Review RDL Sabun Papaya: Bikin Kulit Bersih dan Terawat


RDL Sabun



Review RDL Sabun Papaya ini bisa saya tulis setelah mencoba RDL Sabun Papaya yang berwarna oranye khas warna pepaya. Tak hanya itu, saya pun mencoba RDL Facial Cleanser with Papaya Extract yang sukses membersihkan wajah saya sepulang kerja.


RDL sabun Papaya ini adalah sabun untuk wajah yang diproduksi oleh RDL Pharmaceutical Laboratory Inc. di Filipina. Hal yang membuat saya suka dengan RDL Sabun Papaya ini tentu sudah aman karena sudah ber-BPOM dan sudah ada logo halal dari Muslim Affairs Philippines. Kenapa logo Halal Filipina? Soalnya ini produk impor, Bund. Jadi MUI nggak bisa menerbitkan sertifikasi halal untuk produk yang pabrik pembuatannya tidak ada di Indonesia. Intinya, saya memakai RDL Sabun Papaya karena sudah aman dan halal tentunya.


Pada tulisan ini, saya akan mengulas review RDL Sabun Papaya dan review RDL Facial Cleanser Papaya. Baca sampai selesai, ya, sebab di bawah saya juga akan memberi rekomendasi tempat untuk membelinya!


RDL Sabun


Review RDL Sabun Papaya: Segar dan Mencerahkan

RDL Sabun Papaya ini sekilas memang terlihat “agak jadul” ya, di tengah gempuran berbagai produk yang menyediakan sabun dalam bentuk cair, RDL Sabun Papaya konsisten menyediakan dalam bentuk sabun batang. Ternyata ada banyak manfaatnya, salah satunya adalah lebih efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak di wajah dengan membersihkannya secara mendalam tanpa mengelupas kulit. Busanya pun lebih mudah dibilas.


Skin whitening soap ini memiliki beberapa bahan aktif. Pertama, ekstrak pepaya yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulit wajah serta mencegah penuaan dini. Kedua, Vitamin A untuk mencegah munculnya kembali jerawat, menghilangkan bekas jerawat, membantu mengurangi kerutan di wajah serta mencegah penuaan dini. 


Ketiga, Vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah, merangsang produksi kolagen melindungi kulit dari sinar UV serta membantu mengurangi kerutan di wajah. Keempat, Vitamin E yang mampu melembabkan kulit wajah, mengatasi hiperpigmentasi, membantu menyamarkan bekas jerawat, dan membuat kulit menjadi lebih kenyal.


RDL Sabun


Cara Pemakaian RDL Sabun Papaya

Cara pakainya cukup mudah ya, sama seperti pemakaian sabun pada umumnya. Tinggal usapkan saja pada wajah dan leher secara merata ketika mandi. Upayakan wajah sudah basah, ya. Usap dengan gerakan melingkar yang lembut dan diamkan selama 1-3 menit lalu bilas dengan air.


Untuk aromanya sendiri menurut saya tidak terlalu mengganggu, cukup segar dan wangi tetapi tidak terlalu dominan. Setelah pemakaian saya pun merasa wajah lebih terhidrasi dan segar.


Komposisi RDL Sabun Papaya

Apabila kamu memiliki concern terhadap komposisi sabun, berikut saya tuliskan komposisi RDL Sabun Papaya. Komposisi RDL Sabun Papaya ada cocos nucifera (coconut) oil, aqua demineralizata, sodium hydroxide, fragrance, mineral oil, carica papaya (fruit extract), tocopheryl acetate, ascorbyl palmitate, soya bean oil, retinyl palmitate, butylated hydroxytoluene, CI 45370, oxybenzone.


Review RDL Facial Cleanser Papaya

Satu hal yang cukup menyita perhatian saya saat membaca produk RDL Facial Cleanser Papaya ini adalah kata “babyface”. Jadi, nama lengkap produk ini adalah RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract. Kata babyface sepertinya digunakan karena produk ini mampu membuat wajah kita bersih dan sehat seperti wajah bayi! Hihihi.


Fungsi utamanya adalah untuk membersihkan wajah dengan ekstrak Papaya, mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, mencerahkan kulit wajah, dan mencegah penuaan dini. Dua produk ini memang cocok untuk kulit saya karena jujur saja kondisi wajah saya itu sangat bandel sama jerawat! Entah kenapa jerawat mudah banget muncul, apalagi kalau saya lupa membersihkan wajah sebelum tidur.


