Dear Seller, Kemudahan Transaksi Saat Berbelanja Adalah Koentji!

Agustus 03, 2020

Cara daftar gopay

 

Sekitar tiga sampai empat tahun yang lalu, banyak sekali para ahli yang membuat prediksi bahwa teknologi akan membuat pelaku usaha mengalami disrupsi. Beberapa bentuk disrupsi yang sangat kentara adalah peralihan platform untuk berjualan serta transaksi jual beli. Apalagi kondisi pandemi seperti ini. Menurutku, penyebab disrupsi yang sesungguhnya ya pandemi corona, karena akhirnya para penjual jadi tergerak untuk beralih ke platform online serta menggunakan transaksi non tunai karena metode ini sangat dianjurkan agar bisnis tetap bertahan di tengah pandemi. Tahu sendiri, kan, uang itu benda yang sangat kotor (meskipun begitu dicintai banyak orang! Hihi). Uang kertas dan logam juga bisa jadi penghantar virus yang sempurna karena dia dipegang oleh orang banyak. 

 

Terlepas dari adanya pandemi, saya sendiri sudah rutin cashless sejak mengenal Gopay. Sebelumnya, saya hanya menggunakan kartu debit jika berbelanja di mall, tapi, kalau beli makanan, ya sebisa mungkin pakai cash. Namun, sejak Gopay bisa digunakan di ratusan merchant, saya jadi makin jarang nyimpen uang cash di dompet. Menurutku, sekarang pelaku usaha harus mulai menggunakan transaksi online dan cashless, bisa dimulai dengan mencari tahu cara daftar Gopay. Kenapa begitu?

 

Bisnis itu tentang membaca data pasar. Menurut riset yang dilakukan DailySocial pada tahun 2019, dari 651 responden, sebanyak 83.3% menggunakan Gopay! Saya termasuk pengguna lama Gopay dan saya sering mempertimbangkan masuk ke restoran yang memiliki fasilitas pembayaran dengan Gopay. Salah satu sebabnya adalah saya jarang bawa cash banyak-banyak! Haha. Lalu, yang kedua, saya nggak perlu repot-repot bawa dompet atau kartu, cukup pakai ponsel saja.


 

Beragam Manfaat Transaksi dengan Gopay untuk Pembeli

Banyak yang bilang kalau menyimpan uang di Gopay itu bikin boros. Menurut saya, tergantung masing-masing orang, ya, bisa ngontrol atau tidak. Sebetulnya, transaksi secara cashless itu hanya memindahkan uang, kok. Yang tadinya ada bentuk fisiknya di dompet, jadi nggak ada dan tinggal di hape aja. Lalu, apa keuntungannya buat orang-orang yang sudah daftar Gopay?

 

Pertama, lebih cepat. Sepekan yang lalu, saya lama mengantre di gerai Chatime Tunjungan Plaza 1 gara-gara pembeli kelamaan milih varian dan begitu sudah memilih, dia membayar pakai uang tunai. Kasir pun masih butuh waktu untuk mengambil kembalian. Kalau saya, cukup keluarkan Gopay, cepat dan praktis. Modalnya hanya sinyal operator yang prima. Saya rasa ini cukup mudah, ya.

 

Kedua, lebih aman. Uang tunai itu makan tempat, harus masuk dompet pula. Sementara kalau pakai Gopay, sudah jadi satu di smartphone. Nggak akan dicuri asalkan kita tidak membagikan password dan memberikan otoritas akun ke orang lain.

 

Ketiga, bisa cek riwayat transaksi. Kalau transaksi tunai, umumnya saya sering lupa nyatet. Bocor alus melulu, deh. Kalau pakai Gopay, kita bisa cek riwayat transaksi, sudah top-up berapa, keluar untuk beli makanan atau belanja di mana saja. 

 

Keempat, cashback dan diskon. Dulu, Gopay suka tebar cashback. Sekarang kayaknya sudah berkurang, ya. Tapi, yang masih bisa konsisten saya nikmati adalah potongan harga. Saya nyaris selalu bertransaksi di Gofood dengan Gopay. Selain agar nggak ribet, minim interaksi dengan gojeknya, juga ada potongan ongkos kirim. Lumayan, kaan, bisa buat tip untuk driver, deh!

