Rekomendasi Mainan Anak untuk Usia 3 Tahun-an ala Bunda Biya




Salah satu tantangan yang sekarang aku hadapi dalam mengasuh dua anak (satu toddler dan satu bayi) adalah manajemen waktu. Si adek minta nenen, eeh kakak minta di pangku lah, minta dipeluk lah, minta diajak mainan lah, dan lain sebagainya.

Padahal di rumah ya banyak mainan dan buku-buku kesukaannya. Tapi si kakak nggak mau tuh hanya sekedar didampingin, tapi maunya terus diajak dan berinteraksi. Kalau sudah gini, bye bye tidur nyenyak! Hehehe. Buibu ada yang ngalamin hal sama?

Belakangan aku sadar kalau si kakak sudah minta sekolah dan aku perhatikan dia mulai suka mainan buka-tutup laci lemari dan berkata, “Mahiya mau bikin kue.” Ooh dia rupanya sedang berpura-pura memanggang kue di oven! Wah, menarik nih! Mahira memang sudah berusia 2,5 tahun, dan rupanya, dia sudah siap untuk dikenalkan dengan aktivitas sehari-hari dan pelan-pelan mengenal profesi.

Apalagi dia juga sering melihat aku atau neneknya berdandan, dia juga sering ngikutin dan minta dipakaikan licip (lipstik!). Kalau lagi masak, dia juga sebisa mungkin ikutan walau cuma melihat-lihat apa yang sedang diproses di atas kompor. Okelah, udah waktunya aku mencari mainan anak untuk usia 3 tahunan. Meskipun belum genap 3 tahun, tapi Mahira mudah memahami cara kerja mainan umum untuk usia 3 tahunan.

Carinya dimana? Shopee, lah! Haha dimana lagiiii.. sebetulnya di dekat rumah ada baby shop yang bisa jadi opsi, tetapi pernah aku bandingkan, beberapa mainan harganya jauh lebih mahal. Gap harganya itu bisa sampai 50-100 ribuan. Yah, kalau lagi ada duit dan kepepet sih aku beli di baby shop, tapi berhubung sekarang pemasukan harus dibagi empat, jadi aku lebih suka mengandalkan Shopee yang ada free ongkirnya!

Aku termasuk user Shopee yang cukup lama. Mulai dari promo free ongkir sepuasnya selama sebulan sampai mulai dikurangin jumlah subsidi ongkirnya dan sekarang justru lebih asyik karena Shopee memberlakukan sistem free ongkir dengan voucher yang bisa diklaim, voucher diskon, dan cashback. Cashback ini sangat bermanfaat karena bisa kita tukarkan voucher lainnya (ada voucher pesawat, hotel, dll) atau bisa jadi sebagai potongan harga. Asli, aku udah berulang kali dapat barang bagus buat suami, anak, dan keperluan rumah tangga dengan harga murah di Shopee! *bangga

Nah, karena kebetulan tanggal 6 Desember kemarin baruuu aja mainan anak usia 3 tahunan yang aku beli sampai di rumah, aku mau ngasih rekomendasi karena kondisi barangnya cukup oke dan tentu saja Mahira antusias luar biasa!


Mainan New Kitchen Set Juru Masak Bangku

Sebetulnya ada banyak produk mainan untuk anak berusia 3 tahun di Shopee. Tapi yaa aku tentu saja pilih-pilih dan cukup memakan waktu lama, karena aku cari yang bagus produknya, bagus rating-nya, dan harganya nggak mencekik dompet. Dan akhirnya ketemu deh di seller istanatoys.com. Seller ini agaknya cukup gede, karena dalam satu toko aja ada lebih dari 4 mainan anak kitchen set.



Pilihanku jatuh ke New Kitchen Set Juru Masak Bangku No. JM 989 yang sesuai dengan kebutuhanku dan si kecil. Tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil, dan multifungsi karena bisa dipakai untuk bangku jika ditutup. Harganya? Aslinya 75.000 tapi berhubung lagi diskon 8% harganya jadi 69.000 saja! Pas barangnya sampai, aku cukup puas, yah rating 4 dari 5 lah karena barangnya bagus, lengkap, tidak ada cacat berarti, hanya ada satu perlengkapan yang agak susah dipasangnya dan hal tersebut buatku bukan masalah besar.

Nah dengan begini, Mahira bisa merealisasikan imajinasinya yang selama ini cuma masak di laci lemari hihihi.


Mainan Alat Make Up Anak Hello Kitty The Nail Art (Koper)

Sebelum beli ini, suamiku sempat nggak menyetujui karena dia khawatir Mahira terlalu doyan dandan. Buatku nggak papa sih, siapa tau bisa jadi passion-nya dan siapa tau dia bisa jadi makeup artist, ya kan? Selama tujuannya untuk mendidik, melatih motorik, kreativitas, dan produknya aman, aku sih nggak masalah.



