Cara Diet Paling Ringan, Modalnya Cuma Andalkan Pikiran!

September 10, 2019

  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat



"Mbak, bagaimana sih peran psikolog di LightHOUSE untuk membantu kita diet?

Begitu kira-kira pertanyaan yang aku ajukan ke Mbak Esty ketika open house LightHOUSE Surabaya bulan lalu. Mbak Esty hanya menjawab singkat, kemudian beliau memberi bocoran, "Tunggu ya, bulan depan kita ada workshop ama psikolog. Bakal asik, deh!"

Dan hari yang dijanjikan itu pun datang! Tepatnya pada hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2019 lalu, LightHOUSE kembali mengadakan workshop  yang lebih fresh karena nggak melulu ngomongin apa sih LightHOUSE dan cara diet yang benar secara teknis, melainkan menyoal langkah awal yang penting untuk diet: mindset

Eits, ini juga berlaku untuk banyak hal, ya. Kusarankan kamu membaca sampai akhir karena di bawah aku memberikan tools yang berguna banget!


  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Para peserta workshop yang datang ontime!

  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Keseruan games mengenal pola pikir thinking, sensing, feeling, dan intuiting. Tim kami unggul! :D

  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Seluruh peserta workhsop. Can you point me?



Topik Mindset yang Tidak Monoton

Jangan buru-buru menyimpulkan kalau berbicara tentang mindset adalah topik yang membosankan. "Aah.. abstrak!" "Aah.. ya paling gitu-gitu aja!" "Ahh.. aku paling gak bisa sih mengubah mindset!" 

Kuberitahu, ya, pada workshop dengan Mbak Anindita Citra ini, ada beberapa tools atau alat yang memudahkan kita untuk perlahan membangun mindset yang baik. Senengnya, nih, tools ini nggak hanya berguna untuk penurunan berat badan, tetapi bisa kita pakai untuk perihal lainnya. Untukku misalnya, ilmu dari Mbak Anindita ini aku manfaatkan untuk menstabilkan emosi dan berusaha memaknai ulang situasi yang buruk. 


  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Mbak Anindita Citra, Psikolog LightHOUSE Indonesia

  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Yah, Mbaknya ikutan memendek! hihi thanks banget, Mbaak..


Untuk kamu, bisa kamu gunakan untuk karir, hubungan dengan pasangan, prestasi, target kerja, dan banyak hal lainnya. 

Workshop dibuka dengan pembicaraan mengenai motivasi. Aku cukup senang perkara motivasi ini tidak dibahas terlalu panjang karena khawatir bakal membosankan. Bagaimanapun juga, motivasi terkuat itu, kan, yang datang dari dalam diri kita, ya. Ada satu poin penting pada pembukaan materi ini, yakni dalam hal penurunan berat badan, coba cari motivasi yang lebih relatable. Kebanyakan orang pengen turun berat badan itu karena kesehatan atau penampilan, tapi, relatable atau nggak? 

Kadang, nggak semua orang bener-bener butuh yang namanya penampilan aduhai dan tubuh yang sehat. Coba gali lagi, apa alasan yang lebih bisa mengikat kita? Ada salah satu peserta yang curhat kalah dia ingin lebih langsing karena anaknya akan menikah. Dia nggak ingin penampilannya terlihat jelek ketika pakai kebaya. Ada pula yang ingin menurunkan berat badan karena ingin lebih sehat dan ikhtiar usia yang panjang agar bisa membersamai anak-anaknya (aku, nih! Hehehe). 

Alat pertama untuk menggali motivasi ada ada kedua pada foto ini:
  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Cara pertama menggali motivasi.

  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Cara kedua, kalau yang pertama masih susah nemu motivasi diet yang kuat.


Nah, setelah kita sudah menemukan motivasi yang kuat dan nggak bisa kita tunda lagi, selanjutnya kita bisa memvisualisasikan atau membayangkan situasi ketika kita berhasil mencapai target. Nggak harus setiap hari, sih, tapi bisa kita lakukan sesekali atau bahkan ilustrasi atau kalimat tersebut bisa kita tempel di sudut kamar yang selalu kita lihat setiap harinya.


  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Rutinkan memvisualisasikan target atau impian kita ketika sudah berhasil diet.