Warna cairan RDL Facial Cleanser Papaya ini berwarna oranye, seperti brightening soap-nya. Sensasi saat saya pakai terasa sangat segar di wajah, seperti ada rasa mint-nya begitu. Awalnya saya sempat underestimated apakah ini dapat membersihkan wajah saya sampai bersih dan merata. Ternyata bisa, lho! Ini saya pakai setelah saya pulang kerja jaga event dan lihat sendiri betapa kotornya wajah saya yang penuh noda ini hahahah! Secara mengejutkan, harganya juga cukup murah lho cuma Rp 30.000 aja untuk ukuran 150 ml. Hemat banget bukaan!


RDL facial cleanser


Komposisi RDL Facial Cleanser Papaya

Berikut ini adalah komposisi RDL Facial Cleanser Papaya, yakni ada Aqua Demineralizata, Denatured Ethyl Alcohol, Carica Papaya (fruit) extract, Allantoin, Boric Acid, D-Phantenol, Fragrance, Benzalkonium Chloride, CI 15985.


Produk RDL Lainnya

Varian Papaya ini bukanlah satu-satunya produk RDL yang secara resmi didistribusikan oleh PT RDL Distribusi Indonesia. Ada beberapa varian lain seperti RDL Cucumber Brightening Soap, RDL Avocado Brightening Soap, RDL Kalamansi Brightening Soap with Honey, dan RDL Kojic Brightening Soap. Sementara untuk facial cleanser-nya, ada RDL Babyface Facial Cleanser with Cucumber Extract, RDL Babyface Facial Cleanser with Avocado Extract, RDL Babyface Facial Cleanser with Kalamansi Extract, RDL Babyface Facial Cleanser Plain. 


Selain produk pembersih, RDL juga memiliki produk bagi kamu yang suka melakukan exfoliasi, yakni ada RDL SureWhite Microexfoliant dan ada pula RDL Cream with Moisturizer. Rasanya memakai krim dan pembersih nggak lengkap tanpa ada sunblock. RDL pun memiliki RDL Babyface Sunblock Cream SPF 15 yang dapat kita gunakan sehari-hari.


Kamu pun bisa mengikuti RDL di media sosial agar mendapat update tentang produk-produknya. Untuk Instagram, kamu bisa mengikuti melalui tautan ini https://www.instagram.com/official.rdl/, TikTok di sini https://www.tiktok.com/@rdlofficialstore, dan TikTok official RDL @official.rdl.


Beli di Mana?

Pastikan kamu selalu membeli produk yang asli, ya. Saya paling suka menyarankan untuk membeli di Shopee, soalnya kita bisa memanfaatkan gratis ongkir dan dapat koin pula! Hehehe. Kamu bisa membeli RDL Sabun Papaya di sini, ya.


Penutup

Begitulah sedikit review RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya dari saya. Saya pun tak segan merekomendasikan kedua produk ini bagi kalian yang punya wajah dengan tipe seperti saya, yakni acne-prone alias berminyak dan berjerawat. Apakah kalian sudah pernah mencoba produk ini? Coba bagikan pengalaman penggunaan kalian di kolom komentar, yuk!








 

86 komentar

  1. Jadi lebih mudah pemakaiannya ya mbak dengan cleanser RDL pepaya ini. Hasilnya langsung semua kotoran dan make up terangkat. Wajah jadi lebih bersih deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga lagi pakai cleanser RDL, suka banget sama hasilnya 😍😍😍

      Hapus
  2. Kalo liat sabun ini, jadi ke inget pas waktu mondok dulu. Ini salah satu sabun langganan saya pas mondok hehe

    BalasHapus
  3. Ini sabun udah sejak dulu masih eksis aja. Menandakan kualitas yang teruji

    BalasHapus
  4. Wih, kotoran yg nempel mayan dalem yah, Bund, hehe.. Tapi asli sih, bikin wajah jadi cerah, ringan dari kotoran.

    BalasHapus
  5. Nah, yang mau beli RDL Sabun Papaya ini, jangan sampai salah beli lagi. Yang asli itu dari Filipina. Soalnya RDL Sabun Papaya ini sudah terkenal, jadi ada pihak tak bertanggung jawab yang bikin produk serupa. Pakai asli, dapat manfaat dan hasilnya juga. Wajah jadi cerah dan bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata ada yang palsu ya pak. Harus jeli dong biar dapetin hasil maksimal kan yaa.

