Pengalaman Cetak 100 Foto Keluarga Kecilku di ID Photobook



"Mas, SD card ku hilang! Kayaknya dimainin Laiqa. Huhuhu..."


Aku mengabari suamiku dengan suara lemas. Bagaimana tidak, di SD card itu ada foto-foto ulang tahun Mahira pada usia 3 tahun, foto wisuda, dan banyak foto kebersamaan keluarga kami yang belum sempat aku backup ke laptop.


Duh, kalau sudah hilang begini baru terasa.


Pasalnya, hanya sebagian foto yang sudah aku transfer ke smartphone dari kamera mirrorless, itupun sudah pasti size-nya lebih kecil. Aku jadi menyesal sekali kenapa tidak aku cetak saja. Gimana ya, memang karena terlalu keenakan dengan sistem digital yang bisa menyimpan kapanpun, dalam jumlah banyak, dan cenderung murah. Kalau mau cetak foto juga pikir-pikir karena mahal dan repot. Sudah begitu, sekarang jarang ada percetakan foto dekat rumah.


Eh, tiba-tiba aja di IG aku muncul rekomendasi akun @id.photobook yang setelah aku cari tau, merupakan brand pencetak foto! Pas aku cek di akun IGnya, followersnya sudah 704K dan sudah pasti kliennya melimpah dan terpercaya. Aku pun mencoba memesan sendiri, deh. Di bawah ini akan aku ceritakan lebih lengkap pengalamanku memesan dan cetak foto di @id.photobook. baca sampai selesai, ya.






Momen yang Berkesan Bisa Hilang Tanpa Sempat Berpamitan

Sebetulnya ketika aku scrolling halaman Instagram ID Photobook, aku jadi teringat kalau dulu pernah melihat teman blogger, kalau nggak salah Mbak Rizka Edmanda, juga pernah melakukan order di sini. Dari situ, aku makin percaya kalau ID Photobook ini sudah pasti kualitasnya top. Aku pun kepoin sekalian klien-kliennya. Di bagian highlight Instagramnya, ada banyak artis yang juga jadi pelanggan. Baru-baru ini, dia pun bekerjasama dengan Nussa Rara.


Untuk ordernya sendiri dapat melalui WA, Shopee, dan juga website. Mudah banget. Kalau di Shopee, sistemnya nanti begitu selesai pembayaran yang kita dapatkan adalah kode order. Kalau aku kemarin awalnya nanya-nanya di DM lalu memesan via WA. Singkat cerita, admin meminta alamat emailku lalu dengan segera ada email masuk yang memintaku untuk upload 100 foto yang akan aku cetak. Aku juga diminta untuk memberi nama album ini.


Iya, semudah itu! Yang sulit tuh milihin foto-fotonya, yaa.. hihi. Jadi, usahakan saja sudah ada sebagian besar foto yang siap sebelum melakukan pemesanan agar tidak terlalu lama gitu.


Adminnya juga ramah banget, sih, karena sigap memenuhi keinginan. Bahkan ketika ada kesalahan pada cover, mereka bisa dengan cepat memperbaiki. Setelah semua foto sudah aku upload, proses pembuatan photobook dan pengirimannya juga sangat cepat menurutku, hanya sekitar semingguan. Ini, nih, tampilannya.


Oh, ya, kemarin produk yang aku pesan namanya Hardcover Large Potrait. Muat 100 halaman dan full color. Jadinya cantiik banget, kan? Aku suka sekali dengan pilihan desain layoutnya dan penataan foto. Sebetulnya pada saat upload sudah aku urutkan sesuai timeline, tetapi, sepertinya agak susah ya karena layouter harus memadu-padankan ukuran dan estetika. Jadi bagiku tidak masalah, yang penting jadinya cantik! Kalau kamu mau lihat unboxingku, bisa cek videku ini yaa..




Nothing Beats The “Real” Memories

Menurutku, ada banyak manfaat mencetak foto meskipun sekarang ini sudah jarang banget ya orang mau nyetak foto dan memilih untuk menyimpan hasil jepretan dalam bentuk digital. Pertama, ada bentuk fisik yang dapat kita simpan dan suatu saat kita tunjukkan ke anak-anak ketika sudah besar. Ini kan bakal sweet banget. Secanggih apapun gadget, rasanya nggak ada yang mengalahkan pengalaman membuka tutup buku (termasuk album foto yang berbentuk buku) dan melihat berbagai foto ataupun tulisan yang dengan cepat membawa kita ke kenangan indah keluarga.


Selain itu, bisa juga dilihat-lihat oleh tamu atau kerabat jauh yang berkunjung, misalnya. Jadi, ketika bertamu, suasana menjadi lebih hangat dan tiak terpaku pada smartphone masing-masing. ID Photobook mampu membuat yang dekat menjadi lebih lekat.


