Review QuBisa: Platform Belajar Online yang Cocok untuk Milenial dan Gen Z

platform belajar online



Platform belajar online saat ini sudah buanyak banget. Jika dibandingkan dengan zaman ketika aku masih SMA sekitar tahun 2007 dan kuliah tahun 2010. Kami dulu belajar ya hanya lewat lembaga kursus. Biayanya? Tentu mahal! Jadi, kalau mau menguasai skill tertentu yang tidak ada dalam kurikulum sekolah, kami harus mengeluarkan upaya dan waktu lebih untuk meminjam buku dan rajin membangun komunikasi dengan teman dan senior sekolah yang memiliki keahlian tertentu.

Aku mulai menikmati platform belajar daring justru ketika menjadi ibu muda. Sebetulnya, saat kuliah aku sudah mengenal beberapa kursus online, tetapi, platform tersebut bukan dari Indonesia. Materinya terbatas dan pasti semuanya menggunakan bahasa Inggris. Kemudahan akses belajar di dunia digital, membuat aku semakin semangat belajar berbagai hal untuk mengasah skill baru, agar bisa lebih berdaya dari rumah.

Ada salah satu platform e-learning yang aku rekomendasikan karena cocok untuk kebutuhan generasi muda khususnya milenial dan Gen Z. Platform ini bernama QuBisa, sebuah platform belajar online yang fokus mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda untuk menjadi lebih kompeten dan kompetitif dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Menurutku, QuBisa ini sangat membantu dalam mempermudah akses anak muda untuk belajar dan menemukan jalur sesuai minat dan bakat mereka. Dengan begini, kita bisa lebih siap bersaing di berbagai industri.

Di bawah ini akan aku bagikan pengalaman aku mengikuti kursus online gratis di QuBisa. Aku juga akan memberikan sekelumit informasi tentang microlearning festival, sebuah kompetisi berbagi ilmu dari QuBisa yang sangat menarik untuk kita ikuti. Pastikan kamu membaca tulisan ini sampai selesai, ya.

Kursus Online Gratis dan Berbayar, Semua ada di QuBisa

Salah satu alasan yang membuatku mengatakan bahwa platform e-learning ini sangat cocok untuk generasi milenial dan Gen Z adalah karena QuBisa tidak hanya menyediakan kelas berbayar seperti platform belajar daring kebanyakan. QuBisa juga memiliki kursus online gratis dan ada sistem poin Liga PoinQu. Metode belajarnya dikemas dengan sangat kreatif dalam webinar, kursus online, dan microlearning. Materi-materinya juga ndaging banget. Saat pertama kali daftar, ternyata ada kursus online gratis yang aku cari, yakni tentang Whatsapp Business. Kebetulan aku memang sedang belajar tentang hal ini, karena nomor WA untuk bisnisku masih nomor WA biasa, belum aku ubah menjadi WA bisnis. 

Kursus online gratis yang aku ikuti pertama kali di QuBisa berjudul Optimasi Whatsapp Bisnis untuk jualan online. Kukira kursus ini singkat dan hanya dalam satu video lalu selesai. Rupanya, tampilannya pun seperti platform belajar online lain yang dipotong-potong selama tiga sampai empat menit. Menurutku ini bagus karena akan memudahkan kita untuk lebih memahami topik. Dari segi penyajian dan kualitas konten, menurutku sudah sangat baik dan utuh.

Pada bagian bawah video terdapat nama dan latar belakang pengajar serta deskripsi kelas. Untuk topik-topiknya, berada pada bagian samping. Terdapat 12 video pada materi ini. Masing-masing video memuat 15 poin. Kamu pasti penasaran apa guna poin ini, ya? Sabar, nanti akan kujelaskan lebih rinci.

