Kamis, 30 Agustus 2018

,

asuransi syariah, konsep asuransi syariah, cara kerja asuransi syariah, lomba blog allianz, allianz syariah, allisya protection plus, perlindungan maksimal dari allisya protection plus


Menjadi seorang ibu membuatku memikirkan (lebih) banyak hal. Tidak hanya  tentang aku dan suami, tetapi juga tentang anak, keluarga besarku, juga keluarga besar suami. Aku bersyukur kemarin-kemarin sempat diuji dengan masalah finansial yang cukup berat untuk pasangan muda, sebab, masalah itu rupanya membuatku dan suami lebih kuat.

Aku juga jadi lebih semangat untuk menyuntik berbagai wawasan tentang finansial. Meski demikian, sebagai seorang muslimah, aku juga menjadi lebih selektif dalam memilih produk. Misalnya saja, untuk tabungan keluarga, aku sudah memilih produk di salah satu perbankan syariah.

Satu hal yang belum berani aku utak-atik, yakni mengenai asuransi. Paling banter mah pakai asuransi travel ya kalau lagi dibutuhkan terutama saat ke luar negeri hehehe! Kalaupun nanti pakai asuransi, aku juga inginnya pakai yang syariah. Tapi ya, gimana sampai sekarang belum ada yang cocok.

Sebetulnya aku sudah menyadari bahwa ada beberapa manfaat asuransi syariah. Pertama, kejelasan akad. Sebagaimana disebutkan dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI Nomor 21/DSN-MUI/2001 asuransi syariah (ta’min, takaful atau tadhamun) adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

Kedua, mengenai dana hangus yang biasa terjadi pada asuransi yang normal. Dalam hal ini, peserta asuransi syariah bisa mendapat kembali dananya meskipun belum dalam jatuh tempo. Misalnya kita ingin mencairkan dana tersebut secara tiba-tiba karena suatu hal, maka asuransi syariah bisa mengabulkannya. Semua kembali pada keinginan kita sebagai nasabah.

Ketiga, hasil investasi. Di asuransi syariah, biasanya nasabah akan memiliki hasil investasi yang lebih beragam, karena instrumen investasi syariah sudah beragam, oleh sebab itu bisa memberikan tingkat pengembalian investasi yang menarik dan juga optimal untuk nasabahnya.

Keempat, mengenai  telat bayar. Jika mengalami ketelatan pembayaran (bukan pemberhentian pembayaran), proteksi pada dana tidak akan berubah. Asuransi syariah tidak akan mengutak-atik keamanan dari dana Anda ketika mengalami telat membayar premi yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Kelima, mengenai pembagian nisbah yang mencapai 70 persen untuk nasabah dan 30 persen untuk asuransi. Hal ini merupakan salah satu dari daya tarik asuransi syariah. Oleh karenanya tidak mengherankan jika orang non muslim pun juga tertarik menggunakan asuransi syariah.

Keenam, kontributor dasar akan dibebaskan apabila terjadi ketidakmampuan total yang disebabkan oleh penyakit ataupun kecelakaan. Peserta bisa menikmati manfaat asuransi meskipun dalam situasi ketidakmampuan total. Fasilitas ini tidak bisa didapatkan di asuransi lain.

Ketujuh, mengenai double claim. Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari asuransi syariah adalah bisa melakukan double claim. Misalnya peserta bisa memanfaatkan perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit untuk semua anggota keluarga. Jika Asuransi tersebut menggunakan kartu atau cashless, maka satu polis bisa digunakan untuk satu keluarga.


asuransi syariah, konsep asuransi syariah, cara kerja asuransi syariah, lomba blog allianz, allianz syariah, allisya protection plus, perlindungan maksimal dari allisya protection plus



Pengaruh Keluarga Besar

Pandanganku dan suami mengenai asuransi sangat dipengaruhi oleh kedua orang tua kami. Dari keluarga suami, karena memang termasuk keluarga menengah ke bawah dan hidup di desa, memiliki asuransi tidak pernah menjadi prioritas mereka.

Sementara di keluargaku, Ibu dan ayah awalnya hanya menggunakan asuransi kesehatan. Ayahku termasuk orang yang paling anti dengan asuransi. Beliau kerap memberikan respon yang negatif jika ada agen asuransi yang menawarinya untuk menggunakan asuransi tertentu.

Saking kesalnya dengan promosi asuransi yang sangat gencar, beliau bahkan mewanti-wanti aku agar tidak berteman dengan orang yang bekerja sebagai agen asuransi. Memang ayahku tipikal orang yang tidak bisa dipaksa. Jika ayah ingin membeli produk atau mencicipi produk tertentu, ayah ingin agar dorongan internal yang melangkahkan kakinya. Semakin dipaksa, ayah akan semakin berontak.

Suatu ketika, aku kaget ayah pulang membawa dua map bertuliskan Allianz dengan beberapa lembar kertas di dalamnya. Aku bertanya kepada beliau, “apa itu, yah?”

“Asuransi,” ayah menjawab singkat.

Wow, tumben??

Tentu saja aku penasaran, apa yang membuat ayahku yang keras kepala itu mau mengubah pendiriannya. Rupanya, ada beberapa sebab. Pertama, ayah mendapat testimoni langsung dari pengguna asuransi yang merupakan dokter langganan ayah sejak tahun 1997. Kedua, ketentuannya bisa diterima ayah.

