Review Scarlett Facial Wash dan Scarlett Acne Serum, Cocok untuk Kulit Berjerawat



Sebelum memakai Scarlett Acne Serum, aku merasa kalau mencari serum untuk kulit berjerawat itu susah-susah gampang. Aku sendiri tidak memiliki pengalaman yang sangat berkesan dalam menggunakan serum. Karena, tidak banyak memberi perubahan pada wajahku. Apalagi, dalam dua tahun terakhir, kondisi wajahku yang semula hanya sekadar oily menjadi acne prone. Ini membuatku sangat selektif dalam memilih skincare.


Aku sering melihat beberapa temanku menjajal serum ini itu, tapi, aku tidak berani mencobanya. Sampai akhirnya aku kembali penasaran dengan produk Scarlett yang banyak diulas orang. Salah satu influencer yang aku lihat sering memakai itu ya Rachel Vennya. Kulihat, dia punya masalah yang sama sepertiku yaitu jerawat yang gede huhu. Sudah begitu, dia kan juga ibu muda, ya, dan usianya nggak jauh beda dariku. Jadi, kurasa masalah kulit kami mirip-mirip.


Di bawah ini, aku akan mengulas Scarlett Acne Serum yang aku gunakan pada kulit wajahku yang sangat mudah berjerawat dan ada beberapa bekas jerawat. Meski awalnya aku agak takut mencoba produk selain yang diberikan oleh dokterku, ternyata acne serum-nya Scarlett ini cocok untuk kulitku yang berjerawat dan bisa memudarkan bekas jerawat juga. Ada juga Brightening Facial Wash yang juga membuatku tertarik untuk mencoba karena ada rose petalnya.


Scarlett Acne Serum

Pertama pakai serum ini, aku langsung suka. Sebab, aromanya tidak menggangguku dan teksturnya sangat light. Aku tidak terlalu pintar dalam membaca kandungan produk, tetapi, satu yang aku tahu bahwa orang dengan kulit oily dan acne prone, sebaiknya memakai skincare yang teksturnya tidak terlalu berat. Soalnya, kulit kita tuh sudah banyak menanggung beban dan dosa hahah.


Seringan apa teksturnya? Seperti air biasa dan sangat mudah menyerap. Aku agak kaget awalnya, karena dulu aku juga pernah memakai serum dan itu teksturnya lebih kental. 


Serum ini biasa aku gunakan pada malam hari saja. Oh, ya, aku juga memakai skincare lainnya dan Scarlett Acne Serum ini bisa bekerja dengan baik bersamaan dengan skincare yang lain. Ini membuatku sangat menyukai Scarlett Acne Serum dan akan terus aku gunakan.


Selain itu, aku juga menyukai cara kerja serum ini yang cukup cepat memudarkan bekas jerawat. Aku ada masalah di mana jerawatku sangat mudah muncul. Ada beberapa faktor pemicu munculnya jerawat. Pertama, karena menstruasi. Kedua, biasanya muncul karena aku baru memakai make-up. Ketiga, karena pemakaian masker yang terlalu lama. Dan keempat, kadang karena aku stres serta makan yang kurang sehat.


Kamu bayangkan sendiri, dalam sebulan, jerawatku bisa muncul 2-3x. Gimana aku nggak pusing. Jerawatnya kadang besar, kecil, kadang juga sakit. Sudah begitu, seringkali ada bekasnya. Sementara, dokterku yang memberi treatment pada jerawat memberi obat yang sifatnya mengatasi setelah munculnya jerawat. Kurasa skincare lamaku dari dokter tidak terlalu efektif dalam pencegahan, karena ya jerawatku masih mudah banget muncul setiap bulannya.


Maka dari itu, Scarlett Acne Serum ini sangat membantuku. Ini karena Scarlett Acne Serum ada kandungan Salicylic Acid, dia memiliki fungsi mencegah munculnya jerawat. Buatku ini penting yaa, bok, karena aku sangat ingin kulit wajahku kembali seperti dulu. Nggak gampang jerawatan, jerawat muncul sewajarnya dan cepat hilang.





Bicara soal kandungan, Scarlett Acne Serum memiliki kandungan aktif Tea Tree Leaf Water, Salicylic Acid, Jeju Centella Asiatica, Liquorice Extract, dan Vitamin C. Sebagian besar kandungan aktif ini cocok untukku. Aku memiliki skincare lain dengan kandungan tea tree leaf water, serta pernah memakai skincare dengan kandungan Salicylic Acid dan Centella Asiatica. Semuanya tak ada keluhan pada kulitku.