Misalnya nih ya, ada yang lagi sakit, jadi nggak bisa bekerja, nggak maksimal menghasilkan uang, dan nggak punya pilihan lain untuk diet. Agar dorongan internal kita makin kuat, kita bisa mencoba memberi asupan semangat dengan melihat kita di masa depan. Pastikan, kita di masa depan akan berterima kasih kepada kita pada masa sekarang ini


Pentingnya Memegang Kendali atas Hidup Kita Sendiri

Selanjutnya, Mbak Anindita masuk ke materi dan salah satu alat yang membantu kita untuk mengenal diri kita dan mengambil alih "remote control" atas hidup kita sendiri, yakni tentang Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Pada materi ini, dibahas cukup detail dan padat mengenai "thought" yang melandasi perilaku dan emosi yang terbentuk atas respon kita terhadap situasi. 

Pada materi ini, Mbak Anindita memberikan contoh tentang situasi buruk diputusin pacar. Ada Si A yang diputusin santai aja. Si B, narah-marah, nggak terima. Nah, Si C, galau sedih berhari-hari dengerin lagu sendu melulu (lah, ini mah kayak aku pas zaman SMA haha). 


  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Ini gambaran singkatnya mengenai posisi "thought" dan perannya dalam perilaku dan emosi kita.


Reaksi dari situasi tersebut bisa berbeda karena ada THOUGHT, ada ruang berpikir yang sangat cepat dan kilat, yang bahkan mungkin kita nggak sadar. Hal ini karena proses berpikir tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan, nilai, lingkungan, didikan, dan banyak hal lainnya. Oleh karena itu menurutku bener banget kalo ada yang bilang, kita adalah apa yang kita makan. Nggak hanya makan dalam arti sebenarnya ya, tetapi juga informasi yang kita telan serta lingkungan buruk yang kita pertahankan.



  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Apa aja yang mempengaruhi "thoughts" kita? Ini jawabannya!


Thoughts yang bermacam-macam ini, datangnya bisa dari kebiasaan atau habit yang sudah tertanam dan berulang hingga aktivitasnya tidak kita sadari kayak refleks aja gitu. Misalnya, kalau ditawari makanan, auto IYA. Ke rumah tetangga, auto nyari keripik! Hehehe. Yang kedua, dari beliefs (kepercayaan) dan value (nilai yang dipegang). Kepercayaan dan values ini bisa berasal dari agama serta didikan orang tua. Misalnya saja yang paling umum adalah tidak boleh menyisakan makanan. Ini bisa jadi problem, bisa juga tidak. Jadi problem kalau kita ambil makanan kebanyakan terus nggak dihabiskan, jadi kita maksain ke perut untuk terus makan. Biar nggak mengundang masalah lain, coba deh kita lebih mindful kalau mau mengambil makanan. Ambil secukupnya, agar makanan benar-benar kita habiskan tanpa sisa. Atau ada pula opsi lain, misalnya bungkus atau sharing dengan teman, keluarga, atau bahkan dibagi ke binatang. Bisa, kan? Kalaupun terpaksa dibuang, makanan kita tuh bermanfaat kok buat makhluk hidup lainnya, seperti tikus, kucing, mikroorganisme, dan lain-lain.

Ketiga, proses belajar dari pengalaman. Misalnya, kita sering melakukan pelampiasan berupa makan coklat dan makan gorengan kalau lagi stres dan suntuk. Lama-lama kita merasa kalau aktivitas tersebut bikin tubuh rileks dan akhirnya dilakukan terus dan jadi kebiasaan, deh!

Keempat adalah personality. Ini tentu bisa berbeda ya tiap orangnya. Misalnya, ada yang extrovert dan introvert. Biasanya yang extrovert cenderung nggak enakan kalau ditawari makanan dan nggak dihabiskan. Iya, gak?

Kemudian, ada pula 4 tipe cara berpikir. Keempat tipe tersebut adalah thinking, sensing, feeling, dan intuiting. Ini sudah pernah aku dengar sebelumnya sih, tapi lebih umum. Kalau contohnya kali ini, khusus untuk perihal penurunan berat badan. Keempatnya punya ciri khas masing-masing. Ayok, sambil menebak kira-kira kamu yang mana hahaha.


  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Kamu yang mana??


Thinking mengutamakan rasionalisasi atau logic reason. Biasanya yang dipikirkan adalah untung rugi. Misalnya lagi ada promo makanan di aplikasi. "Rugi dong nggak ikut pesan? Ah, beli aja. Mumpung gratis ongkir!" Seringnya dua berpikir begitu. Akhirnya keterusan, tiap ada diskon makanan, langsung pengen berburu melulu. 