      Hapus
  6. Cocok untuk segala umurkah? Kepingin beliin buat anak, yang kulitnya sensi banget alias mudah berjerawat

    BalasHapus
  7. Aku juga pake ini sih dan pastinya yang asli hehe wajah jadi lebih bersih . Komedo kasar di hidung juga berkurang..

    BalasHapus
  8. RDL Sabun Pepaya ini produk impor, ya? Apakah sudah bersertifikasi BPOM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah kak, sudah halal certified juga. Aku sering pake kok. Jadi ya InsyaAllah aman

      Hapus
  9. Seneng banget deh sama RDL sabun Papay dan RDL Facial cleansr ini. Kalau punya saya habis, rencana mau beli lagi saya. Soalnya kulit saya cocok pakai ini. Belinya lewat Shopee nanti di Official Storenya RDL.

    BalasHapus
  10. Aku juga make 2 produk dari RDL ini kak. Dan yang rutin aku pake saat ini yang facial cleanser nya. Bikin wajah jadi lebih kesat, bersih dan segar. Harganya juga terjangkau banget, kann

    BalasHapus
  11. Sabun Papaya ini legendaris banget, sejak. Aq sekolah sudah ada. Khasiatnya emang terbukti nyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti emang udah lama ya Kak.. saya tahunya pas baru hamil tahun 2015. Berarti emang udah terbukti mencerahkan ya..

      Hapus
    2. Betul sekali, ini juga ada sejak zaman saya di Pesantren tahun 2000 an awal.

      Hapus
  12. Dua trik yang menjadikan kulit wajah lebih sehat dan bebas kusam nih pakai sabun dan facial cleanser nya ini. Apalagi juga harganya terjangkau ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah setuju sekali dengan Kak Fenny. Kalau dengan sabun dan cleanser jadi lebih lengkap perawatan kulit kita

      Hapus
  13. Merawat kulit jadi makin mudah dengan RDL Sabun Papaya, ya Kak. Apalagi setelah diaplikasikan terlihat sekali bedanya. Noda dan kotoran langsung terangkat ya, kak

    BalasHapus
  14. Soal produk palsu saya pernah nemu di e-commerce dengan harga yang sangat murah. Tapi karena takut akhirnya tetap beli di official aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada juga produk yang beda merek tapi kemasannya mirip banget. Kalau nggak teliti, bisa salah beli deh.

      Hapus
  15. Aku juga pakai RDL Sabun Papaya dan facial cleansernya. Belinya di Official Store, jadi dijamin ori semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di official resminya lebih menenangkan karena dijamin keasliannya ya kak. Ini nih yang perlu diketahui sebelum membeli

      Hapus
  16. Praktis bgt kak cara pakainya. Udh kyk sabun biasa aja. Cmn ini lebih ada kandungan nutrisi alami.

    Smg abis pake sabun RDL Papaya ini, wajahku makin glowing kyk artis Korea. Hehe.

    BalasHapus
  17. Wanginya pas
    Enggak menyengat
    Harga pas
    Tidak harus merogoh saku terlalu dalam

    BalasHapus
  18. So happy karena RDL Sabun Papaya dan review RDL Facial Cleanser Papaya sudah ada sertifikasi halal MUI. Jadi menggunakan skincare yang aman dengan bahan alami yang bisa bantu bersihkan wajah secara sempurna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ikutan pake, kak. aku uga udah pake, malahan sabun yang udah kupotong 8 tinggal 4 nih, wkwk..

      Hapus
    2. Tau ajaaa...aku belum ikutan pakai RDL Sabun Papaya.
      Rasanya ini uda gatel pengen ikutan belanja bulanan biar bisa masukin RDL Sabun Papaya ke keranjang belanjaan. Aku juga pingin kulit bebas jerawat, terutama bantu angkat kulit mati agar wajah cerah.

      Hapus
  19. Model sabun yang jadul ya tapi manfaatnya tetap bagus. Selain itu RDL punya produk lain juga selain sabun. RDL Babyface malah bisa dikira produk untuk bayi juga kalau bacanya enggak lengkap. Hehe.

