Minyak Telon Berbahan Alami, Kunci Kesegaran dan Kenyamanan bayi

November 07, 2019




Sudah sebulan genap aku membiarkan blogku tidak kusapa. Sebabnya? Tentu saja karena banyak drama! Ya drama ART, ya drama anak-anak. Meskipun tidak terurus, aku senang sekali banyak yang menghubungiku untuk sekedar berterima kasih atau berdiskusi tentang masalah anaknya yang kebetulan pernah dialami anakku. Sungguh, aku terharu dan jadi semangat lagi.

Kadang, aku jadi ingin menulis masalah-masalah lain yang pernah dialami anak-anakku. Apalagi sekarang aku diamanahi dua anak yang kebetulan, banyaaak sekali perbedaan. Serasa jadi ibu baru! Di anak keduaku nih, yang paling bikin repot adalah masalah anemia, tapi, yang paling bikin berkesan adalah masalah kulit anakku yang sensitif.

Berkesan karena aku harus berkeliling dan mencoba beberapa skin care untuk anakku sejak bayi. Sebetulnya aku sudah mengikuti saran perawat di rumah sakit dulu, bahwa anak tidak perlu banyak terkena bahan kimia. Usahakan pilih produk berbahan alami. Perawat juga menyarankan bahwa penggunaan minyak telon sebenarnya sudah cukup untuk jadi skin care untuk bayi. Aku pun menuruti saran perawat dan berusaha lebih minimalis untuk anak keduaku ini.


Kulit Sensitif Pada Bayiku

Kok ya ndilalah, beberapa waktu setelah anakku kubawa pulang ke rumah, aku menyadari bahwa kulit anakku agak sensitif. Kukira ini karena masih bayi aja, tetapi ternyata beberapa kali gejala kulit sensitif ini muncul meski anakku telah berusia satu tahun. Kulit sensitif itu banyak penyebabnya ya, ada yang karena nggak cocok produk, alergi  turunan, macam-macam lah. Munculnya juga nggak sekedar ruam popok saja, tapi juga bisa berupa kemerahan di punggung seperti yang dialami oleh Laiqa. 

Awal mulanya, aku heran Laiqa selalu merah punggung dan perutnya setiap aku beri minyak telon. Ini terjadi ketika usianya belum genap 1 bulan. Setelah aku cek lagi, mungkin karena diberi bedak tabur di perut dan punggungnya. Pemberian bedak tabur pada bayi memang masih jadi kebiasaan di lingkungan keluargaku, sih. Kalau pas aku sendiri yang memandikan, aku tidak memberinya bedak tabur. Cukup minyak telon saja untuk membuat tubuhnya tetap nyaman dan hangat. 

Kemudian, aku sampaikan pada ibu dan pengasuh untuk tidak memberi bedak tabur lagi. Aku kira masalah selesai sampai di situ.

Eh, tapi, beberapa pekan kemudian, ruam merah itu masih muncul di punggung. Duh! Jadilah aku harus mencoba beberapa minyak telon yang berbeda, mulai dari yang cair sampai yang krim. Ibuku sempat menyarankan untuk menggunakan minyak kayu putih ketika Laiqa berusia 3 bulan, karena kakak dulu juga diberi minyak kayu putih setelah 3 bulan. Siapa tahu minyak telon kurang hangat untuk dia.

Tapi, apa yang terjadi? Malah makin merah, bok! Sampai sekarang (Laiqa usia 1 tahun) aku tetap memberinya minyak telon. Kalo kena minyak kayu putih, sudah pasti bakal memerah punggungnya.

Minyak telonnya pun harus aku cek kandungannya. Aku juga meminimalisir penggunaan parfum untuk bayi karena khawatir banyak bahan kimianya ya. Jadi, minyak telon yang aku andalkan harus bisa menjadi penghangat dan sekaligus menjadi parfum alami untuk bayi.


Minyak Telon Pilihanku, Berbahan Alami dan wangi Green Tea

Setelah mencoba beberapa produk minyak telon, aku menyudahi pencarian dan menambatkan pilihan pada minyak telon Doodle. Merk ini mungkin belum banyak dikenal, ya, padahal dia punya banyak banget manfaat dan bahkan bisa menghemat kantong kita! Hahaha. Berikut ulasan dan pengalamanku menggunakan minyak telon Doodle.

Komposisi minyak telon
Sebagaimana kita tahu, minyak telon itu berasal dari kata tiga yang dalam bahasa jawa berarti Telon. Minyak ini campuran dari 3 minyak, yakni minyak kayu putih, minyak kelapa, dan minyak adas. Pada minyak telon Doodle ini, komposisinya adalah minyak kelapa 43%, minyak kayu putih 47%, minyak adas 5%, dan minyak green tea 5%. Coba cek foto di bawah ini ya.



Wangi Green Tea
Doodle berbeda dari minyak telon kebanyakan yang berbau menyengat. Minyak telon Doodle ini memiliki aroma yang berbeda, yakni wangi green tea.

