Sewa Bus untuk Traveling Bersama Keluarga dengan TRACtoGo


Kerasa nggak, sih, kalau sekarang orang-orang sudah lebih berani bepergian dan tetap berusaha mematuhi protokol kesehatan? Menurutku ini pertanda yang bagus. Ini menunjukkan bahwa orang sudah bisa lebih beradaptasi dengan situasi pandemi. Aku pun juga sudah berani traveling di dalam negeri. Selama pandemi, alhamdulillah aku traveling ke Medan dan Banjarnegara. Kalau sedang butuh liburan singkat, aku memilih staycation di Surabaya atau jalan-jalan ke kota tetangga seperti Kota Malang.


Ketika traveling, aku amati banyak orang-orang yang bepergian bersama keluarga besar atau beramai-ramai dalam satu grup. Kurasa ini menjadi salah satu solusi agar tetap bisa asyik bepergian, biaya bisa lebih murah, dan tentu saja lebih aman. Pergi bersama keluarga besar atau kerabat bisa membuat bonding menjadi lebih kuat, lebih seru karena beramai-ramai, lebih aman karena sudah saling mengenal satu sama lain sehingga kalau ada yang sakit sesudah traveling bisa lebih mudah tracking-nya, dan tentu saja akan lebih hemat dan leluasa!


Aku jadi teringat salah satu idolaku, Frank Iero gitaris My Chemical Romance. Dia pernah melakukan perjalanan antar kota menggunakan bis. Dia sewa satu bus luxury untuk keluarganya yakni istri, tiga anak, serta ayah mertuanya. Mereka pun terlihat bahagia karena bisa mampir-mampir sesuka hati dan tentu lebih aman karena tidak tercampur dengan orang lain. 


Ketika melihat postingan dia di Instagram, aku jadi ikut kepengin melakukan road trip dengan keluargaku menggunakan bus kecil. Kalau kuingat lagi, sudah lama sekali aku tidak traveling bersama keluarga besar. Tentu bisa menjadi hal yang menyenangkan, ya. Semoga saja tahun depan keinginanku ini bisa terlaksana. Sekarang sih aku baru survei-survei saja, mulai dari survei destinasi wisata sampai survei sewa bus yang bagus. Sekalian nih, aku akan membagikan kiat bepergian aman dan menyenangkan bersama keluarga besar serta informasi sewa bus untuk traveling yang sudah aku kumpulkan. Baca sampai tuntas ya, Bund!


Kiat Bepergian Bersama Kerabat atau Keluarga Besar

Ada hal yang begitu berkesan bagiku ketika aku ke Medan. Orang-orang di sana gemar sekali berkumpul ramai-ramai. Sebetulnya kultur ini tidak hanya ada di Medan, tapi di seluruh Indonesia karena kita memang memiliki sifat komunal. Kondisi ini bisa sangat menyenangkan, lho, asal tahu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk bepergian dengan keluarga, terutama ketika pandemi. Tujuannya tentu saja agar semuanya tetap bahagia dan aman baik ketika bepergian maupun setelah pulang.


1. Memilih Koordinator di Keluarga. Anggap saja ini seperti pergi bersama teman-teman kantor, tentu ada orang yang perlu memesan banyak hal. Mulai dari memastikan konsumsi, mencari bus yang nyaman dan berkualitas, serta menyiapkan acara untuk kegiatan selama liburan bersama.


2. Persiapkan kondisi kesehatan sebelum berangkat. Karena ketika liburan bersama keluarga besar, kita akan berinteraksi lebih intens dan kemungkinan besar bakalan lepas masker. Oleh karena itu, demi menjaga diri dan keluarga, upayakan sebelum liburan tidak melakukan kontak erat dengan orang yang sedang sakit dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik.


3. Persiapkan vitamin untuk semua anggota keluarga. Sekarang ini orang sudah semakin sadar untuk menerapkan gaya hidup sehat dan rutin mengonsumsi vitamin. Walaupun demikian, kadang ada saja yang masih belum terbiasa dan lupa membawa vitamin ketika perjalanan. Sebaiknya, kita menyiapkan satu healthy kit yang berisi hand sanitizer kecil, tisu basah antiseptik, masker 3 lembar, serta satu bungkus vitamin untuk dibagikan ke seluuh anggota keluarga. Dengan begini, kita bisa mengupayakan agar semuanya tetap sehat selama traveling.


