5 Pilihan Kuliner Murah dan Enak di Yogyakarta


 kuliner di jogja, kuliner murah dan enak di jogja, review house of raminten jogja, kuliner murah dan enak di yogyakarta
Sumber foto: Griffin Wolldridge/Unsplash


Yogyakarta dikenal sebagai daerah yang ramai wisatawan mancanegara maupun lokal di Pulau Jawa. Banyak daya Tarik di dalamnya, selain budaya dan atraksi lokal, wisata kuliner di Yogyakarta juga sangat memikat. Rasanya yang “khas Jogja” dan harganya yang murah membuat wisatawan kerap ingin kembali ke kota ini. Biaya hidup dan makan yang murah membuat Yogyakarta disebut sebagai kota pelajar, sangat ramah dengan kantong mahasiswa dan pelajar dari seluruh Indonesia. Aku yang sempat hidup 2 tahun di Jogja juga sangat merasakan “penghematan” dalam hal makanan! Hehehe. Eits, tentu saja juga ramah bagi penikmat wisata kuliner murah dan enak di Yogyakarta .
Berbagai makanan yang disajikan di tempat-tempat kuliner murah yang ada di Yogyakarta dapat dijumpai mulai dari harga Rp 2.000 hingga puluhan ribu. Anda bisa menikmati berbagai sajian tradisional Yogyakarta seperti gudeg, makanan khas nusantara dan sebagainya di berbagai tempat kuliner yang tersebar di seluruh sudut Yogyakarta. Berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner yang murah dan enak di Yogyakarta.

Kedai Rakyat Djelata

Namanya memang unik, ya? Saat pertama kali ke Kedai Rakyat Djelata aku juga terkesan. Sesuai dengan namanya, berbagai menu makanan yang disajikan di tempat makan ini memang benar-benar murah dan sangat terjangkau untuk rakyat biasa atau jelata. Meski ditawarkan dengan harga yang sangat murah, bukan berarti kualitas dan rasa yang ditawarkan biasa-biasa saja. Anda bahkan bisa menikmati berbagai menu makanan dengan harga mulai dari Rp 4.000an saja.
Meskipun Namanya terkesan “murah”, interiornya tidak dibuat murahan. Pemilik kedai mendesain bagian interiornya dengan nuansa khas jadul dan cukup kuno. Berbagai menu kuliner yang disajikan oleh restoran ini meliputi sayur asem, gudeg, serta minuman tradisional. Restoran ini terletak di Jalan Doktor Sutomo 54, Gondokusumo.

Angkringan Kedaulatan Rakyat

Angkringan yang juga dikenal sebagai Angkringan KR ini berlokasi tepat di depan gedung media massa koran Kedaulatan Rakyat. Tepatnya berlokasi di Jalan Pangerang Mangkubumi, Jetis. Angkringan ini menawarkan harga yang sangat terjangkau dan murah untuk masyarakat mulai dari Rp 1000 saja. Menu makanan yang disajikan di angkringan ini sangat beragam dari mulai gorengan, sate usus, telur puyuh. Fyi, angkringan KR ini sangaaat ramai! Siap-siap antri dan sambil menikmati suasana khas Jogja, yaa.

House of Raminten

Sekarang kita beranjak ke rumah makan yang lebih modern namun tetap menyajikan menu makanan khas angkringan, yakni House of Raminten. Rumah makan ini merupakan salah satu tempat wisata populer dan sering digunakan untuk nongkrong atau bahkan diskusi. Berbagai menu makanan disediakan di warung makan ini seperti nasi kucing, wedang sereh, tahu bola, brongkos dan sebagainya.
Tidak hanya menu makanannya yang enak dan murah, Anda akan disambut oleh arsitektur kereta kuda yang ada di bagian depan House of Raminten. Sementara nuansa interior bagian dalamnya lebih kepada arsitektur jawa tradisional dan bahkan terdapat wewangian dupa. Aku pribadi kurang suka dengan aroma dupa di rumah makan ini, tetapi soal kudapannya, yah bolehlah untuk dicicipi. Alamat House of Raminten berada di Jalan FM Noto, Yogyakarta.

Lesehan Pari Gogo (Sego Abang Mbah Jirak)

Warung makan Lesehan Pari Gogo berlokasi di Jalan Wonosari yang ada di Jembatan Jirak Gunungkidul. Tempat makan ini meski terkesan sederhana namun telah dikunjungi oleh berbagai tokoh terkenal di dalam negeri. Yang menarik dari tempat makan ini adalah menu makannya yang unik dan khas rumahan jawa. Meski yang dihidangkan adalah nasi merah, namun rasanya begitu gurih dan juga lembut. Sementara lauk yang disajikan seperti wader, usus goreng, empal dan masih banyak lagi. Aku tentu tidak asing dengan menu-menu ini, karena sudah pernah makan di Jawa Timur. Namun, cita rasa masakan Jogja memang berbeda. Kamu bisa cobain makan di sini jika akan menuju pantai di Gunung Kidul.
 kuliner di jogja, kuliner murah dan enak di jogja, review house of raminten jogja, kuliner murah dan enak di yogyakarta
Sumber foto: W. Kurniawan/Lesehan Pari Gogo (Google Bussiness)


Mie Telap 12

Yogyakarta juga memiliki sajian berbahan dasar mie yang sayang untuk dilewatkan. Di sini, banyak pedagang mie ayam yang enak, suamiku tuh sampai hobi banget deh muterin Jogja untuk sekedar mencari warung mie ayam! Hehehe. Namun, jika Anda ingin merasakan pengalaman kuliner yang berbeda, coba nikmati sajian serba mie di warung makan Mie Telap 12. Keunikan dari warung makan Mie Telap 12 adalah mereka berkomitmen untuk memberikan sajian mie instan dengan tampilan yang mirip seperti yang terlihat pada bungkus mie instan.
Misalnya saja jika Anda memesan mie instan soto, maka Mie Telap 12 akan memberikan Anda sajian mie instan dilengkapi oleh irisan daging ayam persis seperti di bungkus mie. Alamat tempat makan ini ada di Jalan Pandean Nomor 10 B.
Kuliner murah dan enak di Yogyakarta dapat Anda nikmati dengan harga mulai dari Rp 2.000an saja hingga puluhan ribu tergantung menu yang dipilih. Untuk informasi tempat wisata kuliner lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/info/cek-5-rekomendasi-wisata-kuliner-murah-di-yogyakarta/, ya!




