Pengalaman USG 4D Di RSIA Putri dan RSIA Kendangsari Surabaya

Mei 30, 2019


usg 4d surabaya, usg 4d murah di surabaya 2018, usg 4d di surabaya 2018, usg 4d di surabaya 2019, usg 4d di surabaya barat, usg 4d di surabata timur, alamat usg 4d di surabaya, berapa usg 4d di surabaya, usg 4d ngagel surabaya, biaya usg 4d rs putri surabaya, biaya usg 4d surabaya, biaya usg 4d rsia kendangsari surabaya, usg 4d rsia kendangsari surabaya, harga usg 4d daerah surabaya, foto usg 4d surabaya, hasil usg 4d rs putri surabaya, hasil usg 4d rsia kendangsari surabaya, klinik usg 4d di sruabaya, review usg 4d surabaya, usg 4d di surabaya


Halo semuanya! Kalean sudah baca tulisanku tentang dua kali melahirkan di RSIA Kendangsari? Kalau belum, setelah baca ini segera ke artikel itu ya. Psst.. di sana aku memberi daftar harga dan jadwal dokternya juga, lho!

Aku sudah menjadi pasien di RSIA Kendangsari sejak tahun 2016, artinya sudah 3 tahunan nih ya. Selama 3 tahun aku telah mencoba beberapa kali layanan di RSIA Kendangsari Surabaya. Salah satunya adalah USG 4D atau yang di RSIA Kendangsari disebut sebagai screening.


Sempat USG 4D di RSIA Putri Surabaya

Sebagai pembuka, izinkan aku cerita dulu sekilas ya. Dulu saat anak pertama tahun 2016, sebetulnya layanan USG 4D ini sudah ada di RSIA Kendangsari namun antriannya sangat panjang. Akhirnya dokterku menyarankan untuk USG di RSIA Putri dekat ITS situ. Kesanku dengan RSIA Putri sangat buruk. Sudah sungup, kayak nggak banyak pasien gitu, sepiii buanget. Kami ke sana malam hari dan nggak ada pasien lain selain aku dan ibuku yang mengantre. Bahkan resepsionisnya saja kosong. Saat kami shalat di lantai atas, suasana juga sungup dan gelap.

Biaya USG 4D di RSIA Putri Surabaya tahun 2016 lalu sekitar 800 ribuan, dapat CD, map, dan beberapa foto. Dijelaskan pula oleh dokternya (lupa dokter siapa) tentang aliran darah, jumlah jari, dan semua organ yang terbilang normal. Untuk pengalaman USG 4D nya buatku cukup menyenangkan, dokternya sudah agak tua tapi sangat bersahabat. Beliau bahkan meniru mulutnya anakku yang sedang mecucu hahaha. Sata itu aku USG pada usia janin 37 minggu dan alhamdulillah wajahnya terlihat jelas sekali.

Kupikir anak kedua aku akan mengulang USG 4D di RSIA Putri. Udah males banget nih karena kesannya rumah sakitnya agak angker gitu hehe. Ternyata alhamdulillah aku nggak perlu jauh-jauh ke sana karena aku masih bisa antre di RSIA Kendangsari.


USG 4D di RSIA Kendangsari, Mengesankan!

Di RSIA Kendangsari ada dua dokter yang bisa melakukan USG 4D. Mungkin karena memang alatnya beda ya bok, lebih canggih, selain itu ya butuh kemampuan melihat data dan menafsirkan gambar di layar hasil dari pantulan janin di perut. Kedua dokter tersebut adalah dr. Fachry dan dr. Aldi. Dokterku, Indra Yuliati, menyarankan untuk USG 4D dengan dr. Aldi. Aku langsung mendaftar dan kira-kira butuh waktu dua mingguan lah.

