Paxel, Ekspedisi Kekinian Andalan Bunda yang Doyan Jualan

Februari 20, 2019


paxel surabaya, paxel logistik, paxel solo, paxel jogja, paxel malang, cabang paxel malang, kirim barang pakai paxel, review paxel logistik


Aku termasuk orang yang bersemangat menghadapi era digital. Era yang serba cepat, era yang membuka banyak peluang sekaligus menutup jalan bagi mereka yang malas-malasan. Era yang membuat ibu-ibu “bergelar” seperti aku bisa tetap berkarya di rumah. Siapa yang juga merasakan gelora yang sama? 🙋‍♀️

Oleh karenanya aku senang mendapati ada teman-teman sesama ibu yang berbisnis dari rumah. Entah menjadi penulis, designer, reseller, ataupun membuat produk sendiri. Buatku, itu kueren banget! Tentu bukan jalan yang mudah, tapi semoga menjadi jalan terbaik dan pembuka pintu rezeki yang baru.

Aku dulu juga pernah menjalankan bisnis fashion hijab dan rutin melakukan pengiriman secara nasional, pernah juga aku mengirim paket ke luar negeri yakni ke Taiwan. Ada perasaan gembira yang hanya kita, para penjual, yang tahu saat kiriman dijemput oleh kurir. Ada doa tersemat pada setiap paket-paket kita biar sampai di tangan penerima tepat pada waktunya. Bukan apa-apa, kalo hilang, kita yang rugi dan repot cyiin hehehe. Saat pelanggan mengonfirmasi bahwa paket telah diterima dengan baik, ada kelegaan tersendiri. Apalagi kalau mereka menyatakan suka dengan produk dan secara sukarela memotret plus membagikannya ke media sosial. Aah, kangen rasanya….


Tetap Sering Kirim Paket

Meski sekarang aku sudah nggak menjalankan bisnis fashion hijab dan sekarang menjadi blogger, aku tetap sering melakukan pengiriman. Aku pernah mengadakan quiz kecil-kecilan yang berhadiah cinderamata. Sesekali, aku juga membantu teman-teman dekatku yang menyusui dengan mengirim materi edukASI yang aku punya. Bedanya, aku sekarang agak selow kalo ngirim. Nggak pake deg-degan barang nggak nyampe hehehe. Kalo dulu, dikit-dikit aku nge-track barang.

Anyway, aku sempat mengira ekspedisi yang sekarang merajai pengiriman online itu tidak akan ada kompetitor baru. Ternyata ada, lho! Aku baru tahu saat diundang ke Paxel Blogger Meet Up. Jujur saja, aku pikir awalnya Paxel ini bakalan sama dengan ekspedisi yang sudah ada dari segi fitur, layanan, dan lain-lain. Apalagi dulu aku pernah mendapat cerita buruk dengan pelayanan salah satu ekspedisi yang cenderung kurang menghormati teman-teman muslim, sampai-sampai kami menghentikan pengiriman dengan ekspedisi tersebut.

Rupanya aku salah. Selain itu, aku agak nyesel sempat menyepelekan kemampuan Paxel, Si Ekspedisi yang menawarkan banyak kelebihan yang berbeda.

Aku mulai tergiur mencicipi pengalaman berkirim barang menggunakan Paxel setelah mendengar nilai-nilai dasar pendirian Paxel oleh Pak H. Djohari Zein. Kalau kamu belum pernah mendengar nama beliau, aku infoin nih, beliau dulu CEO-nya JNE. Sekarang, beliau menjadi Co-Founder Paxel.

paxel surabaya, paxel logistik, paxel solo, paxel jogja, paxel malang, cabang paxel malang, kirim barang pakai paxel, review paxel logistik
Temanku yang juga pengguna Paxel dan pernah diberi bantuan oleh Pak Djohari Zein


Sedikit cerita mengenai Pak Djohari ini, karena aku cukup terinspirasi oleh kegigihan beliau. Pam Djohari ini mualaf, sodara-sodara. Beliau memutuskan masuk Islam sebelum menikah dengan istrinya. Singkat cerita, suatu saat beliau menjalani ibadah haji untuk pertama kali dan sangat terpukau oleh keindahan Jabal Rahmah, bukit kasih sayang yang mempertemukan Adam dan Hawa. Dari atas Jabal Rahmah, beliau memandang sekeliling Kota Mekkah dan bersyukur. Lantas, beliau sadar bahwa harus lebih banyak melakukan kebaikan-kebaikan lainnya.

“Saya ingin agar makin banyak dan luas kebaikan yang bisa kita lakukan,” Djohari Zein.

