Brain Academy: Bimbel Online Ujian Mandiri Terbaik, Lengkap, dan Bisa Blended Learning

bimbel online termurah, review ruangguru, review ruangguru untuk SMP, review ruangguru untuk sbmptn, review ruangguru untuk SMP, pengalaman memakai ruangguru, pengalaman memakai ruangguru untuk SMA, review bimbel online ruangguru, intensif ujian mandiri, bimbel online ujian mandiri, review brain academy, bimbel online ujian mandiri terbaik


Aku sudah berjanji pada postingan sebelumnya tentang bimbel online Ruangguru bahwa aku akan memberikan tips sebagai “orang tua” Ayu yang telah berhasil lulus SMA dan SBMPTN. Kata orang tua di atas perlu aku beri tanda kutip karena sebetulnya aku ini adalah kakak sepupunya, tetapi, dalam hal akademik, aku bertindak seperti orang tuanya. Aku yang mengambilkan raport, aku juga yang mendampinginya dalam memilih kampus, serta mengantarkannya tes tulis SBMPTN dan ujian mandiri. 


Secara garis besar, kiat utamanya adalah persiapan. Sejauh apa persiapannya? Tentu tergantung anak dan orang tua. Coba kita sebagai orang tua lebih melihat kompetensi anak, kebutuhan anak, dan kemampuan kita sebagai orang tua. Ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, saranku, untuk mempersiapkan kelulusan dan masuk ke perguruan tinggi sebaiknya jangan mendadak. Buat strategi dan timeline yang baik. Bagaimanapun juga, persaingan masuk ke perguruan tinggi negeri itu ketat. 


Aku akan menguraikan beberapa tips di bawah ini. Sekaligus, aku juga akan mengulas salah satu produk unggulan dari Ruangguru yang memungkinkan siswa mendapatkan bimbingan yang lebih intensif jelang kelulusan dan masuk ke perguruan tinggi negeri. Pastikan kamu membacanya sampai tuntas, ya.


Persiapan Masuk ke Perguruan Tinggi untuk Anak yang Kurang Percaya Diri

Adikku Ayu, dapat kukatakan adalah anak yang kurang percaya diri. Aku tahu betul dia pintar dan cerdas. Kemampuan akademiknya sangat baik. Dia masuk di kelas unggulan, dia juga bahkan yang mengajariku matematika sebelum aku tes Simak UI untuk Pascasarjana (dan aku berhasil lolos). Namun, dia ada sepertinya memiliki masalah self confidence sehingga menyulitkan dirinya untuk mengetahui apa yang sebetulnya menjadi minatnya.


Ayu sendiri mungkin juga terbebani dengan bayang-bayang keinginan orang tuanya serta orang tuaku yang membiayainya sekolah. Mereka semua ingin agar kuliah Ayu nanti bisa langsung kerja. Singkatnya, mereka berharap Ayu masuk kampus kedinasan. Masalahnya, apa itu yang benar-benar Ayu inginkan? Kalau dia nggak cocok, dia bisa stres dan malah nggak menikmati proses belajarnya di kampus. Karena aku sudah mengalami sendiri dan rasanya sangat nggak enak, aku nggak ingin hal yang sama terjadi padanya.


Oleh karena itu, aku melakukan beberapa cara agar Ayu bisa memahami apa yang ingin ia capai di masa depan. Selain itu, aku juga memetakan kompetensinya Ayu, seberapa sanggup dan seberapa berpeluangnya ia untuk masuk ke perguruan tinggi impiannya.