    BalasHapus
  20. Sabun legend ini, kayanya waktu kecil sudah familiar dengan kemasan oren-nya, sekarang ternyata ada facial wash nya juga, ya. Pasti makin mantap perawatan dengan duo produk dari RDL ini

    BalasHapus
  21. Nah iya, RDL sabun papaya ini memang terlihat jadul dan berbeda dengan sabun pencuci muka pada umumnya. Tapi ternyata khasiatnya gak kalah bagus dengan yang lainnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khasiatnya yang jadi kunci banyak yang suka ya kak, karena jadi kelihatan di wajah lebih sehat dan bersih

      Hapus
  22. Mbak aku suka banget dengan sabun RDL ini buat wajah Aja cantik apalagi kalau buat badan ya

    BalasHapus
  23. RDL Sabun Papaya juga sukses bikin wajahku segar trus ringan gitu. Cleansernya pun bikin kulit adem bersih cerah, sukak pokoknya.

    BalasHapus
  24. andai bisa dimakan, kayanya seger ya. eh tapi kan ini buat kulit yak. bahannya dari ekstrak buah pepaya. Terkesan jadul, tapi khasiatnya luar biasa juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya ya Bang Subhan, penampakan sabun Papaya dari RDL ini seger banget jingganya, kalau ga tau sabun, pasti dimakan dah.. wkwkwk

      Hapus
  25. Aku suka banget pakai RDL Sabun Papaya ini, cocok buat kulitku. Kalau ke luar kota pun kubawa, tapi kupotong kecil dulu biar ringkes dan sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  26. Habis baca tulisan ini, jadi tahu kalau varian sabun RDL ternyata banyak juga ya. Meski sabun yang papaya terkesan jadul, tapi banyak yang masih make ya sampai sekarang. Soalnya emang terbukti bagus sih hasilnya. Aku tahu sendiri dari sepupuku yang rajin make dari dulu.

    BalasHapus
  27. Baru tahu ternyata pepaya itu bisa digunakan khasiatnya untuk kecantikan kulit. Selama ini hanya tahu pepaya bagus untuk pencernaan. Sabun RDL ini keren ya, bisa melembabkan kulit, cocok untuk kulit saya yang kering banget

    BalasHapus
  28. Sabun RDL ini legend namun tetap konsisten dalam pengemasannya ya karena dari dulu hingga kini tetap dikemas dalam sabun batang yang lebih efektif membersihkan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsistensi RDL dengan kemasan oren nya bikin kita mudah mengenali nya, walaupun harus tetap hati-hati saat membelinya, karena saat ini ada juga oknum yang memalsukan produk legend ini dengan memberi harga murah. Better beli di official store, ya, sepertinya, agar terjamin keasliannya sabun dan cleanser papaya ini

      Hapus
  29. Saya kebetulan juga habis nyobain RDL sabun papaya dan RDL Facial cleanser papayanya kak. Suka banget deh hasil penggunaannya di kulit apalagi yang facial cleanser bikin saya bisa double cleansing tanpa berat di kantong karena harganya terjangkau

    BalasHapus
  30. Saya juga pakai ini nih mba. Next time mau coba varian lain seperti timun atau alpukat dari RDL ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, aku juga pengen coba varian lain. Kebetulan sabun RDL papaya yg aku potong jadi 8 tinggal satu. Hehe

      Hapus
  31. Aku juga pakai ini lho mb. Enak banget fi wajahnya.. Kesat bersih gitu rasanya.. Plong.. Enak. Ini dah mau habis sabu nya, tinggal korek korek

    BalasHapus
  32. Iya ya ini kan sabun jadul ya, kayaknya sering banget liat sabun RDL. Tapi makin ke sini malah jadi penasaran, pengen nyobain sabun pembersih wajahnya. Makasih ulasannya....

    BalasHapus
  33. Wah, langsung terangkat sisa make up dan kotoran di wajah ya pakai cleansernya. Harganya terbilang murah juga dengan kuantitasnya, kayaknya bisa dicoba juga ....

    BalasHapus
  34. Wahhh aku sering nih pake produk ini, bener-bener nyaman banget di kulit. Tapi sayangnya di kotaku belum tersedia, jadi harus pesen online..

    BalasHapus
  35. Saya juga menggunakan sabun RDL Papaya ini
    Yang bikin saya suka nih wanginya dari sabun ini terasa kuat. Meski disimpan di kamar mandi, tapi ke ruangan lain masih tercium dan menyegarkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju teh wanginya kuat RDL sabun papaya ini dan seger. Terus uniknya pas cuci muka mesti didiamkan dulu selama 1-3 menit sebelum dibilas air bersih.