Video pada kursus Optimasi Whatsapp Bisnis untuk Jualan Online ini meliputi:

1. Peringkat dunia penggunaan sosial media berdasarkan survey dari Hootsuite.

2. Peringkat sosial media platform di Indonesia berdasarkan survey Hootsuite tahun 2021.

3. Survey dari Hootsuite Rata-rata waktu yang dihabiskan menggunakan internet di usia 16-64 tahun.

4. Kapan waktu terbaik posting jualan melalui Whatsapp?

5. Kapan waktu terbaik posting jualan melalui Facebook?

6. Fungsi aplikasi Whatsapp Business yang berbeda dari Whatsapp biasa.

7. Memaksimalkan fungsi “Greeting Message” pada aplikasi Whatsapp Business.

8. Contoh penggunaan “Greeting Message” pada aplikasi Whatsapp Business.

9. Memaksimalkan fungsi “Quick Reply” pada aplikasi Whatsapp Business.

10. Pengenalan fungsi “E-Catalog” pada aplikasi Whatsapp Business.

11. Contoh penggunaan fungsi “E-Catalog” pada aplikasi Whatsapp Business.

12. Tutorial membagikan produk di “E-Catalog” pada aplikasi Whatsapp Business.


Dari keduabelas judul di atas, sudah terlihat kan bahwa kelas ini memberikan data terbaru dan wawasan yang lebih fresh. Aku merekomendasikan kursus online gratis ini untuk teman-teman yang sedang belajar berjualan online lewat WA bisnis. Apabila kamu sudah mengetahui tentang beberapa topik pada video di atas, kamu bisa skip dan langsung ke pembahasan yang kamu inginkan. Tapiii… sayang banget, sih, nanti nggak dapat poinnya! Hehe.

platform belajar online

Kebanyakan materi yang ada di QuBisa adalah seputar kursus online digital marketing, self and career development, motivation, dan lifestyle. Rincian kategorinya ada Business, Design, Finance & Accounting, Human Resource, IT & Software, IT Development, Lifestyle & Health, Personal Development, Sales & Marketing, dan terakhir ada Teaching & Academics

Dapat kita lihat bahwa kategori di atas dekat dengan kebutuhan kerja masa depan dan lingkungan karir milenial dan Gen Z. Berbagai kategori yang disediakan oleh QuBisa sudah sesuai dengan 10 keterampilan yang dibutuhkan untuk tahun 2025 yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF). Sepuluh keterampilan itu meliputi 1) pemikiran analitis dan inovasi, 2) kemampuan untuk aktif belajar dan berpikir strategis, 3) kemampuan penyelesaian masalah yang kompleks, 4) kemampuan analisis dan berpikir kritis, 5) kreativitas, orisinalitas, dan inisiatif, 6) kepemimpinan dan pengaruh sosial, 7) kemampuan penggunaan teknologi serta monitoring dan kontrol, 8) teknologi desain dan pemrograman, 9) ketangguhan, toleransi terhadap stress, dan fleksibilitas, serta yang terakhir 10) penalaran, pemecahan masalah, dan ideasi.

Kurasa, saat ini adalah saat yang tepat untuk memperbanyak wawasan, karena mumpung pandemi. Buat yang masih sekolah atau kuliah, jadi kesempatan untuk menabung ilmu. Buat yang sudah bekerja, bisa menjadi bekal untuk naik kelas atau menjajaki karir yang baru.

Platform belajar online Indonesia ini juga menyediakan paket kursus yang bisa kita ambil sesuai kebutuhan kita. Keuntungannya adalah paket kursus ini lebih praktis, kita bisa belajar secara bertahap. Lebih hemat, karena QuBisa menyediakan potongan untuk paket kursus. Serta, kita bisa mengambil paket kursus sesuai kebutuhan dengan materi yang lengkap tanpa kita mengeluarkan waktu lebih untuk mencari-cari kursus yang sesuai.

