Memilih Diaper Cream untuk Kulit Sensitif Bayi

review pure baby diaper cream, diaper cream terbaik, diaper cream untuk newborn, review mustela diaper cream, review mustela barrier cream, review sleek diaper cream, diaper cream recommended, diaper cream untuk kulit sensitif


Diaper cream untuk kulit sensitif bayi itu apa sih indikatornya? Kalau menurutku, yang penting cocok buat bayi. Itu dulu, deh. Ketika aku olesin dan ternyata mampu memberi efek yang baik dalam waktu yang singkat, aku pasti ngelirik. Selanjutnya, kalau harganya masuk akal sama budget bulanan, pasti aku beli!


Memiliki anak dengan kulit sensitif dan kering itu pasti bikin kita memiliki banyak cerita. PLUS waktu untuk nge-riset produk mana yang sekiranya bisa cocok untuk anak kita. Aku sudah pernah bercerita tentang beberapa sabun bayi untuk kulit sensitif yang aku pakaikan ke anak keduaku, Laiqa. Aku juga pernah menulis tentang minyak telon bayi baru lahir yang aromanya segar dan cocok untuk kulit sensitif bayi. Kali ini, aku akan memberikan ulasan singkat tentang diaper rash cream yang aku gunakan untuk Laiqa.


Sejujurnya, ya baru sama Laiqa ini aku gonta-ganti diaper cream untuk kulit sensitif. Ketika sama Mahira dulu, aku hanya menggunakan Pure Baby, kemudian ketika habis dan Mahira sudah agak besar, aku menggunakan diaper cream apapun yang ada. Bahkan, seringkali tidak aku beri diaper rash cream dan pantatnya tidak ada keluhan apapun.


Laiqa memiliki cerita yang berbeda. Saat newborn, dia sudah menunjukkan tanda bahwa kulitnya mudah ruam dan merah. Awalnya kukira hanya dari ASI. Tetapi, keadaan ini berlanjut hingga sekarang, ketika Laiqa berusia 2.5 tahun. Ini yang membuatku berhati-hati memilih diaper cream untuk kulitnya yang sensitif.


Pure Baby Diaper Cream 

Bunda, tahukah kamu kalau Pure Baby itu memiliki dua jenis diaper cream? Ada yang untuk daily, ada pula yang fungsinya untuk repair atau digunakan ketika kulit anak sudah sangat kemerahan. 


Untuk yang pertama, yakni Pure Baby Diaper Cream. Sepertinya, produk ini mengalami beberapa kali pergantian desain kemasan. Seingatku, kemasan yang sekarang agak berbeda dengan zaman Mahira. Dulu, kemasannya masih berwarna biru penuh dengan gambar baby telanjang dada dan hanya menggunakan popok. Dua tahun lalu, aku membeli di toko dekat rumah, kemasannya sudah beda lagi. Kali ini, ada bagian putih di tengahnya. Sekarang, berganti lagi. Namanya pada kemasan juga berubah, tidak lagi Pure Baby tetapi menjadi PureBB. 


Intinya, produk PureBB Diaper Cream ini merupakan yang cocok digunakan untuk daily. Aku sangat suka sama produk ini karena harganya relatif terjangkau dengan kualitas produk yang sangat baik. Aku tidak banyak mendapat keluhan ada ruam di area diaper Laiqa. kalaupun ada, sangat jarang dan bisa cepat sembuhnya. 


review pure baby diaper cream, diaper cream terbaik, diaper cream untuk newborn, review mustela diaper cream, review mustela barrier cream, review sleek diaper cream, diaper cream recommended, diaper cream untuk kulit sensitif



PureBB Diaper Cream ini dapat digunakan sejak bayi newborn. Pada kemasannya, tertulis bahwa produk ini membantu untuk mencegah diaper rash dan iritasi. Cocok juga untuk kulit sensitif dengan pH yang sembang, low irritant formula, extra moisturizer, dan natural ingredient. Produk ini mengandung sunflower seed oil, castor oil, dan zinc oxide. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas standart low hazard (0-2) Eropa, tingkat keamanan tertinggi, satu satunya produk untuk diaper cream yang menggunakan grade low hazard (0-2) di Indonesia.