      Hapus
  36. Bener banget ini mbak bentuknya masih konsisten ya, ini yang unik menurutku. Jadi orang notice sampai sekarang. Semakin berkembang dengan adanya Moisturizer. Emang bikin bersih bgt, wanginya aku suka.

    BalasHapus
  37. RDL sabun papaya bekerja efektif bersihkan kulit nih mbak. Dari apa yang ditulis mb Nabila, terus diluhatkan dari foto begitu banyak kotoran yang diangkat.

    BalasHapus
  38. Manfaat pepaya ternyata nggak hanya bagus di pencernaan tapi juga untuk wajah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak
      Di luar dan dalam tubuh, Pepaya sangat bermanfaat memang
      Syukur diciptakan Tuhan ya

      Hapus
  39. Butuh banget mengambil manfaat RDL sabun papaya karena bisa mencegah munculnya jerawat, menghilangkan bekas jerawat, membantu mengurangi kerutan di wajah serta mencegah penuaan dini.
    Ini sih permasalah kulit setiap wanita di kota besar, terutama.

    BalasHapus
  40. Aku kenal sabun RDL ini sewaktu kuliah. Kala itu kepo banget sama temen yang awalnya wajahnya sawo matang berubah menjadi putih dan glowing. Usut punya usut, ternyata doi pakai produk RDL. Nah, mulai dari situ aku akhirnya rajin juga pakai produk ini. Asli, kulitku jadi semakin glowing juga kayak temenku tadi, hehe...

    BalasHapus
  41. Sabun RDL papaya pengeen memilikinyaa, baca riview pengen banget pakai RDL papaya ini apalagi harganya sangat bersahabat

    BalasHapus
  42. Ini sabun jadul yang sempat viral ya. Aku sekarang juga pakai sabun ini. Murah dan bikin kulit muka jadi lebih sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski jadul, tapi produknya tetap menjadi andalan diantara banyaknya produk skincare yang ada saat ini. Keren banget si.. RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya.

      Hapus
  43. Pas banget nih lagi cari sabun yg bisa bikin kulit mulus, cerah dan kaya nutrisi. Jd ga bakal bikin kulit kita kering. Cuaca panas gini ga mslh tuh. Kulit bakalan tetap lembab kan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain Mas Didik. Cocok untuk cowok juga. Saya suka pakai kalau habis naik motor. Wajah jadi bersih dan terasa ringan hehehe.

      Hapus
  44. saya juga pakai rangkaian RDL Papaya ini Mbak, dan suka banget dengan wanginya.
    sabunnya malah tidak hanya saya pakai tuk muka, kadang untuk seluruh tubuh juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lho Kak. Apalagi aroma wangi lembut dari facial cleanser RDL Papaya yang kalau dihidu pelan tuh jadi seperti wanginya bunga pepaya nggak sih?

      Hapus
  45. aku pun pakai kedua produk RDL varian Papaya ini, Mba. Paling berasa memang yang facial cleanser-nya lho. Padahal aku nggak kemana-mana, paling cuma wara-wiri nggak jauh dari rumah tapi ketika disapukan dengan kapas, langsung tersadar aja ada banyak kotoran di wajah. Pakai keduanya bikin muka berasa bersih dan siap bertemu sama rangkaian skincare rutin.

    BalasHapus
  46. Kebetulan banget nih, di dagu udah beberapa waktu ini jerawat kok gak hilang-hilang, harus coba membersihkan wajah dengan RDL sabun Papaya dan cleansernya.
    Mudahan juga cocok. Makasih rekomendasinya mba.

    BalasHapus
  47. Aku pakai RDL Sabun Papaya, produknya memang bagus buat kulit yang mudah terkena jerawat dan berminyak. Terus yang RDL ini bikin halus di kulit wajah, jadi walau bentuknya sabun batang tidak bikin kulit kering.

    BalasHapus
  48. Produk RDL ini banyak jenis dan variannya. Selain itu, kita bisa beli di ecommerce kesayangan bahkan di Tiktok. Kan menyenangkan banget. Mudah, dan praktis belanjanya, manfaat RDL Sabun Papaya juga luar biasa bikin kulit wajah lembap.

    BalasHapus
  49. Aku masih pake nih RDL, terutama cleansernya. Praktis digunakan dan ampuh mengangkat kotoran di wajah. Rekomended deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jugsa sama. Masih jadi pengguna facial cleanser-nya soalnya berasa keangkat banget semua kotoran di wajah sama cairan jingganya. Jadinya pas dibasuh pakai facial foam berasa muka makin bersih.

