, tidak tahu harus meminjam uang dimana dan pada siapa, pada akhirnya meminjam uang dari bank tithil yang di desa terkenal suka menaikkan bunga seenaknya sendiri. 

Pada titik itu aku berusaha memaklumi pilihan yang dilakukan teman ibuku. Mendesak, tidak ada pilihan lain. Entah karena ada keluarga yang sakit, kecelakaan, ada pernikahan yang mungkin mendadak, kelahiran, butuh modal usaha, menutup utang, ataupun kebutuhan lainnya. Sebagai kepala keluarga, kadang kondisi tersebut bisa membuat seorang lelaki sembrono memutuskan. Akhirnya, apapun dilakukan agar bisa keluar sementara dari jeratan. Tawaran yang samar-samar terlihat seperti solusi, ternyata malah menyimpan bahaya lain. Bukannya pemecahan masalah yang didapat, melainkan tambahan kerugian karena harus kehilangan sejumlah uang tunai yang dikatakan sebagai "uang muka".

Pada saat itulah peran seorang istri diperlukan. Tegur dan ingatkan suaminya. Istri bisa meluruskan lagi langkah suami hanya jika ia memiliki wawasan yang memadai tentang transaksi online yang aman dan terpercaya. Kalau engga, ya sama-sama terjerumus. Huhuhu. 

Karena angka tipuan transaksi keuangan di dunia maya ini masih cukup banyak, aku tergerak untuk memberi saran untuk menyeleksi secara mandiri atau melek finansial sebelum melakukan pinjaman. Kondisi darurat bisa terjadi kapan saja, kalau memang betul-betul butuh untuk melakukan pinjaman online agar mendapat dana yang likuid dalam waktu cepat, kita jadi tahu apa yang perlu dilakukan.


Trik Sebelum Mencari Pinjaman Online Terpercaya

Pertama, pastikan keamanan penyedia layanan. Keamanan ini bisa dilihat dari perusahaannya yang sudah memiliki izin, sudah punya merek dagang, dan hal-hal lainnya. Perihal keamanan ini biasanya bisa dicek di website pemberi layanan pinjaman pada bagian "About Us", "Disclaimer", dan lainnya.

Kedua, generasi milenial pasti paham, nih, cek akun media sosialnya. Kalau sekarang akun media sosial banyak dipakai perusahaan untuk menilai seseorang sebelum diterima kerja, tentu tak ada salahnya kita sebagai calon konsumen juga melakukan screening media sosial lembaga yang menyediakan layanan pinjaman. Kalau penyedia layanan memiliki akun Instagram, Facebook, atau Twitter yang terverifikasi, kita bisa lumayan lega. Tinggal melakukan kroscek satu lagi.

Ketiga, curigai syarat yang terlalu mudah. Memang betul bahwa transaksi di dunia mayaseringnya memberikan banyak kemudahan, namun, tetap saja tidak bisa "semudah itu". Semua penyedia jasa pinjaman baik dari bank maupun lembaga lainnya yang diawasi oleh OJK dan BI, pasti punya beberapa syarat minimum yang harus dimiliki calon peminjam. Jika syarat minimum ini tidak dipenuhi, penyedia jasa tidak akan menyodorkan penawaran apapun karena paham bahwa calon peminjam memiliki profil yang terlalu beresiko. Ini demi keamanan kita juga. Nah, kalo penyedia jasa yang abal-abal, mereka umumnya gak mempedulikan hal ini. Apapun profil resikonya, sikat aja dan main tawar ini itu. 

Keempat, hindari yang meminta uang muka. Sesuai petunjuk OJK, ada hal-hal lain juga yang perlu dihindari, yakni permintaan informasi pribadi secara berlebihan dan informasi yang tidak jelas. Jadi, kalau ada lembaga peminjam online yang modelnya begini, langsung hempaskan saja, Buibu!


Lakukan Perbandingan Sebelum Melakukan Pinjaman 

Nah, saranku, sebelum melakukan pinjaman sebaiknya melakukan filter mandiri terlebih dahulu dengan cara membandingkan produk pinjaman online yang memiliki bunga terendah dan juga proses tercepat.