1. Buka diskusi dan obrolan ringan

Langkah pertama yang aku lakukan adalah mengajaknya ngobrol. Ini nggak cukup sekali, aku melakukannya secara bertahap. Aku juga melakukannya sejak jauh-jauh hari, bahkan sejak sebelum Ayu kelas 12 SMA. Sebab, jawabannya di awal-awal selalu saja, “aku bingung, Mbak.” Sehingga, aku bantu dia untuk mengurai kebingungan. Aku berikan beberapa tools untuk memahami minat bakat dan karakter belajarnya. Aku bantu ia membuat tabel prioritas. Semakin lama, Ayu memahami apa yang ia inginkan. Dia awalnya memilih kampus STAN sebagai prioritas utama, kemudian Keperawatan Unair, baru kemudian Ilmu Gizi Unair.


2. Sediakan Hal-hal penunjang

Hal-hal penunjang yang aku maksud ini bisa berupa buku dan bimbingan belajar. Telah aku tulis sebelumnya bahwa karena keterbatasan dana dan karena cocok dengan karakter belajar Ayu, kami memilih untuk berlangganan bimbingan online Ruangguru untuknya. Saat itu, belum ada pandemi. Aku ingat betul Ayu membayar langganan ketika Ruangguru sedang promo. Dia memakai fasilitas Ruangbelajar mulai pertengahan kelas 11 hingga akhir kelas 12. 


Rupanya, itu adalah salah satu keputusan terbaik kami. Kebetulan setelahnya terjadi pandemi. Akhirnya, semua persiapan akademik termasuk try out jelang kelulusan dan ujian tulis masuk perguruan tinggi, berlangsung secara daring.


3. Evaluasi secara berkala

Ketika kita sebagai orang tua sudah memberikan fasilitas, jangan biarkan begitu saja. Fasilitas seperti bimbingan online ataupun offline juga harus kita pantau bagaimana hasilnya. Evaluasi ini bisa kita lihat dari nilai rapor dan try out. Juga bisa melalui tes minat bakat yang diselenggarakan oleh sekolah maupun lembaga di luar sekolah. Ruangguru itu juga memiliki beberapa produk yang memberikan evaluasi, baik bulanan, semester, maupun per try out seperti Ruangbelajar dan Brain Academy.


EValuasi ini akan membantu kita untuk melihat apakah strategi kita akan berhasil. Jika impian anak sejalan dengan kompetensinya, yakinlah bahwa peluang itu ada dan harus kita perjuangkan.


4. Cek kompetitor dan riset kampus tujuan

Persaingan kampus itu sangat tinggi. Ada baiknya kita mengecek secara rutin mana kampus yang memiliki peminat tertinggi, seberapa besar persaingannya, jadwal tes dan penerimaan mahasiswa, akreditasi, serta bagaimana peluang kerjanya nanti. Kita juga perlu mengecek biaya masuk, agar kita pun siap anggaran untuk kuliah anak.


5. Mempersiapkan kemungkinan terburuk

Selalu ada saja hal yang terjadi di luar rencana. Pada kasus Ayu ini misalnya, pilihan pertamanya adalah STAN. Kemudian, karena pandemi, tahun 2020 kemarin, STAN tidak menerima mahasiswa baru. Akhirnya kami pun mengubah strategi pilihan jurusan pertama dan kedua. Semula, pilihan kedua Ayu adalah Keperawatan Unair dan pilihan ketiganya Ilmu Gizi Unair. Pilihan ini aku switch karena Keperawatan Unair memiliki persaingan yang lebih ketat. Sementara dari hasil evaluasi tryout yang aku pelajari, Ayu lebih berpeluang untuk masuk ke Ilmu Gizi Unair.


Kami bahkan memperluas target kampus, yang awalnya hanya di Unair menjadi ke Polinema, Universitas Brawijaya, Unesa, bahkan UGM. Kami juga melihat kemungkinan ujian mandiri atau UTBK yang diselenggarakan kampus tujuan.


Syukurlah kami tidak perlu menghabiskan biaya lebih banyak karena Ayu diterima di Ilmu Gizi Unair melalui SBMPTN. Aku sangat bersyukur, begitu pula ibuku yang membiayai sekolahnya. Sebab, Ayu masuk kampus bergengsi dengan biaya yang relatif murah dibanding jalur masuk lainnya. Alhamdulillah.


