Review Gendongan Bayi yang Nyaman, Aman, dan Awet

Maret 01, 2019




Heyho Bunda! Postingan ini masih berhubungan erat sama postingan sebelumnya yah. Di sana aku bercerita singkat tentang manfaat menggendong serta pengalamanku dalam menggendong anak pertama dan kedua. Dibanding anak pertama saat masih sama-sama newborn, aku lebih sering berinteraksi dan menggendong Si Bungsu. Dulu ada ibuku yang hampir selalu mengambil alih porsi menggendong Si Kakak. Sekarang, ibu sudah nggak bisa terlalu sering menggendong cucu keduanya karena banyaknya aktivitas dan karena lebih rutin menemani kakak.

Belajar dari anak pertama, aku lebih sigap jelang kelahiran anak keduaku. Aku mulai memperbaharui pengetahuanku tentang menggendong dan aku mulai hunting beberapa gendongan yang mendukung proses babywearing agar sama-sama nyamannya gitu.


Ilmu Baru Tentang Gendong-menggendong

Baru aku ketahui bahwa dunia pergendongan ini cepat sekali ya updatenya. Dulu di anak pertama, aku hanya tahu istilah M shape yakni posisi menggendong anak dengan membiarkan kakinya terbuka lebar menghadap tubuh bunda sehingga terlihat seperti membentuk huruf 'M'. Posisi M shape ini banyak dipraktikkan oleh bunda milenial, karena memang mereka bisa dengan mudah dapet informasi di internet ataupun seminar-seminar parenting tentang wawasan terbaru ini. Generasi tua? Biasanya cenderung menegur dan protes sih kalau melihat bayi digendong dengan cara begitu! Hehehe. Ada yang pernah kena teguran? Hihihi.
  
Sekarang rupanya ilmu seputar pergendongan bayi ini terus diperbaharui dan banyak disosialisasikan. Bahkan mulai bertebaran doula dan ibu-ibu yang mengantongi konsultan babywearing bersertifikat”. Iya, ada sertifikasinya sendiri! Bahkan sudah banyak gerakan babywearing international yang mempromosikan menggendong bayi sambil tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Dari beberapa komunitas babywearers dan media seputar parenting aku mulai mengenal prinsip TICKS dalam menggendong bayi. Detailnya bisa dilihat di gambar ini:


Prinsip TICKS dalam menggendong bayi.


Untuk mendukung kenyamanan aku dan Laiqa, juga agar aku tetap bisa mempraktikkan babywearing, beberapa bulan sebelum Laiqa lahir aku sudah membeli gendongan kaos (geos) pertamaku dengan merk Mere et Moi di platform Shopee. Pertama tau merk ini saat tanya sama teman dan aku memegang sendiri bahannya. Bahannya emang adem dan nyaman di kulit. Kata temanku yang udah lama pakai geos, punya Mere et Mooi nggak mudah berubah bentuk. Wah aku penasaran kan, dan nggak pake lama aku kepoin IGnya. Rupanya Mere et Moi ini adalah gendongan kaos pertama yang bersertifikat SNI. Luar biasa, ya! Nggak salah kalau Mere et Moi mengusung slogan premium baby products. Kalau sudah ber-SNI harusnya sudah memenuhi dengan standar keamanan untuk anak dan nggak diragukan lagi kualitas bahan maupun desainnya.

Kebetulan beberapa hari setelahnya ada flash sale dari Mere et Moi di Shopee. Aku inget banget bisa dapetin gendongan ini cuma dengan harga 99 ribu rupiah plus free ongkir! Yuhuu menang banyak eyke! Hahaha. Gendongan ini aku pakai sejak Laiqa baru lahir sampai ia berusia 3 bulan dengan cara menggendongnya miring dan bersandar pada lengan kiri.

Makin gede, aku mulai kerasa lebih capek dan butuh gendongan yang hands free. Geos pertamaku itu, kebetulan nggak handsfree alias masih perlu tangan sebagai penyangga. Kalau anak sudah di atas 6 bulan sih bisa ya jadi hands free, tapi problemnya adalah anakku masih 4 bulan nih hehehe jadi belum sempurna betul dalam mengangkat kepala. Kalaupun di posisi berdiri, dia masih perlu disangga di bagian leher dan punggungnya.

Beruntung, Mere et Moi punya varian gendongan lain yang sangat mendukung proses babywearing dan mendukung aku menyelesaikan pekerjaan tepat waktu di rumah. Ada dua gendongan Mere et Moi yang mau aku ulas di sini. Pertama, Cukin Kaos dan yang kedua adalah Geos Pro.


