Pasta Gigi yang Aman untuk Bayiku

pasta gigi yang aman untuk bayi


Kapan sih waktu yang tepat menyikat gigi bayi? Banyak yang bilang kalau sudah tumbuh gigi. Tapi, aku nggak langsung begitu, sih. Sikat gigi aku kenalkan bertahap pada anak, mulai dari yang dimasukkan ke jari, yang lembut, hingga yang bisa digunakan setelah usianya satu setengah tahun. Baru deh setelah giginya agak banyak dan anakku bisa kumur, aku pakaikan pasta gigi yang aman untuk bayi.


Ada beberapa pasta gigi anak yang telah dipakai oleh bayiku. Mulai dari yang harganya agak mahal hingga yang dapat kita temui di supermarket. Aku akan mengulas sedikit di sini, jadi, langsung aja, ya.



Jack n Jill Organic Toothpaste

Ini adalah pasta gigi bayi yang bagus banget menurutku. Aku pakaikan sejak Mahira bayi sekitar usia satu setengah tahun hingga ia 3 tahun. Kira-kira, sejak tahun 2017 sampai 2019, lah. Aku berhenti karena.. lama-lama kerasa juga ya, bo’. Apalagi anak dah dua hehe.


Kelebihan pasta gigi ini adalah dia nggak ada paraben, nggak ada SLS, nggak ada fluoride, nggak ada pemanis atau gulanya, dan nggak ada pewarna artificial. Buatku ini penting, terutama kalau masih bayi kan kadang belum bisa sepenuhnya melepeh busa setelah sikat gigi. Nah, aku gak bayangin kalau ada paraben dll-nya itu ketelen sama anakku. Meskipun jumlahnya sedikit, tapi kalau berkali-kali kan bikin aku khawatir juga.


pasta gigi yang aman untuk bayi
Doc: Tokopedia



Kemudian, keunggulan lainnya adalah ada beberapa rasa. Ada yang original, banana, blackcurrant, raspberry, dan strawberry. Untuk komposisinya juga tertera jelas pada belakang kemasan. Mereka klaim bahwa memakai bahan-bahan alami, jadi, aman jika tertelan sekalipun. Oiya, produk ini import dari Australia, jadi aku kurang bisa memastikan soal kehalalannya (in case this is one of your concern). Cuman, pada komposisinya tertulis bahwa glycerin-nya berasal dari kelapa. 


Komposisi Jack N Jill toothpaste ini ada Xylitol, purified water, glycerin (coconut derived), silica, organic fruit flavor (ini tergantung rasanya ya), xanthan gum, organic calendula officinalis extract, potassium sorbate (natural derived), citric acid.


Kekurangannya ada dua, yakni pada harga karena menurutku cukup mahal yaa untuk ukuran segitu (50 gr). Sekitar Rp 50.000 (jika beruntung dan lagi diskon di olshop tertentu) hingga Rp 100.000-an. Selain itu, kamu hanya bisa menemukan pasta gigi ini melalui online shop atau baby shop tertentu.



Pure Kids Toothpaste

Anak keduaku, Laiqa, juga sempat memakai Jack N Jill. Karena lama-lama kerasa juga di dompet, akhirnya aku mencari alternatif. Alhamdulillah ketemu sama brand ini yang kurasa mirip sama Jack N Jill. 


Pure Kids Toothpaste ini ada dua rasa, yakni banana dan strawberry. Beratnya juga sama seperti Jack N Jill, yakni 50 gr. Yang menyenangkan, harganya bisa setengah dari Jack N Jill karena ini buatan lokal. Yaa, tapi tetep tergantung kamu beli di mana. Aku beli online via salah satu marketplace, bisa dapat harga Rp 28.000, kadang Rp 35.000. Menghemat banget, kan? Yuhuuu…


pasta gigi yang aman untuk bayi



Dia nih juga nggak ada tambahan SLS, paraben, dan fluoride. Komposisi Pure Kids Toothpaste ini ada aqua, glycerin, sorbitol, xylitol, carrageenan, hydrated silica, sodium benzoate, citric acid, potassium sorbate, xanthan gum, gellan gum, flavor, sodium sulphate. Menurut mereka, ini formulanya food grade jadi pasta gigi ini aman ditelan bayi. Tapi ya nggak mentah-mentah gitu yaa, Bund. Maksudnya ya kalau tidak sengaja tertelan, jadi sedikit gitu yang masuk.


Alhamdulillah Laiqa cocok pakai ini dan masih aku gunakan hingga sekarang. Oiya, ini udah ada izin BPOM-nya yaa. Lagian, pasti Bunda udah pada kenal sama merek Pure Kids dan Pure BB ini.



