Review Car Seat Joie Terbaru 2022

review car seat untuk bayi, review car seat untuk anak, review carseat joie, review car seat babydoes, car seat joie untuk bayi, car seat joie untuk anak 2 tahun, car seat joie untuk anak 5 tahun, review merk car seat yang bagus, merk car seat yang bagus, car seat untuk anak 5 tahun, car seat untuk anak 2 tahun, car seat untuk newborn, car seat untuk bayi,


Review car seat Joie terbaru 2022 ini sebetulnya sudah lama ingin aku tulis, tetapi terhambat karena aku isoman cukup lama pada bulan Februari lalu. Car seat Joie ini sudah aku beli pada tahun 2020 untuk keperluan mudik ke Banjarnegara. Karena kami pergi berempat dan perjalanan lumayan jauh, jadi aku nggak mau mangku dua bocil. Nanti aku yang klenger deh.. hehehe. Jadilah aku membelikan dua car seat untuk anakku yang kala itu berusia 4 tahun dan 2.5 tahun. Joie Transcend untuk Mahira (anak pertama) dan Babydoes Westwood untuk Laiqa (anak kedua).


Pada review car seat joie kali ini, aku menggunakan car seat Joie tipe Transcend Lux Blue. Tipe ini nggak familiar di berbagai baby shop. Aku pun membelinya secara online, kebetulan toko onlinenya dekat rumah! Rezeki banget, dah. Aku ceritakan di bawah ini alasan aku membeli Joie Transcend Lux Blue. Mulai dari fungsi, harga, dan ketahanan. Baca sampai tuntas yaa..


Tips Memilih Car Seat Sesuai Usia dan Kebutuhan

Sebelum masuk ke review car seat joie transcend, aku ingin mengingatkan dulu tentang pertimbangan-pertimbangan yang sebaiknya kita cek dulu sebelum mencari car seat. Jangan fokus pada merk-nya saja, tetapi fokuslah pada kebutuhan, budget, kualitas, dan usia anak.


Kebutuhan

Sudah tau kan mengapa kita perlu memakaikan car seat untuk anak? Sekalipun di Indonesia belum ada aturan yang mewajibkan (pasti karena alasan ekonomi masyarakat), penggunaan car seat ini sangat penting untuk keamanan anak ketika bepergian naik mobil. Di luar negeri sudah banyak negara maju yang mewajibkan penggunaan car seat. Bahkan, ada dendanya juga kalau melanggar aturan ini.


Bunda bisa memilih car seat sesuai kebutuhan. Maksud kebutuhan di sini adalah akan digunakan seberapa lama? Untuk sekali dua kali saja, atau sampai besar nanti? Fyi, penggunaan car seat di luar negeri itu diwajibkan sampai anak sudah cukup fit untuk memakai sabuk pengaman dewasa. Ini setara usia antara 8-12 tahun atau dengan tinggi sekitar 140-150 cm. Menurut saya, belilah car seat yang awet sampai anak seusia ini. 


Budget

Harga car seat di Indonesia bervariasi. Mulai dari harga 600 ribuan sampai ada yang di atas 2 juta. Kalau anakmu ada banyak, lumayan terasa juga ya, Bund! Aku yang punya anak dua aja kudu atur budget banget untuk beli car seat. Carilah car seat yang sesuai kebutuhan dan budget-nya yang paling terjangkau dengan kemampuan kita.


Cara carinya gimana? Ya riset! Salah satunya dengan baca review car seat Joie dari aku ini, kan. Hehehe. Bandingkan pula harga-harga di marketplace.


Kualitas Car Seat

Beda merk sudah pasti membawa kualitas yang berbeda-beda pula. Ada beberapa fasilitas yang esensial pada car seat, ada pula yang cuma “pemanis” aja. Fasilitas dasar pada car seat yang perlu kita perhatikan adalah pertama, arah hadap car seat. Untuk yang masih usia newborn, biasanya menghadap ke arah kursi, bukan ke depan. Kalau sudah di 2 tahun biasanya sudah bisa beli car seat yang menghadap ke depan.