Cukin Kaos Mere et Moi: Nyaman dan Fleksibel

Awalnya aku agak asing dengan istilah cukin. Yang aku tau ya gendongan jarik, mungkin karena aku dari Jawa Timur ya. Rupanya istilah yang lebih umum adalah cukin, kain panjang yang biasa digunakan untuk menggendong bayi. Cukin ini biasanya tanpa ring dan kekuatannya mengandalkan simpul.

Nah, Mere et Moi ini rupanya memiliki banyak motif cukin yang beragam dan lucu banget! Beda jauh sama cukin tradisional yang umumnya menggunakan motif batik yang seringnya kurang matching sama pakaian karena warnanya cenderung mencolok dan nggak cakep kalau dipake foto buat Instagram! Hehe. Kalau cukin tradisional atau jarik ini, aku sudah punya banyak. Rata-rata diberi nenekku. Konon katanya orang dulu, kalau neneknya si bunda masih ada saat ia punya bayi, sang nenek harus memberi jarik agar tangannya nggak “buyuten” atau gemetaran tanda sudah sepuh. Percaya atau enggak, ya?

Nggendong pakai Cukin Kaos Mere et Moi


Anyway, balik lagi ke Cukin Kaosnya Mere et Moi. Aku punya cukin Mere et Moi dengan kombinasi warna hijau tosca dan abu-abu serta bermotif salur. Seperti biasa, Mere et Moi selalu unggul pada bahan yang dingin, nyaman di tubuh bunda maupun bayi, dan nggak bikin cepat lelah. Harga Cukin Kaos Mere et Moi ini hanya 130 ribu rupiah.

Cukin ini bisa digunakan untuk usia berapa? Menurutku sejak newborn cukin sangat aman digunakan, terutama kalau bunda masih agak ragu dan takut mencoba posisi M shape untuk bayi yang baru lahir. Aku termasuk yang ragu sih saat Laiqa masih usia sebulanan, jadi aku lebih banyak mengambil posisi tidur saat menggendong Laiqa. Lagipula bayi usia 1-2 bulan kan kerjaannya molor mulu, yak!

Kelebihannya apa saja? Motif. Ini kelebihan pertama menurutku. Motif dan warnanya lucu dan emesh banget. Kedua, bahan. Karena mengusung bahan kaos, bukan kain yang kaku seperti cukin jarik, Cukin Kaos Mere et Moi ini lebih adem dan ramah di kulit anak maupun untuk penggendong. Ketiga, jahitannya rapih banget! Keempat, ada sakunya. Hayo, cukin jarik mana yang punya saku? Gak ada khaan pemirsah! Saku ini bisa bermanfaat buat naruh uang kalau mau mampir liburan ke Indo***** terdekat hehehe.

Cukin Kaos Mere et Moi

Details.


Oh ya, setiap produk Mere et Moi selalu disertai dengan packing yang rapi dan bisa digunakan berulang kali. Saat beli geos slingnya dulu, aku berupa tas serut dan bisa aku gunakan sebagai tas pompa ASI saat traveling ke Turki. Untuk packaging Cukin Kaos Mere et Moi ini berupa zipper bag yang bisa dipakai untuk tempat make up ataupun untuk wadah pakaian dalam saat bepergian.
  
Support M Shape? Yes! Terutama kalau anaknya sudah bisa menyangga kepala. Kalau masih newborn, aku sarankan pakai Geos Pro saja kalau mau coba M shape. Kamu bisa lihat video tutorial Cukin kaos Mere et Moi di bawah ini. Ada cara yang mudah banget untuk membuat simpul cukin agar tetap kuat, nyaman buat anak, dan bisa M shape.


Ada sizenya? Nggak ada! Cukin ini hanya satu ukuranya, kan dia cuman kain panjang begitu. Manfaat kalau nggak ada ukurannya ini, jadi bisa dipakai oleh siapapun yang mau menggendong bayi, meskipun ada beda tinggi dan berat badan. Contohnya aku dan suami, yang beda tinggi kami cukup jauh hehehe. Dia nggak bisa pakai geos sling-ku, tapi dia bisa kalau mau pakai cukin ini. 



Bisa untuk posisi menyusui? Bisa! Kalau kamu menggendong dengan posisi miring, wah pas banget bisa sekalian buat menyusui. Kalau mau posisi berdiri dengan menghadap bunda, juga tetap bisa menyusui tapi perlu pegangin payudara biar pas perlekatannya. Menyusui sambil menggendong anak pada posisi M shape sebaiknya dilakukan ketika bayi sudah belajar dan fasih menyusui dengan pelekatan yang benar. Menyusui pakai cukin lebih enak karena nggak repot bawa apron, cukup ditutupin aja pake sisa kain yang agak panjang.