Liquorice Extract ini hal yang baru kudengar. Ternyata, setelah aku baca lagi, manfaatnya adalah menutrisi kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengatasi jerawat dan kulit kemerahan, mencegah hiperpigmentasi, dan menyerap kelebihan minyak di wajah. Kurasa, ini adalah hal yang baik. Dan terbukti, sepanjang aku memakai produk ini, aku tak memiliki keluhan apa-apa. 


Namun, aku sebetulnya punya pengalaman buruk dengan serum dengan Vitamin C. Terakhir aku memakai serum dengan kandungan aktif Vitamin C, dalam seminggu muncul jerawat yang besar banget pada hidung. Huhu. Ketika aku konsultasikan pada dokter, memang sebaiknya aku menghindari skincare dengan kandungan Vitamin C yang terlalu banyak. Ini agak membuatku sedih, sih, karena aku selalu suka dengan serum Vitamin C karena cenderung membuat kulit lebih bright.


Sempat aku khawatir akan mengulang hal serupa. Tapi, ternyata tidak! Scarlett Acne Serum ini bekerja cukup aman dan baik untuk kulitku. Kurasa ini masalah kadarnya aja yaa, mungkin Scarlett Acne Serum menggunakan Vitamin C dengan kadar yang aman untuk digunakan pada kulit yang berminyak dan berjerawat. Vitamin C pada Scarlett Acne Serum ini dapat berfungsi pula sebagai anti oxidant dan anti pollution.





Pada kemasan, Scarlett Acne Serum ini berisi 15 ml serta dapat digunakan pada pagi dan malam hari. Meski begitu, aku hanya memakai pada malam hari saja karena pada pagi hari biasanya aku lebih suka wajahku minim skincare. Scarlett Acne Serum juga sudah teregistrasi BPOM serta teruji bebas merkuri dan hydroquinon. 


Aman nggak buat bumil? Lebih baik konsultasikan dulu sama dokter kalian, ya. Kalau buat busui, sepertinya aman-aman aja, karena biasanya busui (terutama yang sudah ASI eksklusif) lebih longgar aturan penggunaan skincare-nya.


Scarlett Facial Wash

Aku sebetulnya lebih tertarik mencoba produk yang satu ini ketimbang Scarlett Acne Serum. Walaupun pada akhirnya, sepertinya aku lebih suka dan cocok dengan Scarlett Acne Serum hehe. Apa lagi alasannya kalau bukan karena rose petal yang menyenangkan saat dipandang hehehe. Sepertinya belum ada nih facial wash yang packaging dan tampilannya se-aesthetic ini. Betul, nggak?


Ketika pertama kali aku memakai Scarlett Facial Wash, aku langsung merasa ini seperti memakai Scarlett Body Wash Pomegranate tapi versi untuk diaplikasikan ke muka. Aromanya mirip, wangi dan segar. Meskipun wanginya ya biasa aja, nggak sekuat body wash. Teksturnya juga lembut, tidak ada scrubnya sama sekali. Aku sempat kaget karena sudah lama banget nggak memakai facial wash tanpa scrub atau butiran halus lainnya. Sebetulnya kalau diamati baik-baik, ada butiran-butiran halus, tapi nggak terasa kasar di kulit. Busanya pun cukup banyak ketika diusapkan ke wajah. Ini membuat aku betah berlama-lama menggosok mukaku dan membersihkannya secara merata.





Pasca pemakaian, ada efek instan berupa rasa halus pada kulit. Tidak ada rasa ketarik-tarik. Namun, beberapa waktu kemudian, aku merasa ada efek agak kering di sekitar area pipi meski tidak terlalu lama. 


Scarlett Facial Wash ini memiliki beberapa bahan aktif seperti Glutathione untuk meningkatkan kelembaban, elastisitas, dan mencerahkan kulit, Vitamin E untuk melembabkan kulit serta menenangkan kulit yang terkena peradangan, Rose Petals untuk menyegarkan kulit wajah, dan terakhir ada Aloe Vera untuk melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Komposisi lengkapnya dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini, ya.


Last but not least...