4. Sediakan berbagai opsi hiburan. Pilihan hiburan yang aku maksud bukan hiburan ketika sudah berada di tempat acara, tetapi hiburan di perjalanan. Kalau bepergian bersama keluarga besar, otomatis perjalanan darat yang bakalan banyak kita pilih, bukan? Tetapi, perjalanan darat bisa begitu membosankan. Sebaiknya, kita mempersiapkan hiburan di bus yang kita sewa seperti microphone untuk karaoke dan lagu-lagu yang asyik untuk dinyanyikan bersama selama perjalanan.


5. Sewa bus yang aman dan nyaman. Indikator bus yang aman itu kalau perusahaan penyewa bus rutin melakukan pengecekan kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk seluruh karyawannya. Sehingga kita pun sebagai penyewa juga lebih tenang. Sementara untuk persoalan kenyamanan, ada beragam faktor yang mendukung. Bisa dari kursi yang empuk dan dapat disandarkan untuk tidur, area kaki yang luas, dan tambahan fasilitas lainnya. 


Hanya saja, tantangannya sekarang itu tentu perlu agak selektif ya dalam mencari jasa persewaan bus yang bisa memberi failitas yang baik, nyaman, sekaligus mengupayakan keamanan klien dengan optimal. Kalau aku bisa memberi saran, gunakan saja aplikasi jasa persewaan bus seperti TRACtoGo. Menggunakan aplikasi tentu lebih aman karena sudah pasti mereka memiliki standar tersendiri dalam menjaga karyawan dan kebersihan armada bus. Terlebih, aplikasi TRACtoGo ini juga bagian dari perusahaan Astra, sudah pasti terjamin kualitasnya.


Saya ketika liburan keluarga bersama mertua.


Sewa Bus Aman dan Nyaman di TRACtoGo

Setuju kan kalau yang terpenting sekarang ini adalah keamanan? Nah, TRAC ini juga memiliki fokus protokol kesehatan dengan nama SMART PROTOCOL. Bentuk dari SMART PROTOCOL ini meliputi:

1. melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan melayani dan setelah melayani pelanggan;

2. menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani penumpang;

3. menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut penumpang;

4. memberikan sekat pembatas (berbahan fiber) antara driver dengan penumpang;

5. setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan;

6. setiap driver yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan;

7. driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada penumpang.


Sebelumnya, TRAC ini lebih banyak melayani kebutuhan klien untuk rental mobil. Tetapi karena ada banyak pula permintaan untuk armada yang lebih besar, akhirnya TRAC pun menyediakan layanan sewa bus agar semakin lengkap pilihan untuk klien. Layanan sewa bus TRAC ini dapat menjadi pilihan untuk rombongan yang ingin melakukan perjalanan darat di dalam maupun di dalam kota serta bisa juga untuk korporasi dan keperluan personal. 


Hal yang paling aku suka dari TRAC Bus adalah banyak varian bus yang mereka tawarkan. Mulai dari small bus, medium, big, hingga yang bertipe luxury. Pada setiap bus, TRAC selalu melengkapi alat untuk keselamatan dan keamanan penumpang seperti palu pemecah kaca, pintu darurat, dan tabung pemadam kebakaran. Driver TRAC Bus pun terlatih dan berpengalaman. Berbagai fasilitas ini tentu membuat kita semakin worry free, kan?


Berikut beberapa varian bus pada TRAC Bus:

1. Luxury Bus. Ini pilihan bus yang menurutku paling nyaman. Ada dua kapasitas yakni 11 seat dan 15 seat. Kalau kamu ingin mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan dalam perjalanan darat, kurasa luxury bus dari TRAC Bus ini cocok buatmu. Selain itu, biasanya luxury bus TRAC banyak digunakan oleh eksekutif dan sosialita juga. Sejumlah fasilitas yang tersedia pada luxury bus antara lain AC, LCD TV pada tiap seat, mic untuk karaoke, reclining seat, leather seat with foot rest, meeting room, pantry, toilet, safety system (full safety belt, APAR, P3K, & palu pemecah kaca).


2. Big Bus. Bus yang satu ini tepat sekali untuk keperluan pariwisata bersama rombongan. Kapasitasnya besar yakni 47 seat dengan konfirgurasi seat 2-2 dan 59 seat dengan konfigurasi seat 3-2. Ideal banget untuk tour kita, kan? Big Bus dari TRAC ini menyediakan fasilitas yang komplit juga, lho, seperti AC, LCD TV, mic untuk karaoke, reclining seat, safety system (full safety belt, APAR, P3K, & palu pemecah kaca).


