Review Bimbel Online Ruangguru untuk Anak SMA dan Persiapan UTBK

bimbel online termurah, review ruangguru, review ruangguru untuk SMP, review ruangguru untuk sbmptn, review ruangguru untuk SMP, pengalaman memakai ruangguru, pengalaman memakai ruangguru untuk SMA, review bimbel online ruangguru


“Ibuk minta tolong, Nduk, kalau bisa carikan bimbel yang murah aja. Tapi, bagus, biar bisa lulus nilai bagus dan masuk PTN favorit.”


Kira-kira itulah pinta Ibuku ketika adik sepupuku, Ayu, memasuki jenjang kelas 3 SMA pada pertengahan tahun 2019 lalu. Ibuku menyerahkan urusan sekolah dan kuliah Ayu padaku, karena beliau sangat sibuk. Aku juga ikutan pusing, karena biaya bimbel di sekitar sekolah SMA adikku begitu mahal, antara 5 sampai 15 juta. Belum nanti biaya kuliah, ngekos, dll. Oh, ya, fyi, Ayu ini diasuh oleh orang tuaku sejak dia SD dan tinggal bersama kami hingga sekarang. 


Akupun berbicara dengan Ayu, mencari jalan keluar. Akhirnya, kami menemukan solusi ketika Ayu memberitahu aku tentang promo Ruangguru. Menurutnya, metode belajar daring ini cocok untuk dia karena Ayu lebih menyukai belajar sendirian melalui menonton video. Saat itu, tahun 2019, Ruangguru memang sedang banyak promosi karena kan masih baru, ya. Menurutku, ini adalah belajar online termurah.


Waktu itu seingatku Ayu dapat harga sekitar 550 ribu untuk membership selama satu setengah tahun. Cukup untuk mempersiapkan kelulusan dan UTBK. Aku pikir, tidak ada ruginya, jadi diam-diam aku menyetujui dan membayar biayanya. Hal ini tidak aku diskusikan terlebih dahulu dengan ibuku, karena beliau agak skeptis degan bimbel online.


Begitu ada pandemi, aku merasa kami sangat beruntung dan telah membuat pilihan yang tepat. Apalagi, metode belajar online ternyata cukup efektif untuknya sehingga alhamdulillah Ayu dapat lulus dengan nilai yang cukup baik dan diterima di Jurusan Gizi Unair melalui SBMPTN.


Pada tulisan ini, aku akan memberi ulasan sedikit tentang bimbel online Ruangguru yang diambil oleh Ayu. Waktu itu, Ayu berlangganan program Ruangguru yang bernama ruangbelajar. Dia berlangganan sebelum pandemi datang, sehingga jujur saja, sebetulnya waktu itu aku sendiri juga masih belum familiar dengan sistem belajar online. Namun, ketika melakukan obrolan dengannya, aku makin paham mengapa ia sangat terbantu dengan Ruangguru. Memang fiturnya menarik, fleksibel, dan ilmunya pun sampai ke siswa.


Menimba Ilmu Semakin Mudah dan Menyenangkan Bersama Ruangbelajar

Ruangbelajar adalah salah satu program unggulan di Ruangguru. Ruangbelajar memberi kemudahan bagi para siswa untuk mendapatkan layanan bimbel online yang lengkap. Siswa bisa belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal. Menariknya, konten belajar tersebut bisa di-download dan jadi lebih hemat kuota.


Ada beberapa keunggulan ruangbelajar untuk anak SMA. Pertama, fitur yang lengkap. ruangbelajar memiliki berbagai fitur yang dapat membantu siswa untuk belajar lebih menyenangkan melalui video belajar, kuis, bank soal latihan, rangkuman infografis, serta Catatan Sahabat Ruangguru. Selain itu, siswa juga bisa memantau perkembangan mereka secara langsung dengan fitur rapor ruangbelajar. Fitur lainnya ada ruangguru adventure, jadwal belajar, asah otak, serta ada dua fitur yang akan rilis pada bulan Juli yakni Adapto dan Konsep Kilat.


