Review Car Seat Babydoes Westwood Setelah Setahun Pemakaian

review car seat untuk bayi, review car seat untuk anak, review car seat babydoes

Review car seat Babydoes Westwood ini merupakan kelanjutan rangkaian ulasan car seat dari aku. Sebelumnya, aku sudah memposting review car seat Joie Transcend Lux untuk anakku yang menggunakannya mulai usia 4 tahun.


Kali ini, aku mengulas car seat Babydoes Westwood CH 873 yang telah digunakan anak keduaku, Laiqa, sejak usia 2.5 tahun. Car seat Babydoes ini kami gunakan untuk mudik ke Banjarnegara selama 2x yakni pada tahun 2021 dan 2022. Kemudian, kami gunakan pula untuk bepergian ke luar kota seperti ke Malang, Pasuruan, dan kalau sedang jalan-jalan dalam kota.


Aku sekaligus memberikan tips agar anak yang masih kecil (berusia 1-2 tahun) mau duduk di car seat. Aku berhasil mematahkan anggapan bahwa anak yang masih baby nggak akan betah duduk di car seat. No.. no.. no.. memang perlu waktu, ya. Kamu bisa membaca ulasanku tentang car seat Babydoes Westwood ini sampai selesai.


Tips Agar Anak Mau Duduk di Car Seat

Orang Indonesia terbiasa memangku anak ketika naik mobil dengan alasan agar anak nyaman. Kita memang terbiasa memeluk mereka dan membiarkan mereka bertingkah laku apapun di mobil. Boleh boleh saja, sih.. karena memang saat ini belum ada aturan yang mewajibkan penggunaan car seat untuk anak di Indonesia.


Namun, coba pikirkan lagi tentang keselamatan anak. Kita tentu mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Seberapa aman pelukan kita untuk anak? Nggak perlu jauh-jauh, saat mobil mengerem mendadak saja anak bisa njungkel ke depan kalau tidak duduk di car seat dalam kondisi seat belt berbunyi klik. Ini pernah terjadi dengan Laiqa ketika kami naik Grab Car. Dia njungkel dan kepalanya kejedot bagian tengah mobil (yang biasanya buat naruh2 printilan itu). Sedihhh…


Kedua, kita sendiri pasti tidak nyaman. Apalagi kalau anak kita sudah semakin endut dan tinggi. Lama-lama kaki kita kesemutan. Belum lagi kalau kita harus beraktifitas seperti kepengin ngemil, harus ngeliat maps, dll. Bayangin aja ribetnya, deh.


Ketiga, kalau kita punya dua orang anak, pasti bakal rebutan dipangku bunda. Ketimbang rebutan, lebih fair kalau semua duduk di tempat masing-masing, kan? Bunda tidak perlu duduk di tengah dan bisa duduk di depan, menjadi navigator untuk ayah yang menyetir. Berikut adalah beberapa tips dari aku agar anak betah duduk di car seat:


1. Biasakan Sejak Kecil

Alangkah lebih baik kalau kita sudah memakaikan car seat untuk anak sejak mereka baby. Jadi mereka tahu tempatnya dan telah terbiasa. Duduk di car seat ini juga sangat bagus untuk melatih disiplin dan memahamkan pada anak tentang keamanan berkendara.


2. Sounding Melalui Cerita atau Video YouTube

Sebelum mengenalkan car seat, cobalah untuk bercerita kepada anak tentang kendaraan dan bagaimana cara kita untuk berkendara yang aman. Bisa menggunakan buku atau dongeng sebelum tidur. Kita bisa mulai dengan tebak-tebakan, apa saja yang digunakan pengendara motor agar aman? Kemudian, sebutkan juga untuk pengendara mobil.


Cara lain yang bisa kita gunakan adalah dengan menonton bersama konten YouTube seperti channel Alex Gaby. Pada video perjalanan yang mereka buat, Alex dan Gaby selalu naik car seat mulai mereka kecil sampai SD. Kita bisa sekalian sounding bahwa mereka pakai car seat agar aman… kalian juga, ya. Begitu deh kira-kira.


3. Libatkan Anak

Kalau Bunda memilih untuk membeli secara langsung (online juga bisa, sih), ajak anak untuk memilih motif atau warna car seat. Dengan begitu mereka bisa merasa memiliki dan suka dengan barang yang mereka pilih sendiri.