Saat ini terdapat 5 paket kursus dari QuBisa yakni Kiat sukses memasuki dunia kerja, Pemimpin Membangun Tim, Paket Kursus Pengembangan Diri, Paket Kursus Pembuatan Aplikasi Mobile Android, dan Paket Kursus Sertifikasi Pelatihan Manajemen Sumber Daya Manusia. Harganya pun bervariasi. Yang termurah ada Kursus Pembuatan Aplikasi Mobile Android seharga 100 ribu dan merupakan kerjasama antara QuBisa, Juara Coding, dan Indonesia Career Center Network (ICCN). 

Selain kursus online, kita juga bisa mengikuti webinar pengembangan diri dan webinar gratis lainnya seputar digital marketing. Pematerinya pun menarik lho, pemateri webinar terakhir yang aku intip adalah dari editor videonya Baim Wong yang sampai dilihat oleh 46.000an orang! Menarik sekali, bukan?

Sistem Poin QuBisa, Belajar dapat Reward

Satu hal yang menurutku menjadi pembeda antara QuBisa dengan berbagai platform belajar online lainnya adalah sistem poin di QuBisa. Kalau kamu perhatikan, pada setiap kursus, webinar, dan microlearning yang diadakan memiliki nominal poin. Jadi, setiap kegiatan yang kita ikuti dan materi yang kita pelajari di QuBisa, sesungguhnya menjadi reward tersendiri buat kita.

Poin inilah yang dapat kita ikutkan pada Liga PoinQu. Liga PoinQu merupakan kompetisi pengumpulan poin dari QuBisa melalui berbagai aktivitas pembelajaran dan check in harian yang dapat kita lakukan di aplikasi dan website QuBisa. Menurutku ini seru banget, karena kita biasanya mendatar ke platform kursus online kan untuk belajar, ya. Tapi, kali ini kita bisa sekaligus berkesempatan mendapat hadiah. Jadi, makin semangat dong kumpulkan poin di Liga PoinQu sambil belajar.

Hadiahnya juga lumayan banget loh buat jajan atau malah buat investasi. Secara milenial sekarang kan udah banyak yang melek investasi. Sebanyak 50 user dengan PoinQu terbanyak berhak mendapatkan hadiah total 10 juta rupiah dengan rincian masing-masing pemenang mendapatkan hadiah 200 ribu rupiah. Liga PoinQu ini berlangsung mulai tanggal 11 Mei hingga 11 Juli 2021. Pengumuman pemenangnya juga nggak lama-lama, yakni pada hari selanjutnya tanggal 12 Juli. Kamu bisa lihat 10 user yang sementara ini memiliki poin banyak. Catat, ini masih sementara. Kamu masih punya waktu untuk masuk ke 50 besar!

platform belajar online


Microlearning Festival, Upload Video Berhadiah Jutaan Rupiah!

Buat yang belum tahu, microlearning adalah metode belajar dengan waktu belajar yang lebih singkat. Materinya pun biasanya lebih ringan dan cocok untuk proses belajar jangka pendek. Materi microlearning beragam, dari yang ringan sampai yang agak berat. Begitu pula pengajarnya. Ada yang dari individu, lembaga, dan kampus seperti Universitas Padjajaran, Politeknik Negeri Medan, Universitas Internasional Batam, dan Universitas Pendidikan Ganesha.

Nah, saat ini, QuBisa sedang mengadakan Microlearning Festival. Microlearning Festival ini adalah sebuah program terbaru bagi Sobat Qubisa yang tertarik dengan pembuatan konten untuk ikut berpartisipasi aktif dalam memproduksi video microlearning. Ini nggak rumit, kok. Kita tinggal membuat konten video edukatif dengan judul yang menarik. Sebanyak lima content creator dengan karya terbaik berhak mendapatkan hadiah total 15 juta rupiah. Sementara 400 peserta dengan video terbaik sesuai ketentuan penilaian mendapatkan insentif. Total hadiahnya? Sebesar 95 juta rupiah!

Ini kesempatan besar untuk temen-temen yang memiliki wawasan dalam bidang tertentu dan suka membagikan ilmunya. Aku sarankan, kalian mengikuti lomba video Microlearning Festival berhadiah 95 juta ini karena manfaatnya banyak banget. Kalau menang, alhamdulillah. Kalau belum beruntung, video kita bisa dilihat oleh ribuan orang dan menjadi portofolio kita.