Kedua, belajar mudah dengan metode step-by-step. Cara ini menurutku bagus untuk membuat siswa memahami materi pelajaran melalui pengayaan materi. Meski demikian, siswa bebas banget, kok, kalau mau menonton video sesuai minat materinya. Metode ini juga ditunjang dengan fitur Ruangguru Adventure, sebuah fitur di mana siswa ditantang untuk menyelesaikan setiap misi yang disusun secara runut. Pada fitur ini, siswa bisa mendapatkan Progress Level, Daily Engagement, serta Milestone Capaian. Hm.. seru banget, ya!


Ketiga, materinya sesuai kurikulum di sekolah. Materi ruangbelajar menyesuaikan dengan kurikulum yang dipakai di Indonesia agar dapat menunjang pemahaman materi siswa di sekolah. Kurasa memang sebaiknya bimbingan belajar ya menyesuaikan dengan kurikulum nasional, ya, agar siswa tidak kebingungan. Terus update dan mengikuti perkembangan.


Keempat, kurikulum ruangbelajar disusun oleh Master Teacher berpengalaman. Berbagai konten di ruangbelajar mulai dari video sampai infografis, disusun oleh Master Teacher yang memiliki pengalaman mengajar yang bagus. Ini tentu membantu agar materi dapat lebih diterima oleh siswa dan tidak membosankan bagi mereka.


Bimbel Online yang Fleksibel dan Fun

Pandemi corona menuntut kita semua harus lebih fleksibel dan terus mencari cara untuk beradaptasi. Ayu beruntung, aku dan ibuku pun merasa demikian. Sebab, kami menang banyak: berhemat dan Ayu bisa mencapai target. Aku harus menuliskan di sini bahwa sebelum masuk ke kelas 12 SMA, Ayu tidak memiliki bayangan akan kuliah di mana, bagaimana cara belajarnya, dan lain-lain. Tips soal ini akan aku bagikan pada postingan selanjutnya, ya. Kali ini, aku mau memberitahu tentang pentingnya memilih bimbel online Ruangguru yang fleksibel dan fun.


Fleksibel ini maksudnya siswa bisa mengatur sendiri kapan waktunya belajar dengan bimbel online Ruangguru. Apabila siswa belum bisa mengatur waktu, orang tua dapat memberi arahan. Ini tentu lebih solutif ketimbang harus datang dan duduk pada waktu tertentu. Apalagi untuk saat ini, nyaris semua kegiatan belajar mengajar juga dialihkan menjadi daring. 


Selain persoalan waktu, fleksibilitas ini sebaiknya juga ada dalam konten belajar. Ruangguru memiliki fitur paket soal atau banksoal yang dapat siswa unduh, convert ke PDF, dan print sendiri. Siswa juga tidak akan kebingungan setelah mengerjakan soal, karena pembahasan akan muncul setelah siswa mengerjakan paket soal. Selain pembahasan, akan tertera pula soal yang benar dan salah, durasi pengerjaan, rata-rata nilai, serta rata-rata waktu pengerjaan dari pengguna aplikasi Ruangguru lainnya.


Fitur ini menarik karena menampilkan data. Data ini sangat penting untuk siswa yang akan mengikuti tes untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi, seperti dari SMP ke SMA atau dari SMA ke kuliah. Manfaatnya ada dua, yakni untuk refleksi kompetensi diri dan memetakan peluang. 


Ketika siswa tahu kemampuan dirinya, dia jadi tau mana yang perlu ditingkatkan, mana kemampuan yang sudah cukup ia kuasai. Siswa juga akan mengetahui minat dan bakatnya secara tidak langsung, sehingga memudahkan siswa serta orang tua dalam menentukan jurusan ataupun kegiatan penunjang lain yang berhubungan dengan anak.


bimbel online termurah, review ruangguru, review ruangguru untuk SMP, review ruangguru untuk sbmptn, review ruangguru untuk SMP, pengalaman memakai ruangguru, pengalaman memakai ruangguru untuk SMA, review bimbel online ruangguru



