Perjalananku Menjalani Diet Efektif dengan Bantuan LightHOUSE


klinik pelangsingan di surabaya, slimming center surabaya, slimming centre surabaya, klinik pelangsingan di malang, slimming center malang, klinik obesitas surabaya, ahli gizi diet surabaya, ahli gizi untuk diet, ahli gizi untuk menurunkan berat badan surabaya, dokter ahli gizi untuk diet surabaya, konsultasi gizi obesitas surabaya, cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat, slimming center surabaya


"Eeh, kok, sekarang kurus banget, Bil. Kamu kenapa??"

Lah, aku bingung sendiri loh ditanya gini. Apalagi yang nanya tuh yang dulu sering komentarin badanku yang mlembung. Bukannya bagus ya malah langsingan? Bingung kan aku tuu. Haha. Anyway, karena yang ngomen begini cukup banyak.. yaa lebih lah kalo 10 orang. Maka dari itu, sekarang aku mau cerita sedikit tentang pengalaman turun berat badanku. Syukur alhamdulillah aku ketemu LightHOUSE yang menyadarkanku banget nih kalau obesitas itu nggak baik!


Pengen Lebih Langsing, Tapi Malas Diet dan Olahraga

Ada yang begitu juga? TOSS dulu dong! Itu yang kupikirkan pasca melahirkan anak kedua. Pengalaman selama mengasuh anak pertama, aku sering sekali sakit-sakitan. Saat itu berat badanku masih di angka 70an kg lah dan aku bodo amat sama penampilan. Belakangan, aku sadar bahwa berat badanku ini membawa penyakit yang merugikan diriku sendiri. Aku beberapa kali kumat batuk sesak, sering flu dan guampang banget capek terutama kalo abis main sama anak. Sempat aku ikut olahraga di klub senam, namun tidak bertahan lama karena dua bulan setelahnya aku hamil anak kedua. 

Nah, pas melahirkan anak kedua, bobotku juga masih tinggi, masih bertahan di angka 80 kg-an. Dua bulan setelah melahirkan, aku masih gendut banget. Size baju dan celana masih XL. Masih pakai celana dalam ibu hamil! Hahaha. Saat itu aku juga masih santuy aja karena masih menyusui.

Aku kepikiran untuk segera turun berat badan karena mulai terasa mudah pusing dan sesak. Badan berat, ngos-ngosan, gampang capek apalagi sekarang punya 2 anak dan masih menyusui. Kok ya paaas banget… sekitar bulan Mei, alhamdulillah, aku diundang datang ke workshop LightHOUSE untuk pertama kali. Aku sempat kepoin sebentar tentang Klinik LightHOUSE ini dan pada akhirnya aku tertarik untuk datang ke workshop-nya. Alasanku saat itu adalah karena salah satu blogger favoritku, Trinity, berhasil sembuh dari sakit dan batal operasi karena diet yang dia jalankan bersama LightHOUSE. Workshop pertama LightHOUSE ini dalam rangka jelang pembukaan Klinik LightHOUSE di Surabaya. Saat itu workshop diadakan di Hotel Kampi dengan narasumber Mbak Detri, Senior Dietitian di LightHOUSE. Aku berusaha mengikuti dengan baik pemaparan Mbak Esty tentang klinik LigjtHOUSE yang akan buka di Surabaya dan insight tentang gizi dari Mbak Detri.

Ada beberapa hal yang aku garisbawahi pada workshop pertama, terutama pada poin-poin yang kompatibel dengan kondisiku. Pertama, hindari makan jeroan. Pasca ikut workshop, aku menerapkan ini dan kurasa mengurangi jeroan sangat membantu aku menurunkan berat badan. Sebelumnya tuh aku doyan banget makan ati dan jantungnya ayam hahaha. Kedua, untuk perempuan, batasi tepung-tepungan karena tepung yang digoreng itu kalorinya gede. Pisang goreng 1 buah aja kalorinya 250 lho. Aku belajar menghitung kebutuhan kalori harian dan menyadari bahwa yang aku makan sehari-hari itu sebenarnya berlebihan. Mbak Detri juga memberikan pedoman diet dasar konsumsi makanan untuk diet. Kalian bisa baca di tautan tersebut, ya.