Jika kamu berminat mengikuti lomba video Microlearning Festival berhadiah 95 juta ini, aku akan memberi informasi tentang persyaratan yang harus kamu penuhi. Kamu dapat mengunggah video mulai dari tanggal 18 Mei sampai dengan 27 Juni 2021. Juri akan melakukan penilaian video terbaik pada tanggal 28 Juni sampai 30 Juni 2021. Peserta dapat mendapatkan pengumuman video yang berhak mendapatkan insentif dan 5 content creator terbaik pada tanggal 30 Juni 2021. Hadiah utama untuk 5 content creator ditentukan berdasarkan penilaian juri dan jumlah likes terbanyak.

Kamu bisa membuat video dengan durasi 1-2 menit. Sebaiknya, kamu membuat video edukatif dengan judul dan deskripsi yang lengkap dan menarik. Untuk deskripsinya, cukup 160 karakter saja. Pastikan kamu membuat video yang ringkas, singkat, spesifik, dan fokus pada satu topik pembahasan. 

Video yang memiliki kualitas HD dan mobile friendly akan menjadi nilai tambah. Kamu juga harus memastikan agar video yang kamu buat tidak mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan, bermuatan negatif, dan tidak boleh melanggar hak cipta pihak lain. Kamu juga bisa mengunggah maksimal 5 video microlearning

Bagaimana dengan tema dan topiknya? Kamu bisa membuat video sharing skill dengan tema yang diperlukan bagi seorang individu untuk melakukan pekerjaan. Kamu bisa mencari topik video lainnya dan mencari inspirasi di Qubisa.com. Untuk tutorial upload video Microlearning Festival dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

platform belajar online


Hmm.. asyik, ya? Aku yakin teman-teman belum pernah menemukan pengalaman keseruan belajar seperti yang aku dapatkan di Qubisa. Sudah begitu, ada sejumlah kompetisi yang dapat kita menangkan juga! Apakah ada teman-teman yang sudah mencoba belajar skill baru di Qubisa? Coba berbagi cerita di kolom komentar, yuk.


 

63 komentar

  1. Baru tahu ada lomba videonya. Itu kalau ikut lomba video Microlearning Festival yang berhadiah 95 juta, kalau menang selain terkenal, anggap aja gajian kaya dari akun yutub gitu ya, hehehe...

    BalasHapus
  2. seru yaa mba.. sekarangbanyakbanget platform yang bisa dipakai untuk belajar banyak dan develop ourselves

    BalasHapus
  3. Belom pernah ikutan, tapi pernah mengenalnya kursus online ini. Apalagi dijaman sekarang serba online dan butuh banget skill untuk mengembangkan diri.
    Apalagi whatsapp bisnis yang jaman now banyak digunakan oleh mereka2 yang berbisnis.

    BalasHapus
  4. Asik ya mbak sambil belajar di Qubisa bonus ikut kompetisinya juga. Belajar sekaligus cari pengalaman ikut lombanya.

    BalasHapus
  5. Cocok banget nih platform-nya buat generasi ku alias generasi milenial hihi. Pengen coba kursus gratis online di QuBisa Bunda.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah belajar online makin paripurna kalau pakai QuBisa, secara fitur fiturnya keren begini.

    BalasHapus
  7. Baru beberapa hari pake QuBisa tp betah banget belajarnya karena inspiratif dan mudah belajarnya

    BalasHapus
  8. Baru beberapa hari pake QuBisa tp betah banget belajarnya karena inspiratif dan mudah belajarnya

    BalasHapus
  9. wah saya sudah daftar juga di QUbisa mba, banyak ilmu yang bisa didapat ya didalamnya, untuk mengembangkan diri kita agar lebih baik lagi, banyak yang free pula kan

    BalasHapus
  10. baru mendengar istilah QuBisa ini tapi pas baca reviewnya seru juga mba, pas banget aku lagi butuh platform seperti QuBisa ini.