Kedua, kenyamanan untuk anak. Bahan yang digunakan dan kira-kira enak atau engga kalau dipakai anak kita duduk dan tidur di situ. Ketiga, adjustable. Terutama untuk sandaran bahu/kepala dan posisi duduk. Kadang ada car seat yang untuk usia 2 tahun ke atas yang bisa kita atur berbagai posisi: duduk, miring, dan tidur.


Keempat, keamanan. Cara pasang car seat itu biasanya kita selipkan aja seat belt mobil ke bagian belakang car seat. Namun, sekarang ada beberapa mobil terbaru yang menggunakan sistem isofix. Beberapa brand car seat pun sudah ada yang menggunakan ini. Coba cek dulu aja, ya. Keamanan ini juga bisa kita lihat pada bagaimana sistem seat belt car seat.


Kelima, mudah dibersihkan. Biasanya kita mengizinkan anak-anak makan di mobil, kan. Kalau mereka makan di car seat, besar kemungkinan bakal njelembret itu bercak makanan di car seat. Nah, coba kamu lihat dulu, apakah mudah untuk dibersihkan menggunakan lap atau harus kita laundry.


Cari yang Sesuai Usia Anak

Seperti yang aku singgung di atas, beda usia, beda tipe car seat, ya. Lebih jelasnya, kamu bisa melihat pada gambar di bawah ini. Oh ya, untuk anak di atas 2 tahun sudah bisa hadap ke depan. Tergantung pada perkembangan anak dan merk car seat yang kita gunakan.


review car seat untuk bayi, review car seat untuk anak, review carseat joie, car seat joie untuk bayi, car seat joie untuk anak 2 tahun, car seat joie untuk anak 5 tahun, review merk car seat yang bagus, merk car seat yang bagus, car seat untuk anak 5 tahun, car seat untuk anak 2 tahun, car seat untuk newborn, car seat untuk bayi
Sumber: www.nhtsa.gov


Review Car Seat Joie Transcend Lux

Alasan aku membeli car seat Joie Transcend Lux ini adalah sesuai kebutuhan (muat sampai anak usia 12 tahun), harganya lebih terjangkau ketimbang tipe lain, dan adjustable. Dia bisa jadi car seat dan bisa dicopot jadi booster seat kalau nanti anakku sudah lebih tinggi. Warna yang tersedia ada biru, hitam, dan aku sempat juga lihat ada warna merah. Namun kayaknya yang ada di Indonesia hanya yang warna biru saja. Kamu bisa beli di marketplace dengan kata kunci "Joie Transcend". Bakal aku bahas detal ya.


Usia untuk Car Seat Joie Transcend Lux

Car seat Joie Transcend Lux ini bisa digunakan untuk anak berusia 9 bulan sampai 12 tahun atau dari berat 9 kg sampai 36 kg. Namun menurutku car seat Joie Transcend Lux ini lebih nyaman untuk anak berusia di atas 3 tahun. Kenyamanan, tinggi ukuran car seat, dan sistem penguncinya lebih oke untuk anak usia TK. 


Adjustable

Area yang bisa kita atur sesuai kebutuhan adalah pada sandaran leher dan kepala. Dia bisa rendah banget dan bisa kita tinggikan mengikuti tinggi badan anak. Selain itu, bagian sandaran punggung dapat kita lepas ketika anak sudah berusia 7 tahun ke atas mejadi booster seat. Enak banget, nggak perlu beli lagi!