Untuk teksturnya, menurutku cukup baik. Tidak terlalu encer, tidak berbau, dan tidak terlalu lengket di tangan. Area pemakaiannya bisa di area lipatan diaper serta daerah lain yang sekiranya berpotensi ada ruam. Dari pengalamanku pakai, bisa juga untuk kulit yang sedang gatal seperti kringet buntet. Sebetulnya, untuk hal ini ada produk lain dari PureBB, tetapi, jika kepepet, Diaper Cream ini sangat membantu, kok. Aku bahkan beberapa kali menggunakannya untuk mengatasi lecet di kaki.


PureBB Rash Cream

Nah, kalau yang ini kan ada tambahan kata “Rash”, sudah ketahuan kan untuk apa? Yup, untuk mengatasi iritasi dan ruam dalam waktu yang cepat. Harga produk ini memang lebih mahal daripada PureBB diaper cream, Tetapi, memang dia bekerja lebih cepat. Sayang banget kalau digunakan daily. Akupun memilikinya juga di rumah, tetapi hanya sebagai stok apabila anak-anakku memiliki keluhan pada kulitnya. 


Saranku, kalau mau nyetok pilih yang ukuran kecil saja. Agar tidak terlalu mubadzir, yah. Komposisinya ada: Water, Zinc Oxide, Diglycerin, Isopropyl Myristate, D-Panthenol, Cetearyl Alcohol, Buxus Chinensis (Jojoba) Oil, Simethiocone, C13-14 Isoparaffin, 2-Phenoxyrthanol, Citric Acid, Fragrance, Benzalkonium Chloride


review pure baby diaper cream, diaper cream terbaik, diaper cream untuk newborn, review mustela diaper cream, review mustela barrier cream, review sleek diaper cream, diaper cream recommended, diaper cream untuk kulit sensitif



Mustela Barrier Cream

Aduh.. gimana, ya, kalau bicara tentang diaper cream untuk kulit sensitif bayi, kurasa produk Mustela ini juaranya. Tetapi, harganya terlalu mahal untuk kondisi kulit Laiqa yang “tidak separah itu”. Aku hanya sekali memakai Mustela Barrier Cream, yakni ketika ada endorsement dan aku gunakan ketika Laiqa masih newborn. Setelahnya, aku nggak ngulangin beli karena ada PureBB yang lebih terjangkau, hehehe.


Aku mendapat dua atau tiga Barrier Cream dengan ukuran berbeda, yakni size starter kit yang mungkin hanya sekitar 20 ml dan ukuran 100 ml. Seperti dua produk yang kubahas sebelumnya, Mustela Barrier Cream ini menggunakan kemasan tube yang mudah dipletet. Mustela ini dari Perancis, jadi, jangan heran kalau kamu melihat banyak bahasa Perancis pada kemasan produknya. 


Keunggulan Mustela Barrier Cream ini ada pada komposisi produk dan manfaatnya. Mustela mengatakan bahwa bahan Mustela Barrier Cream ini 98% alami, aman untuk bayi newborn dan bayi yang berada di NICU, serta tentu sudah dermatologically tested. Menurut website mereka, Mustela Barrier Cream ini mencegah kemerahan pada area popok, menenangkan kemerahan kulit bayi, dan memperbaiki lapisan kulitnya.


review pure baby diaper cream, diaper cream terbaik, diaper cream untuk newborn, review mustela diaper cream, review mustela barrier cream, review sleek diaper cream, diaper cream recommended, diaper cream untuk kulit sensitif