    BalasHapus
  11. terima kasih infonya yaaa, aku mau rekomendasiin juga aaah buat keponakan aku nih siapa tau jadi lebih rajin belajar hihihi

    BalasHapus
  12. jaman now seperti sekarang memang memberi kita banyak keleluasaan untuk bisa membangun kemampuan diri, seperti platform ini

    BalasHapus
  13. Boleh nih molly coba ikut kursus onlinenya. Kebetulan mau belajar buat bisnis online, biar bisa berkembang nih bisnisnya di masa depan. Thanks ya rekomendasinya

    BalasHapus
  14. Aku baru tau mengenai Qubisa, langsung tertarik banget dan mau mencoba juga ahh.

    BalasHapus
  15. keren ya, jaman sekarang bisa menuntut ilmu di mana saja kapan saja :) untung ada Qubisa, jadi biar umur sudah offside tetap bisa menimba ilmu hahaaa

    BalasHapus
  16. pakai Qubisa ini beneran bikin semakin bisa ya. belajarnya mudah dan bisa dilakukan di mana saja dan kapanpun..

    BalasHapus
  17. Sejak ada banyak kursus online gini belajar jadi makin gampang ya. Bener-bener bisa dari mana aja, nggak perlu dateng langsung ke lokasi.

    BalasHapus
  18. Waah aku baru tau nih ada platform belajar online QuBisa ini, menarik juga yaa Wajib aku rekomendasikan ke adikku nih

    BalasHapus
  19. Qubisa platform yang cocok untuk anak-anak generasi z yang belajarnya serba online dan memanfaatkan teknologi digital yang serba canggih

    BalasHapus
  20. Ahahaha iya lho dulu zaman sekolah abis pulang sekolah ya les sampai magrib :D
    Sekarang eranya online2 jd anak bisa langsung belajar di rumah atau dr mana aja.
    Wah ini kok menarik ya ada sistem2 poin reward gini :D

    BalasHapus
  21. Menarik ya mba ada sistem poinnya ini yang bikin beda dan enaknya bisa jadi reward buat kitanya asik nih

    BalasHapus
  22. Aku juga jadi pengen belajar di Qubisa niih...
    Kalau dilihat-lihat, banyak sekali skill yang dibagikan. Jadi kesempatan bagus untuk kita semua belajar walau masih serba online.

    BalasHapus
  23. Aku juga belajar bagaimana mengoptimasi whatsapp business untuk jualan online di qubisa, mbak. Sebenarnya gampang banget ya mbak. Bisa buat dipraktekkan pas jualan online.

    BalasHapus
  24. Pandemi gini juga bikin aku bersyukur karena banyak banget kursus online yang bisa kita ambil loh. Nah baru tau tentang Qubisa ini, pengen liat2 ada kursus apa lagi disana.

    BalasHapus
  25. Aku jadi penasaran ada kelas apa lagi hehehe. Secara aku ga bisa kemana-mana. Platform e-learning kaya gini lebih membantu :D

    BalasHapus
  26. keren ya mbak
    belajar bisa dari mana saja ya saat ini
    termasuk di Qubisa ini
    hadiahnya juga sangat menggiurkan

    BalasHapus
  27. Platform belajar online sekarang memang banyak banget, ada yang gratis ada juga yang berbayar.

    Serunya di Qubisa ini, kita bisa ngumpulin poin, bahkan kalau kita mencoba sharing pengetahuan dengan membuat microlearning pun bisa. Apalagi ada festivalnya dan bisa dapat hadiah pula

    BalasHapus
  28. Jadi penasaran nih, sama isinya kursus soal whatsapp bisnis ini di qubisa.

    BalasHapus
  29. Nah seharusnya platform belajar online tuh kayak gini. Materinya banyak dan gratis. Jadi sangat membantu. Apalagi ada lombanya ya yang hadiahnya puluhan juta.