Bagaimana cara menangkalnya? Dengan menanyai si perut. Eh perut, kamu lapar atau enggak? Kalau lapar, ya ayo kita ajak makan secukupnya. Ketika perut sudah kasih sinyal kenyang, ya berhenti.

Sensing umumnya gampang terpicu dengan menggunakan panca indranya, misalnya bau masakan atau bentuk makanan yang lucu-lucu dan kayaknya tuh mereka pada teriak kepengen dimakan melulu!

Cara menangkalnya gimana? Dengan menggunakan logika. Coba berhenti sejenak dan ajak otak berpikir serta mengingat kembali "budget kalori" harian.

Feeling sering pakai emotional reasoning atau pakai perasaan. Misalnya, ditawari sama tantenya ayam lodho (makanan khas Tulungagung) dengan santan yang kimpul-kimpul gitu. Nggak enak kalau nolak, khawatir orang lain sakit hati. 

Cara nangkalnya gimana? Kita bisa tetap makan tapi ya sedikit saja, atau bisa kita minta ke tante untuk dibungkus saja dan disimpan untuk nanti. Ingat-ingat lagi saja, lebih nggak enak mana, menolak dengan halus atau melihat tinbangan ke kanan terus? Hehehe.

Terakhir, intuiting. Cara berpikirnya cenderung abstrak dan membandingkan masa lalu serta masa depan. Contoh situasinya seperti ini, lagi ke kondangan di hotel mewah dengan catering nomor satu di kota. Hmm.. dijamin enak semua! Kapan lagi coba bakal makan kayak gini? Akhirnya jadi impulsif dan tidak terkontrol. Bisa-bisa, besok kalo ke kondangan yang lain, pola pikir ini bakal keluar lagi. 

Cara mencegahnya adalah dengan meyakinkan diri kalau besok-besok bakal ada kesempatan serupa. Jadi, ambil makanannya secukupnya saja, ya!


Mengubah pola pikir negatif dengan metode CBT

Selain tipe personality di atas, ada juga kondisi yang mungkin relatable banget sama diri kita. Sayangnya, kondisi ini nggak baik kalau hinggap lebih lama, baik untuk urusan penurunan berat badan maupun untuk urusan lainnya. Misalnya untuk persoalan rumah tangga, karir, keluarga, atau bahkan cara kita memandang diri sendiri. 

Mbak Anindita memberikan beberapa contoh tipe distorted thinking atau pikiran yang merusak dan bisa menjadi sebab gagalnya diet yang kita lakukan. Hayo, kamu tipe yang mana?

  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Hm... ada yang kamu banget nggak, nih? Kalo aku kayaknya tipikal yang mind reading dan catastrophic! Hahaha.

  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat
Emotional reasoning, umum yaa.. hehehe!


Aku sempat mendokumentasikan penjelasan dari Mbak Anindita di video ini, kamu bisa simak sampai selesai, ya. Durasi video sekitar 20 menit dan penuh insight menarik! Di sini lebih banyak jenis distorted thinking yang dijelaskan oleh Mbak Anindita, selain dari foto yang aku sajikan di atas. Kamu juga bisa mendengarkan pemaparan langsung dari Mbak Anindita di video ini!




To be honest, aku juga punya masalah pola pikir negatif. Tidak hanya dalam urusan penurunan berat badan, tetapi juga dalam hal lainnya. Syukurlah suamiku selalu membantu menetralkan. Kadang dia heran bagaimana aku bisa punya pikiran negatif sejauh itu.

But.. I also bring a good news! Kita bisa, kok, mengubah pola pikir itu. Ada caranya, coba isi dulu kalimat di foto ini, yakni:
1. What happen?
2. What do you feel?
3. What do you think?
4. Is it a distorted thinking?
5. What is another way of looking at this?


  cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet dengan lemon, cara diet dengan jeruk nipis, cara diet mayo, cara diet alami dengan jeruk nipis, cara diet untuk ibu menyusui, cara diet buah plum, cara diet pisang rebus, cara diet dengan cepat, cara diet yang ampuh, cara diet dengan teh hijau, cara diet ocd dalam seminggu, cara diet yang benar dan cepat berhasil, cara diet tanpa nasi, cara diet keto, cara diet wrp, cara diet ibu hamil, cara diet cuka apel, cara diet yang aman, cara diet sederhana, cara diet golongan darah, cara diet oatmeal, cara diet efektif, cara diet dengan kentang, cara diet puasa, cara diet tetap makan nasi, cara diet herbal, cara diet beras merah, cara diet vegetarian, cara diet tanpa lapar, cara diet untuk mengecilkan perut, cara diet lemak, cara diet untuk pria, cara diet nasi merah, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet gak makan nasi, cara diet kentang rebus, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, cara diet dengan jahe, cara diet hipertensi, diet dna, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat


Pertanyaan-pertanyaan di atas membantu kita mengurai apa yang terjadi, apa yang kita pikirkan, apa reaksi yang kita lakukan dan membantu kita untuk menginternalisasikan kalimat-kalimat baru yang lebih sehat untuk pikiran kita agar kita bisa mencapai tujuan dalam hal ini, penurunan berat badan misalnya. 

Nah, gimana, apakah niat untuk menurunkan berat badan sudah mulai muncul kembali? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, yuk, tentang bagaimana kamu berhasil mengatur pikiran untuk diet!


You Might Also Like

32 komentar

  1. Ubah mindset kita tentang makanan tuh memang penting. Dulu mikir banyak makan biar kenyang. Sekarang sih makan secukupnya, jangan lapar mata. Jadi semangat buat diet lagi

    BalasHapus
  2. Wah, shiyaaaappp!
    Aku juga mau semangat diet nih sist :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. bener banget tentang ubah mindset. selain itu paling ganggu adalah lapar mata dan mulut, hahaha..
    Aku nih lagi mulai belajar sayang sama bentuk badan dulu, baru nanti pelan2 mengubah semuanya biar bisa bagus lagi pola makan

    BalasHapus
  4. Waah..baru ini nih aku baca menurunkan BB via perubahan mindset. TFS y mbaa...sangat mencerahkan!

    BalasHapus
  5. Wahhh keren banget nih pembahasannya. Aku baru tau ternyata bisa juga ya dimulai dari mindset. Jadi mau mencoba mengubah mindset supaya bisa diet dengan cara yang benar :)

    BalasHapus
  6. Aku fokus pada pegang kendali atas hidup kita, bener banget ini.
    Kita sepenuhnya bisa atur diri kita, mau seperti apa.
    Mau sehat atau nggak sehat

    BalasHapus
  7. Tulisannya menarik dan bernas banget. Aku sampai bikin catatan waktu baca dan nonton videonya. Ini karena aku juga menghadapi masalah berat badan yang tak kunjung turun padahal sudah diet macam-macam cara. Bukannya turun itu timbangan, malah makin naik. Mau coba cara mengubah mindset dulu nih. Mungkin memang dari pikiranlah yang membuat segala cara diet belum berhasil ya.

    BalasHapus
  8. Aku banget inih. Kadang suka sayang sayang kalau ada diskonan. Eh malah jadinya kalap. Huhuhu...kayanya memang perlu menguatkan niat dan perbaiki mindset yaaa

    BalasHapus
  9. Ini distorted thinking semuanya ada di saya hahaha. Ya, walaupun gak berbarengan. Memang butuh pikiran yang santai buat saya untuk menghindari pikiran seperti itu

    BalasHapus
  10. Aku slh satu org yang nggak mikir soal badan membahenol atau nggak. Suami juga selow aja. Terserah daku aja. Krn hal inilah aku pun sering lupa diri, makaaannnnn melulu. Namun belakangan aku mulai belajar menggunakan rem cakram yanh ada dipikiran, demi berat badan turun, bukan karena ingin tampil langsing seksi melainkan demi hidup lebih sehat

    BalasHapus
  11. Detail sekali penjelasannya. Terimakasih ya ilmunya. Iya kadang di tempat saya kembalikan nya sebelum lapar udah makan dan itu berhenti bukan pas kenyang tapi pas enggak ada lagi yg bisa dimakan

    BalasHapus
  12. Jadi harus diubah dulu pola pikirnya menjadi positif ya, bagus juga ini alatnya ya gak cuma bisa dipakai untuk diet aja tapi berbagai hal bisa dipraktikan. Kadang kita dapat signal lapar palsu, yang sesungguhunya gak perlu makan apalagi belum jam makan ya, coba untuk minum biasanya rasa laparpun hilang sih

    BalasHapus
  13. Konon pikiran adalah tangan tangan yang mewujudkan sesuatu menjadi nyata. Jadi dengan mindset ini kita bisa diet ya. Kebetulan aku ga diet, tapi bisa kuinfikan ke iparku nih. Makasih infonya mba

