Gejala Kanker Payudara Tanpa Benjolan? Ternyata Lebih Berbahaya, Bunda Harus Waspada!

kanker payudara tanpa benjolan, biaya cek kanker payudara, biaya usg kanker payudara, biaya periksa kanker payudara
Sumber foto: Annie Spratt/Unsplash.com


Sebagai perempuan, kita pasti familiar dengan penyakit kanker payudara. Apalagi setelah jadi ibu dan menyusui, harus lebih sering-sering menyadari kesehatan payudara. Kanker payudara selama ini mungkin dapat kita kenali dari benjolan di area payudara atau sekitarnya. Akan tetapi, ternyata sel-sel kanker payudara ini juga dapat langsung menyebar, yakni dengan penyebaran tanpa didahului oleh adanya benjolan sebagai gejala awal. Tentunya gejala kanker payudara tanpa benjolan ini bisa saja menjadi lebih berbahaya jika dibandingkan dengan gejala yang disertai dengan adanya benjolan. Mengapa demikian? Untuk lebih jelasnya, baca terus ke bawah, ya. Anyway, aku bukan dokter nih, ya. Informasi di bawah ini aku himpun dari website yang terpercaya dan merupakan informasi umum. Jika kamu ada kekhawatiran dengan kondisi tubuh, bias segera melakukan check up ke dokter terdekat, ya.

Apa Itu Gejala Kanker Payudara Tanpa Benjolan?

Gejala kanker payudara tanpa benjolan biasanya disebut juga dengan peradangan kanker payudara, dimana kanker ini tergolong jenis yang sangat langka tetapi sangat agresif. Kemunculan peradangan kanker payudara ini memang tidak disertai dengan adanya benjolan, melainkan dicirikan dengan timbulnya bercak kemerahan dan bengkak pada salah satu bagian payudara.
Penyakit kanker payudara tanpa benjolan juga lebih sering dialami oleh para kaum wanita, terutama pada wanita yang berada di usia muda. Jika kanker ini dapat terdeteksi sejak dini, maka akan langsung digolongkan sebagai penyakit kronis yang harus segera diobati. Memang belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit kanker payudara, akan tetapi pengobatan sejak dini dapat mencegah komplikasi yang lebih buruk dan jika memungkinkan juga dapat memperpanjang usia hidup Anda.

Bagaimana Kanker Payudara Tanpa Benjolan Ini Dapat Terdeteksi?

Kanker payudara tanpa benjolan memang tidak dapat kita amati secara langsung. Berbeda dengan benjolan yang bisa kita deteksi dini dengan metode “SADARI”. Akan tetapi, ada beberapa ciri-ciri lainnya yang mengindikasikan bahwa kita harus segera memeriksakan diri secara klinis, di antaranya adalah:
1.     Terdapat perubahan warna kulit, hal ini disebabkan karena terhalangnya kelenjar getah bening dan pembuluh darah di bagian payudara dengan sel-sel kanker.
2.     Terjadi pembengkakan pada payudara karena adanya penumpukan cairan, istilah untuk kondisi tersebut dikenal dengan sebutan edema. Pembengkakan payudara ini juga menyebabkan bertambahnya ukuran payudara yang terjadi secara drastis pada salah satu payudara.
3.     Berubahnya salah satu bagian permukaan payuda menjadi tidak halus atau menyerupai kerutan-kerutan pada kulit jeruk.
4.     Payudara akan terasa sangat nyeri padahal sedang tidak berada dalam siklus menstruasi dan puting akan mengalami reraksi (masuk ke dalam).
Sangat penting untuk anda catat, jika perubahan-perubahan tersebut terjadi dalam kurun waktu yang sangat singkat, maka segeralah periksakan diri anda ke klinik atau rumah sakit terdekat. Kusarankan tidak perlu takut dan menunda, ya, sebab pemeriksaan ini juga untuk kesehatan diri kita sendiri.

Tindak Lanjut Gejala Kanker Tanpa Benjolan

Nah, adapun tindak lanjut dari gejala kanker tanpa benjolan adalah melakukan serangkaian test guna memastikan seberapa luas penyebaran sel-sel kanker tersebut, di antaranya:
1.     Uji mammogram. Uji mammogram ini dilakukan dengan meletakkan payudara pada suatu alat. Test ini bertujuan untuk melihat apakah benar terjadi penebalan kulit sehingga bertambahnya ukuran payudara.
2.     USG atau Ultrasonography test. Merupakan test yang bertujuan untuk memeriksa kondisi kelanjar getah bening pada daerah sekitar payudara.
3.     Biopsi payudara, yakni pengambilan sampel jaringan payudara untuk kemudian di lihat apakah benar terdapat penumpukan sel-sel kanker.
4.     Uji MRI atau Magnetic Resonance Imaging. Merupakan teknik pengambilan gambar yang sangat detail dengan memanfaatkan medan magnet dan gelombang radio. Test ini berfungsi untuk melihat organ dalam dari berbagai sisi dengan lebih jelas.
5.     Melakukan PET atau CT SCAN, yang bertujuan untuk melihat adanya aktivitas sel dalam tubuh.
Serangkaian test di atas harus segera dilakukan jika gejala-gejala kanker tanpa benjolan ini sudah mulai muncul. Tentunya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengujian tersebut tidaklah murah. Untuk informasi perkiraan biaya periksa kanker payudara lebih lanjut coba kunjungi https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/.
Sekali lagi, jangan ragu untuk memeriksa kondisi diri ke dokter, ya. Deteksi awal yang baik dan medical check up yang rutin akan membantu menekan biaya pengeluaran masalah kesehatan juga. Semoga tetap baik-baik saja dan selalu semangat jaga kesehatan ya, Bunda!



CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top