Aroma green tea yang terkandung dalam minyak telon ini membuat minyak telon lebih wangi dan tahan lama. Aromanya yang berbeda, lebih soft, membuat aku paham kenapa telon Doodle ini disebut eksklusif Telon. Selain itu, Bunda tidak perlu menambahkan cologne yang membuat semakin banyak bayi terpapar zat kimia. Cukup dengan satu minyak telon Doodle ini saja. 

Sempat aku tanya sama admin Doodle, ini telon aroma green tea apa ada kegunaan lain? Ternyata ada yaitu bisa digunakan di diffuser sebagai aromaterapi pengganti essential oil. Wow, masa?? Awalnya aku tuh underestimate loh, soalnya pernah coba tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke diffuser dan zonk, gak bau apa-apa!



Setelah aku coba sekitar 10-15 tetes, ternyataaa memang seseger itu baunya! Nggak kusangka aromanya lumayan kuat dan bertahan lama di kamar ber-AC. Buibu bisa pakai tips ini kalau misalnya bayi lagi pilek dan butuh aroma yang lebih hangat dan segar di kamar. 

Aromanya tidak disukai nyamuk dan serangga
Di sidoarjo tuh buanyaak banget nyamuk! Anakku yang pertama yang sudah berusia 3 tahun, kadang aku beri lotion anti nyamuk untuk anak. Sempat juga aku berikan kepada Laiqa yang masih bayi, eh, langsung kulitnya merah lagi! Mungkin karena agak panas dan nggak cocok bahannya.

Nah, aku seneng banget saat tahu minyak telon Doodle ini memiliki manfaat lain yaitu aroma minyak telonnya tidak disukai nyamuk. Bukan berarti Doodle nih anti nyamuk banget gitu ya, tapi cukup bisa menghindarkan pada saat-saat tertentu. Minimal, nggak banyak nyamuk yang ngerubungin Laiqa.

Tingkat kehangatan yang dapat ditolerir bayi
Seperti yang aku katakan di atas, kulit Laiqa agak sensitif dengan produk yang panas di kulitnya. Minyak telon Doodle ini, setelah cukup rutin saya gunakan ke Laiqa, tidak membuat tubuhnya memerah karena alergi. Seminggu yang lalu, Laiqa terkena campak dan minyak telon ini tetap aku gunakan. Malah membuat merah-merah campaknya cepat hilang haha entah ini kebetulan saja atau memang terbantu juga oleh Doodle.



Tekstur yang baik
Tekstur yang baik ini menurutku adalah tidak lengket, gak terlalu berminyak seperti kebanyakan minyak telon, dan cepat menyerap. Biasanya, minyak telon tuh lama nyerapnya di kulit. Kalo Doodle nih beda, lebih cepat meresap ke tubuh bayi. Aku coba juga di tanganku, nggak terasa lengket sama sekali. Kurasa, minyak ini juga cocok untuk digunakan pijat bayi dan anak karena aromanya enak, kandungannya alami, kehangatan yang cukup dan cepat meresap. 


Kemasan Eksklusif, Indonesia banget!

Kurasa hanya telon Doodle yang memiliki warna packaging dominan putih dan warna font merah. Ada pula detail batik yang menunjukkan komitmen Doodle untuk membawa kebaikan tradisional untuk masa depan. Ini membuat telon Doodle cukup menarik dan berbeda dari packaging telon lainnya.



Doodle juga menyediakan 2 ukuran, yakni ukuran normal dan ukuran travel. Untuk harga, harga ukuran normalnya 100 ml sekitar Rp 38.000 sementara harga yang travel size 60 ml sekitar Rp 27.000.

Telon Doodle ini juga tauu banget dah kebutuhan bunda modern, mereka punya Podcast MomsTalk di Spotify yang membahas seputar dunia parenting dan perawatan bayi. Ada juga channel YouTubenya. Buibu bisa dapatkan informasi yang lengkap tentang telon Doodle di Instagram dan website mereka juga. Asyik, kaan, dapet wawasan yang komplit dan telon yang terbaik buat bayi.

Buibu sudah ada yang coba minyak telon Doodle ini juga? Ceritain di bawah sini yuuk. 


You Might Also Like

26 komentar

  1. Wah mau beliin ini juga buat anak deh. Senangnya kalau ada minyak telon yang nggak hanya mengangatkan anak tapi juga bisa hindarin anak dari gigitan nyamuk :)

    BalasHapus
  2. Aku termasuk yang gak "bumbu"in Anak-Anakku dengan banyak produk, biasanya memang Telon aja cukup. Nambah lagi deh referensi Telon yang bagus untuk Bayi, apalagi wangi Green Tea, wiiih bisa-bisa aku pun pakai juga nanti buat aromatheraphy, haha

    BalasHapus
  3. Baru tau euy ada minyak telon yang campuran green tea ini. Udah kebayang segernya yaaa ketika diolesin ke kulit anak. Semoga Laiqa selalu terjaga kulitnya yaaa meskipun sensitif. Kesian kalau harus terus merah ketika terkena produk yang agak keras kandungannya.