    BalasHapus
  30. Saya sering liat postingan QuBisa, ternyata materinya banyak sekali ya? Kita tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan kita. Enaknya lagi ada yang gratis dan juga bayar.

    Microlearning Festival oke juga nih hadiahnya besar banget. Mau ikutan, tapi sadar diri, karya saya masih belum ada apa-apanya dibanding para suhu, heheheh....

    BalasHapus
  31. Makin canggih aja, kursuspun sekarang bisa online. Zamanku dulu harus datang ke kantonya hihi

    BalasHapus
  32. saya juga belakangan suka belajar Gratis di Qubisa ini, bahkan mengulang kembali materi-materi dasar Bahasa Inggris secara kayaknya udah menguap semua yang dipelajari dulu *upss :D

    BalasHapus
  33. Cara belajar kekinian nih dengan Qubisa. Jadi ya anak2 ga perlu takut lagi ketinggalan informasi ya karena disini sudah disediakan lengkap. Thank mbak informasinya

    BalasHapus
  34. Lumayan bangett tuh kalau bisa menang. Hehe..
    Tapi belum pede tampil di depan layar kayak instruktur2 QuBisa.
    Bisa nih belajar personal branding sama meningkatkan percaya diri lewat microlearning nya QuBisa

    BalasHapus
  35. Belajar tentang WhatsApp bisnis tersedia juga ya materinya di QuBisa. Mantaps nih, menggali pengetahuan di platform yang ramah digunakan pengguna

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi pengen nih belajar WhatsApp bisnis di QuBisa juga, biar bisa mengoptimalkan WA tuk bisnis, bisa jadi closing deh jadinya, Aamiin :)

      Hapus
  36. wah kayaknya banyak ya pilihan belajar di qubisa ini. pastinya dengan adanya platform kayak qubisa ini memudahkan banget buat yang mau meningkatkan kemampuannya

    BalasHapus
  37. cocok sebenernya klo mau ikutan upload konten bisa ikutan microlearning festival di qubisa, cuma bingung mo upload tentang apa ya

    BalasHapus
  38. Jaman aku dulu susahnya kalau mau mencari materi buat belajar harus beli buku, satu buku aja gak cukup karena ga mencakup kebutuhan. Sekarnag enak ya ada platform belajar online seperti Qubisa. Asyiknya lagi ga cuma kursus online berbayar tapi juga ada yang gratis ya.

    BalasHapus
  39. Makin seru aja Qubisa ini. Selain bisa belajar gratis dan dapat poin eh ada kompetisi microlearningnya juga.

    BalasHapus
  40. Luar biasa Qu bisa menjadi solusi tempat belajar terkini ya Bun. Apalagi ada kompetisinya juga. Pasti seru.

    BalasHapus
  41. QuBisa platform belajar online untuk milenial, dengan isi materinya yang beragam dan lengkap ya, Kak. Materi favoritku di sana itu pengembangan diri, motivasi dan career development

    BalasHapus
  42. Aku dah daftar juga dong di Qubisa.. Suka ikutin kelas online gratisnya juga. Plus video micro learningnya juga asik ditonton buat nambah insight baruuu. Qubisa emang cocok buat millenial

    BalasHapus
  43. Asyik ya sekarang makin banyak platform belajar online, jadi dari rumah aja bisa belajar banyak hal.

    BalasHapus
  44. saya sudah daftar QUbisa dong mba, sudah daftar beberapa kelas juga banyak yang cocok dan bagus temanya, sesuai dengan yang saya cari, bermanfaat banget

    BalasHapus
  45. Banyak juga materi pengembangan diri dari Qubisa. Pastinya kelas-kelas seperti ini sangat dibutuhkan oleh para profesional dan mungkin untuk pekerja lepas juga karena upgrade kemampuan ini kan perlu dilakukan siapa saja.