Nah, apa ku bilang, ayah tidak akan mau menerima asuransi dari agen yang terlalu gencar promosi ke ayah. Hihihi. Selanjutnya aku juga penasaran, ayah membeli asuransi dari perusahaan mana?

“Dari Allianz,” jawab ayah lagi.

Ayah membeli asuransi saat aku masih SMA, sekitar tahun 2009 kalau tidak salah. Saat itu, aku tidak familiar dengan nama Allianz karena simpel saja, jarang lihat iklannya di TV. Tapi terbukti, sampai sekarang ayah dan ibu tidak pernah ada masalah dengan perusahaan asuransi tersebut.

Ayah dan Ibu juga membeli produk asuransi konvensional, maklum, pada saat itu memang asuransi syariah belum begitu populer seperti sekarang ini.


Berkenalan Dengan Allisya Protection Plus

Sejak mendengar kata “Allianz” dari mulut ayah, aku jadi lebih familiar dengan perusahaan asuransi tersebut. Misalnya saja, ketika melewati kantor Allianz di Malang saat aku kuliah dulu, langsung saja aku teringat ayah dan ibu.

Baru sekitar beberapa bulan lalu, ada seorang teman yang sebetulnya tidak aku kenal dekat, tetapi kami berada di satu grup WhatsApp komunitas nasional. Dia meminta kami untuk berkenan melakukan voting Kado Umroh Allianz. Karena aku cukup familiar dengan Allianz, juga karena program Kado Umroh yang cukup menarik buatku, aku tidak ragu untuk melakukan vote.
asuransi syariah, konsep asuransi syariah, cara kerja asuransi syariah, lomba blog allianz, allianz syariah, allisya protection plus, perlindungan maksimal dari allisya protection plus

Kampanye Kado Umroh Allianz merupakan program dimana peserta atau partisipan dapat mereferensikan mereka yang kurang mampu untuk mendapatkan Kado Umroh Allianz. Kado Umroh ini merupakan paket Ibadah Umroh yang didalamnya termasuk akomodasi, transportasi, dan uang saku. Tersedia 25 kado Umroh untuk 25 penerima kado yang kisahkan terpilih sesuai tahapan seleksi dari Allianz dan 2 paket Umroh untuk 2 pencerita terbaik. Saat ini, pendaftaran telah ditutup.

Selain program di atas, Allianz juga menyelenggarakan Kompetisi Blog Syariah yang hadiah utamanya berupa Umroh (buat yang belum umroh).

Melalui website Kado Umroh Allianz aku jadi tahu bahwa cerita temanku yang aku pilih termasuk salah satu cerita inspiratif.





Saat itulah aku baru mengetahui bahwa Allianz kini memiliki produk asuransi syariah bernama Allisya. Cantik ya, namanya? Hehehe. Terdapat 3 produk asuransi syariah yang dimiliki Allianz ini, pertama, Allianz Tasbih yang dikhususkan untuk membantu mewujudkan impian berhaji. Kedua, Allisya Protection Plus yang merupakan produk dasar yang dapat digunakan untuk pendidikan, tabungan, dana pensiun atau kombinasi dari berbagai kebutuhan dan memberikan perlindungan Jiwa yang pasti dan maksimal sampai maksimum berusia 100 tahun. Dan ketiga, Allisya Maxi Fund Plus.

Berhubung aku juga sedang memperkaya wawasan tentang asuransi syariah untuk keluarga, aku cukup tertarik dengan produk Asuransi Jiwa dan Investasi milik Allianz yakni Allisya Protection Plus, sebab sangat kompatibel untuk aku dan keluargaku.


Perlindungan Maksimal dari Allisya Protection Plus

Eh, sebetulnya tidak hanya untuk aku dan keluargaku sih, Allisya Protection Plus ini juga bisa cocok untuk keluarga di Indonesia. Dari yang aku pelajari, Allisya Protection Plus ini memiliki beberapa keunggulan dibanding asuransi konvensional yang pas untuk keluarga di Indonesia, diantaranya:

1. Bebas memilih cara pembayaran secara bulanan, kuartalan, semester, atau tahunan.
2. Manfaat asuransi bila terjadi musibah berupa santunan asuransi plus nilai investasi.
3. Bebas menentukan masa pembayaran premi.
4. Dapat menambahkan dana untuk meningkatkan investasi kapanpun bila diinginkan.
5. Dapat melakukan penarikan dana untuk memenuhi kebutuhan financial atau dalam keadaan darurat.
6. Dapat membuat sendiri rencana keuangan keluarga sesuai kebutuhan dan mereviewnya kapanpun diperlukan.
7. Dapat menambahkan jenis perlindungan lainnya kapanpun dibutuhkan seperti santunan kecelakaan, penyakit kritis, cacat tetap total atau meninggal baik bagi diri atau pasangan.
8. Dapat mengikut sertakan program ini untuk anak-anak, pasangan, saudara kandung, dan keluarga lainnya.
asuransi syariah, konsep asuransi syariah, cara kerja asuransi syariah, lomba blog allianz, allianz syariah, allisya protection plus, perlindungan maksimal dari allisya protection plus

Nah, diantara semua poin di atas yang paling aku lirik adalah poin nomor 8, dimana kita bisa memanfaatkan nilai asuransi untuk anggota keluarga. Praktis dan solutif banget, kan?