Cussons Kids Toothpaste

Ini adalah pasta gigi Mahira sejak usianya 3.5 tahun. Aku memutuskan mengganti pasta gigi karena mendapati gigi Mahira yang makin gigis dan kupikir kayaknya perlu ganti pasta gigi. Tapi, aku maunya ya tetap yang aman untuk anak. Jadi, ketika aku belanja ke supermarket, aku ndeprok sambil bacain komposisi produk.


Waktu itu, ada beberapa brand yang aku bandingkan seperti Pepsodent dan Pigeon. Pada akhirnya aku memilih ini untuk anakku karena dia nggak ada parabennya. Tapi, karena memang ditujukan untuk anak yang lebih besar (bukan bayi), ini ada fluoride, calcium, dan xylitol. Bagusnya, ya itu tadi, nggak ada paraben dan nggak ada gulanya.


pasta gigi yang aman untuk bayi



Komposisi Cussons Kids Toothpaste ini ada Sorbitol, Aqua, Hydrated Silica, PEG-8, Sodium Lauryl Sulfate, Aroma, Cellulose Gum, Sodium Monofluorophosphate Sodium Saccharin, Xylitol, Dicalcium Phosphate Dihydrate, Synthetic Fluorphlogopite, Titanium Dioxide, CI 16035. Bedanya sama dua brand di atas tadi, kalau yang ini sudah ada label Halal MUI-nya. 


Nah, itu tadi yaa Bunda 3 rekomendasi pasta gigi yang aman untuk bayi dan anak yang pernah dipakai anak-anakku. Sebetulnya masih ada beberapa merek lainnya, sih, tapi aku belum mencoba. Kebetulan juga anak-anakku masih suka dengan merek yang dipakai sekarang dan sejauh ini masih cukup oke menjaga gigi anakku. Walaupun yah bolong sana sini, lebih ke karena mereka suka makan manis-manis setelah aku udah jarang menyusui dan susah kalau diajak sikat gigi malam hari. He.He.He.


Bunda punya rekomendasi lain? Tulis di kolom komentar, yuk!


10 komentar

  1. anakku pakai yang pure kids mba usia 1.5 tahun, gak khawatir tertelan juga, jadi sekarang sih masih di tahap yang penting anaknya sukaaa sikat gigi dan menikmati waktu sikat gigi sama aku dan kakanya

    BalasHapus
  2. Pertama kali mampir ke blog ini dan langsung suka sama UI-nya. Clean dan enak dibaca.

    Btw, keponakannya pakainya kodomo. Karena kayaknya ibunya cuma tau merk itu aja. wkwk

    BalasHapus
  3. Ternyata mengenalkan sikat gigi ke anak itu perlu bertahap ya, biar anak terbiasa juga. Biasanya anak-anak suka yang ada rasa-rasa nya ya, jadi lebih seru sikat gigi nya.

    BalasHapus
  4. Mengenalkan proses menyikat gigi pada anak memang nggak bisa serta merta. Perlu dilakukan perlahan dan menyenangkan dengan pasta gigi berbagai rasa biar kelak jadi terbiasa.

    Hmm kalau saya di rumah pakainya yang cusson.

    BalasHapus
  5. waktu masih di bawah 5 tahun, pasta gigi anakku saya pilihkan merek cussons

    BalasHapus
  6. wah terima kasih shating pengalamannya dengan 3 merk pasta gigi untuk anak ini. Memang harus hati-hati benar dalam memilih produk yg dikonsumsi buah hati kita ya mba.. kuteruskan rekomnya ke kakak yg punya balita ah..

    BalasHapus
  7. Anakku sampai sekarang masih pakai pepsodent yang mini itu. Udah nyoba yang lain-lain juga sih, hanya saja kata dia rasanya beda dan gak familiar di lidav

    BalasHapus
  8. Aku dulu kecil inget banget hobinya makanin pasta gigi. Huhuu...enak sih yaa...manis.
    Dan itu menurun ke anakku. Maka sejak mereka masuk SD, aku pakai pasta gigi yang sama kaya Emak Bapaknya, biar ga ada adegan pasta gigi cepet abis karena dimakanin.

    BalasHapus
  9. Ternyata ada pasta gigi buat anak balita. Ini bisa jadi persiapan untuk ponakan saya yang baru lahir. Biar bisa pake pasta gigi yang aman dan nyaman buat ponakan saya.

    Mana pilihan pasta giginya menggunakan bahan yang ramah buat balita juga.

    BalasHapus
  10. Dulu awal2 anak saya pake kodomo dan dia suka (selain karena dapat hadiah). Namun sejak usia 6 tahun, mamanya ngganti pasta giginya dengan pesodent pencegah gigi berlubang.

    Alasannya sederhana, biar biasa pakai pasta gigi dewasa. Toh soon or later juga dia harus pake pasta gigi dewasa.

    BalasHapus