Ada satu area lagi yang dapat kita sesuaikan yakni bagian pengunci car seat. Joie Transcend Lux tidak menggunakan strap pengunci seperti car seat pada umumnya, tetapi pakai SnugShield. Ini semacam sistem inovasi dari Joie yang lebih secure untuk anak. Mahira sih tidak nyaman menggunakannya, karena terasa sempit. Jadi kami ganti dengan sabuk pengaman biasa saja. Fleksibel banget, kan.


review car seat untuk bayi, review car seat untuk anak, review carseat joie, car seat joie untuk bayi, car seat joie untuk anak 2 tahun, car seat joie untuk anak 5 tahun, review merk car seat yang bagus, merk car seat yang bagus, car seat untuk anak 5 tahun, car seat untuk anak 2 tahun, car seat untuk newborn, car seat untuk bayi
Joie Transcend Lux (doc: driving.co.uk)

Harga Terjangkau

Harga Joie Transcend Lux ini sekitar 1.2 juta saja. Tapiii.. aku berhasil dapat harga 1 juta doang, lalu memakai potongan koin Shopee. Jadinya hanya tinggal 868 ribu saja!!! Hahaha puas banget dah rasanya bisa dapet harga semurah itu dan sesuai yang aku butuhkan. 


Belinya di mana ini agak tricky, ya, pasalnya Joie Transcend Lux sendiri tidak ada di website Joie Indonesia. Tipe ini udah kalah sama tipe-tipe lain yang baru. Coba aja tanya di IG Joie atau cari alternatif untuk tipe yang sesuai. Kamu juga bisa mencari secara militan di Shopee atau Tokped, ya!


Kualitas

Rasanya kita sudah tidak perlu mempertanyakan kualitas Joie, ya. Sudah pasti bagus dan aman. Tipe Joie Transcend Lux ini kalau tidak salah ada isofix-nya juga, hanya saja aku kurang paham bagaimana memasangnya. Namun untuk area dudukannya, harus aku akui kurang empuk. Kalau bagian bahu dan kepala sudah cukup oke. Ya setidaknya Mahira betah duduk di car seat ini selaam 10 jam perjalanan. Kami menggunakan car seat ini tidak hanya ketika mudik ke Banjarnegara pada tahun 2021 dan 2022, tetapi juga pada penggunaan sehari-hari. 


review car seat untuk bayi, review car seat untuk anak, review carseat joie, car seat joie untuk bayi, car seat joie untuk anak 2 tahun, car seat joie untuk anak 5 tahun, review merk car seat yang bagus, merk car seat yang bagus, car seat untuk anak 5 tahun, car seat untuk anak 2 tahun, car seat untuk newborn, car seat untuk bayi
Mahira di car seat Joie.


Manfaat Menggunakan Car Seat

Aku masih ingat betul ketika bertanya rekomendasi car seat pada teman-teman di Instagram. Mereka kebanyakan menyarankan untuk memasang kasur inflatable yang fit untuk mobil. Menurutku ini malah berbahaya karena anak terlalu bebas di dalam mobil. Risiko terbentur dan ngguling ketika ada rem mendadak sangat besar.


Pikirkan manfaat menggunakan car seat. Pertama, kita tidak perlu repot-repot memangku anak ketika bepergian. Mereka bisa duduk dengan anteng dan bisa melihat-lihat pemandangan di luar karena kursinya memungkinkan anak untuk melihat jendela dengan leluasa. Kedua, anak jadi lebih disiplin dan tahu kewajiban dalam perjalanan. Ketiga, mengajarkan anak untuk mengutamakan keselamatan ketika berkendara. Keempat, keamanan. Bukan hanya aman saat terjadi (naudzubillahmindzalik) kecelakaan. Ngerem mendadak aja kadang bisa bikin anak njungkel ke depan, lho.


Penutup

Car seat Joie Transcend Lux ini aku sarankan untuk kamu yang baru mencari car seat ketika anak sudah memasuki usia toddler. Kamu tidak perlu membeli car seat dengan tipe dari newborn sampai berat 36 kg, karena biasanya fiturnya mubadzir dan design-nya tidak optimal untuk toddler.



https://www.nhtsa.gov/equipment/car-seats-and-booster-seats#age-size-rec


Tidak ada komentar