Allisya Protection Plus juga memberikan Rincian Informasi Produk yang sangat jelas. Aku sudah download di halaman ini, dan disana, disebutkan pula apa saja resiko yang kita dapatkan jika memilih produk ini. Buatku ini penting disampaikan secara terbuka di awal, agar kita sebagai pengguna pun jadi paham dengan produk yang kita pilih.

Beberapa resiko yang terkait dengan Allisya Protection Plus adalah pertama, tingkat pengembalian yang tidak dijamin. Hal ini disebabkan Allisya Protection Plus memiliki resiko investasi. Nilai unitnya bervariasi, tergantung pada dana investasi yang dipilih. Tingkat pengembaliannya tidak dijamin, serta, hasil investasi masa lalu tidak bisa dijadikan indikator untuk tingkat pengembalian di masa depan.

Kedua, nilai unit tidak mencukupi untuk membayar Iuran Tabarru’. Biaya asuransi semakin meningkat seiring bertambahnya usia, dan disisi lain, produk ini merupakan produk asuransi jangka panjang. Pembayaran kontribusi berkelanjutan akan mencegah kemungkinan tidak cukupnya nilai unit untuk membayar Iuran Tabarru’.

Fyi, iuran Tabarru’ adalah infaq atau dana hibah, sebagaimana prinsip dalam asuransi syariah adalah tolong menolong. Melalui produk asuransi syariah, setiap peserta Asuransi Syariah mengumpulkan dana dan menyerahkannya untuk dikelola oleh Perusahaan, sehingga nantinya akan digunakan untuk membantu meringankan beban peserta lainnya yang tertimpa risiko. Dana yang kita donasikan ini merupakan hasil investasi bersama yang dilakukan berdasarkan perjanjian yang risikonya jelas. Dengan demikian, pengelolaan dana asuransi syariah didasarkan pada kerjasama, tanggung jawab, perlindungan dan saling tolong menolong antar anggotanya.

Sebagai ibu, aku juga selektif serta berusaha menggali wawasan produk dan perusahaan. Nah, saat lagi searching, aku menemukan pendapat B.J. Habibie mengenai asuransi syariah Allianz ini. Videonya bisa dilihat dibawah ini ya:


Allisya Protection Plus juga memberikan 3 manfaat, yakni:
1. Manfaat investasi. Saldo Nilai Investasi yang ada dalam Polis ini akan dibayarkan
dalam hal: i) kita melakukan penarikan sebagian atau keseluruhan atas Polis ini; atau ii) Polis batal, di mana masih ada Nilai Investasi.
2. Manfaat Perlindungan Jiwa. Apabila dalam Masa Asuransi Pihak Yang Diasurasikan meninggal dunia, maka Allianz akan membayarkan Manfaat Meninggal Dunia ditambah dengan seluruh saldo Nilai Investasi yang ada pada Polis ini yang dihitung berdasarkan Harga Beli Unit pada saat klaim disetujui.
3. Manfaat Akhir Kontrak. Apabila Pihak Yang Diasurasikan hidup sampai akhir Masa Asuransi, maka Kami akan membayar manfaat Akhir Kontrak berupa seluruh saldo Nilai Investasi pada tanggal berakhirnya Masa Asuransi apabila ada.

Aku juga mengapresiasi transparansi produk Allisya Protection Plus ini, kepada orang yang belum tentu menjadi konsumen produknya sekalipun. Pada brosur Rincian Informasi Produk, Allisya Protection Plus memberi wawasan mengenai biaya-biaya yang terkait pada polis, mulai dari Kontribusi, Kontribusi Top-Up Berkala, Kontribusi Top-Up Tunggal, Iuran Tabarru’, Ujrah Administrasi, Ujrah Penebusan, Ujrah Penarikan Dana, Ujrah Pengalihan / Switching, hingga Ujrah Pengelolaan Investasi. Keterangan pada biaya produk bisa dilihat di gambar di bawah ini ya:
asuransi syariah, konsep asuransi syariah, cara kerja asuransi syariah, lomba blog allianz, allianz syariah, allisya protection plus, perlindungan maksimal dari allisya protection plus

Transparansi lainnya yang perlu aku acungi jempol adalah keleluasaan yang diberikan oleh Allisya Protection Plus bagi konsumennya untuk membatalkan polis. Yakni, terhitung dalam jangka waktu 14 hari setelah diterimanya polis, kita berhak memelajari polis dan dalam jangka waktu tersebut kita juga berhak mengembalikan polis apabila ada syarat dan ketentuan yang tidak disetujui. Nah, jika ada pembatalan, perusahaan akan mengembalikan kontribusi yang telah dibayarkan, dikurangi ujrah, ditambah dengan hasil investasi atau dikurangi kerugian investasi (apabila ada) dan untuk selanjutnya Ta’awuni secara otomatis batal sejak tanggal polis.


Bentuk Ikhtiarku untuk Perlindungan Keluarga

Sebagai seorang muslimah, aku berusaha menjaga hubunganku dengan Allah, salah satunya adalah dengan selalu menanamkan prinsip bahwa penjagaan dan perlindungan terbaik adalah dari Allah.