Setelah momen tersebut, beliau mendirikan Paxel dan menjadikan “kebaikan” sebagai dasar bisnis Paxel. Beliau mengharapkan, Paxel dapat menjadi perantara kebaikan, menjadi tangan-tangan baru pembawa kebaikan dan membuat para pelanggannya bahagia. Dasar ini kemudian di break down dalam teknis penyelenggaraan bisnis Paxel. Misalnya saja, posisi kurir dimuliakan dengan disebut sebagai Happiness Hero.



Poto dulu, Pak, sapa tau rezekinya nular :))


Paxel pun memberikan saldo sebesar Rp 100.000 bagi siapapun yang menginstal aplikasi Paxel untuk pertama kali. Saldo ini diberikan oleh Paxel sebagai modal awal untuk para penjual online. Bukan penjual saja sih, siapapun kamu yang menginstal Paxel untuk berkirim barang, juga akan mendapatkan saldo Rp 100.000. Aku juga dapat, lho! Hihihi. Saat ini Paxel juga lagi ada promo untuk 1x top up dapat extra saldo 20%. Hasek!


Bagaimana Cara Paxel Bekerja?

Di atas telah aku katakan bawa Paxel ini berbeda, baik dari segi cara kerja maupun fasilitas yang ditawarkan. Masih tentang kebaikan yang menjadi dasar perusahaan logistik ini, nilai juga diusung pada pemberian pelayanan. Paxel menganalogikan dirinya sebagai Iron Man yang memiliki hati yang mulia, dengan jobnya sebagai pengantar barang dan menjaganya sepenuh hati, prioritasnya adalah kebahagiaan pelanggan, pelayanannya prima, dan menjaga prinsip #antarkankebaikan.

paxel surabaya, paxel logistik, paxel solo, paxel jogja, paxel malang, cabang paxel malang, kirim barang pakai paxel, review paxel logistik


Bukan cuma jargon, Paxel juga memahami kebutuhan serta memberi solusi yang baik bagi pelaku bisnis online. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan. Pertama, SameDay Delivery, yang dijanjikan oleh Paxel di kota Jabodetabek - Bandung - Semarang - Solo - Yogyakarta - Surabaya dan Denpasar. Sameday Service ini juga bisa ke kota yang berbeda, lho, asalkan kamu mengirimnya pagi juga, ya. Fasilitas ini pasti sangat membantu para penjual makanan frozen maupun makanan yang sudah jadi. Nggak ada cerita dah makanan busuk di jalan! Anyway, Paxel Surabaya ini sudah hadir ya buibu. Kantornya bisa search aja "Paxel Home Surabaya". Arek Suroboyo pasti atine tambah bungah yooo...




Kedua, low and flat price, yang tentu menyenangkan sekali ya! Paxel mengklasifikasikan berat barang menjadi 4 dimensi yakni small, large, medium, dan custom size. Saat pick-up barang pun, kurir juga bisa membantu penjual untuk mengepack dengan dus yang telah disediakan oleh Paxel.

paxel surabaya, paxel logistik, paxel solo, paxel jogja, paxel malang, cabang paxel malang, kirim barang pakai paxel, review paxel logistik


Ketiga, nggak repot. Penjual atau pengirim nggak perlu mengantar ke lokasi dan nggak perlu repot mengecek resi berkali-kali karena semua sudah dapat dilakukan dalam satu aplikasi dan baik pengirim maupun penerima barang akan mendapatkan notifikasi tentang status barang.

Keempat, sistem Locker. Ini nih yang aku suka. Awalnya aku pesimis, lho, sebab aku sudah pernah tahu ada ekspedisi yang juga menggunakan sistem locker dan jatuhnya malah ribet. Paxel rupanya enggak, cara kerja locker-nya berbeda.


Sistem Locker Paxel yang Cerdas dan Efisien

Locker Paxel ini membuat tidak ada lagi kiriman yang tidak bisa sampai, hal ini menjadi salah satu pembeda utama antara Paxel dengan ekspedisi lain. Fyi, di ekspedisi yang sudah ada, angka paket yang tidak sampai di tangan penerima mencapai 10% per hari baik karena salah alamat maupun penerima tidak ada di rumah. Sistem locker mampu menekan bahkan menghapus angka ini, sebab, dengan sistem locker barang tidak akan dikembalikan tetapi masuk locker. Nanti pengguna bakalan dapat notifikasi bahwa barang yang dibelinya sudah tiba di locker bawah, jadi bisa diambil sendiri kapanpun.

Aku katakan locker Paxel ini cerdas dan efisien karena dia tidak menggunakan keyboard dan monitor seperti yang sudah pernah ada. Paxel memakai QR code yang lebih aman, cepat, mudah, dan murah investasinya.