Sementara Fun yang aku maksud adalah zaman sekarang itu penyampaian materi sebaiknya tidak membosankan, lebih kreatif, dan tidak sekadar membuat siswa paham, tetapi juga menikmati proses belajar itu. Apalagi, siswa sekarang adalah generasi Z yang sangat piawai dalam menggunakan teknologi dan sangat kreatif. Kurasa, kalau dulu ketika aku SMA sudah ada ruangguru, aku lebih baik tidak mengikuti bimbel sepulang sekolah karena sangat tidak efektif. Yang ada aku ngantuk hehehe. Sudah begitu, materinya tidak bisa aku rekam dan aku ulang di rumah, hanya aku catat saja. 


Sepertinya aku tidak seharusnya membandingkan bimbel konvensional yang aku jalani tahun 2009 hingga 2010 lalu dengan bimbel online Ruangguru yang digunakan Ayu. Tapiii.. ada banyak banget inovasi pada Ruangguru ini. Bukan sekadar memindahkan platform belajar saja, ya. Contohnya, nih, ada satu yang buat ngiri dan menurutku terobosan seru yang membuat siswa semakin semangat belajar, yakni, XP dan Gold yang ada pada fitur Gamification. XP ini dapat menaikkan level siswa. Semakin tinggi level, semakin bagus hadiah yang diperoleh oleh siswa. XP juga menunjukkan tingkatan dalam ranking. Semnetara, Gold memiliki fungsi untuk membeli item di store. Siswa berpeluang mendapatkan Gold tambahan apabila naik level. Ada beberapa cara untuk memperoleh XP dan Gold, yakni dengan menonton video, memberi jawaban yang benar di kuis, serta menyelesaikan Latihan Topik dan banksoal dengan nilai minimal 80.


Manfaatkan Trial Gratis

Apabila kamu masih ragu untuk berlangganan ruangbelajar, salah satu produk bimbel online Ruangguru ini, kamu bisa menjajal beberapa fiturnya terlebih dahulu. Cobalah mencari label “Free” pada materi, latihan topik, serta tryout pada setiap mata pelajaran. Fasilitas ini akan memudahkan kamu apakah ruangbelajar ini sudah sesuai dengan kebutuhan kamu atau belum. Apabila belum, kamu bisa melihat produk Ruangguru lainnya seperti ruangbelajar Plus, ruangles, ruanglesonline, serta ruanguji.


Apakah ada dari teman-teman atau Bunda yang memiliki pengalaman seru menggunakan aplikasi bimbel online Ruangguru? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, yuk. 


24 komentar

  1. Kalau biaya untuk 1,5 tahun 550.000 ya murah banget.

    Di bimbel offline sekarang udah jutaan ya, belum ongkos transportasinya, uang jajan, dll.

    Jadi penasaran ama Ruangguru, makasih sharenya Kak.

    BalasHapus
  2. Dibandingkan bimbingan belajar lain, Ruangguru jelas lebih murah. Pantas saja kalau di sekolah banyak direkomendasikan belajar bersama Ruangguru ini

    BalasHapus
  3. Platform belajar online kini makin gampang ya bund. Kita tinggal browsing platform mana yg plg bgs kualitasnya. Dari pengalamanku, aku sih puas pake Ruangguru. Pelatihannya terjangkau, efektif, efisien..perbanyak konten2 motivational training ya min.

    BalasHapus
  4. Seru nih kayaknya ruang belajar, apalagi metode belajarnya inovatif, nggak bikin bosen untuk belajar. Ruangguru belum pernah coba, Skill academy nih yg pernah coba :))

    BalasHapus
  5. Bimbingan belajar di Ruangguru selama PJJ semakin terasa banget manfaatnya ya mba. Apalagi harganya terjangkau banget, kalau dibandingkan dengan bimbel offline. Dari segi waktu saja sudah sangat fleksibel banget.

