Jumat, 07 Desember 2018

Rekomendasi Mainan Anak untuk Usia 3 Tahun-an ala Bunda Biya




Salah satu tantangan yang sekarang aku hadapi dalam mengasuh dua anak (satu toddler dan satu bayi) adalah manajemen waktu. Si adek minta nenen, eeh kakak minta di pangku lah, minta dipeluk lah, minta diajak mainan lah, dan lain sebagainya.

Padahal di rumah ya banyak mainan dan buku-buku kesukaannya. Tapi si kakak nggak mau tuh hanya sekedar didampingin, tapi maunya terus diajak dan berinteraksi. Kalau sudah gini, bye bye tidur nyenyak! Hehehe. Buibu ada yang ngalamin hal sama?

Belakangan aku sadar kalau si kakak sudah minta sekolah dan aku perhatikan dia mulai suka mainan buka-tutup laci lemari dan berkata, “Mahiya mau bikin kue.” Ooh dia rupanya sedang berpura-pura memanggang kue di oven! Wah, menarik nih! Mahira memang sudah berusia 2,5 tahun, dan rupanya, dia sudah siap untuk dikenalkan dengan aktivitas sehari-hari dan pelan-pelan mengenal profesi.

Apalagi dia juga sering melihat aku atau neneknya berdandan, dia juga sering ngikutin dan minta dipakaikan licip (lipstik!). Kalau lagi masak, dia juga sebisa mungkin ikutan walau cuma melihat-lihat apa yang sedang diproses di atas kompor. Okelah, udah waktunya aku mencari mainan anak untuk usia 3 tahunan. Meskipun belum genap 3 tahun, tapi Mahira mudah memahami cara kerja mainan umum untuk usia 3 tahunan.

Carinya dimana? Shopee, lah! Haha dimana lagiiii.. sebetulnya di dekat rumah ada baby shop yang bisa jadi opsi, tetapi pernah aku bandingkan, beberapa mainan harganya jauh lebih mahal. Gap harganya itu bisa sampai 50-100 ribuan. Yah, kalau lagi ada duit dan kepepet sih aku beli di baby shop, tapi berhubung sekarang pemasukan harus dibagi empat, jadi aku lebih suka mengandalkan Shopee yang ada free ongkirnya!

Aku termasuk user Shopee yang cukup lama. Mulai dari promo free ongkir sepuasnya selama sebulan sampai mulai dikurangin jumlah subsidi ongkirnya dan sekarang justru lebih asyik karena Shopee memberlakukan sistem free ongkir dengan voucher yang bisa diklaim, voucher diskon, dan cashback. Cashback ini sangat bermanfaat karena bisa kita tukarkan voucher lainnya (ada voucher pesawat, hotel, dll) atau bisa jadi sebagai potongan harga. Asli, aku udah berulang kali dapat barang bagus buat suami, anak, dan keperluan rumah tangga dengan harga murah di Shopee! *bangga

Nah, karena kebetulan tanggal 6 Desember kemarin baruuu aja mainan anak usia 3 tahunan yang aku beli sampai di rumah, aku mau ngasih rekomendasi karena kondisi barangnya cukup oke dan tentu saja Mahira antusias luar biasa!


Mainan New Kitchen Set Juru Masak Bangku

Sebetulnya ada banyak produk mainan untuk anak berusia 3 tahun di Shopee. Tapi yaa aku tentu saja pilih-pilih dan cukup memakan waktu lama, karena aku cari yang bagus produknya, bagus rating-nya, dan harganya nggak mencekik dompet. Dan akhirnya ketemu deh di seller istanatoys.com. Seller ini agaknya cukup gede, karena dalam satu toko aja ada lebih dari 4 mainan anak kitchen set.



Pilihanku jatuh ke New Kitchen Set Juru Masak Bangku No. JM 989 yang sesuai dengan kebutuhanku dan si kecil. Tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil, dan multifungsi karena bisa dipakai untuk bangku jika ditutup. Harganya? Aslinya 75.000 tapi berhubung lagi diskon 8% harganya jadi 69.000 saja! Pas barangnya sampai, aku cukup puas, yah rating 4 dari 5 lah karena barangnya bagus, lengkap, tidak ada cacat berarti, hanya ada satu perlengkapan yang agak susah dipasangnya dan hal tersebut buatku bukan masalah besar.

Nah dengan begini, Mahira bisa merealisasikan imajinasinya yang selama ini cuma masak di laci lemari hihihi.


Mainan Alat Make Up Anak Hello Kitty The Nail Art (Koper)

Sebelum beli ini, suamiku sempat nggak menyetujui karena dia khawatir Mahira terlalu doyan dandan. Buatku nggak papa sih, siapa tau bisa jadi passion-nya dan siapa tau dia bisa jadi makeup artist, ya kan? Selama tujuannya untuk mendidik, melatih motorik, kreativitas, dan produknya aman, aku sih nggak masalah.