4. Biasakan Perlahan pada Perjalanan Jarak Pendek

Misalnya pas mau ke mall, coba pasang car seat. Bunda dan ayah duduk di depan seperti biasa. Kemudian sesekali tengok dan tanyakan keadaan anak. Boleh juga kita sambil sounding manfaat car seat yang anak rasakan, seperti:


“Wah, Kakak sekarang sudah bisa melihat ke luar jendela yaa.. untung pakai car seat, jadi bisa nyampe, deh.”


“Enak sekali yaa Kak bisa duduk sendiri di mobil, kakak semakin pintar dan hebat!”


5. Tawari Jajan dan Mainkan Musik Kesukaan Anak

Biasanya anak mudah bosen kalau perjalanan. Pada saat itulah kita bisa menawarkan jajan kesukaan mereka. Ketimbang memberi mereka gadget, aku lebih menyarankan agar Bunda menyetel lagu dari Spotify dan dikoneksikan ke bluetooth mobil. Jadi anak bisa lebih menikmati perjalanan dengan santai dan hati gembira.


6. Jalani Prosesnya

Kalau masih awal-awal, biasanya anak masih minta pangku. Tidak apa-apa, namanya juga masih proses dan belajar. Kita bisa mengiyakan permintaan anak untuk kita pangku. Tetapi, lebih baik kita beri syarat, seperti:


“Boleh, Bunda pangku selama 10 menit, ya. Setelah itu kamu bisa duduk lagi di sini.”

“Okey, Bunda pangku dua kali, ya. Ini sudah sekali, nanti sekali lagi boleh.” 


Gitu, kira-kira…


review car seat babydoes westwood, review car seat babydoes, harga car seat babydoes westwood, review car seat babydoes untuk anak 2 tahun, review car seat babydoes untuk newborn, review merk car seat yang bagus, merk car seat yang bagus, car seat untuk anak 5 tahun, car seat untuk anak 2 tahun, car seat untuk newborn, car seat untuk bayi
Car seat babydoes westwood


Review Car Seat Babydoes Westwood CH 873

Aku membeli car seat Babydoes Westwood CH 873 karena car seat ini berada pada grup 0+, 1, dan 2. Btw, grup 0+ adalah car seat yang bisa digunakan sejak newborn sampai usia sektar 15 bulan. Grup 1 merupakan car seat untuk anak berusia sampai usia 4 tahun. Grup 2 merupakan car seat untuk anak berusia 2-4 tahun. Sementra untuk Grup 3 merupakan car seat untuk anak usia 6-12 tahun. Oh ya, car seat Babydoes Westwood ini ada 3 warna: hitam, abu-abu, dan biru navy.


Hal yang membuat aku membeli Babydoes Westwood CH 873 ini adalah sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan usia anak/jangka panjang, harganya terjangkau, aman, dan adjustable. Aku bahas satu per satu, ya.


Babydoes Westwood CH 873 Sesuai dengan Kebutuhan Laiqa

Aku mencari car seat untuk anak usia 2.5 tahun. Sebetulnya kalau mau pakai Joie Transcend juga bisa. Tetapi, aku ingin merk yang berbeda biar bisa dipakai gantian dan dapat pengalaman yang berbeda juga. Setelah mencari berbagai merek, aku putuskan untuk mengambil Babydoes Westwood CH 873 ini. Sizenya pas untuk tubuh Laiqa, walaupun pada saat itu masih agak kebesaran sedikit dan perlu ganjalan bantal kalau Laiqa tidur di mobil.


Bisa untuk Jangka Panjang

Car seat ini bisa digunakan sejak usia newborn sampai berat bayi 25 kg. Jadi, bisa banget untuk jangka panjang, mungkin sampai Laiqa SD, ya. Cuma agak eman-eman aja karena itungannya aku menggunakannya tidak optimal, karena tidak sejak newborn. Yaa, jadi merasa ada fungsinya yang mubadzir gitu, hehe. 


Harganya Terjangkau

Aku sempat membandingkan dengan car seat merk lain untuk fungsi yang sama. Kesimpulan yang aku dapatkan adalah Babydoes ini lumayan miring harganya. Aku beli di Shopee dengan harga 1 juta sudah sama ongkir. Sekarang harganya malah sudah turun, lho. Di Official Store Babydoes, harga Babydoes Westwood CH 873 ini 999.000.