Disisi lain, aku juga tetap berikhtiar, namun tentu saja dalam koridor syariat Islam. Misalnya saja, untuk vaksin, kita sudah mengetahui bagaimana pendapat MUI yang mengizinkan vaksin untuk anak kita, sebab memang pada saat ini, hal itu ikhtiar yang dapat dilakukan untuk anak.

Begitu juga untuk asuransi, memilih Allisya Protection Plus juga bentuk ikhtiarku untuk memberikan perlindungan maksimal untuk keluargaku.

Bunda punya cerita apa dalam memberikan perlindungan maksimal untuk keluarga? Berbagi di kolom komentar, yuk :)







Referensi:
canva.com
https://www.allianz.co.id/produk/asuransi-syariah/allisya-protection-plus
https://jurnal.allianz.co.id/detail-jurnal/Cara-Kerja-Investasi-pada-Asuransi-Syariah-182
https://ekonomi.kompas.com/read/2017/03/26/110000026/6.keuntungan.yang.hanya.dimiliki.oleh.asuransi.syariah.


Selasa, 28 Agustus 2018

,

lomba blog natsbee, kompetisi blog natsbee, review natsbee honey lemon, natsbee honey lemon untuk ibu hamil, ibu hamil minum natsbee honey lemon, asik tanpa toxic

“Nduk, jangan lupa minum madu dan minum vitamin C nya,” begitu pesan Ibuku saat aku berada jauh dari rumah.

Ibu memberi pesan seperti ini bukan hanya basa-basi, tetapi memang ada alasan besarnya. Saat kecil, aku pernah bertanya sama ibu, mengapa aku mudah sakit-sakitan? Aku bertanya demikian karena fisikku memang mudah lemah sejak aku TK. Waktu masih kecil sih bodo amat ya nggak sampai tuh mikirin kayak gitu. Saat SD, SMP, SMA, aku mulai memerhatikan bahwa ketangguhan fisikku cukup berbeda dengan teman-teman. Aku mudah lelah, mudah sakit, tidak bisa sembarangan makan makanan di kantin sekolah, dan lain sebagainya.

Kemudian ibu membongkar sebuah rahasia besar… bahwa ayahku punya beberapa penyakit alergi dan menurun ke aku. Bolak-balik aku harus menyambangi dokter untuk lagi-lagi bertemu penyakit yang sama. Dokter pun menyarankan aku untuk rutin mengonsumsi madu dan vitamin C agar daya tahan tubuh kuat. Mengingat saat itu aku akan kuliah S1 di Kota Malang, disana sudah tidak tinggal sama orang tua, melainkan hidup mandiri sebagai anak kost.

Penyakit alergi, menurut dokter, tidak bisa hilang. Yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi madu, vitamin C, serta rutin olahraga dan menghindari alergen atau pemicunya.


Susahnya Punya Penyakit Alergi

Diantara penyakit alergi yang aku derita adalah alergi seafood khususnya yang dimasak kurang bersih, alergi dingin, dan alergi debu. Kalau sudah terkena salah satu dari si alergen, bisa-bisa tubuhku gatal, batuk, pilek, hingga sesak nafas. Pernah juga ada reaksi alergi di bagian kelopak mata dalam. Aneh-aneh aja lah pokoknya hihi.
lomba blog natsbee, kompetisi blog natsbee, review natsbee honey lemon, natsbee honey lemon untuk ibu hamil, ibu hamil minum natsbee honey lemon, asik tanpa toxic

Ibu juga mewanti-wanti aku agar selalu menjaga makanan, biar nggak terkena bakteri jahat, toxic, maupun kuman yang aneh-aneh yang memicu sakit perut. Bahkan dulu saat kuliah, kalau aku ada agenda ke luar negeri, ibu pasti membekali aku dengan obat 7 rupa! Wahaha enggak ding, kayak mandi kembang aja!

Ibu selalu memberi aku obat yang komplit: untuk flu, batuk, asma, demam, gatal-gatal dan lain-lain meskipun hanya untuk 10 hari perjalanan. Luar biasa kasih seorang ibu ya! Tapi momen itu bikin aku mikir juga, sampai kapan nih aku ketergantungan obat melulu?

Kondisi penyakit alergiku ini makin parah saat aku hamil, di kehamilan pertama pada dua tahun lalu maupun di kehamilan kedua sekarang ini. Saat kehamilan pertama dulu, daya tahan tubuhku menurun drastis dan aku sempat didiagnosa terkena bakteri Toksoplasma. Tentu saja aku shock dan khawatir dengan kehamilanku. Singkat cerita dan setelah melalui berbagai proses pemeriksaan, alhamdulillah rupanya bakteri tokso di tubuhku sudah tidak aktif.
lomba blog natsbee, kompetisi blog natsbee, review natsbee honey lemon, natsbee honey lemon untuk ibu hamil, ibu hamil minum natsbee honey lemon, asik tanpa toxic

Karena kejadian itu, aku jadi lebih semangat untuk terus menjaga staminaku, tetap dengan cara di atas yaitu rutin minum madu dan vitamin C. Selain itu, dokter menyarankan aku untuk memperbanyak makan buah, makan makanan yang sehat, menghindari gaya hidup tidak sehat, polusi, dan stres.