    BalasHapus
  46. Saya juga belajar untuk meningkatkan skill di kelas online gratis QuBisa. Saya senang belajar di QuBisa, soalnya waktunya fleksibel, pilihan materinya banyak dan penyampaian materi jelas serta detail.

    BalasHapus
  47. Menarik nih QuBisa ini. Aku baru dengar sih dan tadi samlai baca detail banget krn platformnya menarik

    BalasHapus
  48. Liga poin makin seru nih biar kita makin semangat menonton semua webinarnya. Aku baru di posisi 80-an. Masih jauh dari posisi pertama poinnya. Aku mau rajin2 nonton webinarnya di Qubisa ahh.

    BalasHapus
  49. Wah aq telat nih belum ikutan upgrade skill di QuBisa juga. Dari kemaren sering baca teman2 udah pada ikutan kelas online gratisnya. Harus disegerakan nih daftarnya

    BalasHapus
  50. Keren sih kak, semua orang dengan latar belakang dan usia apapun bisa join di QuBisa ini. Aku termasuk yang baru denger dan belum pernah gabung, tapi habis baca ulasan kak Nabila, jadi penasaran pengen gabung hihi

    BalasHapus
  51. Wah, oke juga nih QuBisa. Kalau mau belajar bisnis dan pemasaran, bisa ya cek bagian digital marketingnya. Ada pula kursus gratisnya. Nanti coba lihat deh

    BalasHapus
  52. Aku pernah ngrasain belajar di Qubisa. Emang nyaman sih platformnya. Dan hal yang kusuka lainnya karena topiknya beragam bin komplit. Dari yang berbau teknis sampai pengembangan diri, ada semua, jadi betah deh lama-lama di Qubisa.

    BalasHapus
  53. Keren dan seru banget pastinya ya, sambil kursus online bisa juga menangin hadiah yg ga lumayan nominalnya. Anak milenial wajib tau sih ini

    BalasHapus
  54. Aku juga kenal platform belajar online nih setelah jadi ibu muda mbak. Dulu pas kuliah ada sih di platformnya cuma sayangnya jarang dipake jadi kurang terapdet.

    Kerennya belajar di Qubisa ini bisa belajar dari reward kita ya.

    BalasHapus
  55. Ini seru banget! Aku udah coba kelas microlearningnya dan se worth it itu! Banyak tema, dan belajarnya nggak ribet. Materinya juga to the point. keren deh!

    BalasHapus
  56. Asik ya mbak sambil belajar di Qubisa bonus ikut kompetisinya juga. Belajar sekaligus cari pengalaman ikut lombanya.

    BalasHapus
  57. dengan platform belajar online seperti Qubisa ini, generasi Z makin bisa punya banyak sklill ya mbak

    BalasHapus
  58. Belajar optimasi whatsapp di QuBisa, menarik juga ya. Dengan microlearning, metode belajar bikin waktu belajar jadi lebih singkat.
    Eh eh aku jadi ingat kalau suam poernah juga ikutan kelas optimasi whatsapp dan dia punya puluhan grup wa. Hehehe

    BalasHapus
  59. Baru kali ini denger ada platform belajar yang malah memberikan keuntungan poin buat para pesertanya. Keren ya QuBisa ini, ditambah metode belajarnya juga menarik banget cocok buat orang-orang yang nggak punya banyak waktu dengan metode pembelajarannya microlearning itu.

    BalasHapus
  60. Makin banyak aja nih website edukatif dan interaktif kayak QuBisa ini. Kereenn...

    BalasHapus
  61. Mencari tempat kursus saat ini memang mudah banget ya mba. Ada aplikasi QuBisa yang bahkan ada kelas gratisnya. Dulu waktu belum ada kursus online harganua sangat mahal dan hanya kalangan tertentu saja yang bisa masuk berhubung biaya yang tidak murah.

    BalasHapus
  62. Asik banget deh belajar di QuBisa. Banyak banget materi yang bisa dipilij dan banyak juga kelas yang bisa diikuti. Belajarnya juga bisa sambil santai.

    BalasHapus