Selama aku memakai Mustela Barrier Cream ini, jelas ini yang paling bagus. Teksturnya lebih padat dari PureBB Diaper Cream. Bisa digunakan untuk ruam ASI dan bisa juga kita gunakan sendiri kalau pas ada lecet-lecet, hehe. Komposisinya ada Aqua (Water), Zinc Oxide, Paraffinum Liquidum (Mineral Oil), Methyl Glucose Dioleate, Propylene Glycol Diethylhexanoate, PEG-45/Dodecyl Glycol Copolymer, Titanium Dioxide, Glycerin, Ceresin, 1,2-Hexanediol, Ethyl Linoleate, PEG-8, Butyrospermum Parkii.


Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream

Aku mendapatkan Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream ini kalau nggak salah antara karena diberi orang atau dapat endorsement. Aku memakai Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream ini hanya sebentar, kira-kira sebelum aku memakai PureBB, dan aku gunakan ketika Laiqa masih bayi sebelum satu tahun. 


Kebetulan Laiqa kurang cocok dengan krim ini. Karena ketika ada ruam popok, dia kurang cepat memulihkan kulitnya Laiqa. Laiqa masih suka mengeluh dan menggaruk kulitnya. Selain itu, teksturnya lebih lembek dari dua merek cream yang sudah aku sebutkan lebih dulu. 


review pure baby diaper cream, diaper cream terbaik, diaper cream untuk newborn, review mustela diaper cream, review mustela barrier cream, review sleek diaper cream, diaper cream recommended, diaper cream untuk kulit sensitif



Kurasa ini hanya masalah cocok-tidak cocok. Karena, kandungan Sleek Baby Antibacterial Diaper Cream ini juga menurutku cukup bagus. Komposisinya ada Aquam isohexadecane, hydroxyethyl urea, cetearyl alcohol, potassium cetyl phospate, hydrogenated palm glycerides, butyrospermum parkii butter, caprylic triglyceride, hydroxypropyl starch phospate, zea maya starch, glyceryl stearate, peg-100 stearate, petrolatum, hydroxyacetophenone, fragrance, anthemis nobilis flower extract, propylene glycol, sorbitan caprylate, propanediol, benzoic acid, persea gratissima (avocado) oil, argania spinosa kernel oil, bisabolol, disodium edta, tocopheryl acetate.


Nah, itu tadi beberapa merk diaper cream untuk kulit sensitif yang pernah dipakai oleh anak keduaku, Laiqa. Kalau Mahira dulu, dia hanya memakai PureBB dan Cussons. Agak santai, sih, karena Mahira tidak ada keluhan kulit sensitif.


Menurutku, meskipun anak sudah besar dan tidak memakai diaper lagi, ada baiknya kita tetap nyetok krim seperti ini. Soalnya, ada banyak manfaat. Misalnya, ketika lagi gatal, lecet, dan mengalami luka lainnya.


Apakah ada Bunda yang memakai diaper cream yang sama? Coba share di kolom komentar, yuk.






19 komentar

  1. Setiap anak jenis kulitnya berbeda-beda ya, begitupun penggunaan produk diaper cream jadinya cocok-cocokan disetiap baby. Huuu, suka kasihan popoknya kalo punya anak yang kena ruam popok, semoga sebagai ibu bisa memilih yang tepat untuk anaknya.

    Aku lupaa, dulu waktu anak bayik pake apa yaa, soaleudah 18 tahun yang lalu.

    BalasHapus
  2. dulu pas anakku bayi, aku juga beli macam2 rash diaper mba wkwkwk soalnya belum jaman teknologi canggih kayak sekarang yang bisa cek berdasarkan review di internet :)

    BalasHapus
  3. Mustella banyak direkomendasikan ya Mba.
    Di berbagai forum ibu2, bejibun yg menyarakan pakai diaper cream ini.
    tapi, mengingat harganya yg svltan, ya okaisip baiklah cukup beberapa ibu2 aja dah yg bisa repurchase wkwkwk

    BalasHapus
  4. yaampun.. aku belum pernah coba semuanya.
    biasanya pakai zwitsal atau cussons.. baru nyoba 2 itu mba dan anakku kayaknya sih lebih cucok pake zwitsal..