Ketemulah aku dengan produk cosmetics untuk anak di toko yang sama (biar hemat ongkirnya! hehe). Produknya kecil, ringkas berbentuk koper, berwarna pink dan ada Hello Kitty-nya yang dengan mudah memikat Mahira. Dalam caption-nya, seller sebetulnya nggak menjelaskan bahwa produk ini sudah ber-SNI, hanya ditulis aman, begitu saja.
Tapi syukurlah, saat datang, aku lihat pada dusnya sudah ada label SNI dan berbagai keterangan serta warning dari lembaga terkait. Dalam dus tidak dijelaskan komposisi bahan, hanya dituliskan bahwa bahan-bahannya aman untuk anak. Meski demikian, perlu dites terlebih dahulu di tangan karena toleransi alergi anak bisa berbeda-beda. Terdapat juga himbauan di dus untuk tidak menelan printilan produk dan tidak memukulkannya ke anak lain (yaiyalah hehe).
datang langsung dipake! :D



Tips Membeli Mainan untuk Anak Usia 3 Tahun di Shopee.

Karena aku cukup berpengalaman menggunakan Shopee baik sebagai seller maupun buyer, boleh ya kalau aku berbagi tips membeli produk mainan anak di sini:

1. Perhitungkan voucher free ongkir dan cashback. Biasanya, di awal bulan Shopee memberikan beberapa voucher dan tambahan voucher di acara tertentu misalnya 11.11 dan 12.12. Voucher itu baiknya jangan langsung habis di awal bulan gais, nanti kalau tiba-tiba kepengen beli sesuatu agak banyak di akhir bulan gimana? Terus juga perhatikan promo cashback-nya, ada tanggal berlakunya atau tidak.

2. Manfaatkan filter produk. Kalau cari sesuatu, langsung aja ketik di kolom pencarian. Biasanya, aku menggunakan opsi Star Seller dan Terlaris. Kalau aku sedang mencari diapers, aku gunakan fitur Filter di pojok kanan atas untuk mencari yang dikirim dari Jawa Timur biar ongkirnya nggak mahal. Kalau kamu inginnya cari yang termurah, bisa juga pakai fitur harga terendah.
cara menggunakan fitur pencarian di Shopee


3. Cek rating toko. Jangan malas mengecek rating toko dan deskripsi toko. Aku pernah bermasalah dengan toko yang owner-nya galak banget. Tapi syukurlah yang macam ini nggak banyak. Biasanya toko yang ramah dan baik pelayanannya akan memberikan deskripsi yang informatif baik di deskripsi toko maupun deskripsi produk. Aku pribadi jarang belanja di toko yang rating-nya di bawah 4,5.

4. Cek rating produk dan fitur penilaian produk. Meskipun rating toko bagus, kadang ada juga yang rating produknya jelek. Juga bisa sebaliknya, rating toko buruk, tapi rating produk jelek. Tentu faktornya macam-macam ya. Kemudian cek juga seberapa banyak buyer yang kecewa dengan memberikan penilaian bintang 1 sampai bintang 3 dan apa alasan kekecewaannnya. Terakhir, cek juga bagian “komentar dengan foto” untuk melihat real picture produk dari pembeli.

5. Jangan malas mencari bubble wrap atau kardus di toko. Sebagian besar toko mainan menyediakan tambahan bubble wrap dan kardus untuk menambah keamanan. Kadang ada toko yang pelit, kalau buyer nggak nge-ATC (add to cart)  bubble wrap atau dus, ya bener-bener nggak dikasih. Akibatnya, produk bisa aja rusak atau ada cacat. Ada juga seller yang sukarela memberi bubble wrap dan kardus sebagai bonus. Kalau pas di search nggak ada, coba tanyakan apa seller menyediakan bubble wrap gratis.

6. Tinggalkan pesan dengan nada sopan. Aku selalu menulis di note setelah check out untuk meminta seller agar nge-packing produk yang aman. Hal ini dapat meminimalisir kerusakan di perjalanan.

7. Jika ada masalah, selesaikan bersama Shopee. Salah satu keunggulan Shopee adalah dia memiliki sistem penyelesaian konflik yang baik. Aku pernah menggunakan fiturnya dua kali, satu untuk mengembalikan barang yang nggak sampai-sampai tapi akhirnya nggak dikabulkan (ini karena aku gak sabaran hahaha) dan kedua untuk melaporkan seller yang buruk perlakuannya ke buyer.

Yaa segitu dulu ya tips dari aku, semoga bermanfaat buat jamaah emak-emak irit dalam berbelanja namun ramah dalam bersedekah. Hihihi.