3. Medium Bus. Sesuai namanya, Medium Bus TRAC memiliki kapasitas 31 seat dan 35 seat. Cocok juga untuk bepergian bersama rombongan kecil. Fasilitas yang tersedia untuk tipe Medium Bus ada AC, LCD TV, mic untuk karaoke, reclining seat, safety system (full safety belt, APAR, P3K, & palu pemecah kaca).


4. Small Bus. TRAC menyediakan Small Bus Toyota Coaster dengan kapasitas maksimal 16 seat dan sangat cocok untuk kamu yang ingin privasi ketika bepergian dengan keluarga. Fasilitasnya juga komplit seperti tipe sebelumnya, yakni AC, LCD TV, DVD Player, sound system, reclining seat, safety system (full safety belt, APAR, P3K, & palu pemecah kaca).


Macam-macam bus TRAC.



Kemudahan Pemesanan Via Aplikasi TRACtoGo

TRAC Bus saat ini berbasis di Jakarta dan Surabaya serta melayani kemanapun tujuan klien. Kabar baiknya, nih, mulai bulan Januari 2022 besok kita bisa menyewa TRAC Bus melalui TRACtoGo. Sekarang download aja dulu aplikasi TRACtoGo. Sudah ada di Play Store dan App Store lho. Nanti bakal ada banyak promo juga pada bulan Januari!


Menurut website dan pengalaman pengguna yang kubaca, reservasi bus melalui aplikasi di TRACtoGo sangat aman dan mudah. Jaringan layanan TRAC tersebar di lebih dari 18 kota di Indonesia dan TRAC pun siap melayani kebutuhan transportasi domestik para klien. TRAC juga memberikan jaminan proteksi berupa proteksi asuransi, jaminan kondisi armada yang prima, serta konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan. Para pengemudi bus di TRAC merupakan profesional dan telah berpengalaman sebagai driver.


Menariknya, TRAC Bus bukan sekadar menyewakan bus saja. TRAC juga melengkapi fasilitas dengan TRAC Fleet Management Solution agar mampu memastikan keselamatan dan keamanan klien secara akurat setiap saat. Kalau misalnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, teknologi ini mampu memberi tahu tim TRAC agar segera merespon kondisi darurat engan cepat.


Kalau kamu masih ingin tanya-tanya lagi, TRAC juga memberikan layanan pelanggan 24/7. Customer Assistance Center TRAC dapat dijangkau melalui telepon di nomor 1500-009 atau melalui aplikasi WhatsApp di nomor (+62)811-1177-087 untuk pusat bantuan dan informasi. Setelah menggunakan layanan, Bunda juga dapat memberikan feedback kepada TRAC melalui email di rco.nasional@trac.astra.co.id.


Penutup

Sebagai orang yang suka sekali jalan-jalan, aku sangat senang ada sewa bus di Surabaya dari TRAC yang dapat aku jangkau dengan mudah. Fasilitas yang nyaman serta kemampuan TRAC Bus memberikan rasa aman bagi klien membuat aku tahu kemana harus memesan jika tahun depan keluargaku ingin jalan-jalan bersama. 


Apakah ada Bunda yang sudah pernah menggunakan layanan TRAC Bus ini? Ataukah ada layanan lain dari TRAC yang pernah bunda gunakan? Coba bagikan cerita Bunda di sini, yuk.

 

38 komentar

  1. Kalau baca secara detail ulasannya Kak, TRACtogo sangat profesional nih, karena salahsatunya tetap mengikuti prokes dan sudah pasti keselamatan penumpang nomor satu. Kalau ada kesempatan berkunjung ke Surabaya, akan saya coba fasilitas TRACtogo.

    BalasHapus
  2. Jika memang dibutuhkan, sewa bus di tracgo bisa dipilih untuk bepergian sekeluarga

    BalasHapus
  3. Pandemi membuat rencana travelling gagal ya mbak. Tapi bersyukur sekarang tempat wisata sudah dibuka kembali. Meski begitu protokol kesehatan harus diterapkan bila kita ingin bepergian. Baru tahu tentang TRACtoGo ini mbak, recommended banget ya sebagai sarana transportasi, apalagi ada sewa bus untuk wisata rombongan dengan pelayanan yang memuaskan, bisa deh jadi pilihan transportasi saat kita ingin berwisata bareng keluarga.