Kemudian saat workshop kedua pada bulan Juli, aku menimbang lagi dan sudah turun berat badanku, dari 65 kg ke 62.5. Lumayan, ya? Hehehe, ini dengan pola makan yang masih sehari 4x, lho alias tanpa aturan ketat lah haha. Pada workshop ketiga aku juga datang lagi dan ini adalah workshop yang paling aku sukai karena sesi penuh dengan psikolog dan wawasannya dapat banget. Bahwa sebenarnya keberhasilan diet bisa kita mulai dari mindset, dengan catatan tanpa kondisi khusus ya, karena bagaimanapun kondisi orang kan berbeda-beda. 

Kamu bisa membaca tulisan tentang Diet Modal Mindset dan aku sarankan untuk melihat video pemaparan dari psikolognya LightHOUSE. Jangan khawatir, topik mindset yang kerap membosankan, dibawakan dengan sangat menyenangkan oleh Mbak Citra, psikolog LightHOUSE. Sangat aku rekomendasikan untuk dibaca dan ditonton karena ini perihal yang mendasar banget!


PLEASE READ: Pertanyaan Umum tentang LightHOUSE

Setiap kali aku nyetories tentang LightHOUSE, teman-teman di Instagram kerap memberiku pertanyaan seperti:

Ini beda nggak sama diet herbalife?
Ini aman nggak sih?
Pake obat nggak?
Daan banyak hal lainnya.

Aku senang dengan beragam respon tersebut, tapi kadang sedih juga sih karena… hmm itu kan sudah eyke tulis di postingan yang pertama duluuuu, bahkan ada videonya juga loh. Berarti belum dibaca dan ditonton, ya huhu. Tapi gapapa deh, siapa tau belum jelas ya, jadi kujawab lagi di sini.

Klinik LightHOUSE ini bukan klinik dengan metode diet template kayak keto, OCD, herbalife, dll. LightHOUSE menekankan diet secara personal, sesuai dengan kepribadian serta kebutuhan tubuh. Jadi sangat efektif. LightHOUSE menyadari betul bahwa tiap orang punya kebutuhan yang berbeda, ketika dihadapkan dengan permasalahan berat badan, juga pasti berbeda respon tubuhnya. Jangankan kondisi internal, kondisi eksternal juga diperhatikan LightHOUSE, misalnya mengobservasi bagaimana dukungan lingkungan dalam program diet pasien serta bagaimana pasien merespon berbagai aktivitas tersebut. Untuk itulah di LightHOUSE sangat lengkap, ada Ahli Gizi, Psikolog, Dokter, serta Terapis. 

klinik pelangsingan di surabaya, slimming center surabaya, slimming centre surabaya, klinik pelangsingan di malang, slimming center malang, klinik obesitas surabaya, ahli gizi diet surabaya, ahli gizi untuk diet, ahli gizi untuk menurunkan berat badan surabaya, dokter ahli gizi untuk diet surabaya, konsultasi gizi obesitas surabaya, cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat, slimming center surabaya
Hapi fork, salah satu tools di LightHOUSE.

klinik pelangsingan di surabaya, slimming center surabaya, slimming centre surabaya, klinik pelangsingan di malang, slimming center malang, klinik obesitas surabaya, ahli gizi diet surabaya, ahli gizi untuk diet, ahli gizi untuk menurunkan berat badan surabaya, dokter ahli gizi untuk diet surabaya, konsultasi gizi obesitas surabaya, cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat, slimming center surabaya
Virtual simulation, perbaiki pola pikir dengan main games.

klinik pelangsingan di surabaya, slimming center surabaya, slimming centre surabaya, klinik pelangsingan di malang, slimming center malang, klinik obesitas surabaya, ahli gizi diet surabaya, ahli gizi untuk diet, ahli gizi untuk menurunkan berat badan surabaya, dokter ahli gizi untuk diet surabaya, konsultasi gizi obesitas surabaya, cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat, slimming center surabaya
Beras Mani Chamba, enak dan rendah kalori.

klinik pelangsingan di surabaya, slimming center surabaya, slimming centre surabaya, klinik pelangsingan di malang, slimming center malang, klinik obesitas surabaya, ahli gizi diet surabaya, ahli gizi untuk diet, ahli gizi untuk menurunkan berat badan surabaya, dokter ahli gizi untuk diet surabaya, konsultasi gizi obesitas surabaya, cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat, slimming center surabaya
Oil Sprayer, biar nggak boros minyak.