6. Ikhtiar optimal dan doa

Ajaklah anak untuk merutinkan amalan baik. Seperti sholat tepat waktu, sholat sunnah, mengaji, dan berdzikir harian. Aku menganjurkan ini pada Ayu. Aku juga menganjurkannya untuk meminta restu kedua orang tuanya juga kepada Ibu dan Ayahku selaku orang tua asuhnya agar urusannya lancar saat ujian dan impiannya tercapai. Alhamdulillah, upaya ini membuahkan hasil yang manis.



Ikut Bimbel Online Ujian Mandiri Terbaik Sebagai Ikhtiar Masuk ke Perguruan Tinggi Favorit

Aku tidak bisa mengelak. Menurutku, bimbel online sangat berperan terhadap nilai sekolah Ayu dan peluangnya untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Selain karena ada pandemi, bimbel online ini sangat cocok dengan karakter belajar Ayu serta anggaran keluarga kami untuk pendidikan tinggi Ayu. Hal ini ditambah dengan panjangnya waktu persiapan, sehingga kami bisa membantunya masuk ke perguruan tinggi favorit.


Sekitar 5 bulan jelang ujian kelulusan dan SBMPTN, aku kerap memantau proses belajar Ayu. Aku juga bersedia untuk menambah bimbingan online intensif agar membantunya lebih memahami materi yang akan diujikan. Ada bimbel online yang menyediakan fasilitas intensif dan bimbingan yang lebih komplit selain Ruangbelajar yang sudah digunakan Ayu dulu. Bimbel online ujian mandiri terbaik ini masih dari Ruangguru, namanya Brain Academy.


Brain Academy adalah tempat bimbel online dan offline dengan guru-guru les terbaik serta didukung oleh kelas soft skills dan fasilitas modern. Brain Academy ini memiliki cabang di 29 kota di Indonesia. Jadi, ada kombinasi antara online dan offline gitu, satu-satunya di Indonesia, lho. 


Apabila Bunda ragu untuk mengikutkan dalam program offline, Brain Academy juga tersedia dalam platform online. Brain Academy Online ini juga sama seperti yang offline, murid bisa berinteraksi dengan Star Master Teacher dan mengikuti Klinik PR EKsklusif untuk menyelesaikan tugas sekolah. Dengan kondisi pandemi yang sudah memasuki gelombang kedua ini, menurutku tentu lebih aman ikut Brain Academy Online


Terdapat sejumlah fitur menarik di Brain Academy Online. Seperti, kelas Live interaktif dengan Star Master Teacher, pengiriman modul belajar ke rumah, fleksibilitas dalam belajar (bisa belajar via HP atau laptop), ada kelas pengembangan soft skills, klinik PR yang memudahkan dalam mengerjakan PR sekolah, serta semua itu bisa kita pilih sendiri paket bimbel sesuai kebutuhan anak (ada yang Regular, Premium, dan Elite).


bimbel online termurah, review ruangguru, review ruangguru untuk SMP, review ruangguru untuk sbmptn, review ruangguru untuk SMP, pengalaman memakai ruangguru, pengalaman memakai ruangguru untuk SMA, review bimbel online ruangguru, intensif ujian mandiri, bimbel online ujian mandiri, review brain academy, bimbel online ujian mandiri terbaik
Keunggulan Brain Academy Online

bimbel online termurah, review ruangguru, review ruangguru untuk SMP, review ruangguru untuk sbmptn, review ruangguru untuk SMP, pengalaman memakai ruangguru, pengalaman memakai ruangguru untuk SMA, review bimbel online ruangguru, intensif ujian mandiri, bimbel online ujian mandiri, review brain academy, bimbel online ujian mandiri terbaik
Perbedaan fasilitas Brain Academy Online Reguler, Premium, dan Elite.