Sayangnya, Paxel belum tersebar di seluruh wilayah Indonesia, masih mencakup kota-kota yang aku sebutkan di atas tadi. Bayangin aja kalau semua wilayah di Indonesia ada locker, pengiriman bakalan jauh lebih mudah dan cepat. Ini yang aku sebut Paxel sangat progresif dan berorientasi ke depan dan dia sangat siap menjadi perusahaan ekspedisi kekinian.

“Yang jelas kita pasti akan mengembangkan ke daerah lain, hanya saja masih progress,” begitu kata Pak Alexander Iskandar.

Mengirim barang menggunakan Paxel pun sangat mudah. Berikut ada step by step yang aku buat untuk kalian yang mau mencoba pengalaman berkirim barang menggunakan Paxel.

paxel surabaya, paxel logistik, paxel solo, paxel jogja, paxel malang, cabang paxel malang, kirim barang pakai paxel, review paxel logistik


Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Happiness Hero akan datang menjemput. Dia akan mengukur barang dan pengirim hanya perlu tanda tangan dan akan di foto bersama barangnya. Ah, lebih ringkes dan jelasnya, kamu bisa nonton video di bawah ini. Keren lho cara kerja locker ini. Happiness Hero maupun pekerja Paxel bagian sortir tidak perlu repot-repot menyortir barang, karena penyortiran sudah dilakukan di locker. Keren!




Kebaikan yang Memuliakan ala Paxel

Walaupun terbilang ekspedisi baru, Paxel sudah bisa menggandeng kolaborasi dengan banyak pihak. Salah satunya adalah Paxel yang menjadi official logistic-nya Timnas. Nih penting banget ya buat para atlet biar mereka nggak kepikiran ama barang-barang yang harus dikirim jelang latihan, jadi biar bisa konsentrasi saja sama pengembangan skill. Kemudian, Paxel juga bekerja sama dengan 12 yayasan di Indonesia, diantaranya Indonesia Mengajar, YPPI, WWF, Pita Kuning, dan lain sebagainya. Luar biasa ya, prinsip kebaikan bisa diterapkan secara konsisten hingga aspek kerjasama.

Kamu sudah pernah pakai Paxel? Ceritain di kolom komentar, dong, pengalamanmu gimana? :D

Blogger Suroboyo :D



Referensi:
Header picture Photo by Sierra Dungan on Unsplash
Instagram Paxel
YouTube Paxel






You Might Also Like

31 komentar

  1. PAXEL cocok buat yang sibuk ya mbak karena waktu pengiriman sangat fleksibel.

    BalasHapus
  2. Wah, harga flat itu bikin saya mupeng kirim kopi ke pembeli, Mbak. Asyik banget kalau cepat sampai, pembeli senang, modal cepat diputar. Moga Paxel segera masuk ke kotaku biar usaha bisa terdongkrak naik. Keren banget sistem smart Locker dari Paxel, pantesan kiriman jadi terkirim tanpa kekhawatiran tersasar ya Mbak.

    BalasHapus
  3. Kekinian banget yah mbak, smg di Banyuwangi segera hadir nih hehe

    BalasHapus
  4. Aku masih belum coba kirim2 paket pakai paxel nih padahal lumayan punya saldo gratis mungkin nanti pas ramadhan bisa kayaknya ya kirim parcel pakai Paxel ini

    BalasHapus
  5. Ternyata kisah dibalik pendirian paxel ini... Ah, masya Allah :" ga bisa berkata2. Beliau bisa mengejawantahkan hablumminannash dg membandun paxel. Aku suka bgt nyebutnya happiness hero. Krn emang iya sih klo ada bang paket tuh sueneng warbyasah ��

    BalasHapus
  6. Saya berharap semoga Paxel juga bekerjasama dengan e-commerce. Soalnya saya kalau belanja online seringnya lewat e-commerce. Tapi, Paxel belum ada. Padahal kan asik juga kalau bisa dikirim cepat

    BalasHapus
  7. Paxel cocok untuk pebisnis online. Cepat sampai, ongkos murah dan prosedurnya mudah. Pasti bikin pebisnis online kebanjiran order. Pelanggan pun puas.