CONVERSATION

23 komentar:

  1. Suka banget sama Jogjakarta soalnya makanannya murah-murah. Aku kangen nasi kucing meskipun sedikit tapi kenyang.

    BalasHapus
  2. Duh saatnya liburan Yogyakarta nagih untuk dikunjungi nih. Memang ya makanan di Yogyakarta itu termasuk murah dan enak menurut saya. Banyak yang halal pula. Ah semoga bisa segera mengunjungi Yogyakarta. Mau mencicipi semua rekomendasi wisata kuliner ini...

    BalasHapus
  3. Kalau masalah murah mah jogja memang masih murah makanannya. Apalagi ambiencenya. Klasik

    BalasHapus
  4. Maaf mbak, Kedai Rakjat Djelata sudah tutup. Padahal makananya enak2, menu rumahan. Kalau liburan gini dimana-mana penuh. Aku suka bingung kalau ada tamu & pengin makan luar. Biasanya pada minta Raminten. Kudu sabar banget antrinya.

    BalasHapus
  5. Buatku, Jogja selalu ngangeni, apalagi kulinernya, nggak ada yang aku nggak suka.

    BalasHapus
  6. Whuaa jadi kangen jogja nih, kulineran diatas ku dah pernah datengin semua, enak dan mur mer, pas di lidah juga coz ku orang jawa jugaa

    BalasHapus
  7. Kalau harganya memang suka karena banyak yang murah. Pokoknya masih bisa makan kenyang tanpa bikin kantong menangis hehehe

    BalasHapus
  8. Wah nambah lagi nih koleksi kuliner asyik yang murah meriah di Yogya, catet dulu nanti kalo lagi main ke Yogya mau disamperin deh hehe

    BalasHapus
  9. Pas ke Yogyakarta kok aku ga sempat ke semua kuliner enak enak ini mbaa. Duh harus ke Yogya lagi ini. Enak enaakk

    BalasHapus
  10. Duh ngobrolin kuliner enak dan murah emang Yogya tempatnya. Kalau ke sana emang sebaiknya makan di rumah makan tradisional yang mungkin gak ada di sini ya mbak, kek angkringan gtu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah sih ke House of Raminten tapi kyknya di sini harganya lumayan gtu gak sih soalnya kok kyknya restonya uda terkenal banget kan ya hehe

      Hapus
  11. Wah aku auto merasa gagal jadi mantan warga jogja belum pernah nyobain mie telap nib huhu

    BalasHapus
  12. Aku pecinta mie kayanya harus nyobaion nie sajian mie khas Joghakarta. Kalau kuliner lainnya aku pilih-pilih soalnya kurang suka manis

    BalasHapus
  13. Aku beberapa kali House Raminten karena banyak pilihan dan rasanya juga enak bunda. Jadi pengen main ke Yogya lagi soalnya terakhir 5 tahun lalu hihi

    BalasHapus
  14. Aku baru ke house of raminten yang di jalan malioboro.. tempatnya unik dan cocok ya untuk kulineran bareng teman teman saat di jogja.. duh hawa liburan ini jadi serasa ingin ke Jogya menikmati kuliner kuliner jogya yang sangat unik dan tentunya memanjakan lidah

    BalasHapus
  15. Huwaa... setujuuuu...
    Sukak semua
    Dah 4 kali ke sana mesti wiskulll
    Mb kalau boleh nambahin: gudeg you djum xixixi

    BalasHapus
  16. Dari sekian byk diatas yg belum ku coba mie telapnya.. Akhir tahun ini ke jogja lagi... Cobakkk ahhh

    BalasHapus
  17. Aku malah belum pernah nyoba ke Kedai Rakyat Djelata, namanya lucu juga nih. Harga menunya murah-murah ya, wajib dicoba ntar kalo ke Jogja. Padaha sering banget ke Jogja nemeni suami kerja, tapi malah belum nyoba kulineran di sana

    BalasHapus
  18. Wah aku blm pernah cobainsemua nih..jadi penasaran juga. TFS y mba, semoga kapan2 bisa nyicipin langsung nikmatnya..

    BalasHapus
  19. Lucu- lucu yaa tempat kuliner sekarang di Jogja.. dan instagramable bangeet. Yang pasti Jogja memang ngabgeniin

    BalasHapus
  20. Bikin lapar saja karena saya suka hidangan khas daerah, kesan tradisionalnya itu yang paling saya sukai.
    Yogyakarta bikin kangen, makan kayak gitu menurut saya ada semacam nostalgia juga.

    BalasHapus
  21. 5 tahun lalu ke jogya dan belum pernah ke 5 list yang bunda biya tulis hehe barunya ke sekitar marlioboro aja angkringannya.
    btw salam kenal
    pertamakali mampir blog nya ini hehe

    BalasHapus
  22. Jadi kangen Jogja setelah baca postingan ini. Ternyata banyak juga ya kuliner enak dengan harga murah dan terjangkau di Jogja.

    BalasHapus

Back
to top