Kalau soal harga, Brain Academy memang lebih mahal dibanding Ruangbelajar. Untuk anak kelas 12 SMA, harganya mulai dari 2 jutaan. Tapi lihatlah fasilitas yang diberikan, extra banget! Anak bisa berinteraksi, bertanya, dan ada fasilitas try outnya sekalian, sehingga nggak keluar biaya apa-apa lagi. Menurutku, kalau dihitung-hitung dengan bimbingan intensif untuk meningkatkan peluang anak diterima di perguruan tinggi negeri, harga Brain Academy Online masih lebih murah dibandingkan bimbel konvensional lainnya. Aku bisa bilang begini karena aku tahu persis harga-harganya ketika menemani Ayu mencari bimbel terbaik untuk anak SMA. Bimbel intensif STAN saja, harganya antara 2-3 juta hanya untuk beberapa bulan. Sementara harga di Brain Academy Online, untuk setahun. 


Jika Bunda masih ragu, cobalah untuk mengikuti free trial yang diadakan oleh Brain Academy Online. Pada tiap jenjang, ada free trialnya, kok. Di website Brain Academy Online juga tersedia FAQ lainnya, testimoni peserta, hingga profil pengajar. 


Adakah Bunda yang sudah berlangganan bimbel Brain Academy Online ini? Coba bagikan pengalaman di sini, yuk, siapa tahu bisa jadi referensi untuk parents lainnya.

10 komentar

  1. asik banget bimbel nya bisa online. Jaman aku dulu, harus naik bus kota dulu menuju tempat bimbel.

    BalasHapus
  2. Keunggulan dan Fasilitasnya Bimbel Online ini sudah jlas banget dan lengkap sekali. Mempermudah anak2 memahaminya, terutama adanya klinik PR yang memudahkan dalam mengerjakan PR sekolah.
    Tinggal disesuaikan paket bimbel dengan kebutuhannya, noted ada 3 paket Regular, Premium, dan Elite.

    BalasHapus
  3. Inovasi Ruang Guru memang luar biasaaa
    Brain Academy ini bisa membuat anak tetep bisa berinteraksi, bertanya, dan ada fasilitas try outnya sekalian, sehingga nggak keluar biaya apa-apa lagi.

    Yap, ini sih worth it banget ya mbaaa, harga Brain Academy Online masih lebih murah ketimbang LBB konvensional

    BalasHapus
  4. aku seneng karena kita sebagai orang tua bisa banyak dibantu dengan aneka platform ini ya mba. Anak - anakku akau suruh intiip aah hehehe

    BalasHapus
  5. Mau nggak mau memang wajib deh kayaknya skarang ikut bimbel, mba. Apalagi skarang online tuh emang pilihannya ya bimbel online. Brain Academy udah benar pilihannya :)

    BalasHapus
  6. Bagus nih Brain Academy. Aku mau daftarin adikku yang SMA masuk ke sini bun

    BalasHapus
  7. Ikut Bimbel di Ruang Guru ini menarik nih. Brain Academy online juga harganya terjangkau ya sebagai bimbel yang bisa bantuin anak-anak untuk latihan ujian mandiri buat persiapan untuk masuk kuliah. Biayanya juga terjangkau banget sih ini

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah yaa..
    Meski dirumah aja, kini ada bimbingan belajar online terbaik dari ruangguru.
    Aku suka banget karena adikku kemarin juga ikutan ini untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi.

    Merasa sangat terbantu sekali.

    BalasHapus
  9. iya salah satu keuntungan mengikuti brain academy ini pembelajran dengan metode blended learning yaa. ada onlinenya dan offlinenya, jadi anak anak ada variasi belajar sehingga enggak bosan

    BalasHapus
  10. Anakku tahun ini daftar Ruang Guru by Brain Academy. Kelas belum mulai tapi sudah dapat 2x try out. Keren banget memang bimbel yang satu ini.

    BalasHapus