Menurutku, kalo udah biasa periksa dengan dr. Fachry, USG ama beliau bakal lebih nyaman karena sudah tau kondisi pasien ya. Kalau belum, bisa ke dr. Aldi ikut rekomendasi SPOGnya aja. Dua-duanya sama-sama komunikatif dan terbuka kalo jawab pertanyaan kita sebagai pasien.

usg 4d surabaya, usg 4d murah di surabaya 2018, usg 4d di surabaya 2018, usg 4d di surabaya 2019, usg 4d di surabaya barat, usg 4d di surabata timur, alamat usg 4d di surabaya, berapa usg 4d di surabaya, usg 4d ngagel surabaya, biaya usg 4d rs putri surabaya, biaya usg 4d surabaya, biaya usg 4d rsia kendangsari surabaya, usg 4d rsia kendangsari surabaya, harga usg 4d daerah surabaya, foto usg 4d surabaya, hasil usg 4d rs putri surabaya, hasil usg 4d rsia kendangsari surabaya, klinik usg 4d di sruabaya, review usg 4d surabaya, usg 4d di surabaya


Nah, untuk biayanya sendiri terbagi menjadi dua. Kalau mau USG 4D saja alias mau melihat wajahnya si bayi lebih jelas, mirip mak, bapak, atau tetangga #eeehh biayanya sekitar 300-400 ribu rupiah. Aku agak lupa pastinya. Ini kira-kira akhir tahun 2018 lalu ya. Sementara kalau screening, lebih lengkap ya, dilihat semua organ dan memakan waktu periksa sekitar 20-30 menitan, biayanya saat itu 700 ribuan. Dapat CD, map dengan foto-foto organ dan berbagai penjelasan, serta foto muka bayi dengan size agak besar. Saat itu anakku kebetulan lagi menguap imut dan sayang banget pas nggak direkam ama Bojo! HUH! Anakku nggak berlama-lama menunjukkan wajah, setelahnya langsung ditutup tangan. Untunglah sudah sempat ngelihat.

usg 4d surabaya, usg 4d murah di surabaya 2018, usg 4d di surabaya 2018, usg 4d di surabaya 2019, usg 4d di surabaya barat, usg 4d di surabata timur, alamat usg 4d di surabaya, berapa usg 4d di surabaya, usg 4d ngagel surabaya, biaya usg 4d rs putri surabaya, biaya usg 4d surabaya, biaya usg 4d rsia kendangsari surabaya, usg 4d rsia kendangsari surabaya, harga usg 4d daerah surabaya, foto usg 4d surabaya, hasil usg 4d rs putri surabaya, hasil usg 4d rsia kendangsari surabaya, klinik usg 4d di sruabaya, review usg 4d surabaya, usg 4d di surabaya
Wajah anak kedua yang tyda jauh berbeda dengan si mbarep!


Dr. Aldi teliti banget menurutku dan tidak banyak basa-basi. Beliau menjelaskan cukup detail tentang kondisi organ tubuh anakku, melihat kelengkapan serta kondisi normalnya satu persatu. Kami sempat ngobrol singkat tentang VBAC juga, kebetulan kok beliau juga beberapa kali menangani pasien VBAC. Yang paling nggak mengenakkan dari proses ini adalah kita harus berbaring selama 15-20 menit. Duh bok, berbaring sambil bawa beban di perut 5 kg-an tuh tentu aja bikin engep yak! Boyok sampe sakit semua! Hehe.

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut, bisa ambil brosurnya di resepsionis RSIA Kendangsari. Sebagai gambarannya, akan kujelaskan di sini ya.