    BalasHapus
  4. Kasian ya kalo bayi sensitif itu. Anakku juga mba. Btw harganya minyak telonnya lebih murah daripada yang aku pakai. Mau nyobain deh

    BalasHapus
  5. Aku sering banget baca review minyak telon doodle ini, kayanya emang bagus ya mba, jadi kepengen beli juga buat ponakan :D

    BalasHapus
  6. aku stock jadinya mba di rumah hahaha sesuka itu sama Doodle baru deh nemuin telon yang wanginya itu enak banget dan beneran ampuh hempasin nyamuk

    BalasHapus
  7. Walau anak2 udah gede kadang aku beli minyak telon juga mba, karena suka sama wanginya.. jadi pasti aku pengen nyobain ini minyak telonnya

    BalasHapus
  8. Aku beneran penasaran dengan wangi green tea yah ada di minyak telon ini deh mba

    BalasHapus
  9. minyak telon dengan bahan alami bikin tenang ibu dan bikin nyaman anak juga ya. ini nama brand minyak telonnya kok ucul banget sih

    BalasHapus
  10. Packagingnya keren... bisa juga dijadikan suvenir nih.

    Numpang coret2 mba. Salam kenal

    BalasHapus
  11. Wangi green tea sangat saya suka. Maklum sejak kecil saya hidup di daerah perkebunan teh kali ya, hehehe...
    Minyak telon salah satu yang tidak pernah lupa kami bawa secara saya dan anak saya termasuk berjenis kulit sensitif dengan serangga dan gatal.

    BalasHapus
  12. Ternyata bau green teanya ga abal2 ya. Asyik dong. Selain bikin badan nyaman, perasaan juga tenang

    BalasHapus
  13. aku (walopun bukan bayi, dan lagi ngga ada bayi di rumah) sueneengggg banget dgn aroma minyak telon.
    InsyaAllah mau cari2 nih merek deh di hypermarket

    BalasHapus
  14. Kirain hanya minuman atau makanan aja yang ada greenteanya. Ternyata minyak telon juga ada yah. Kebayang wanginya bikin aku suka nih.

    BalasHapus
  15. Kemasannya soft banget. Jadi kliatan ekslusif ya. Duh wangi telon jadi inget baby deh sambil usap usap perut yang udah tutup pabrik haha

    BalasHapus
  16. Aku suka ama kemasannya mba. Walau anakku udah gede tuh masih juga sediakan minyak telon ini di rumah mba. Soalnya andalan juga bikin badan anak tetap hangat. Aku juga maish sering pakai mba. Hehhee

    BalasHapus
  17. Aku baru tau nih ada produk ini penasaran juga sama wanginya. Btw sampai sekarang kadang anakku masih suka pakai minyak telon atau minyak kayu putih untuk mengatasi kembung.

    BalasHapus
  18. Aku suka bau bayiiiii... Bau minyak telon maksudnya :)))) Tapi kalo jadi aroma green tea kayak gimana ya? Jadi penasaran nih

    BalasHapus
  19. Pas baca namanya Doodle, aku langsung teringat dengan gambar-gambar lucu gitu, ternyata ini merek produk minyak telon untuk bayi ya. Baru tahu aku, Mbak. Kemasannya juga menarik ya.

    BalasHapus
  20. Aku yang udah tua aja kadang pakai minyak telon. Hahaaa. Nyaman aja dipakai habis mandi & aromanya juga seger.

    BalasHapus
  21. aku sangat suka sama aromanya. selalu merasa segar kalau menghirup aromanya kak. Pokoknya paling top dari dlu hingga sekarang kak. Minyak telon nomor 1 kak

    BalasHapus
  22. Kalau semua bahannya alami kita juga tenang yaa mba pakai produknya untuk anak - anak

    BalasHapus
  23. Entah mengapa dari segi warna dan desain aku suka banget, apalagi ini minyak telon menggunakan bahan alami ya.. duh bakal jadi pilihan aku banget ini untuk anak ketiga nanti.. aamiin.. kalo sekarang untuk ngadoin teman dan saudara yang melahirkan saja dulu ya mbak

    BalasHapus
  24. Aku tu gak suka bau minyak telon. Baru bisa megang minyak telon ya pas ada anak krn kepaksa haha. Kalau aromanya green tea gini pastinya enak mbak. Nyaman buat anak juga. Thanks reviewnya 🤭😁

    BalasHapus
  25. Suami saya enggemar berat minyak telon, jarus ada telon di rumah karena setiap pagi, sore, atau malam doi merasa harus mengoleskan telon ke perut dan dadanya. Jika tidak ada telon bisa uring-uringan,. saya bisa kena omel kalau lupa beli, hi hi.
    Palung tidak begitu suka telon, panas katanya. Yah, saya harus coba Doodle karena siapa tahu cocok untuk Palung dan suami pun nyaman pakai telon aroma teh hijau.
    Kulit sensitif memang harus ditangani dengan seriu. Dari alat mandi sampai telon pun harus pilihan. Semoga anak Mbak sehat selalu.

    BalasHapus
  26. Pilih produk untuk bayi memang mesti teliti ya apalagi kulit bayi cenderung masih sensitif, bisa jadi pilihan nih minyak telon dari bahan alami, anakku walau masih balita masih suka pake minyak telon nih

    BalasHapus