    BalasHapus
  4. Meski pandemi, kita masih bisa tetap traveling dengan menggunakan rental bus. Salah satunya pakai jasa bus dari TRAC ini. Prosedur prokesnya oke banget sih, karena biar penumpang jadi lebih nyaman selama di perjalanan. BTW, saya pernah sekali nyobain naik bus (big bus) TRAC ini. Kursinya lega, nyaman dan pelayanannya profesional pula.

    BalasHapus
  5. TRAC sekarang semakin berkembang ya, yang awalnya dulu aku tau sewa mobil aja dan service perbaikan mobil sekarang ada jasa sewa bus dan bisa dipesan lewat aplikasi juga. wah makin mantap nih

    BalasHapus
  6. Persiapannya memang kudu mantap kala melakukan perjalanan di masa pandemi ini, biar lebih aman

    BalasHapus
  7. Waah, cocok banget nih buat jalan-jalan tapi tetap aman
    Apa lagi kalau perginya semua diangkut ya mba, kakek-nenek, kakak-adik semua angkut!
    Sewa bus bisa jadi pilihan dibanding naik mobil yang sendiri-sendiri

    BalasHapus
  8. Wah, yang small bus ini kayaknya cocok buat dua keluarga kecil ya mba. Keluargaku dan keluarganya, eh gimana. Bakal direkomendasikan ke ortu sama tante2 sih buat jalan2 pas kumpul Lebaran

    BalasHapus
  9. Menarik banget nih layanan dari TRAC. Berharap layanannya diperluas hingga Sulawesi juga. Karena memang jasa layanan sewa dan rental di sini masih sangat kurang, apalagi ini bus

    BalasHapus
  10. sewa bus TRAC ini kayanya nyaman yaaa mba, cocok untuk acara fieldtrip sekolah or jalan-jalan keluarga nanti kalo sudah gak pandemi yaa

    BalasHapus
  11. Memilih Koordinator di Keluarga itu penting banget loh mbak. Mengingat membawa banyak orang saat bepergian itu rawan ricuh hahaha

    BalasHapus
  12. Secara unit, kayaknya TRAC nih nyaman banget. Kayak baru semua unitnya. Tapi belum pernah nyoba sih... Kalau ada acara gathering kudu rekomendasiin TRAClah nih...

    BalasHapus
  13. pergi bareng keluarga besar memang menyenangkan ya mbak
    emang klo ngomongin sewa mobil, juranya ya pasti TRAC ini

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah banget yaa..
    Sekarang sudah ada solusi bepergian yang aman dan nyaman dengan TRAC TO GO. Yang bikin ayem tuh..karena sudah menerapkan Smart Protocol. Sehingga kepercayaan pengguna semakin meningkat dan bisa berwisata bersama keluarga, rekan sekantor ataupun rombongan dalam jumlah besar.

    BalasHapus
  15. Memang lebih aman sewa mobil atau bus sendiri ya apalagi masih pandemi. Lebih mudah pula ga usah gonta ganti kendaraan.

    BalasHapus
  16. Aku belum pernah pakai mbak. Udha lama sekali belum pernah berwisata rame-rame lagi. Ini bisa jadi referensi saya nanti kalau mau sewa bus mbak. Banyak pilihan jenis busnya ya.

    BalasHapus
  17. wah kalau udah bahas TRAC yang punya pastinya pelayanannya bagus banget dan jadi pengen cobain sama eluarga traveling bareng deh

    BalasHapus
  18. Pandemi uda mulai menghilang ya kak. Bisa buat rekomendasi travelling sekeluarga nih hehhehe.

    BalasHapus
  19. Mba, aku baru tahu loh ada bus yang dilengkapi fasilitas meeting room nya :D maaf ya norak banget aku nih. Tapi beneran aku pasti akan rekomendasiin TRAC deh kalo mau traveling.

    BalasHapus
  20. Bepergian dengan keluarga besar emang PR banget pastinya ya. Apalagi memilih koordinator. Harus yang gercep dan mengerti ama warga. Dan harus bisa punya jiaw, mental yang kuat menghadapi banyaknya jenis tingkah warga. Selain itu akomodasi juga penting banget. Untung TRAC udah sediain kebutuhan yang memudahkan ya..

    BalasHapus
  21. Tetanggaku juga gini, dia sewa bus mbak. Karena kadang acara nikahan keluarga di mana gitu. Nah pada patungan sekalian sewa bus buat pergi ke daerah lain. Karena kalau nikahan jauh perlu mobil besar biar muat keluarga besar

    BalasHapus
  22. jujur baru-baru ini aku tau kalo bus ternyata bisa disewa wwkwk.. sebelum itu yang aku tau ya cuma bus damri sama bus trans.