Batas Usia Kandungan USG 4D / screening di RSIA Kendangsari
Proses USG 4D dan screening bisa dilakukan kalau tidak salah sejak usia kehamilan 5 bulan sampai kira-kira 32 minggu. Ini aku agak lupa pastinya ya, kalean coba cek langsung di brosurnya aja. Kalau lebih dari itu, ada resiko wajah bayi tidak terlihat karena sudah sempit sekali ruang di rahim (ini bisa beda-beda tiap pasien), tidak bisa melihat organ dan tubuh bayi secara keseluruhan karena sudah lebih sempit ruangnya dan bayi sudah membesar.

usg 4d surabaya, usg 4d murah di surabaya 2018, usg 4d di surabaya 2018, usg 4d di surabaya 2019, usg 4d di surabaya barat, usg 4d di surabata timur, alamat usg 4d di surabaya, berapa usg 4d di surabaya, usg 4d ngagel surabaya, biaya usg 4d rs putri surabaya, biaya usg 4d surabaya, biaya usg 4d rsia kendangsari surabaya, usg 4d rsia kendangsari surabaya, harga usg 4d daerah surabaya, foto usg 4d surabaya, hasil usg 4d rs putri surabaya, hasil usg 4d rsia kendangsari surabaya, klinik usg 4d di sruabaya, review usg 4d surabaya, usg 4d di surabaya
beberapa reportnya


Banyak manfaatnya, bukan sekedar euforia!
Kalau boleh aku menyarankan dan jika kamu punya budget, please agendakan untuk melakukan USG 4D ini. Sebab, banyak banget manfaatnya. Paling penting menurutku bukan melihat wajahnya bayi, tetapi melihat normal atau tidaknya bayi. Bibirnya termasuk sumbing atau tidak, jemarinya lengkap atau tidak, aliran darah masuk dan keluar jantung normal atau tidak, ginjal, serta organ-organ lain. Kalau kita bisa mengetahui lebih awal, jika misalnya ada hal-hal yang tidak diinginkan, jadi bisa lebih waspada dan bisa melakukan persiapan materi maupun mental.

usg 4d surabaya, usg 4d murah di surabaya 2018, usg 4d di surabaya 2018, usg 4d di surabaya 2019, usg 4d di surabaya barat, usg 4d di surabata timur, alamat usg 4d di surabaya, berapa usg 4d di surabaya, usg 4d ngagel surabaya, biaya usg 4d rs putri surabaya, biaya usg 4d surabaya, biaya usg 4d rsia kendangsari surabaya, usg 4d rsia kendangsari surabaya, harga usg 4d daerah surabaya, foto usg 4d surabaya, hasil usg 4d rs putri surabaya, hasil usg 4d rsia kendangsari surabaya, klinik usg 4d di sruabaya, review usg 4d surabaya, usg 4d di surabaya
hasil organ dan aliran darah


Ingat Adam Fabumi yang sempat ramai karena penyakit langka Trisomi 13? Seingatku, ibunya sudah tahu sejak usia 5 bulanan kalau dia ada kelainan kromosom. Jadi, orang tuanya pun bisa segera melakukan persiapan untuk perawatan setelah si bayi lahir.

Jadwal USG 4D di RSIA Kendangsari Surabaya Sangat Padat, Harus Antre
Nggak enaknya nih, kalo mau USG 4D atau screening kudu daftar dan ngantri dulu. Kata mas-mas di resepsionis, nanti bakal dihubungi. Gapi aku sempat 2 minggu gak dihubungi dan akhirnya suamiku yang nagih ke resepsionisnya, karena khawatir keburu nggak keliatan si janin.

anyway, beberapa data yang aku sensor itu privasi ya buibuuk, hehehe. sisanya bisa dijadikan referensi kalau pada mau USG atau screening 4D.

Buibu apa ada yang pernah USG 4D di Surabaya juga? Cerita di sini yuk!



You Might Also Like

19 komentar

  1. Hi, bun.. salam kenal... makasih banyak lho infonya.. oya bun mau tanya nih,pas bunda screening d rsia kendangsari kan dapet CD ya, itu termasuk video 4d nya yg pas baby gerak2 ga? Sm pas screening detak jantung videonya ada suaranya ga? Maaf ya bun banyak nanya hehe, thanks in advance:)

    BalasHapus
  2. Keren ya teknologi sekarang, USG 4 D bisa menjadi semacam refernsi bagi ibu ya untuk mengetahui kondisi janin. Ketika mengetahui ada masalah, bisa dilakukan usaha-usaha preventif

    BalasHapus
  3. Wah sekarang makin canggih ya peralatan periksanya.. Betul juga ya, kalau sudah tahu sejak awal bisa prepare jika ada hal2 tak diinginkan..