Apabila kamu berkunjung ke Klinik LightHOUSE dan akan mencoba treatment-nya, kamu akan diminta untuk mengisi data dan mengikuti serangkaian tes MBTI guna melihat kepribadian dan karakter pasien. Lalu akan diarahkan untuk dicek terlebih dahulu oleh dokter atau ahli gizi, tergantung kondisi pasien, ya. Yang jelas, semuanya di bawah supervisi dokter, baik yang nantinya diresepin obat ataupun enggak. Treatment di LightHOUSE sendiri itu sifatnya hanya suportif. Nggak ada cerita kok abis ikut treatment Lightwave terus langsung ramping! Aku ya mau dhooongg.. hahaha. 

Nah ngomongin treatment, aku beruntuung banget sempat nyobain 2 treatment-nya LightHOUSE. Pertama saat workshop kedua pada bulan Juli lalu. Treatment yang aku jajal adalah Lightwave, sebuah perawatan tanpa jarum yang bertujuan untuk mengurangi selulit di tubuh. Pengaplikasiannya bisa di bagian perut, paha, lengan, pinggul, dan bagian lain yang berlemak. Kedua adalah Lymphatic Drainage yang bertujuan untuk “memboyong” lemak ke jalan keluar. Ya gitu deh pokoknya hahaha.

Dari kedua treatment, aku paling suka yang Lymphatic Drainage karena kerasa banget badan dipijit-pijit. Kita hanya diminta tidur dan tanpa perlu membuka baju atau membuka bagian perut asal nggak pakai celana jeans aja ya, lalu tubuh dari bawah payudara sampai pinggul bagian atas akan dibalut oleh alat yang bentukannya kayak korset raksasa. Lalu alat tersebut akan mencengkeram tubuh kita seperti tensimeter yang meremas lengan. Awalnya agak kaget, tapi lama-lama enjoy banget, mana lumayan lama sih 15 menitan hahaha. 

Anyway, aku sempat mendokumentasikan tour de clinic dengan pemaparan yang lebih jelas dibanding tour sebelumnya PLUS pengalaman menjalani treatment Lymphatic Drainage di Klinik LightHOUSE Surabaya. Tonton sampai habis, ya!




Akhirnya…. Grand Opening LightHOUSE Surabaya!

Aku senang sekali akhirnya LightHOUSE resmi buka di Surabaya, tepatnya di Jalan W.R. Supratman Nomor 55. Sebetulnya sejak bulan Juli tuh mereka sudah menerima pasien, ya, namun belum resmi karena tinggal nunggu izin aja yang lama. Aku yakin Klinik LightHOUSE bakalan jadi slimming centre di Surabaya yang terkenal dan membantu masyarakat Surabaya yang sedang obesitas. 


klinik pelangsingan di surabaya, slimming center surabaya, slimming centre surabaya, klinik pelangsingan di malang, slimming center malang, klinik obesitas surabaya, ahli gizi diet surabaya, ahli gizi untuk diet, ahli gizi untuk menurunkan berat badan surabaya, dokter ahli gizi untuk diet surabaya, konsultasi gizi obesitas surabaya, cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat, slimming center surabaya
Wajah happy :D


Pada saat Grand Opening, aku diundang kembali dan excited karena dekorasi yang cantik plus ketemu founder Klinik LightHOUSE, dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt yang elegan, cantik, dan terlihat sangat disiplin. Aku berkesempatan tanya kepada beliau tentang dua hal, pertama tentang diet untuk ibu menyusui. JAwabannya tidak jauh berbeda dengan mbak Detri, yang paling penting adalah mencukupi “bensin” alias kebutuhan kalori harian. Yang paling aku suka saat dr. Grace mengibaratkan tubuh kita seperti mesin mobil dengan kalori sebagai bensinnya. Beliau berulang kali menyampaikan agar orang yang diet tidak perlu menahan lapar. Ngapain? Lapar itu kan bagian dari alarm tubuh dan harus direspon dengan cara yang tepat. Yang terpenting adalah mengetahui kebutuhan kalori harian dan berapa kalori dari makanan yang masuk ke tubuh. Saran beliau adalah makan makanan yang mengenyangkan dengan nilai kalori yang rendah. Hindari makan makanan yang “ringan” tapi kalorinya tinggi. Misalnya, BOBA, kerupuk sekaleng, bakwan, dan sejenisnya itu lah.

Pertanyaan keduaku adalah apakah ahli gizi di LightHOUSE melayani konsultasi bagi orang yang kurus dan ingin mencapai berat badan ideal dengan cara menaikkan berat badan? Sayangnya, LightHOUSE belum bisa melayani pasien dengan kebutuhan ini. Karena permintaan pasarnya belum banyak. Untuk pasien anak atau remaja yang obesitas saja, LightHOUSE juga lebih memilih untuk mengedukasi orang tua pasien karena bagaimanapun orang tua masih memegang peranan penting dalam asupan anak sehari-hari. 