Sebagai konsumen yang cerdas dan berhati-hati, kita perlu membandingkan produk pinjaman karena kita memiliki profil resiko dan kebutuhan tertentu yang mungkin ada ketidakcocokan dengan produk pinjaman yang diberikan. Misalnya, untuk modal bisnis, ya cari yang jenis pinjamannya untuk usaha, tidak perlu melirik atau mencari jenis lainnya.

Sekilas kayaknya ribet, ya, jika harus mencari sendiri produk pinjaman dari bank A , B, C? Eehhh… ini udah 2019 ya, Buibu, tinggal pakai CekAja.com! 

CekAja.com bukanlah pemberi pinjaman, melainkan platform yang membantu calon peminjam untuk membandingkan dan mendapatkan pinjaman online yang sesuai dengan profil dan kondisi peminjam. Ada beberapa jenis pinjaman yang bisa dibandingkan dan dilakukan di CekAja.com, yakni KTA, Kredit Karyawan, Kredit Kendaraan Bermotor, kredit Pemilikan Rumah, dan Pinjaman Usaha.

Untuk keamanan, tidak perlu diragukan. Pasalnya, semua bank dan lembaga keuangan lainnya yang ditampilkan dalam website CekAja.com diatur serta diawasi oleh OJK, BI, dan tentu saja Fintech Indonesia. Untuk legalitas perusahaannya, CekAja.com memiliki lisensi dan merek dagang terdaftar dari C88 Financial Technologies (Group) Pte. Ltd., yang diwakili di Indonesia oleh PT Puncak Finansial Utama. Dari media sosial, CekAja.com sudah mendapat centang biru dari Instagram, which means, it's already verified and official! Apabila kamu memiliki pandangan tertentu pada persoalan privasi, CekAja.com juga mengatur hal ini. Mereka berkomitmen akan menjaga data pelanggan yang masuk. Baca saja di bagian Kebijakan Privasi pada websitenya.

Seperti yang aku katakan di atas, jangan mudah percaya dengan pemberi pinjaman yang memberikan syarat terlalu mudah. Di CekAja.com, untuk melakukan pinjaman kamu akan diminta memberi informasi dasar seperti nama, penghasilan, tanggal lahir, pekerjaan, dan usia. Formulir ini hanya tinggal klik-klik-klik seperti kalau main quiz di Facebook dan belum perlu upload apapun. Setelahnya akan muncul rekomendasi produk sesuai profil yang kita submit. 

pinjaman online cepat cair, pinjaman online langsung cair, pinjaman online tanpa jaminan, pinjaman online terpercaya, pinjaman online bunga rendah, pinjaman online ojk, pinjaman online yang terdaftar di OJK, pinjaman online syariah, pinjaman online seluruh Indonesia, pinjaman online jangka panjang, pinjaman online terdaftar OJK, pinjaman online tercepat, pinjaman online untuk mahasiswa, pinjaman online pasti cair, pinjaman online ilegal, pinjaman online paling mudah, pinjaman online modal ktp, pinjaman online dengan bunga rendah, pinjaman online yang aman, pinjaman online yang terdaftar di OJK 2019, pinjaman online bank mandiri, pinjaman online bank bri, pinjaman online bank bca, pinjaman online untuk usaha, pinjaman online untuk pedagang, pinjaman online yang aman dan terpercaya


Apabila ternyata profil dasar kamu tidak memenuhi syarat, CekAja.com tidak akan memberikan pilihan produk pinjaman karena mungkin saja terlalu beresiko untuk kamu. Meski demikian, kamu bisa mengulang isi form dengan mengganti beberapa hal. Namun, tentu saja harus jujur, dan sesuai kondisi, ya! Hm.. daripada aku berkicau melulu, kalian bisa langsung saja pelajari sendiri layanan pinjaman online yang aman di CekAja.com, tinggal klik https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/.

Begitu ya, Buibu, semoga sedikit ocehanku ini bermanfaat. Tetap semangat memilah dan memilih produk finansial terbaik untuk keluarga kita! :) 



You Might Also Like

2 komentar

  1. Bener banget, zaman sekarang banyak banget yang nawarin pinjam uang dengan mudah secara online. Bahkan yang nawarin via SMS. Kalo gak hati2 bisa2 kita kena jebakan. Mereka ini lintah darat milenial. Manis di awal, pahit belakang. Nyekek leher banget bunganya. Dan di CekAja, kita bisa cari tempat pinjam dana online yang aman.

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya, semoga sukses terus...

    BalasHapus