 


Mengikat Pelanggan dengan Gopay


Seperti yang saya tulis di atas, kadang saya enggan makan atau membeli produk atau makan di restoran tertentu kalau mereka nggak punya Gopay. Simply karena saya nggak bawa uang cash hihi. Jadi, seringkali sebelum dine in saya tanya ke kasir, “Mbak, bisa bayar pakai Gopay, nggak?” Biasanya sih kalau di mall, sudah banyak toko dan restoran yang pakai Gopay. Terbukti, daftar merchant Gopay sangat banyak. Nggak hanya di mal, cafe langganan saya di dekat rumah yang baru buka juga sudah menggunakan Gopay.


Cafe yang enak dan nyaman bikin saya betah! Ini adalah salah satu cafe yang sering saya datangi kalau ingin kerja.

 

Salah satu restoran favorit saya di Surabaya yang memiliki fasilitas pembayaran dengan Gopay adalah Solaria. Sebelum ada corona, saya selalu cari Solaria kalau lagi ngemall. Ini karena saya suka dengan varian menu Solaria dan rasa masakan mereka yang cukup lezat. Banyak menu yang juga kids friendly. Apalagi, Solaria juga menyediakan metode pembayaran dengan Gopay.

 

Sekarang saat pandemi, kalau lagi bosan dengan masakan rumahan, sesekali saya pun juga memesan makanan di luar. Tentu menggunakan Gofood dan membayarnya juga sekalian pakai Gopay.

  

Selain pengalaman menyenangkan bersama Gopay, saya juga ingat kekecewaan nggak jadi beli barang gara-gara toko langganan saya belum pasang Gopay. Kejadian ini saya alami beberapa bulan lalu di salah satu toko roti terkenal di wilayah Surabaya dan Sidoarjo. Kebetulan saat itu saya cuma bawa uang 50 ribu dan smartphone, rencana awal hanya ingin beli beberapa potong roti dan cupcakes. Rupanya, di toko itu sedang ada jajan tradisional kesukaan saya dan roti tawar kesukaan anak saya. Saya tergiur, dong, untuk mengambil juga. Begitu sudah di kasir, ternyata uang saya kurang!

 

Sayangnya, toko roti tersebut belum melayani pembayaran via Gopay, bahkan, tak ada pula fitur uang digital lainnya. Sayang sekali, Bung. Saya agak kecewa karena nggak jadi beli jajan pasar kesukaan, toko roti pun pendapatannya jadi berkurang.

 

Jujur saja kadang saya heran, kenapa ya, ada toko yang ramai pelanggan tapi masih enggan pasang Gopay? Padahal, kalau pasang Gopay, potensi transaksi akan meningkat, lebih efektif dan efisien, plus lebih aman. Penjual jadi terhindar dari pembeli nakal yang memakai uang palsu.

 

Saya harap yang seperti itu jangan dicontoh, yaa. Sudah lihat datanya, kan, bahwa mayoritas penduduk Indonesia yang sudah punya uang digital, menggunakan Gopay sebagai media pembayaran. Bahkan, sudah ada riset pula yang menyebutkan bahwa pengguna Gopay sangat loyal (saya contohnya! Hehe). Mereka akan tetap menggunakan Gopay meski tak ada promo.

 

Maka dari itu, wahai para penjual, kalau kamu punya pelanggan banyak dan ingin toko kamu terus didatangi pembeli, segeralah pasang Gopay, ya! Semoga makin lancar usahanya aamiin.









Referensi:

Katadata, "Riset: Kalahkan OVO, GoPay Paling Banyak Digunakan Tahun Ini", https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5e9a4c5442912/riset-kalahkan-ovo-gopay-paling-banyak-digunakan-tahun-ini

 

 

You Might Also Like

26 komentar

  1. bener mba, sekarang emang jamannya cashless, ga peduli diskon atau nggak pasti pada pakai aplikasi gopay, karena lebih nyaman dan lebih aman ga usah bawa uang tunai banyak2

    BalasHapus
  2. Sebagai anak cashless aku suka banget deh kalau sekarang sudah lebih banyak pakai gopay jadi lebih mudah lagi kalau mau jajan.

    BalasHapus
  3. sebagai kaum milenial, cashless pastinya sangat disukai ketimbang harus bawa-bawa cash, apalagi teknologi sudah maju seperti sekarang, pilihan cashless menjadi prioritas, selain simple ga harus bawa uang cash, juga dirasa lebih aman, betul apa yang ditulis mba, salahs atunya dapat menghindari uang palsu itu, mantaplah gopay pokoknya

    BalasHapus
  4. Kakak dari surabaya juga kah??? Aku jg loh kak. Memang gopay sangatlah membantu dalam melakukan transaksi tanpa mengeluarkan uang. Apalagi saat corona gini paling bagus pembayaran melalui elektronik. Semoga semua toko sudah ada gopay ya kak.

