Mengenal Pengertian Dan Keunggulan Coworking Space

coworking space adalah, pengertian coworking space, keunggulan coworking space, coworking space di tangerang, coworking space di dekat bsd city, coworking space di bsd city tangerang, biaya coworking space, biaya sewa coworking space



Beberapa tahun terakhir, kita saksikan sendiri menjamurnya coworking space yang banyak digemari oleh generasi milenial dan bisa kita jumpai di kota-kota besar Indonesia. Seperti halnya di wilayah Tangerang dan sekitarnya, kamu bisa menjumpai coworking space BSD yang letaknya berdekatan dengan Bumi Serpong Damai atau BSD City.


Kemunculan coworking space di beberapa kota besar di Indonesia terbilang wajar. Sebab, dunia kerja semakin inovatif dan berkembang. Selain itu, banyak bisnis yang telah go digital. Aku sendiri juga termasuk pengguna coworking space, terutama kalau sedang ada banyak project menulis dan kalau nggak kepengen terganggu sama anak-anak! Hehehe. 


Dari sini aku nggak heran jika akan semakin banyak coworking space yang bisa kita datangi di sekitar kita. Sebab, coworking space menawarkan biaya operasional yang lebih terjangkau, fleksibel, dan efisien.



Apa, sih, Coworking Space itu?

Anyway, sebelum ngobrolin coworking space lebih jauh, kita samakan dulu yuk perspektif tentang coworking. Coworking adalah istilah yang dipakai untuk sebuah konsep kerja di mana para pekerja dari beragam latar belakang perusahaan atau background pekerjaan yang berbeda-beda, bekerja bersama-sama. Konsep bekerja seperti ini berbeda dengan pekerja kantoran pada umumnya. Dalam konsep coworking, setiap individu bebas saling bertukar ide dan gagasan untuk rencana bisnis yang dikembangkan.


Adapun coworking space adalah sebuah ruang atau tempat kerja yang diisi oleh pekerja dari latar belakang yang berbeda tadi. Coworking space juga dapat dikatakan sebagai shared office space atau ruangan kantor yang digunakan bersama, karena dalam coworking ini kolega bisnis dapat berasal dari beragam perusahaan yang berbeda. Bahkan ada juga pekerja freelancer. Karena mengedepankan konsep berbagi tempat kerja, pekerja dapat menambah relasi atau networking yang nantinya bermanfaat pada pengembangan bisnis. 


Coworking space ini sendiri juga telah banyak berdiri di beberapa kota besar di Indonesia, salah satunya adalah coworking space BSD yang merupakan coworking space terdekat yang ada di daerah BSD atau Tangerang.



Keunggulan Coworking Space


Ada beberapa keunggulan coworking space yang dapat menguntungkan pelaku

bisnis. Beberapa diantaranya adalah:

1. Fleksibel dalam bekerja

Tidak seperti di kantor pada umumnya, coworker memiliki kebebasan untuk memilih tempat bekerja yang sesuai dengan keinginannya. Sehingga, pekerja tidak harus terpaku pada satu bangunan kantor seperti pada pekerja kantoran biasanya.


2. Biaya sewa yang murah

Bila dibandingkan dengan kantor sewaan yang sering dijumpai di wilayah perkotaan dengan biaya operasional yang cukup mahal, biaya coworking space ini cukup murah. Biasanya ada beberapa ruangan yang dapat pula disewakan secara privat. Pelaku bisnis tidak perlu memikirkan desain atau konsep ruangan kerja lagi. Tinggal fokus dan berkonsentrasi pada pengembangan start-up atau bisnis lain yang tengah dijalankan.


3. Kemudahan dalam mendapatkan relasi

Dalam konsep shared office space, sangat mungkin jika dalam ruangan coworking space akan lebih banyak partner atau kenalan yang dapat diajak bertukar ide dan berdiskusi untuk saling meningkatkan bisnis yang dijalani. Dengan begini, bekerja di coworking space bisa sekaligus membangun relasi bisnis.


4. Terbiasa belajar hal baru

Coworking space cukup mendukung dalam kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan diri. Biasanya, coworking space memiliki ruangan besar yang dapat digunakan untuk beragam kegiatan pengembangan diri.


Itu dia informasi singkat nan menarik seputar pengertian coworking dan coworking space, serta keunggulan dari coworking space yang dapat bermanfaat bagi para pelaku bisnis digital. Salah satu coworking space yang bisa kamu datangi adalah Twospaces yang dapat kamu temui di wilayah Tangerang. Di sana, kamu akan mendapatkan fasilitas yang terbaik mulai dari jaringan wifi yang kuat dan suasana yang nyaman untuk bekerja.


Kamu juga dapat mengunjungi website resmi Twospaces dan mengunduh aplikasi Twospaces di playstore.


Kamu sudah pernah ke coworking space? Cerita di kolom komentar, yuk!

 

4 komentar

  1. Wow, banyak keunggulan dari Coworking space ya. Memang tempat seperti ini adanya di kota-kota besar. Dan banyak digunakan oleh para freelancer juga.

    BalasHapus
  2. Coworking space memang semakin menjamur, ya. Memudahkan bagi para startup menjalankan bisnis.

    BalasHapus
  3. Sebelum pandemi aku jg lebih seneng kerja di coworking space. Lebih nyaman dan konsen gitu kerjanya jadinya

    BalasHapus
  4. Nambah relasi itu penting banget ya. Karena banyak ketemu pelaku bisnis dari berbagai latar belakang jd gampang tukar idenya. Keren

    BalasHapus