Kedua, kenangan lebih awet. Nggak ilang, yah, kecuali kalau teledor banget gitu, yaa. Cuma kalau bentuknya album, kalender, atau bahkan bisa ditempel di dinding, itu kan lebih jelas tempatnya dan mudah dilihat. Ketiga, tampilannya jadi besar dan lebih enak dilihat. Mata kita pun nggak mudah lelah dan nggak repot zoom sana sini seperti kalau lagi pegang smartphone.





Aku punya beberapa kiat agar foto yang kamu cetak nantinya bisa berkualitas bagus, nggak pecah, dan bisa awet berabad-abad! Hehehe. Simak baik-baik, ya.


Pilih foto dengan kualitas besar. Menurutku, paling bagus jika foto yang digunakan dijepret dari DSLR, mirrorless, atau kamera pocket yang kualitasnya baik. Kalaupun pakai smartphone, ada beberapa smartphone yang sudah bisa menghasilkan kualitas foto dengan warna setara mirrorless. Kalaupun tidak, usahakan menggunakan settingan kualitas foto tertinggi pada kamera.


Edit di aplikasi. Editingnya minor saja, seperti kecerahan, kontras, vibrance, dan lain-lain. Saran saya, editingnya jangan terlalu ekstrem karena bisa membuat kualitas foto pecah kecuali kalau mengedit dengan aplikasi Lightroom dan dengan format RAW atau foto dengan size besar.


Pilih foto terbaik untuk cover photobook. Usahakan kamu membuat tema dalam satu album yang akan kamu cetak. Misalnya, mau cetak foto-foto ulang tahun anak, maka ya foto yang diupload seputar itu saja. Kalau aku nih kebetulan kemarin aku bikin tema “Adventure of a Lifetime”. Asik, yah, terinspirasi dari judul lagunya Coldplay! Hihihi. Jadi aku memilih semua foto terbaik yang telah aku alami bersama suami. Mulai dari masa PDKT, menikah, hingga diamanahi dua orang putri. Selanjutnya, aku berencana pesan dengan tema “Summertime”. Tebak, terinspirasi dari judul lagu siapa? :)


Oke, segitu aja yah ulasan dan cerita pengalamanku memesan dan mencetak foto di ID Photobook. Jika kamu ingin punya photobook cantik ini, kepoin aja mereka melalui akun Instagram ID Photobook dan cek video-video serunya di YouTube. Sst.. di YT ada kilasan info produk dan cerita-cerita mengharukan para pelanggannya, lho.


Kamu sudah pernah cetak di sana? Ceritain pengalamanmu di kolom komentar, yuk!






CONVERSATION

10 komentar:

  1. Pengen banget nih mba bisa nyetak foto disini. Aku punya pengalaman nggak enak nih foto foto ilang padahal itu momen indah yang sulit untuk terjadi lagi :(

    BalasHapus
  2. AKu udah punya 3 album foto masing2 isi 50 pcs total 150 pcs waktu itu lg promo jadi 247K hehehe. Trus aku nambah lagi nih udah bayar berbulan2 lalu tapi belom sempet milihin fotonya hahaha. Puas bener dg hasil cetaknya.

    BalasHapus
  3. Aku juga seneng banget liat foto-foto yang udah dicetak. Rasanya lebih puas ketimbang liat di layar hp atau laptop

    BalasHapus
  4. Cetak foto di ID Photobook ekslusif banget ya mba, pastinya makin kece tampilannya dari pada cetak foto seperti biasanya.

    Jadi pengen juga cetak foto di ID Photobook nya, apalagi kalau lagi promo.

    BalasHapus
  5. Aku juga pengen banget cetak foto di ID Photobook. Karena kalau udah file-nya hilang, kan nyesek banget tuh.

    BalasHapus
  6. ahh bagus ya hasil fotonya, albumnya cakep.
    jadi pgn buat juga

    BalasHapus
  7. Saya sudah berpengalaman mencetak foto disini juga dan beneran hasilnya sangat memuaskan dan sampai sekarang (4tahun) warnanya masih awet

    BalasHapus
  8. Aku sering banget lihat iklannya seliweran di Ig nih mba, hasilnya emg beneran bagus ya trus sempat lihat list harganya juga ga terlalu mahal untuk hasil cetakan sebagus ini 😍

    BalasHapus
  9. Ya ampun gemesss! Bagus banget yak hasilnya, jadi bisa dikoleksi gitu foto-fotonya. Entar nyari ah, kayaknya ada deh photobookid di sini

    BalasHapus
  10. ID Photobook keren banget yah untuk cetak foto, desain template nya jg kekinian, ah jd pengen cetak foto jg

    BalasHapus

Back
to top