    BalasHapus
  14. Kalau aku susah naik berat badan tuh.. tp akhir2 ini malah mulai menanjak naik..naik dikit lgs jelita chubby..duh..jd pengen turun lg.. eh jd curcol ya..hahah

    BalasHapus
  15. Sepakat banget kalau memang mindeset kita berperan penting banget. Satu sisi kadang aku tuh denger bau masakan aja perut juga udah memberontak pengen makan :D

    BalasHapus
  16. Aku malu banget nih baca ini secara resolusi dari tahun ke tahun itu menurunkan berat badan tapi sampai saat ini belum juga hahaa. Btw ternyata lewat pikiran juga bisa membantu menurunkan berat badan ya.

    BalasHapus
  17. Waaa cocok nih buat aku. Aku dah nyerah dg berbagai cara diet gagal terus. Paling lama cuma tahan 2 minggu ngejalanin diet.

    BalasHapus
  18. Cara diet yang bagus nih. Suka miris dg teman2 yg memamerkan cara diet yg menyiksa diri. Padahal bahaya jika tubuh dijadikan eksperimen yg ekstrim.

    BalasHapus
  19. anti mainstream ini cara dietnya Mba, bisa diet cuma dengan modal fikiran. Enaknya sih, bisa diterapkan dan dilakukan banyak orang, jd makin banyak org dengan berat badan ideal :)

    BalasHapus
  20. iyes kak, badan ini milik kita, jadi kita lah yang megang kuasa penuh atas diri ini. diet mah kecil asal kita nya mau, hehehe

    BalasHapus
  21. duh ngomongin diet, jadi inget akhir akhir ini tu suka lupa kalo makan terus dan terus huhu,

    BalasHapus
  22. Keren tulisannya, lengkap bangeeet. Baca-baca tentang diet Lighthouse ini bikin aku manggut2. Huhuhu.. aku nih, niat diet gak pernah konsisten. Semangat di awal, ke sananya melempem. Huhuhuhu... kudu dibimbing Lihghthouse kayaknya baru bener. :D

    BalasHapus
  23. it is ALL in our mind yaaa mbaaa. Aku sih yang penting bias hidup lebih sehat dan sehat teruuus intinya

    BalasHapus
  24. Iyes setuju banget, kalo mind set itu ngaruh banget untuk memulai diet. Jadi ingat aku pernah ikut diet dan berhasil karena mindset nya udah dibentuk oleh konsultan ku sebelumnya

    BalasHapus
  25. Sejatinya hal yang paling sulit memang mengingatkan diri sendiri. Sama dengan ketika ingin diet tapi hobi jajan melulu. Mindset memang harus terus diaktifkan. Ingatkan... ingatkan... ingatkan terus diri kita saat kita tau itu salah. Ini sungguh tak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin kan.

    BalasHapus
  26. Diet dengan mengendalikan pikiran dan semua akan dilakukan mbak. Artikelnya lengkap dan bahasannya juga sederhana, mulai tetapkan komitmen dan mengendalikan pikiran. Fix laksanakan :)

    BalasHapus
  27. Ini acaranya rutin yaa, kak..?
    Rasanya seneng banget bisa dapet insight baru seputar diet ini...Jadi berasa banget deep-learning.
    Gak asal diet yang berarti pantang makan ini dan itu...

    BalasHapus
  28. Wah... Ndaging banget ini workshopnya.. Aku nih, tipe yang kalo stres larinya ke makan. Harus ubah mindset berarti. Thanks Mbak..

    BalasHapus
  29. Duh aku harusnya ikutan acara ini ya. Aku tuh udah lelah dengan diet. Udah coba pola diet segala macam tapi gak ada yang berhasil wkwk

    BalasHapus
  30. Buat yang lagi menjalankan diet, penting banget ini ilmunya
    nggak diet juga ga masalah, aku yang baca jadi ngerti hahahah
    aku udah kurus kalo diet tambah kurus. Keren banyak ilmu ya acar ini mba

    BalasHapus
  31. Senangnya Mba bisa ikutan ini
    Semacam ada motivasi untuk menjalani hidup tanpa drama ya
    Bahkan bisa memegang kendali atas diri kita sendiri dibanding orang lain yang mengombang-ambingkan diri kita

    BalasHapus
  32. terimakasih ya mba untuk sharingnya, memang betul untuk diet haru dimulai dari niatnya apa, targetnya juga

    BalasHapus