    BalasHapus
  5. Wah ternyata gopay lebih banyak digunakan dari ovo ya, iya sih saya juga lebih suka pakai gopay karena verifikasi gk harus ke kios khusus cukup verifikasi sendiri aja pakai ktp.

    BalasHapus
  6. Aku juga pengguna gopay bund, soalnya praktis dan kadang ada promonya hehe.. sekarang masanya cashless yaah

    BalasHapus
  7. Wah uda lumayan lama aku sekarang kalau transaksi lebih sering pakai gopay. Bahkan beli koin webtoon pake gopay. *Ups hahaha

    BalasHapus
  8. Iya banget, aku paling suka belanja cashless dengan GoPay. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang. Males bersentuhan dengan uang ya.

    BalasHapus
  9. Menurut pengalaman aku sih, gopay itu uang digital yang jarang eror nya pas transaksi. Kalau belanja di merchant yang pake gopay selalu lancar udah gitu banyak potongan juga. Semoga makin banyak ya yg usahanya ada pilihan gopay sebagai metode pembayaran.

    BalasHapus
  10. Masih jadi salah satu aplikasi payment yg terinstall di hape :)

    BalasHapus
  11. Iya benar banget Mba. AKu juga sekarang belanja ke pasar pasti tanya ada Gopay ngga? Karena praktis sih dan ngga perlu bawa uang banyak-banyak di dompet. Semua transaksi pembayaran bisa kita lakukan dengan Gopay dari HP

    BalasHapus
  12. Iya byk yg blg bikin boros, bagi aku si sama aja si boros ga kan tergantung kita ya 😆 cm krn byknya app pembayaran jdi hrs isi di bbrp tmpt

    BalasHapus
  13. Uda paling happy kalau ada merchant yang terdaftar di Gopay.
    Karena selain menikmati pembayaran cashless selalu ada diskon yang ditawarkan.
    Sukaaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah...aku suka diskon.
      Di saat pandemi begini, pasti menggunakan Gopay akan lebih menguntungkan kedua belah pihak.

      Hapus
  14. Yes mbak, aku pun sbg pembeli sukanya bayar pakai gopay..
    Biar praktis

    BalasHapus
  15. Bener banget mbak, kemudahan yang diberikan oleh Gopay membuat saya tambah manja dan leyeh-leyeh terus di rumah. Transaksinya memang memudahkan kita2

    BalasHapus
  16. Brtul nih, kalau belanja di tempat yang menyediakan pembayaran pake gopay itu memudahkan banget. soalnya terkadang aku suka lupa bawa cash. nah gopay ini adalah solusinya.

    BalasHapus
  17. Aku juga jarang bawa uang tunai mbak. Sekarang jaman cashless. Jadi lebih sering pakai Gopay buat jajan-jajan

    BalasHapus
  18. Aku sendiri pengguna gopay merasa terbantu banget mba, sekarang kalau transaksi soalnya nggak perlu bawa duit lebih menyenangkan

    BalasHapus
  19. Betul banget mbak.. Kalau untuk urusan bayar direpotkan, yang ada malah males bertransaksi

    BalasHapus
  20. pakai gopay emang praktis ya mbak, saat pandemi gini meminimalisir penggunaan uang cash. btw menu di solaria enak gak ?

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Aku tuh suka banget dengan cashles, karena pembayaran lebih praktis dan banyak promo cashback nya

    BalasHapus
  23. Kalau pendapat Mpo tentang banyak toko maju tapi tidak mau pakai gopay itu karena mereka belum melek teknologi. Kalau sudah coba gopay pasti akan berkata "kenapa tidak dari dulu aja ya, usahaku pakai gopay"

    BalasHapus
  24. Jaman now lebih mudah dengan cashlez, apalagi masa pandemi sekarang yang sebisa mungkin meminimalisir transaksi tunai ya

    BalasHapus
  25. Sekarang jadi lebih mudah bertransaksi dengan adanya aplikasi begini ya. Jadi harus rajin nih isi saldo gopay ya kan...

    BalasHapus