Kegiatan yang paling seru selama Grand Opening LightHOUSE Surabaya selain tour de clinic adalah bermain games. Aku dapat juara 3 dong hahaha karena udah beberapa kali datang ke workshopnya sih jadi sudah lumayan teredukasi! Hihihi. Lumayan dapat voucher banyak, ada yang mau gak, nih?

Berhubung sudah resmi buka, berikut aku share price list Klinik LightHOUSE Surabaya. Nggak mahal kok, Buibu. Untuk harga di LightHOUSE Surabaya dibuka sesuai dengan kondisi masing-masing pasien. Kurang lebih pricelist treatment reguler mulai dari harga Rp 158.000. Sementara untuk paket dimulai dari Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000. Paket ini biasanya dibundling untuk per 3 bulan. Di Klinik LightHOUSE Surabaya juga terdapat beberapa makanan sehat seperti granola, beras, dan perlengkapan seperti meal kit plan, yang bisa dibeli oleh masyarakat umum. Tinggal datang saja ke klinik. 

klinik pelangsingan di surabaya, slimming center surabaya, slimming centre surabaya, klinik pelangsingan di malang, slimming center malang, klinik obesitas surabaya, ahli gizi diet surabaya, ahli gizi untuk diet, ahli gizi untuk menurunkan berat badan surabaya, dokter ahli gizi untuk diet surabaya, konsultasi gizi obesitas surabaya, cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat, slimming center surabaya
Price list package

klinik pelangsingan di surabaya, slimming center surabaya, slimming centre surabaya, klinik pelangsingan di malang, slimming center malang, klinik obesitas surabaya, ahli gizi diet surabaya, ahli gizi untuk diet, ahli gizi untuk menurunkan berat badan surabaya, dokter ahli gizi untuk diet surabaya, konsultasi gizi obesitas surabaya, cara diet sehat, cara diet alami, cara diet yang benar, cara diet karbo, cara diet yang sehat, cara diet alami dan cepat, cara diet tanpa olahraga, cara diet herbalife, cara diet sehat alami, cara diet rendah kalori, cara diet untuk busui, cara diet sehat saat menyusui, cara diet menurut dokter, diet berbasis dna, best diet for dna, best dna diet kit, cara diet sehat dan efektif, cara diet yang mudah, cara diet yang mudah dan sehat, slimming center surabaya
Price list reguler.


Buat kamu yang ada di area Jawa Timur dan kebetulan sedang mengalami obesitas, langsung saja yuk datang ke Klinik LightHOUSE Surabaya di Jalan W.R. Supratman Nomor 55. Bulan ini aku mau pakai voucherku dan janjian dengan dokternya LightHOUSE. Insya Allah akan kutulis lagi pengalamanku selanjutnya, ya!



CONVERSATION

30 komentar:

  1. duh pengen banget nih dateng ke slimming center gitu, soalnya beberapa bulan kebelakang ngerasa banget kalo badan udah kurang ideal nih, udah naik berat badan lumayan banyak, 7 kg uhuhuhu

    BalasHapus
  2. Iya nih makin langsing aja ya. Tambah caem deh. Aku penasaran itu garpu diet cara kerjanya gimana?

    BalasHapus
  3. Rate treatment-nya terjangkau juga sih ya, Mbak. Dan hasilnya nggak main-main. Semangaat, Mbak

    BalasHapus
  4. Kok ini aku banget sih, pengen kurus tapi gak mau diet atau olah raga. Hahahahaaa... Namanya perempuan kadang suka ada aja malesnya, tapi malah pengen kurus. Jadi penasaran pengen nyobain, di Jakarta ada juga gak sih?

    BalasHapus
  5. Ahhh iya aku juga pernah beberapa kali dateng ke event LH wkwkw tapi gatau kenapa belum bener-bener berhasil sih. Niat memang perlu juga mengiringi agar pasti sukses ya ahhaha :") semoga 2020 ini bisa deh

    BalasHapus
  6. Kayaknya ini bakalan masuk ke resolusi ditahun 2020 ku deh. Badan mulai gak enak mana tiap hari rebahan mulu. Takut kena banyak penyakit makanya harus mulai diet nih. Lighthouse ada di Bandung gak ya? Kayaknya menarik dietnya.