    BalasHapus
  23. anakku kmrn pertama kali naik bis waktu mau manasik haji dari TKnya, dan dia ternyata suka banget naik bis, emang nyaman sih naik bis itu, pemandangannya juga bagus dilihat dr dalam bis drpd naik mobil kecil

    BalasHapus
  24. TRAC kerasa ngebantu banget pas kita sedang di tempat yang kita tidak paham dengan kondisi medannya. Jadi tinggal sewa kendaraan di TRAC kita bisa nyaman pergi ke berbagai destinasi...

    BalasHapus
  25. wah udah lama saya enggak piknik barengan sama keluarga mbak. Terakhir ke walimahan keluarga besar di Bandung. Emang paling enak itu nyewa bus sendiri ya, biar puas gitu karena satu keluarga masuk semua yaa hehe

    BalasHapus
  26. pas banget ya Mbak, ini udah masuk waktu liburan anak, bisa banget nih traveling bareng keluarga dengan sewa bus di TRACtogo apalagi TRAC sangat ketat ya soal prokes gini. InsyaAllah aman dan nyaman deh ya kann TRAC punya armada lengkap yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan :)

    BalasHapus
  27. Liburan begini, uda paling pas banget mempercayakan transportasi kepada TRAC TO GO. Berangkat bersama keluarga besar menuju tempat liburan seru dengan prokes yang sudah dijaga ketat, SMART PROTOCOL menjadi andalan.

    BalasHapus
  28. Kudu dipersiapkan dengan benar2 ya kalau mau bepergian bareng keluarga besar gini. Terutama masalah transportasinya nih agar nyaman selama di perjalanan. Oke juga nih udah ada Tractogo yang praktis tinggal kita klik klik aja untuk mencari pilihan mana yang paling bagus kita ambil.

    BalasHapus
  29. Keluarga besarku dulu juga pernah road trip rame rame gini mbaaaa, seruuuu. Tapi belum terlaksana lagi karena ada anggota keluarga yang belum bisa vaksin karena kondisi kesehatan. Hopefully bisa travelling rame rame lagi, TRAC jadi alternatif banget....

    BalasHapus
  30. Banyak juga transportasi yang disediakan oleh TRAC ya, Mbak. Aku pernah nyobain sewa mobil lewat TRAC pas di Semarang. Alhamdulillaah amaan2.

    Btw, tau pas di Serulingmas tak samperin, Mbak. Rumahku paling 10 menit dari bonbin itu. Hahaha

    BalasHapus
  31. Kalau dari Astra pastijaminan kualitas dan kenyamanan memang udah yang paling terbaik. Nambah lagi refrensi penyewaan bus TRAC dengan standar kualitas yang ditawarkan. Pilihan jenis busnya bisa menyesuaikan banyak-sedikitnya rombongan perjalanan

    BalasHapus
  32. Wah keren nih ide nya road trip bareng keluarga besar naik bus. Aku juga mau tapi pingin nya kalau anak anak udah agak gedean aja lah. Semoga trac masih ada dan prokes tetep jalan. Aamiin

    BalasHapus
  33. mumpung keluarga besar, cocok utk sewa bus. Apalagi kami doyan traveling. Wuih, JKT-BDG enak nih, pas libur semester.

    BalasHapus
  34. Traveling makin mudah dgn keluarga, dimana hadirnya jasa bus TRAC jadi pilihan disaat mau traveling.

    BalasHapus
  35. Iya banget mba nabila.. Aku jg blkgn ini karena ada keperluan jadi sering bolak balik ke luar kota juga. Sewa mobil seperti trac to go ini solutif dan aman menurutku, apalagi pandemi gini jd parno jg naik kendaraan umjm dlm jangka waktu lama gt

    BalasHapus
  36. Bisa jadi refrensi nih dikala pandemi telah usai, traveling ke surabaya akan menyenangkan banget pastinya sewa bus TRAC

    BalasHapus
  37. Jalan2 rombongan bareng keluarga besar emang enaknya langsung sewa bus aja ya. Pastinya lebih seru. Apalagi sekarang kalau mau sewa bus gak perlu pusing lagi cari dimana ya karena ada TRAC TO GO yang praktis dan punya pelayanan oke.

    BalasHapus
  38. wah keren yaa, mau kemanapun gak perlu khawatir lagi. Apalagi dimasa pandemi gini juga udah aman bangetpake bis TRAC ini. Bisa jadi pilihan nih kalau mau pulang kampung..

    BalasHapus