Makin lama, aku menyadari bahwa zaman berubah. Penyakit pun berkembang, belum lagi udara yang kita hirup juga berbeda. Bahkan, ada pula penyakit yang timbul akibat stres dan depresi. Duh, makin serem aja ya..


Toxic Zaman Now, Kayak Gimana, tuh?

Tapi memang betul lho, aku sendiri merasakan bahwa stres bisa memicu penyakit. Saat pertama kali memeriksakan kehamilan kedua, dokter memberitahuku bahwa ada kista dengan diameter 2 cm di dekat rahim. Aku cukup kaget, waduh apa lagi ini??

Sempat aku tanyakan ke dokter apa penyebab kista ini? Apakah makanan tertentu? Jawaban dokter membuat aku lebih kaget lagi.

“Zaman sekarang mbak, susah mendeteksi penyebab kista. Ya bisa makanan, ya bisa stres, itu juga berpengaruh banget.”

DEG!

Aku merasa tidak perlu bertanya lebih lanjut sebab sudah tau jawabannya. Beberapa bulan sebelum hamil ini memang aku sempat didiagnosa terdapat gangguan psikis dan mental. Aku sering sakit berulang pasca melahirkan, tetapi berobat ke dokter pun tidak menyelesaikan masalah. Akhirnya aku berdiskusi dengan psikolog dan pulang membawa sejumlah wawasan serta nasihat baru, terutama mengenai kesehatan mental.

Didiagnosa ada gangguan psikis membuat aku merenung cukup panjang, mengurai satu persatu penyebabnya, dan kemudian aku mulai mencari solusinya.

Rupanya memang ada tuh yang namanya toxic zaman now  yang sangat berbahaya dan nggak terlihat secara langsung. Dalam proses awal aku menjadi seorang ibu, aku sempat mengalami stres berat. Bukan karena baby blues ataupun post partum depression, tetapi karena ketidakmampuanku menyaring kalimat-kalimat toxic dari orang sekitar maupun kehadiran masalah-masalah internal yang membawa “racun” buat tubuh dan pikiranku.
lomba blog natsbee, kompetisi blog natsbee, review natsbee honey lemon, natsbee honey lemon untuk ibu hamil, ibu hamil minum natsbee honey lemon, asik tanpa toxic

Tau lah ya, yang namanya ibu setelah melahirkan itu capeknya berkali-kali lipat. Pemulihan pasca melahirkan, menyusui, belajar menjadi seorang ibu, dan segala kewajiban lainnya. Pada puncaknya, aku sempat cek cok dengan seorang anggota keluarga besar hingga membuatku cukup trauma. Mendengar suaranya saja tanganku gemetar, berada di dekatnya, aku nggak berani lama-lama ataupun sendirian.

Betul lah kata bu dokter, bahwa penyebab penyakit zaman sekarang itu bukan hanya virus dan bakteri jahat, tetapi juga energi yang jahat!


Waspadai Toxic Zaman Now di Sekitar Kita!

Di kehamilan kedua ini, aku sudah belajar cukup banyak dari pengalaman anak pertama. Aku juga lebih berhati-hati memilih teman, lingkungan, hingga tempat melahirkan. Sudah berhati-hati saja, masih sangat mungkin terpapar energi negatif dari sosial media.

Misalnya saja, akhir-akhir ini aku mengikuti berita dan perjuangan para atlet Indonesia di Asian Games 2018. Membaca komentar jahat dari para warganet kepada atlet yang menurut mereka payah hanya karena berhasil membawa perak, perunggu, atau sudah berkompetisi maksimal, aku hanya bisa tepok jidat. Kata-katanya itu lho, nyelekit banget!

Memang ini resiko hidup di zaman serba online, dimana orang dengan mudah menggerakkan jempol untuk berkata apapun. Saking banyaknya warganet yang mudah banget berkata pedas, sampai-sampai ada celetukan bahwa omongan warganet lebih pedas dari omongan mertua!

Jangankan atlet ataupun artis yang terkenal dan sudah diakui prestasinya, kita-kita yang kerap berinteraksi di dunia maya harus tetap waspada karena kita juga sangat berpotensi terkena toxic zaman now, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Mulai dari ibu-ibu muda yang kerap dikritik “ibu-ibu senior” karena pilihan pengasuhannya, para blogger yang dihina karena tulisannya, para YouTubers yang dibully karena keberanian beropininya, dan lain sebagainya.

Terbukti, 23 dari 31 followersku di Instagram @NabillaDP mengatakan bahwa mereka pernah mengalami toxic zaman now ini, pollingnya bisa dilihat dibawah ini ya:
Polling diikuti oleh 31 orang dalam waktu 24 jam dengan 23 orang menjawab pernah dan 8 orang menjawab belum.


Aku pernah mengalami beberapa diantaranya, pertama, kritik pedas dari beberapa orang yang menjenguk anakku yang pertama. Kritikan tersebut dilontarkan karena aku melahirkan secara SC, karena aku bersikeras menyusui anakku, serta karena aku memakaikan si kecil diapers. Kritikan tersebut alih-alih membangun ataupun supportif, yang ada justru menjatuhkan dan membuat aku stres.