    BalasHapus
  4. Makin canggih saja ya pemeriksaan kandungan sékarang ini. Kami tinggal di kabupaten Cianjur belum ada pemeriksaan selengkap itu...
    Kedepannya semoga tidak hanya di Surabaya tapi merata di tiap kota ada ya...

    BalasHapus
  5. iya mbak menurutku usg penting, bukan hanya untuk liat jenis kelamin, yang terpenting tuh kondisi bayinya, plasenta, ketuban dll.

    BalasHapus
  6. Temenku tuh TIGA KALI lahiran juga setia ke RSIA Kendangsari.
    Kata doi sih, service untuk ibu hamil dan bersalin emang top markotop!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Dulu, pas saya hamil kayaknya belum ada teknologi USG 4D. Tetapi, memang selalu menyenangkan tiap kali mau USG. Selain bisa melihat anak. Juga bisa tau kondisinya seperti apa meskipun belum sejelas kalau USG 4D

    BalasHapus
  8. Aku Baca tulisan Mba nabila jadi penasaran sama USG itu kayak apa hehe

    BalasHapus
  9. Teknologinya makin canggih ya mbak. Bisa saya rekomendasikan ke saudara yang tinggal di Surabaya nih, soalnya sekarang udah mau 6 bulan usia kandungannya. Thanks for sharing

    BalasHapus
  10. RSIA Kendangsari memang favorit banyak orang yaa..
    Beberapa sepupuku melahirkan di RSIA Kendangsari, padahal rumahnya Waru.

    Aku dulu...di RSI Jemursari.
    Karena taunya hanya itu.

    BalasHapus
  11. Senangnya ya ada USG 4 dimensi, 9 th lalu waktu hamil di daerahku blm ada USG ini jadi ga sempet USG 4 dimensi. Sehat terus ya mba semoga lancar sampai lahiran.

    BalasHapus
  12. jaman aku hamil belum adaa mba yang 4D..jadi aku menikmati yang 2D aja hehehe. Tapi memang momen melihat si buah hati untuk pertama kalinya itu luar biasa istimewa

    BalasHapus
  13. Dulu jaman aku hamil anak-anak, belum ada teknologi 4D. Lihat yang versi 2D doang, dijelasin sama dokternya ya tetep ga mudeng hehehe.. ga keliatan soalnya si bayik. Paling ukuran lingkar kepala normal apa enggak, gitu aja sih.

    BalasHapus
  14. Waktu saya hamil, USG 4D masih muahal banget dan jarang, jadi selalu pakai USG yang biasa aja. Itu juga udah seneng banget, maunya sih USG tiap minggu hahahaa

    BalasHapus
  15. dulu pas mau USG 4D sempet ragu, antara penasaran sama yaudah gimana ntar aja hihihi tapi lucu juga sih jadi ada kenang-kenangan gitu ya mba, meski gak wajib.

    BalasHapus
  16. Jadi nggak sabar ya pingin buru2 dedek bayi di peurt segera brojol setelah liat hasil usg

    BalasHapus
  17. Kalau sudah liat bentuk wajahnya berarti kurang lebih dah bisa ngira2 ya bahwa dia bakalan mirip ama kakaknya mukanya

    BalasHapus
  18. MasyaAllah bisa kelihatan sangat jelas banget ya Bun, debaynya pas jaman itu.
    Aku jadi deg-degan jika ngalamin fase itu

    BalasHapus
  19. Hamil 2x, dan dua-duanya nggak pernah sampai USG 4D. Sempat ada rasa pengen sih, tapi balik lagi lihat isi rekening, wkwkwk..

    BalasHapus