Geos Pro Mere et Moi 

Geos Pro Mere et Moi ini termasuk salah satu produk yang banyak dipakai sama modern mom. Beberapa temanku juga pakai dan pernah menyarankan aku membeli Geos Pro Mere et Moi saat aku meminta rekomendasi gendongan yang handsfree. Harganya terbilang standar untuk produk serupa, yakni antara 270 - 300 ribu.



Sama seperti geos cukin dan geos sling, geos pro menggunakan bahan kaos yang dingin dan nyaman untuk bayi maupun bunda. Bedanya, bahan pada geos pro lebih tebal dibanding cukin. Kebetulan ini geos pro milikku berwarna light peach. Cucok ya dipakai sama bayi cewek?

Model geos pro Mere et Moi ini berbeda dengan produk sebelumnya. Dia terdiri dari dua bagian, yakni bagian gendongan utama dan sabuk untuk mempererat gendongan. Asli, nyaman dan mudah banget digunakan. Geos Pro Mere et Moi juga sangat kuat, nggak mudah kendor, dan bahannya tidak terlalu berat.

Geos Pro ini bisa digunakan untuk usia berapa? Newborn! Sampai berat badan 11 kiloan gitu deh kayaknya atau kalau orang tuanya udah gak kuat gendong hehehe. Aku baca di akunnya, Mere et Moi merekomendasikan geos pro ini untuk menggendong newborn dengan M shape.

Kelebihannya apa saja? Kenyamanan untuk bunda dan bayi, yang pertama. Geos pro ini lebih nyaman untuk M shape sejak newborn dibanding dengan cukin maupun geos sling. Karena geos pro ini beban bayi bisa terdistribusi dengan baik di pundak dan pinggang. Aku nggak heran kalo geos pro ini jadi best sellernya Mere et Moi. Oh ya, bahannya pun nyaman dan motifnya beragam. Coba pilih motif dengan warna universal aja biar bisa dipakai bapaknya hehehe. Seperti yang aku bilang di atas tadi, semua produk Mere et Moi pasti dapat wadah yang cantik dan bisa digunakan berulang kali. Kalau kamu beli geos pro ini, bakal dapet wadah tas serut, sama seperti wadah geos sling biasa.

Terdiri dari dua bagian yah :)

Detail bahan.


Support M Shape? Yes, tentu saja! Geos pro bisa serta aman dipakai untuk posisi M shape sejak bayi baru lahir. Untuk cara penggunaannya, kamu bisa cek video di bawah ini ya. Menurutku pemakaian Geos Pro ini jauh lebih mudah ketimbang babywrap.



Ada sizenya? Ada. Dia sama kayak geos sling yang sizenya bisa berbeda-beda antara satu bunda dengan yang lain. Jadi sebelum membeli, sebaiknya mengecek berat badan dan tinggi kita dulu, lalu sesuaikan dengan ukuran yang pas. Kalau bingung memilih, tanyakan adminnya Mere et Moi saja, pasti bakal dibantuin.

Bisa untuk posisi menyusui? Hm.. agak susah. Kecuali kalau anaknya sudah cukup besar, misalnya di atas 9 bulan, marena biasanya usia segitu dia sudah pinter banget ambil celah dan bisa menyesuaikan menyusu dengan berbagai posisi. Asalkan nyaman buat anak, ya monggo dicoba. Kalau buat di bawah 6 bulan, menurutku agak susah, perlu apron sebagai penutup depan, dan perlu dipegangin payudaranya atau bahkan agak diangkat biar pas perlekatannya di mulut bayi.

Untuk pencucian, saranku kamu bisa menggunakan laundry net yang ada jaringnya itu untuk mencuci di mesin cuci. Waktu menjemur, baru bisa dilepas dari laundry net-nya. Kalau mau ngucek manual, juga akan lebih mudah. Insya Allah dengan cara mencuci gendongan kaos ini nggak akan membuat gendongan kaosmu cepat melar.



Bisa dibeli dimana?

Langsung aja cek official store-nya di Instagram, Shopee, maupun di website Mere et MoiOh ya, sebelum beli gendongan ada baiknya cek produk lainnya dulu. Kali aja butuh, yekaaan.. soalnya Mere et Moi juga sedia produk lain seperti maternity legging dan kaos kanguru. Kalau mau beli buat kado sahabat atau keluarga, juga bisa banget! Pasti mereka senang lah ya dikasih produk Mere et Moi.

Yak, udah selesai nih ulasan dari aku! Kamu pengguna Mere et Moi juga? Share di kolom komentar, yuk!




You Might Also Like

1 komentar

  1. aduh kalau lihat gendongan cakep gini harus tutup mata hihihi bisa nambah panjang wishlist gendongannya nanti :D memilih gendongan memang harus yang sudah support TICKS dan MShape, karena selain kenyaman butuh keamanan juga. Happy Babywearing mba :)

    BalasHapus