Buibu ada pengalaman apa nih belanja di Shopee? Cerita disini juga yuk :)



47 komentar

  1. Pas banget ini saya lagi nyari kado ulang tahun keponakan yang ke-3 tahun. Enaknya di Shopee pilihannya banyak dan lengkap.

    BalasHapus
  2. Emang deh bun di shopee tuh mau cari barang apa aja pasti ada :D, mainan anak juga banyak dan bervariasi.

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah belanja di shopee. Murah murah ya katanya. Aku kalo beli online selalu cek rating toko, kalo bagus baru deh ceki2 barangnya

    BalasHapus
  4. Emang enak sih belanja di shopee, terutama flash sale nya meskipun susah dapetnya~~ hahaha

    BalasHapus
  5. Ternyata dijual mainan juga yah untuk anak-anak di shopee baru tau saya mba 😆 emang sih kalau belanjanya mesti perhatiin rsring toko, kalai bagus ratingnya gak ragu lgi beli distu

    BalasHapus
  6. Gemes amat itu alat make upnya. Beneran bisa dipake ya? Dapatnya banyaaak bgt! Jadi pengin beli juga

    BalasHapus
  7. wkwkwkwk, cuman bunda yang tau rasanyaaa..
    Kalau saya, si bayi minta mimik, kakaknya minta diajarin MateMatika lah, minta di ajarin itu lah.
    Yang lebih horor si kakak kudu disiapin pagi2 ke sekolah, si bayi bangun minta mimik, daaann si mamak goreng telur sambil nyusuin bayi huhuhu

    Btw saya juga suka belanja di Shopee, soalnya bebas ongkir hahaha.
    Dan Alhamdulillah, selalu puas dengan pelayanannya.
    Emang iya sih, biasakan liat rating dan testimoni :)

    BalasHapus
  8. Mahiyaaa lucunyaaa... pas lagi scroll ke bawah aku liat foto mahiya kecil dengan poni pendek dan 1 kuncir mininya..hahahaha

    BalasHapus
  9. Urusan beli mainan utk anak kadang bikin aku n suami diskusi panjang kalo aku

    BalasHapus
  10. Malah jarang belanja di shopee, ktnya banyak promo Dan cash back ya. Thanks infonya ya mba :)

    BalasHapus
  11. Wah iya ya aku kok ga kepikiran cari mainan di Shopee? Selama ini seringnya ke Gembrong karena sekalian mampir pas lagi ke rumah Utinya anak2. MUngkin kalo di Shopee bisa lebih murah kali ya? Itu mainan make up-nya lucu amaaat <3

    BalasHapus
  12. Asik menyenangkan anak dengan berbelanja barang yang bisa menghemat pengeluaran.

    Hemat ongkos kirim dan anak dibawah umur tiga tahun pasti senang mendapat mainan baru

    BalasHapus
  13. Aku pernah aku pernah bedanya aku biasanya selalu ngebandingin produk dia dengan dua ecommerce lainnya biasanya sih lebih murce yaaa dan bener bebas ongkirnya itu yang kadang suka enggak kuku kalau mau beli barang, hihi

    BalasHapus
  14. Wah aku baru tahu ada mainan kosmetik lengkap gitu 😂 tapi seru juga ya daripada si dedek nguprek lipstik dan pensil alis emaknya *curcol

    BalasHapus
  15. shopee mah sahabat emak-emak masa kini, hahahha. aku juga kalo beli mainan atau buku ya disini mb.. karena harganya bener-bener bersaing. sebelum beli, aku selalu cek rate toko dan review pembeli sebelumnya. yang penting juga ngecek diskon dan cashbacknya, wkwk

    BalasHapus
  16. Mainan kak biya banyak banget... btw ku juga suka beli di shopee, soalnya sekarang udah banyk official shop dan free ongkir

    BalasHapus
  17. Shopee kesukaan banget belanja disini, harganya murah dan ada gratis ongkos kirimnya. Suka juga beli mainan untuk anak-anak disana murahh

    BalasHapus
  18. mainannya anak cewek ya gitu, ihihi... anakku laki, maunya ya mobil balap sama robot melulu.

    BalasHapus
  19. Aku ceki2 rating di tiap online shop juga baca komentar mereka biar makin yakin. Mainan anak2nya lucu juga yaaa

    BalasHapus
  20. Aku yg cuma ngasuh satu anak batita aja rasanya enggak bisa bobok nyenyak, apalagi mbak ngasuh batita plus bayi. 😅

    Anakku belinya mobil dan robooottt mulu. 😂😂😂

    BalasHapus
  21. Bebepa bulan lalu aku belikan anakku mainan. Alhamdulillah dapet harga yg lebih murah drpda beli di rumah. Sempat deg-deg an takut barangnya gmn gt karna lebih murah kan. Etapi begitu satang, ternyata itu tidak terjadi alias semuanya lengkap san bagus mainannya. Di samping itu juga dpet freeongkir. Alhamdulillah kantong nggak jebol secara aignifikan *hahay

    BalasHapus
  22. Maianan anak cewe lucu-lucu ya unik juga. Pernah lihat mainan keponakan yang make up set juga. Maklumlah anakku cowo semua jadi gak pernah beli

    BalasHapus
  23. Mainannya lucu-lucu ya. Jadi pengen beli mainan itu untuk keponakan aku. Aku juga suka belanja di shopee karena banyak promonya.