    BalasHapus
  8. Wahhh udah banyak banget review positif tentang paxel ini. Baca review positif itu jadi membuatku pengen mencobanya juga, sayangnya paxel ini belum hadi di kotaku, hiks :(

    BalasHapus
  9. Saya belum pernah pakai paxel nih, padahal udah penasaran banget pengen bisa merasakan pelayanannya yang memuaskan itu. Semoga paxel bisa segera masuk ke Sulawesi yaa, amiiin :)

    BalasHapus
  10. Aku udah nyobain pakai Paxel dan langsung senang karena snagat membantu banget :)

    BalasHapus
  11. saya udah mupeng banget deh agar Paxel ini juga bisa ada di Kotaku.
    kemarin sempat cobain Paxel sihh, buat kirim buku yg saya beli online, berhubung Mbak OS nya saranin pake Paxel kalau mau dikirim ke Jkt (sengaja nitip barangnya ke teman kantor Jkt karena doi bakalan kesini) jadi saya pun mencobanya. beneran cepet sampainya.. dipacking ulang pula jadi makin cantik dan lebih rapi :)

    BalasHapus
  12. Wuah.. Semoga segera hadir di Kendari, ingin merasakan kebaikan Paxel juga. Semoga hadir menjadi pesaing yang mendorong usaha sejenis untuk terus berbenah juga.

    BalasHapus
  13. Semoga ya Paxel ini segera ada di Jepara. Mau cobain juga. Banyak teman yg rekomendasi apalagi cara ngirimnya mudah dan bisa dikontrol di aplikasi

    BalasHapus
  14. Enaknha Paxel itu harganya flat. Luamayan banget deh

    BalasHapus
  15. This is one supreme service. I would like to try myself as well and interested to try the one day service

    BalasHapus
  16. Aku udah berulang kali menggunakan Paxel, mbak. Kebetulan si sulung tinggal di Jogja. Kalo ada yang harus dikirim, aku pasti pakai Paxel. Atau ketika dia mau membelikan bakpia kesukaan adiknya, dikirimnya juga pakai Paxel

    BalasHapus
  17. Suka banget dengan paxel karena hero-nya mau ambil paket ke rumah meski cuma satu, jadi nggak perlu repot dandan untuk ke agen. Asiknya lagi paxel ada real tracknya, nggak khawatir paket nyasar dan terlambat.

    BalasHapus
  18. ENaknya pakai paxel paketnya bisa dipickup ke rumah dan ada pilihan jam pick up juga ya jadi bisa disesuaikan dengan keberadaan kita di rumah

    BalasHapus
  19. Banyak banget ya kelebihan Paxel ini. Dan baru tau nih behind the story dari CEO-nya JNE sekaligus co-founder-nya Paxel. TFS, Mbak :)

    BalasHapus
  20. Belum pernah pake Paxel tapi setelah baca postingan mbak Nabilla ini jadi tertarik deh pengen nyobain jasa ekspedisi yang satu ini. Tapi kayaknya belum sampai ke kotaku deh.

    BalasHapus
  21. Ye paxel idola, beli apa aja menggunakan jasa ekspedisi ini langsung sampe nggak perlu nunggu lama
    rekomended

    BalasHapus
  22. Kalau ketemu Pak Djohari kyk ketemu ustad, adem cara ngomongnya haha
    Iya mbak aku rasa emang Paxel ini konsepnya bagus yaaa. Jd sangat menguntungkan buat yang hobi jualan. Saya jg bbrp kali pakai Paxel alhamdulillah sampai cepet.

    BalasHapus
  23. Saldoku di Paxel juga sudah ratusan ribu nih, tapi aku jarang kirim paket karena bukan penjual online.

    BalasHapus
  24. Paxel ini emang membantu banget deh,kadang kan kita butuh ini bukan karena lagi malas aja ya tapi karena emang lagi ga bisa keluar rumah

    BalasHapus
  25. Aku udah pernah pake Paxel mba, terus terang puas banget pakenya. Mas hero yang datang ke rumah juga baik dan menjelaskan banyak hal yang kutanyakan. Bintang 5 deh pokoknya ;)

    BalasHapus
  26. Paxel itu bener bener memudahkan buat yang pengen jasa antar cepat deh. Aku udah ngalamin nih, janjian di emol jam 1 eh bener paxel heronya datang dan malam jam 7 kirimannya udah sampe

    BalasHapus
  27. Pengen cobain juga pakai paxel biar bisa kirim barang pada hari yang sama, dan harga flat, tapi di kota saya belum ada paxel

    BalasHapus
  28. Wah ada ekspedisi baru ya. Mudah2an ekspedisinya segera hadir di seluruh kota di Indonesia ya biar ku bisa bisnis online lagi sepulang rantau. Kerasa bnget sensasi lega yg mba rasain krn ku dlu juga oenjual online hehehe

    BalasHapus
  29. Keren ya ada Paxel ini ya, sangat membantu ibu-ibu yang jualan online ya, apalahi kalau ibu-ibu punya anak kecil dibanding keluar mending pesan aja ya

    BalasHapus
  30. aku suka banget filosofi pendirinya ini mb.. perantara kebaikan dan happiness hero. ahhh semoga paxel segera hadir di kotaku juga yaaa, bandar lampung. mengingat geliat pengiriman barang online sekarang sih udah dimana-mana banget :D

    BalasHapus