    BalasHapus
  6. memang saat ini bimbel online adalah sebuah solusi ya mbak
    biar proses belajar anak anak makin optimal

    BalasHapus
  7. Keren nih membantu anak-anak dan orangtua juga nih di masa pandemi ini .. apalagi kalau harganya bisa terjangkau jd penasaran harga setelah diskonnya...

    BalasHapus
  8. Ruang belajar ini solutif banget ya buat belajar di masa pandemi seperti ini
    Jadi bisa diakses dengan bebas, waktunya juga menyesuaikan dengan kondisi kita
    Belajar jadi menyenangkan dengan fitur-fitur yang menarik

    BalasHapus
  9. Ada trial gratis jugaaa ya. Wahh mantap jiwa. Emang generous sii ruangguru ini ya <3

    BalasHapus
  10. Beruntung banget ya bisa nemu bimbel online seperti ruang guru. Fitur-fiturnya juga bagus sangat mendukung untuk belajar agar lebih mudah paham dan menarik

    BalasHapus
  11. Kalau dihitung dalam setahun sih hemat ya terhitungnya bun, semoga orangtua dimampukan untuk memberikan yang anak butuhkan aamiin. Karena pandemi kan nggak bisa menyerap secara la ngsung ilmu belajar, kudu didampingi belajar online juga

    BalasHapus
  12. Belajar di ruangguru sangat membantu ya kak, karena bisa secara online melalui aplikasi. Apalagi fiturnya juga membuat semangat belajar

    BalasHapus
  13. jika dibanding bimbel offline yang sudah punya nama besar biaya pertahun di ruangguru justru lebih murah apa lagi ada promo dengan kode referal teman gitu, seharga biaya langganan indihome 2 bulan kayaknya hehe

    BalasHapus
  14. Yang murah tapi bagus pasti bakal jadi favorit buk-ibuk. Kalau anaknya mah, senang karena metode pembelajaran nya memang menyenangkan.

    BalasHapus
  15. ada teman yang daftar juga di ruangguru ini untuk anaknya, katanya bener2 ngebantu banget proses belajarnya dan bagus kualitas pengajarnya

    BalasHapus
  16. Wah 550ribu 1,5 tahun ya murah ya mbak.jauh dibanding yang 5-15juta tadi. Aku jadi tertarik trial gratis nya nih. Hehe.

    BalasHapus
  17. Ruangguru memang biayanya terjangkau ya mba tapi tenaga pengajarnya profesional. Banyak yg kasih referensi ke bimbingan belajar ini di musim pandemi seperti sekarang.

    BalasHapus
  18. emang saat saat begini tuh paling cocok bimbel online seperti yang ada di Ruang Guru ini ya mbak... selain lebih murah, anak anak juga belajarnya cukup di rumah aja...

    BalasHapus
  19. Mbak bimbel ruang guru ini keren banget lho. Termasuk terjangkau pula apabila dibandingkan dengan bimbel offline yang banyak tersebar ya

    BalasHapus
  20. Kalo ada bimbel kayak gini ya pasti orang baka pilih buat ikutan terutama menjelang lulus..

    BalasHapus
  21. Bimbel online dari ruangbelajar seru juga nih. Cocok untuk anak-anak SMA yang sedang mempersiapakan UTBK dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di PTN favorit. Yang menyenangkan tentu karena waktunya yang fleksibel.

    BalasHapus
  22. Lagi pandemigini adekku jg makin semangat ambil bimbel online di ruangguru. Soalnya dia mau masuk smp yang katanya selalu suka sama metode pembelajaran di ruang guru. fitur2nya update dan bikin cepet ngerti..

    BalasHapus
  23. Inget banget dulu Ibuk selalu buru-buru cari tempat les untuk persiapan intensif menjelang ujian akhir dan SNMPTN. Kalau sekarang bisa di RuangGuru ini yah.

    BalasHapus
  24. Banyak yang ngomongin ruang guru ya. Tak heran sih jika pelayanan dari ruang guru semaksimal ini. Belajar jadi sangat menyenangkan. Pun berbagai pilihan juga disajikan. Seperti tempat belajar untuk persiapan UTBK perguruan tinggi.

    BalasHapus