Jadi untuk dua car seat, aku hanya keluar uang tidak sampai 2 juta rupiah. Itu pun kedua car seat ini (Babydoes dan Joie) terbilang awet banget! Huhu.. terharu!


Aman

Setahuku Babydoes Westwood CH 873 ini tidak memiliki isofix seperti Joie. Tetapi, ada area di belakang sebagai tempat untuk mengaitkan sabuk pengaman. Jadi ya aku memasangnya begitu, cukup aku tarik sabuk pengaman, aku selipkan di bagian belakang car seat, dan aku pasang sampai klik. Berbeda dengan Joie Transcend Lux, Babydoes Westwood CH 873 ini menggunakan sistem keamanan klasik, yakni dengan seatbelt yang memiliki 5 titik. Lumayan safe dan erat, kok. 


Adjustable dan Nyaman

Ada beberapa bagian pada Babydoes Westwood CH 873 yang dapat kita sesuaikan mengikuti usia dan kenyamanan bayi. Pertama, ada tiga posisi recline. Bisa kita hadapkan belakang untuk baby yang newborn. Mengenai safety dan langkahnya, kalian bisa cari di YouTube saja, ya, karena aku memang baru membeli car seat ini saat Laiqa sudah berusia 2.5 tahun. Kemudian kalau mau hadap depan, kita bisa mengatur kemiringan car seat pada bagian bawah dudukan. Tinggal tarik lalu geser saja. Tanyakan pada anak apakah mereka sudah cukup nyaman dengan kemiringan car seat.


Kedua, headrest atau bagian sandaran bahu juga dapat kita naik turunkan. Kendati tidak setinggi Joie Transcend Lux, menurutku sudah cukup bagus untuk kebutuhan anak usia sampai Grup 2.


Ketiga, kursi cukup lebar dan empuk. Seatpad dan Headrest Babydoes Westwood CH 873 juga lumayan empuk ketimbang Joie Transcend Lux. Yang jelas, car seat Babydoes Westwood CH 873 bisa membuat Laiqa tidur nyenyak ketika perjalanan! Hehehe.


review car seat babydoes westwood, review car seat babydoes, harga car seat babydoes westwood, review car seat babydoes untuk anak 2 tahun, review car seat babydoes untuk newborn, review merk car seat yang bagus, merk car seat yang bagus, car seat untuk anak 5 tahun, car seat untuk anak 2 tahun, car seat untuk newborn, car seat untuk bayi
Laiqa duduk di Babydoes Westwood. Kanan saat usia 3 tahun, kiri saat baru beli car seat (usia 2.5 tahun).

Beli di Mana?

Bunda bisa membeli di marketplace favorit ya. Paling enak kalau beli yang terdekat dari rumah agar bisa menghemat ongkos kirim. Namun jika aku boleh memberi rekomendasi, Bunda bisa membeli Babydoes Westwood CH 873 dari official store Babydoes. Kamu juga bisa membeli secara offline di baby store terdekat. Namun, cobalah untuk menanyakan terlebih dahulu mengenai stok karena belum tentu selalu ada dan biasanya lebih banyak stok yang terbaru. Kalau di area Surabaya, kamu bisa mengecek di beberapa baby store seperti Willow, Suzana, Perdana, dan Kitty Baby Shop. Di Sidoarjo juga ada yang cukup besar bernama Hompimpa Baby Shop.


Penutup

Aku merekomendasikan Babydoes Westwood CH 873 untuk anak-anak bunda. Menurutku Babydoes ini merupakan salah satu merk car seat yang bagus untuk bunda yang mencari car seat dengan kualitas yang cukup baik, aman, dan harga yang bersahabat. Aku menyarankan untuk menggunakan car seat ini sejak usia 1 tahun, ya. 


Itu tadi review car seat Babydoes Westwood dari aku, semoga bermanfaat yaa Bunda. Kalau Bunda sendiri apakah memakai car seat dengan tipe yang sama? Atau punya brand favorit? Boleh sharing di sini, yuk!


1 komentar

  1. Kakak ku juga kalau gak salah pakai merk ini utk Carseat anaknya di mobil
    Comfy banget sampe sering ketiduran lhoo si baby di situ

    BalasHapus