Ketemulah aku dengan produk cosmetics untuk anak di toko yang sama (biar hemat ongkirnya! hehe). Produknya kecil, ringkas berbentuk koper, berwarna pink dan ada Hello Kitty-nya yang dengan mudah memikat Mahira. Dalam caption-nya, seller sebetulnya nggak menjelaskan bahwa produk ini sudah ber-SNI, hanya ditulis aman, begitu saja.
Tapi syukurlah, saat datang, aku lihat pada dusnya sudah ada label SNI dan berbagai keterangan serta warning dari lembaga terkait. Dalam dus tidak dijelaskan komposisi bahan, hanya dituliskan bahwa bahan-bahannya aman untuk anak. Meski demikian, perlu dites terlebih dahulu di tangan karena toleransi alergi anak bisa berbeda-beda. Terdapat juga himbauan di dus untuk tidak menelan printilan produk dan tidak memukulkannya ke anak lain (yaiyalah hehe).
datang langsung dipake! :D



Tips Membeli Mainan untuk Anak Usia 3 Tahun di Shopee.

Karena aku cukup berpengalaman menggunakan Shopee baik sebagai seller maupun buyer, boleh ya kalau aku berbagi tips membeli produk mainan anak di sini:

1. Perhitungkan voucher free ongkir dan cashback. Biasanya, di awal bulan Shopee memberikan beberapa voucher dan tambahan voucher di acara tertentu misalnya 11.11 dan 12.12. Voucher itu baiknya jangan langsung habis di awal bulan gais, nanti kalau tiba-tiba kepengen beli sesuatu agak banyak di akhir bulan gimana? Terus juga perhatikan promo cashback-nya, ada tanggal berlakunya atau tidak.

2. Manfaatkan filter produk. Kalau cari sesuatu, langsung aja ketik di kolom pencarian. Biasanya, aku menggunakan opsi Star Seller dan Terlaris. Kalau aku sedang mencari diapers, aku gunakan fitur Filter di pojok kanan atas untuk mencari yang dikirim dari Jawa Timur biar ongkirnya nggak mahal. Kalau kamu inginnya cari yang termurah, bisa juga pakai fitur harga terendah.
cara menggunakan fitur pencarian di Shopee


3. Cek rating toko. Jangan malas mengecek rating toko dan deskripsi toko. Aku pernah bermasalah dengan toko yang owner-nya galak banget. Tapi syukurlah yang macam ini nggak banyak. Biasanya toko yang ramah dan baik pelayanannya akan memberikan deskripsi yang informatif baik di deskripsi toko maupun deskripsi produk. Aku pribadi jarang belanja di toko yang rating-nya di bawah 4,5.

4. Cek rating produk dan fitur penilaian produk. Meskipun rating toko bagus, kadang ada juga yang rating produknya jelek. Juga bisa sebaliknya, rating toko buruk, tapi rating produk jelek. Tentu faktornya macam-macam ya. Kemudian cek juga seberapa banyak buyer yang kecewa dengan memberikan penilaian bintang 1 sampai bintang 3 dan apa alasan kekecewaannnya. Terakhir, cek juga bagian “komentar dengan foto” untuk melihat real picture produk dari pembeli.

5. Jangan malas mencari bubble wrap atau kardus di toko. Sebagian besar toko mainan menyediakan tambahan bubble wrap dan kardus untuk menambah keamanan. Kadang ada toko yang pelit, kalau buyer nggak nge-ATC (add to cart)  bubble wrap atau dus, ya bener-bener nggak dikasih. Akibatnya, produk bisa aja rusak atau ada cacat. Ada juga seller yang sukarela memberi bubble wrap dan kardus sebagai bonus. Kalau pas di search nggak ada, coba tanyakan apa seller menyediakan bubble wrap gratis.

6. Tinggalkan pesan dengan nada sopan. Aku selalu menulis di note setelah check out untuk meminta seller agar nge-packing produk yang aman. Hal ini dapat meminimalisir kerusakan di perjalanan.

7. Jika ada masalah, selesaikan bersama Shopee. Salah satu keunggulan Shopee adalah dia memiliki sistem penyelesaian konflik yang baik. Aku pernah menggunakan fiturnya dua kali, satu untuk mengembalikan barang yang nggak sampai-sampai tapi akhirnya nggak dikabulkan (ini karena aku gak sabaran hahaha) dan kedua untuk melaporkan seller yang buruk perlakuannya ke buyer.

Yaa segitu dulu ya tips dari aku, semoga bermanfaat buat jamaah emak-emak irit dalam berbelanja namun ramah dalam bersedekah. Hihihi.

Buibu ada pengalaman apa nih belanja di Shopee? Cerita disini juga yuk :)



2 komentar:

  1. Pas banget ini saya lagi nyari kado ulang tahun keponakan yang ke-3 tahun. Enaknya di Shopee pilihannya banyak dan lengkap.

    BalasHapus

Follow me @nabilladp