      Hapus
  50. Wah, ini sih sabun andalan mamaku banget. Baru tau ada facial cleansernya juga aku, Mbak. Apalagi itu efektif banget mengangkat semua kotoran2 jahat yang ada di muka. Jujur jd penasaran dan pengin cobain juga rangkaian produk perawatannya. Keknya bakalan enak buat bikin muka jadi bersih dan terawat dengan baik.

    BalasHapus
  51. Wah, ini sih sabun andalan mamaku banget. Baru tau ada facial cleansernya juga aku, Mbak. Apalagi itu efektif banget mengangkat semua kotoran2 jahat yang ada di muka. Jujur jd penasaran dan pengin cobain juga rangkaian produk perawatannya. Keknya bakalan enak buat bikin muka jadi bersih dan terawat dengan baik.

    BalasHapus
  52. Aku juga udah nyobain RDL ini sii mbaa. Facial cleansernya tuh seger dan emang kaya bisa mengangkat debu2 bandel yang nempel di wajah hehe.

    BalasHapus
  53. Cara pakainya jg gampang bgt ya kak. Udh kayak mandi biasa aja tuh. Tp khasiatnya jgn ditanya. Malah lbh bgs dr skincare mahal lainnya. Pake sabun RDL Papaya ini udh terjangkau tp kualitasnya bermutu.

    BalasHapus
  54. suka banget nih pakai RDL Facial Cleanser Papaya, aku udah pake dua bulan ini dan udah mau habis, pastinya repurchase dong. after effectnya aku suka, bikin seger ke wajah

    BalasHapus
  55. sabun papaya ini tuh bagus yaa? jadi pengen cobain deh, krn udh byk rekomenin juga ke aku nih

    BalasHapus
  56. Aku juga udh cobain iniiii. Suka bgt sama aroma sabunnya. Seger bikin mood bagus. Wow, bukti cleansernya ampuh ya lewat warna kapasnya

    BalasHapus
  57. Sekarang beli produk luar, sudah mudah ya. Apalagi dengan adanya marketplace kayak Shopee. Jadi urusan beli Sabun Papaya RDL ini sangat efisien. Nggak harus ke Filipina dulu

    BalasHapus
  58. Jadi ingin nyoba sabun Papaya dan RDL facial Cleanser Papaya-nya juga, secara kulit wajah keiknya kusam banget. Udah sering dinyinyirin emak agar membersihkan wajah. Sepertinya dimulai dari dua produk ini boleh banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas banget nih abis dinas luar kota tuh berasa banget kulit wajah jadi berasa lebih kusam, kayanya mesti cobain pakai sabun rdl papaya ini ya kak

      Hapus
  59. Aku suka banget sama facial cleansernya, angkat sisa make up secara paripurna. Apalagi harganya tuh lho, sangat aman di kantong...

    BalasHapus
  60. RDL Sabun Papaya ini emg recommended bgt sih. Udh hrga terjangkau, khasiatnya utk mencerahkan wajah dan kulit udh luar biasa bgs. Kita ga perlu repot lagi ke salon, bahkan pake skincare mahal. Ckp pake ini, smua masalah kulit udh selesai.

    BalasHapus
  61. Aku sudah kenal lama sama Sabun Papaya ini. Bahkan sejak saya masih jadi santri beberapa tahun silam. hehehe

    emang bikin bersih kulit sih. Eh kok sekarang malah ketemu lagi sama Sabun Papaya ini..

    Aku pasti nyoba lagi.

    BalasHapus
  62. RDL Sabun Papaya emang sudah terbukti bagus dan memang bisa memberikan efek bagus buat kulit kusam. Apalagi harganya ramah dikantong, pasti jadi andalan banget dong ya, mantep jiwa sih ini

    BalasHapus
  63. Penasaran sama sabun papaya ini yang katanya bisa merangsang kolagen sehingga dapat membantu mengurangi kerutan. Akhirnya aku ikutan beli... hahaha

    BalasHapus
  64. Ini sabun legendaris yang kasih bukti nyata ya mbak. Harganya juga ekonomis. Bisa nih diterapkan buat skincare an tiap hari

    BalasHapus
  65. Terus, baca review ini jadi tau juga varian-varian produk RDL yang lain. Ada banyak pilihan untuk berbagai kebutuhan, kayaknya. Thanks ya udah sharing!

    BalasHapus