    BalasHapus
  24. Mainan zaman sekarang lucu - lucu banget ya,, jaman kita dulu mah cuma masak-masakan biasa ga ada macam kutek kutek gitu hehe.

    BalasHapus
  25. Waah...mainannya lucu-lucu ya..!
    Bervariasi.
    Belanja di shopee memang makin asyik, gak ada ongkirnya ya...

    BalasHapus
  26. Belum pernah belanja di shopee.
    Tapi tipsnya sangat berharga banget tuh, seperti tentang filter, star seller dan terlaris

    BalasHapus
  27. Saya belum punya pengalaman belanja di Shopee. Tapi, jaid ingat anak saya waktu masih kecil. Seneng banget dibeliin kitchen set mainan

    BalasHapus
  28. Aku suk belanja baju anak di Shopee,l buat Adek Karla, hahah, murah2 dan keren siih, jadi bisa lebih puas dandanin anak ceweee

    BalasHapus
  29. Wah pasti asyik tuh dikasih mainan keren kyk gitu..seneng banget lah ya..hehe..

    BalasHapus
  30. Aku juga selalu beli mainan anak2 di sophee, kaya lego, sembo, refill pasir kinetik, kualitasnya sama kaya di toko offline tapi harganya lebih murah jauuuh..

    BalasHapus
  31. Wah makasih ya info belanja di Shopee, selama ini saya baru lihat-lihat saja.

    BalasHapus
  32. Anak cewek dpt kado alat2 make up dah pasti gedenya jadi beauty blogger, hehe...

    BalasHapus
  33. Shopee memang andalan, ya. Apa lagi free ongkirnya. Nggak pelit promo juga. Hehe.

    BalasHapus
  34. aku juga penggemar shopee mba, btw itu serius mainanay kitchen cuman 69K duh pengen beli buat si sulung deh hahaha

    BalasHapus
  35. Aku juga kalo mo belanja online pasti ngecek dulu rate toko serta review dari pembeli. Jadi rasanya bisa lebih puas dan tenang aja karena udah tau duluan gimana reputasi toko sebelum belanja

    BalasHapus
  36. Anak perempuan memang suka ngikutin perilaku ibunya, penasaran kalau liat ibunya dandan, untung ada mainan make up lengkap ya, jadinya nggak mainin alat makeup mama

    BalasHapus
  37. wahh ini nih yang kucariii... mainan make up anak anak. noofa hobi banget dandan.. makasiihh mbaaaaa

    BalasHapus
  38. Yang kitchen set itu lucu dan murce, bisa nih umtuk kado ponakan yang ultah bulan depan

    BalasHapus
  39. Eh lucu banget itu perlengkapan kosmetika untuk anak. Siapa tau anaknya emang kreatif memakai perlengkaapn make up :D
    Aku pun kalau mau beli2 online cek rating dan ulasan dulu :D

    BalasHapus
  40. Ya allah, mainan anak perempuan lucuk2 banget yak hahaha...

    BalasHapus
  41. Unyu unyuuu ya mainan bocah jaman now. Ini ya kalau anak perempuanku terlahir di era online shop, pasti juga udah kubeliin segala macam seperti di atas. Apalagi gampang banget kan belanja di Shopee.

    BalasHapus
  42. Wah di Shopee banyak mainan juga toh? Aku belom pernah beli mainan secara online. Cari2 ah, kali aja nemu yang edukatif. :)

    BalasHapus
  43. mainan anak sekarang macem2 dan aneh2 yaaa, ku sampe takjub. harus persiapan dari skrg nih biar nanti kalau udah punya anak bisa jadi temen main yg asikk hehe

    BalasHapus
  44. Bermain itu perlu banget ya, buat anak-anak usia 3 tahun sangat menyukai eksplor sana -sini

    BalasHapus
  45. Kalau lihat koleksi mainan anak di Shopee gemas-gemas banget, rasanya pengin diborong semua :)

    BalasHapus
  46. Aku lagi nyari mainan, eh bunda Biya rekomendasiin ini. Langsung cus deh hihi tapi jadi mupeng sama.mainan yang lain, dan barang yang lain deh akhirnya wkwkwk

    BalasHapus