Aku merekomendasikan Scarlett Acne Serum dan Scarlett Facial Wash untuk kalian yang punya masalah kulit sepertiku. Terutama serumnya sih, lumayan bekerja dengan baik pada kulitku. Ada skincare umum yang nggak bikin ulah ke kulitku aja udah alhamdulillah, eh ini bisa memudarkan bekas jerawat juga. Kalau kalian punya jenis kulit yang berbeda, bisa coba varian lain untuk brightening yang berwarna pink.


Belinya di mana? Bisa langsung ke link ini. Kalau kalian mau lihat produk Scarlett lainnya dan ingin tahu info produknya, coba cek aja Instagram Scarlett di @Scarlett_Whitening. 


Itu tadi yah review Scarlett Acne Serum dan Scarlett Facial Wash dariku. Apakah ada yang sudah pakai kedua produk ini? Share pengalaman kalian di kolom komentar, dong :)

18 komentar

  1. Mantap Scarlett,
    Tampilannya juga cute, Keren dan nyenengin ya 😍

    BalasHapus
  2. Akupun pakai facecare Scarlett ini Mbaaa
    dan ya ampuun, super sukaakk banget ama hasilnya.
    beneran efektif kasih efek ke kulit.
    dan akupun suka ama bodycare-nya jugaaakk

    BalasHapus
  3. Tekstur sabun wajahnya Scarlett menarik banget. Sedih belum kesempatan coba sampai sekarang :"")

    BalasHapus
  4. Waaaah samaan Ka, aku lagi berjuang mengatasi jerawat ku. Nah yg aku suka dari serum acnenya dia cepet banget menresap & ringan di wajah, yg penting Jerawat reda

    BalasHapus
  5. Aduh face wash-nya lucu banget sih 😭 Aku belum cobain. Kalau serumnya aku udah coba mba, nampol buat jerawat ya.

    BalasHapus
  6. Aman banget yaa...menggunakan produk Scarlett face care.
    Aku belum pernah cobain, tapi dari reviewnya, jadi kepincut kepengen coba serum yang untuk brightening.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seger banget habis cuci muka pakai Scarlett Facial Wash.
      Masa-masa yang membutuhkan banyak kesabaran yaa..
      Alhamdulillah bertemu Scarlett face care. Berkah banget...bisa cocok.

      Hapus
  7. Wah kebetulan aku suka banget sama shower scrub scarlett yg pomegrante itu, nah pas dong kalau aku pakai facial wash ini. Uwaaa ga sabar mau coba

    BalasHapus
  8. aku kepo cobain face washnya soalnya menarik ada rose petalnya

    BalasHapus
  9. Aku baru coba acne serumnya nih, face wash nya belum, kalau lihat dari claimnya, sepertinya menarik untuk dicoba.

    BalasHapus
  10. makin banyak ya rangkaiannnya Scarlett ini dan suka banget sama wangi-wanginya, terus desain warnanya juga cantik banget

    BalasHapus
  11. aku juga pakai produk facecare dari scarlett ini kak, ternyata cocok banget untuk tipe kulit wajah ku yang berminyak, terutama penggunaan serum yang bikin kulit lembut, lembab namun tak berminyak. rekomended deh

    BalasHapus
  12. Aku pakai yg brightly mba, alhamdulillah cocok juga

    BalasHapus
  13. setuju banget, produk skincarenya Scarlett selalu memuaskan

    teksturenya, harumnya, manfaatnya semua saya suka dan cocok

    BalasHapus
  14. aku juga pakai produk serum scarlett ini tapi yang brigtheningnya. kalau di aku serum scarlett ini cukup berhasil membuat mukaku jadi lebih cerah dan nggak kusam lagi. hoho

    BalasHapus
  15. Ah penasaran kalo aroma nya mirip dengan Scarlett Body Wash Pomegranate. Tapi enggak strong dong, karena untuk muka paling suka kalo soft aja aromanya

    BalasHapus
  16. Aku sudah nyobain face wash dan serumnya. Alhamdulillah cocokkk... Jerawat jadi cepat kering dan batal tumbuh. Holy grail banget deh acne serumnya.

    BalasHapus
  17. setuju sama mbak nabila, dulu aku nyari serum yang buat dan cocok untuk kulit berjerawat susah dan bingung. Ada brand A takutnya malah bikin iritasi pada jerawat dan nambah parah. jadinya ga beli-beli
    dan aku sendiri akhirnya ikutan juga nyobain serum dari scarlett yang varian acne ini

    BalasHapus