    BalasHapus
  7. Jujur aja aku tertarik bgt, sayang waktu aku masih tinggal di surabaya belum ada hiks, padahal menarik bgt yaa ini program dietnya

    BalasHapus
  8. Lymphatic Drainage sepertinya menarik ya mbak. Mudah-mudahan buka cabang di bogor juga, kan aku pengen coba treatment nya

    BalasHapus
  9. Duh duh, kepengen banget deh ikut diet sehat ala Lighthouse ini. Dietnya bener-bener sehat dan terkontrol.

    BalasHapus
  10. Wah bagus programnya ya mbak. Kadang kendala paling utama kalo mau diet itu susah ngatur makanan sehat

    BalasHapus
  11. Keren banget ini jadi slimming centre di Surabaya. Apalagi membantu buat yang obesitas supaya memiliki berat badan ideal. Apalagi prosesnya juga mudah ya.

    BalasHapus
  12. Aduh pengen lebih langsing tapi males diet dan olahraga sih itu aku banget, btw LightHouse udah ada di Bandung belum yaa yang deket sama rumahku?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Wah mantap banget, aku juga lagi mau diet ini, gagal melulu mungkin harus konsultasi ke lighthouse

    BalasHapus
  15. aq sih lagi gak program diet mba, tapi pengen rekomendasi ke temen nih dikantor lagi cari, sepertinya cocok dia dg lighthouse ini karena dietnya diatur secara personal, sesuai dengan kepribadian serta kebutuhan tubuh. biar efektif hasilnya.

    BalasHapus
  16. padahal saya tuh demen makan jeroan, soalnya kan murah. wkwkw. dan jg suka semua yg dikasih tepung, masaknya pun gampang. huhu...kudu rela kurangi makanan kesukaan demi hidup sehat dan badan langsing an nih

    BalasHapus
  17. Wah kayanya aku sudah perlu untuk berkunjung ke lighthouse nih. I want my body back....huhuhu

    BalasHapus
  18. Wah mba doyan makan jeroan yaa. Kalo aku sih emg uda lama bgt oantangin jeroan. Slain ga gitu doyan ternyata berbahaya juga kan buat kesehatan 🙈

    BalasHapus
  19. Keren Mbak ilmunya. Mau kasih tau mamak ama bapakku yang kini sednag berjuang buat turunin berat badan. Makasih Mbak

    BalasHapus
  20. keren nih, bagus banget infonya. Mau aku share ke temen2 yang mau coba diet ah

    BalasHapus
  21. Aku pernah menjalani perawatan burn-burn-an dan aku merasa harga lipoburn yang ditampilkan di sini tidak terlalu mahal bagi kebutuhanku. Pingin coba ah.

    BalasHapus
  22. duh aku juga nih lagi pengen diet buat nurunin berat badan sebanyak 7kg, semoga tahun 2020 ini lebih sehat dan bisa punya berat badan ideal hehehhe

    BalasHapus
  23. aku peer nurunin berat badannya banyak banget nih hahahhaa dari lahiran 7 tahun lalu sampe sekarang bukan turun malah nambah terus :(

    BalasHapus
  24. Di Bandung ada ga nih? Mupeng banget ingin menurunkan berat badan nih huhuhuh

    BalasHapus
  25. jeroan sama tepung-tepungan hampir jarang makan sih, tapi aku suka banget sama cake basah dan itu pasti kalorinya hehehe luar biasa, btw LIghthouse ini baru ada di Surabaya ya Mba?

    BalasHapus
  26. lighthouse ini belum ada di Bandung ya kak? Harga treatment nya cukup standar sih gak terlalu mahal.. semoga aja abis di Surabaya, buka cabang di kota lain juga ^^

    BalasHapus
  27. Sekarang kalau mau diet pun lebih mudah ya, apalagi dietnya juga tetap sehat dan ada ahli gizinya juga.

    BalasHapus
  28. Aku pernah mendengar langsung dari para psikolog di sini, ternyata mudah ya mba, namun kendala di harga kalau untuk aku hehehe

    BalasHapus
  29. Sebenernya aku juga dapat undangan untuk menghadiri seminar LightHOUSE pas Juli lalu dan pas beberapa waktu lalu ada penawaran-penawaran juga.
    Bisa online gak siih...?

    Hahha...aku pengin banget diet yang sesuai kebutuhan badanku.
    Biar gak menyiksa.

    BalasHapus
  30. Kondisi tubuh tiap orang memang berbeda ya, makanya dietnya juga direncanakan secara personal. Hepi banget lah kalau bisa diet dengan tepat seperti ini.

    BalasHapus

Back
to top