Ketagihan Senam Hamil di RSIA Kendangsari

Mei 30, 2019


 senam hamil di surabaya 2018, senam hamil di surabaya 2019, jadwal senam hamil di surabaya, senam hamil di rsia kendangsari surabaya, harga senam hamil di surabaya, info senam hamil di surabaya, senam hamil daerah surabaya, senam hamil daerah sidoarjo surabaya, senam hamil di surabaya


Merhaba! Eits, masih kebawa-bawa sapaan dari Turki nih. Anyway, ini ulasan ketigaku tentang pelayanan di RSIA Kendangsari. Ulasan pertama tentang melahirkan di RSIA Kendangsari dan kedua tentang USG 4D di RSIA Kendangsari bisa dibaca di masing-masing link di atas, ya.


Senam Hamil Bikin Lancar Lahiran Normal, Apa Iya??

Kegiatan senam hamil pasti nggak asing buat buibu yang lagi ikhtiar persalinan normal. Kata ibuku, zaman dulu mah modalnya cuma jalan pagi aja yang rutin dan melakukan induksi alami (misalnya berhubungan intim ama swami) agar memperlancar bukaan. Kalo sekarang, dengan menjamurnya doula yang populer di Instagram, buibu milenial mulai melirik upaya lain selain kedua opsi di atas, yakni senam hamil. Katanya, gerakan-gerakan pada senam hamil bisa membantu melancarkan dan merangsang proses persalinan.

Pertanyaannya, apa iya demikian?

Harusnya sih, secara teori, senam hamil bisa menstimulasi dan melemaskan otot-otot yang membantu proses persalinan. Bisa menjadi sarana olahraga juga kalau sehari-hari ibu agak males atau ngga ada waktu buat olahraga ringan di rumah.

Tapiii.. kalo dibilang pengaruh banget sih enggak, ya. Lha aku, dulu rutin senam hamil tapi juga SC nih. Ada pula temanku yang senam hamilnya sampe pake gym ball gitu dan tetap SC juga. Ini karena ada banyak banget faktor penentu kesuksesan melahirkan secara per vaginam atau yang umumnya dikenal sebagai lahiran normal. Senam hamil hanya sebagai pembantu aja, perangsang agar prosesnya lebih lancar. Tetap ada faktor lain yang tidak bisa disepelekan ya!


Senam Hamil di RSIA Kendangsari

Di RSIA Kendangsari, nama senamnya Yophytta Materna. Kalo kamu googling, gerakan senam ini merupakan gabungan dari yoga dan hipnoterapi. Menurutku, gerakannya sangat bumil friendly, tidak bikin capek banget terutama buat yang perutnya udah membesar. Tetapi, lumayan menyegarkan dan membuat tubuh jadi lebih rileks.

Ketika hamil anak pertama dan kedua, aku selalu menyempatkan ikut senam hamil di RSIA Kendangsari. Saat anak pertama, aku senam hamil karena lagi ikhtiar persalinan normal. Saat itu RSIA Kendangsari belum diperluas, senamnya masih di aula yang kecil yang sekarang jadi tempat praktik dokter anak. Meski kecil, aula tersebut ada kacanya gitu disekelilingnya jadi nyaman banget hehe.

Nah saat anak kedua, ketika ruangan senam hamil sudah lebih besar, aku tetap ikut senam hamil sebagai ikhtiar untuk VBAC. Walaupun sebetulnya aku gak niat-niat amat sih untuk VBAC, tetapi aku nyaman aja ikut senam hamil di sini. Apalagi, kalo ikut selama 8x bisa dapat potongan 500 ribu! Hehehe. Pernah tuh saat sesi relaksasi sempurna pada akhir sesi, itu kan pada ibu diminta untuk hadap kanan dengan tangan kiri dibelakang badan. Itu asliii enak banget di badan. Terkadang aku sampe tidur, lho! Pernah juga dengar ibu-ibu yang sampai ngorok! Hahahah.

Harga senam hamil di RSIA Kendangsari cukup murah, kalo paket per 4x datang 100 ribu rupiah. Kalau mau ambil yang reguler, 35ribu per sesi. Jadwalnya seminggu 3x, hari Rabu, Sabtu, dan Minggu. Eh, ini berdasarkan pengalaman aku pada akhir tahun 2018 lalu ya. Siapa tau ada pembaruan, kalian langsung telp RSIA Kendangsari aja.


Fasilitas Senam Hamil yang Oke

Dengan harga segitu, kita bisa dapat fasilitas berupa tubuh yang lebih sehat saat hamil, dapat roti dan air mineral setelah senam, ruangannya luas ber AC dengan matras dan bantal, kadang ada sharing session dari dokter, serta bidan pemandu yang ramah dan sangat paham dengan gerakan-gerakan persalinan.

Fyi, pemandu senamnya bergantian, biasanya diisi oleh pada bidan di RSIA Kendangsari. Karena berbeda-beda, para bidan ini seringkali punya gerakan yang berbeda pula meskipun secara umum terbagi dalam 3 sesi: awal, sesi tengah, dan relaksasi sempurna. Ada satu bidan yang sangat serius dan memberi gerakan yoga untuk ibu hamil yang agak susah, tapi rupanya, banyak manfaatnya untuk persalinan. Aku sendiri takjub melihat badannya yang lebih bongsor dari aku tetapi bisa melakukan gerakan yoga dengan sangat mudah. Pada saat aku selesai operasi, ku melihat mbak bidan ini sedang membantu persalinan salah satu pasien.

Kemudian untuk sharing session, biasanya diisi jika memang ada dokter yang luang. Waktu sharing seusai senam hamil. Saat itu, ku berkesempatan mendapat sesi berbagi bersama dokter Fachry. Ngobrolnya santai banget, bahkan topiknya pun disesuaikan dengan permintaan para peserta senam hamil.

Selama hamil, aku belum pernah ikut kelas senam hamil di rumah sakit maupun lembaga lainnya. Tetapi menurutku, senam hamil di RSIA Kendangsari cukup worthy dan mengesankan. Aku sampe ketagihan, terbukti kan saat anak kedua dan sudah berencana untuk SC aku masih ikut senam hamil! Hehehe.

Buibu ada yang pernah dan doyan ikut senam hamil jugak? Btw, kalau kalian merasa artikel ini bermanfaat, boleh banget lho bagikan ke teman yang lagi butuh infonya :)



You Might Also Like

2 komentar

  1. Bunda kalo boleh tau vbac ke dokter siapa disby? Saran donk saya juga lagi hamil anak kedua dan pgn vbac

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di dr. Indra Yuliati, tapi saya kemarin akhirnya nggak VBAC Mba. Bisa juga ke dr. Fachry di RSIA Kendangsari juga

      Hapus