Kedua, sindiran di dunia maya. Sindiran tersebut datang terus menerus dan kalau dibaca memang cukup menyakitkan. Tapi karena aku sudah belajar dari yang terdahulu, aku berusaha sebisa mungkin menanggapinya dengan baik, dan kalau sudah kelewatan, ya sudah ditinggal saja. Hal yang lebih penting masih banyak, kan?

Dari banyaknya toxic zaman now, menurutku yang paling berbahaya adalah perundungan di dunia maya atau yang kita kenal dengan istilah cyber bullying dan online shaming. Online shaming kurang lebih merupakan kejadian dimana seseorang disasar dan diserang oleh pengguna lain di media sosial. Online shaming tidak selalu melibatkan banyak pengguna, hal ini juga kerap terjadi di lingkup yang lebih kecil, misalnya saja ada seseorang yang menghina atau menyindir orang lain via private message di media sosial.

Sebetulnya kalau kita mau melihat lebih dekat, orang yang selalu berkomentar negatif atas pencapaian orang lain itu kasihan, lho. Menurut Psikolog Anak, Anna Surti Ariani sebagaimana dilansir dari Kumparan.com, ada beberapa alasan mengapa warganet rela mengeluarkan waktu, tenaga, dan kuota untuk sekedar mengirimkan cibiran mengenai kehidupan orang lain.

Pertama, kurang kerjan. Kedua, lari dari masalahnya sendiri sehingga dia melimpahkan semua masalahnya dengan membully orang lain. Ketiga, tidak percaya diri, sehingga untuk membuktikan bahwa dirinya lebih baik dari orang lain dia akan “menginjak” kehidupan orang lain tersebut. Keempat, secara personal mereka cenderung sangat sulit melihat hal-hal berbau positif sehingga apapun yang dia lihat pasti dikomentari negatif. Kelima, mereka melakukan hanya untuk keuntungan dan kesenangan tertentu.

Banyak yang mengistilahkan mereka sebagai toxic people, yaitu orang-orang yang gemar menebar “racun” serta energi negatif untuk orang lain. Padahal, kalau kita menebar keburukan terus menerus, yang rugi juga diri kita sendiri, lho, karena akan terus memproduksi pikiran-pikiran negatif tentang orang lain maupun tentang perihal tertentu.

Zaman digital ini membuat toxic zaman now susah banget dihindari, tapi bisa kok kita atasi!


Tips #AsikTanpaToxic Zaman Now ala Bumil

Sebagai wanita hamil, aku sangat perlu menjaga mood dan kondisi psikologis dari perihal yang tidak menyenangkan lainnya. Sebab, membangun afirmasi positif sangat penting untuk kelancaran kehamilan, proses persalinan, dan pasca melahirkan. Namun, bagaimanapun juga, sebagai seorang freelance writer dan parenting blogger, aku juga berinteraksi dengan banyak orang baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Kalau tidak pintar menyaring energi, bisa-bisa aku juga terpapar toxic zaman now. Hiy, nggak mau banget deh!
lomba blog natsbee, kompetisi blog natsbee, review natsbee honey lemon, natsbee honey lemon untuk ibu hamil, ibu hamil minum natsbee honey lemon, asik tanpa toxic


Aku pribadi menerapkan beberapa tips berikut ini dalam menghempaskan toxic zaman now, yuk disimak: 
1. Istirahat atau tidur yang berkualitas. Memiliki waktu tidur yang cukup baik akan membantu tubuh kita untuk lebih berstamina dan relaks. Dengan tubuh yang tidak kelelahan, tentu akan memudahkan ita untuk bisa berpikir lebih baik dan lebih positif.

2. Olahraga yang cukup. Aku yakin banget bahwa olahraga bisa membuat tubuh dan pikiran lebih fresh tapi aku pribadi belum bisa menerapkan ini sepenuhnya karena aku belum bisa konsisten dalam berolahraga sejak hamil kedua ini, hihihi. Dulu saat sebelum hamil, aku sempat rutin mengikuti yoga dan senam hiphop. Saat sudah hamil, aku hanya berolahraga dengan stretching di pagi atau sore hari, jalan pagi atau sore hari, dan berenang.

3. Makan makanan yang sehat dan bergizi. Aku tidak pernah diet, namun sejak hamil, aku jadi lebih terbiasa banyak makan buah, sayuran hijau, dan mengurangi gula berlebih pada minuman dan buah yang ku konsumsi. Aku juga sangat menghindari soft drink dan junk food, hanya kalau kepepet saja aku membeli makanan siap saji. Sesekali cheating nggak masalah sih, tapi pastikan bahwa tubuh kita lebih banyak menyerap gizi yang baik, ya!

4. Minum madu dan Vitamin C. Ini nih yang jadi andalanku setiap hari, terutama kalau badan lagi kurang fit. Namun, sebetulnya, aku juga belum sepenuhnya konsisten minum madu karena saat hamil ini, aku sempat eneg minum madu yang terasa manis sekali di mulut. Tapi, sekarang aku tau gimana ngakalinnya! Cek point nomor 5 dibawah ini:

5. Mengonsumsi Natsbee Honey Lemon. Aku selalu menyetok Natsbee Honey Lemon ini di kulkas, dan sebagai ibu hamil, aku suka banget mengonsumsi produk andalan Pokka ini. Karenaaa… dia praktis dan sehat! Hehehe, soalnya minuman ini mengandung madu dan lemon. Idaman dan solusi banget lah buat bumil yang gampang mager kayak aku.