    BalasHapus
  5. dulu juga punya pengalaman anak sy dimana lecet ketika pake diaper, krn lupa pake cream. Amit-amit jangan sampe deh kembali kek gtu.

    BalasHapus
  6. diaper cream itu memang penting banget ya mba soalnya anak - anak yang pakai diaper akan sangat membutuhkannya. Aku pernah punya pengalaman yang ngga enak karena rash gara - gara diapers yang menimpa anakku.

    BalasHapus
  7. Kulit bayi itu emnag sensitif bangetvyaa, wajib pilih pilih banget milih produk buat kulitnya mereka

    BalasHapus
  8. Aku pernah menggunakan mustella rash diaper mbak, tapi anakku ternyata kurang cocok, jadi tetep merah pakai itu. akhirnya aku pakaikan cusson baby cream. alhamdulillah cocok. sampai sekarang dia pakai cusson baby cream ke seluruh tubuhnya sehabis mandi

    BalasHapus
  9. Anakku kena ruam popok sampai meraaah bentol-bentol. Heuu ga tega lihatnya. Ini Cobain rash cream Mama's Choice tapi belum gitu membaik. Sementara juga jarang pakai popok supaya enggak makin parah.

    BalasHapus
  10. Jadi inget masa-masa anak-anakku masih kecil nih ada aja drama kulit yang mengalami ruam atau masalah terlebih untuk anakku yang kedua yg kulitnya agak sensitif...alhamdulillah sekarang ada solusi praktis begini ya...

    BalasHapus
  11. Anak saya pernah pakai yang Sleek, alhamdulillah langsung cocok, jadi nggak nyobain produk lain.

    BalasHapus
  12. Yang cream mau aku rekomendasi buat keponakan aku yang alami ruam ruam kulit, mba. Bagus karna banyak juga yang rekomendasiin ini aman dan efektif buat anak

    BalasHapus
  13. Kulit bayi memang sensitif banget ya, mbak. Klo aku pake rash cream dari mama's choice.

    BalasHapus
  14. Sleek baby diaper cream salah satu andalanku dulu waktu anak masih kecil dan mesti pake diaper. Bagus dan cocok sih memang untuk mengatasi ruam akibat pemakaian diaper. Kasihan lho anak kecil tuh kalau sampai ada ruam begitu.

    BalasHapus
  15. Kulit anak sensi ini cobaan banget ya mbak. Kudu selalu sedia krim ruam di rumah ya. Anakku awal2 dulu pernah pakai Sleek atau cussons hehe
    Kalau sekarang andalanku Atopiclair mbak. Cukup ampuh cuma sayang belinya di apotek atau MP aja gk sebebas yg lain.

    BalasHapus
  16. Aku pake merek zwitsal dan pure juga mak. Alhamdulillah sih jarang ruam tapi emang harus nyetok. Bisa bisa melembabkan juga karena dieper cream ini emang beneran banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  17. Baca-baca artikel beibi, katanya Mustella yang paling ampuh yaa...Cepet banget kerjanya dan bikin kulitbeibi lembut kembali.
    Kulit sensitif memang kudu jeli dalam memilih kosmetik.

    BalasHapus
  18. Pure, Mustela, Sleek, Sebamed, termasuk brand produk skin care bayi yang menurutku bagus banget. Ya sebanding sih dengan harganya ya. Tapi aku sendiri pakenya cussons karena waktu it usekalian belinya di marketplace, wkwkkwkw

    BalasHapus
  19. Jadi nambah khazanah aku beneran pas ntar dititipin atau diamanahin untuk jadi ibu kelak. Moga selalu ttp semangattt dan sehat yaaa anak2nya Bunda.

    BalasHapus