Aku memilih Natsbee Honey Lemon dari POKKA karena minuman ini segeerrr banget! Cocok diminum sehari-hari, terutama kalau sudah penat dengan polusi, asap rokok, lingkungan kerja yang menyebalkan, hingga terpapar toxic zaman now. Selain itu, Natsbee Honey Lemon adalah Minuman Madu Lemon pertama di Indonesia. Lemon dikenal baik mendetoksifikasi tubuh kita dengan mengikat zat-zat yang tidak dibutuhkan. Madu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Perpaduan madu dan lemon dapat menjaga tubuh kita bersih dari zat-zat yang dapat menggangu kesehatan kita.


lomba blog natsbee, kompetisi blog natsbee, review natsbee honey lemon, natsbee honey lemon untuk ibu hamil, ibu hamil minum natsbee honey lemon, asik tanpa toxic


Penampakan langsung dari Natsbee Honey Lemon serta tips mengatasi toxic zaman now bisa cek di video di bawah ini ya:


Natsbee Honey Lemon ini cocok banget buat siapapun yang punya aktivitas padat, karena kandungan Vitamin C dari lemonnya membuat kita tetap segar dan aktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Meskipun aku “hanya” seorang freelance writer dan blogger, bukan berarti aku banyak menganggur di rumah. Justru ada tantangan besar dimana aku harus bisa disiplin dalam berkarya dan membagi waktu dengan baik antara menulis di blog dan menulis bersama tim, serta berpergian ke luar kota.
lomba blog natsbee, kompetisi blog natsbee, review natsbee honey lemon, natsbee honey lemon untuk ibu hamil, ibu hamil minum natsbee honey lemon, asik tanpa toxic

Aku paling suka mengonsumsi Natsbee Honey Lemon dalam keadaan dingin, soalnya lebih syegeerrr dan nikmat! Rasanya manisnya pas dan tidak membuat tenggorokanku sakit, aku cukup sensitif soal hal ini. Nah, kemudian, selain rasanya yang menyegarkan, aromanya itu lho... bisa banget membantu pikiran lebih segar hanya dengan membuka tutup botol Natsbee Honey Lemon. Begitu dibuka, aroma madu plus lemon yang segar langsung menyapa hidung dan membuat aku tidak mau berlama-lama mendiamkannya.

Dan yang paling penting, bumil friendly, sebab sebagai salah satu produk keluaran Pokka, Natsbee Honey Lemon jelas berkualitas. POKKA adalah perusahaan makanan dan minuman dari Jepang yang selama lebih dari 60 tahun berkomitmen menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi dan standar internasional. POKKA sudah dikenal di lebih dari 50 negara dan meluncurkan ratusan produk berbahan alami, tanpa pengawet dan pewarna buatan.

Soal keamanan? Nggak perlu khawatir, minuman madu lemon ini aman banget untuk dikonsumsi karena sudah mendapat nomor registrasi dari BPOM. Worry free, deh!

Nah, itu dia beberapa tips dari aku untuk mengatasi toxic zaman now. Sudah lebih siap kan untuk bersihkan hari aktifmu dari toxic zaman now? Kamu punya tips apa, nih? Berbagi disini yuk :)



lomba blog natsbee, kompetisi blog natsbee, review natsbee honey lemon, natsbee honey lemon untuk ibu hamil, ibu hamil minum natsbee honey lemon, asik tanpa toxic


Referensi:
Freepik.com
Canva.com
https://kumparan.com/@millennial/psikolog-fenomena-netizen-julid-ada-karena-mereka-kurang-kerjaan
https://www.lifull-produk.id/produk/natsbee-honey-lemon
https://www.alodokter.com/alergi
https://www.alodokter.com/persenjatai-ibu-hamil-dalam-melawan-infeksi-toxoplasma

Jumat, 24 Agustus 2018

,

aneka hotel murah, hotel murah di garut, charlie chaplin garut, pesan hotel di garut

Siapa bilang tujuan berlibur hanya seputar Bali, Yogyakarta ataupun Bandung? Aku pribadi justru akan menghindari kota atau pulau mainstream kayak gitu, sih. Hihi. Sebab, aku sudah menyaksikan sendiri bahwa Indonesia itu indaah banget! Gak hanya di Bali, Yogyakarta, ataupun Bandung, lho. Terkadang, kota-kota kecil justru menawarkan pesonanya sendiri: keunikan, kekhasan daerah, keramahan penduduk lokal, daan tentu saja kuliner khas yang lezat!

Sebelumnya, aku tidak menyangka kalau ada kota kecil tersembunyi yang rupanya cukup indah dan memukau yang berada di Jawa Barat. Adalah Garut, kota yang terkenal karena makanan khasnya yang lezat dan keindahan alamnya yang membuat wisatawan nyaman. Ngomong-ngomong soal Garut, yang paling aku kangenin sebetulnya ya dodol Garut yang enaaak banget itu! Duh, mendadak bumil ngidam..
aneka hotel murah, hotel murah di garut, charlie chaplin garut, pesan hotel di garut
Ini serius, enak banget! Kamu udah pernah coba? (sumber foto: wikipedia)

Kalau kamu ingin menikmati wisata yang lengkap yakni alam, budaya, belanja, maupun kuliner, kamu tidak perlu memaksakan diri menuju kota yang populer yang jauh dan sudah terlalu mainstream. Cukup kunjungi Garut untuk sekedar melepas lelah dan penat kamu nanti. Apalagi, saat Hari Jadi Kabupaten Garut ke-205 bulan Februari lalu, pemerintah daerah Garut sangat serius untuk menggarap Garut menjadi salah satu daerah dengan potensi wisata utama di tanah air. Ini kesempatan banget nih buat kamu untuk jadi yang pertama mengeksplore daerah yang sebentar lagi bakal populer di Instagram alias Instagrammable!

Traveling sendirian pun nggak jadi masalah, meskipun pasti bakal lebih berkesan, lebih manis, dan lebih bermakna kalau kita jalan-jalan bersama orang-orang yang kita sayang. 

Apapun pilihan dan gaya travelingnya, kalau ke Garut, jangan lupa cari hotel di Garut ya! Tidak perlu khawatir, di tengah kemajuan kota kecil ini kamu pun dengan mudah akan menemukan hotel di Garut sesuai impian dan kebutuhan kamu. Zaman now apa sih yang gak bisa dilakukan dengan internet?

Di bawah ini akan aku ulas beberapa pesona Garut yang bisa membuat kamu ingin cepat-cepat menginap di salah satu hotel di Garut nantinya. Mau lebih mudah dan praktis? Tentu bisa! Kamu tinggal pesan hotel melalui situs online terkemuka dan pilih sendiri hotel sesuai budget atau anggaran traveling kamu.


Pesona Garut: Switzerland-nya Indonesia

Nah, yuk kita kupas satu-satu, apa sih yang membuat kota kecil ini wajib kamu kunjungi? Tahukah kamu bahwa kota Garut punya beberapa fakta unik dan menggemaskan yang pasti akan membuat kamu lebih jatuh hati.

     Switzerland of Java-nya Indonesia

Ternyata Garut menyandang sebutan sebagai Switzerland van Java sudah sejak lama! Kepopuleran dan keindahan alam Garut bahkan pernah memantik rasa penasaran seorang aktor komedi Inggris yang terkenal di era film bisu, Charlie Chaplin, untuk mengunjungi Garut sebanyak dua kali! Betapa tidak, suasana Garut jelas terasa indah karena dihiasi dengan lukisan pegunungan yang mengelilingi kota menawan ini. Suasana sejuk di Garut juga bikin ngangenin. Keindahan pegunungan yang terbingkai sempurnalah yang membuat Garut kian lama kian populer. 
aneka hotel murah, hotel murah di garut, charlie chaplin garut, pesan hotel di garut

Keindahan alam kota Garut rupanya sudah populer sejak zaman Hindia Belanda. Dilansir dari Ensiklopedia Hidia Belanda bahwa kota Garut adalah tempat terindah di Pulau Jawa dengan iklim nyaman (karena ketinggiannya mencapai 700 mdpl) dengan lingkungan yang sangat indah, tempat pesiar yang sangat disukai oleh orang Batavia dan banyak dikunjungi saat kemarau tiba. Tidak heran kalau Garut selalu berhasil memikat hati para wisatawan mancanegara, termasuk Charlie Chaplin. Si Charlie Chaplin saja sudah ke Garut, kamu kapan?

     Punya Bentuk Alam Pegunungan yang Unik
Jika kamu pecinta alam dan berkeinginan menaklukan pegunungan di Indonesia, kamu bisa berlatih atau pemansan dengan menaklukkan Pegunungan di Garut, Pegunungan Papandayan. Pegunungan Papandayan akan membuat proses "pemanasan" pendakian kamu terasa istimewa. Mengapa? Karena diantara 4 gunung di seluruh Indonesia yang punya bunga abadi si cantik Edelweiss salah satunya ada disini. Kamu akan menemukan padang hijau yang penuh dengan bunga Edelweiss. Menariknya kamu pun akan menjumpai hutan mati yang dipenuhi kokohnya pepohonan, sebuah saksi bisu bekas letusan gunung Papandayan dahulu. Jadi kalau kamu mengaku pendaki dan pecinta alam, yakin masih mau melewatkan kesempatan emas ini?

     Garut Punya Sepuluh Pilihan Wisata Pantai Memukau
Meskipun kamu memesan hotel yang nyaman, tetapi jangan habiskan waktu kamu hanya di dalam kamar hotel saja, ayo keluar dan nikmati pesona pantai di Garut yang mengagumkan! Segarkan mata kamu dengan 10 jenis pilihan pantai yang semuanya menggoda. Ada pantai Manalusu, Pantai Cijeruk Indah, Pantai Santolo, Pantai Karang Parenje, Pantai Sayang Haulang, Pantai Karang Papak, Pantai Cicalobak, Pantai Guha, Pantai Gunung Geder dan yang terakhir adalah Pantai Rancabuaya. Semuanya serba menawarkan keindahan alam tiada batas.



Tunggu apa lagi? Yuk, segera buktikan sendiri keindahan yang tercipta di kota kecil nan menawan ini. Kalau kamu pernah punya pengalaman atau tinggal di Garut, boleh banget nih sharing di kolom komentar di bawah ini :)

Follow me @nabilladp