Review Dokter Kandungan di Jogja

Review dr. Enny di Jogja, Review dr. Amy di Jogja, Review dokter SpOG di Jogja, Dokter kandungan yang bagus di jogja, dokter spog yang bagus di jogja, dokter kandungan terbaik di jogja


Sebelum baca postingan ini, baca dulu postinganku tentang Review Dokter Kandungan ya. Disana aku sudah tentukan kriteria subjektif dalam mencari dokter SpOG terbaik (versi aku) hehehe.

___

Kota Jogja itu kota besar ya buibu. Dokter SpOG nya juga tersebar rata, ada yang di daerah utara, timur, selatan, dan pusat kota. Range harganya pun cemacem. Ada RSIA, RS Umum, dan dokter yang praktik di rumah juga buanyak.

Tapi dari sekian banyak itu, aku seleksi jadi beberapa sesuai kriteria dokter pilihanku di postingan ini:

1. Dokter Ami (RSIA Sakina Idaman)

Ini adalah dokter pertama yang kami temui. Ke beliau tanpa baca-baca review dulu, cuma langsung aja ke RS terdekat dari kontrakan. Beliau sempet ngetawain pas tau aku baru 2 bulan nikah dan mau promil. Sempet bete juga sih, orang mau promil kok diketawain? Tapi alasan dokter Ami sih rasional : ga usah terburu-buru, nikmatin dulu aja, masih baru nikah juga. yah gimana lagi ortu udah mendesak.

Ke dokter Ami juga kami datang pertama kali saat aku positif hamil. Beliau mengatakan kalau sudah ada kantung rahim, tapi sayang oh sayang, alat USG nya agak burem / nggak jelas sih menurutku. Aku berulangkali bertanya, mana sih yg namanya kantung rahim? Saking nggak jelasnya di gambar. Sudah gitu yang bikin sebel, aku cek USG tanpa dikasih print out foto, tapi dikenain biaya dong 50 ribu.

Dokter Ami sih baik dan nggak dikit-dikit ngasih antibiotik. Saat sakit batuk sesakku kumat, beliau cuma kasih Silex aja sama diminta untuk minum ester C dan asam folat. Cuman ada satu hal yang aku inget, saat aku coba tanya-tanya tentang tokso:

“dok, saya perlu tes tokso nggak?”
“ah nggak usah, suka makan sushi nggak akhir-akhir ini?”
“engga sih, dok”
“ya sudah nggak usah mbak. Atau tes aja deh kalau mau buang duit biar menjawab kelegaannya,” beliau lantas tertawa.

Ehe.. setelah itu aku sama suami mulai cari opsi dokter yang lain. Setelah dicek, rupanya ada bakteri tokso di tubuhku. Nah...


2. Dokter Ayu (RSIA Sakina Idaman)

Aku ke dokter Ayu karena kebetulan dokter Ami ga bisa praktik. Setelah baca review, banyak yang suka sama dokter Ayu di Sakina Idaman. Beliau cantik dan ramah. Tapi overall beliau sama kayak dokter Ami, cenderung buru-buru dalam meriksa pasien. Konsultasinya nggak bisa lega gitu. Dengan dokter Ayu, aku sempat mendapat nasihat untuk melepas pemakaian skin care "N" yang terkenal itu dan menyarankan aku untuk lebih berhati-hati memilih skin care yang aman untuk ibu hamil.


3. Dokter Detty (RS Happy Land)

Sebetulnya aku belum pernah ke dr. Detty. Dapet nama beliau dari sarannya mbak Ratih, katanya dr. Detty ini recommended banget. Baca-baca di google, eh ternyata banyak yang saranin juga. Dulunya praktik di RSIA Sakina Idaman, rupanya sudah pindah ke Sardjito. Eh ternyata di Sardjito beliau hanya praktik jika ada janji. Akhirnya aku jabanin juga sms dan WA beliau untuk buat janji. Tapi smsku baru dibalas seminggu setelahnya, itu pun isinya beliau minta maaf dan mendoakan agar kehamilan lancar.

Aku yakin sih dr. Detty recommended, tetapi karena praktiknya di RS yang jauh dari kontrakan, jadi aku cari opsi dokter yang lain.

4. Dokter Enny S. Pamudji (RS JIH)

What can I say? She’s the best!! Beberapa kali aku baca review blogger yang cerita mereka sangat terkesan dengan dokter Enny. Setelah aku alami sendiri, memang treatment beliau beda.

Dari personalnya beliau, dr. Enny sangat rinci dalam menjelaskan kondisi janin di perut, bagaimana perkembangannya normal atau tidak. Kemudian dokter Enny juga menyampaikan do’s and dont’s. Dia bertanya aku punya riwayat alergi apa, dan menjelaskan pula beberapa pantangan selama hamil. Selalu terbuka jika aku punya berbagai pertanyaan, dan menjelaskannya dengan baik tanpa terkesan menghakimi. Beliau juga cantik dan ramah. Daan.. nggak pelit ngasih print out hasil USG. Biasanya beliau ngasih 2-3 lembar print out dengan biaya (seingatku) 50 - 65 ribu. Untuk biaya, aku lupa rinciannya yes. Seingatku untuk jasa dokter spesialisnya sekitar 150 ribu, biaya rawat jalan sekitar 15-20 ribu. Itu belum obat atau vitamin jika diperlukan. Jika ditotal bisa habis 200 - 500 ribu (beda-beda tiap pasien ya, tergantung kondisi), memang cukup mahal dibanding RSIA Sakina Idaman ataupun Sadewa. Tapi trust me, vitamin dari dokter Enny sangat membantu aku yang sakit-sakitan ini dan sangat berjasa dalam melancarkan ASI dikemudian hari. Sebelum lahir, alhamdulillah ASI sudah keluar. Setelah aku teliti, rupanya dokter Enny memberi vitamin sebelum lahiran yang memang merangsang hormon produksi ASI gitu. Jadi aku sama sekali tidak menyesal atas rupiah yang ku keluarkan, toh ini untuk kebaikan diri dan buah hati. Aku memilih untuk menghemat di pengeluaran lain aja wehehe.

Pas usia kehamilan hampir 3 bulan, dr. Enny memintaku untuk tes TORCH. Disinilah aku tau beliau orang yang cermat dan hati-hati dalam memberikan obat ke pasiennya. Ternyata bener aja, ditubuhku ada bakteri tokso (mungkin karena aku doyan lalapan dan makan sate). Dinyatakan begitu, aku sama suami sempat down abis. Suami juga parno banget, karena penderita tokso rawan beresiko keguguran.

Tapi apa kata dokter Enny?

Alih-alih memberiku antibiotik, beliau menyarankan aku untuk tes darah 1 lagi khusus untuk mengecek IgM (duh aku lupa banget bener apa nggak ini nulisnya) atau IgG ya (lupa) intinya itu tes untuk memastikan apakah virus toksonya sedang dalam siklus naik atau turun. Seingatku, waktu itu ada sekitar kurang dari 10% bakteri tokso ditubuh, nah kemudian dr. Enny menjelaskan dengan gambar tentang siklus hidup si tokso ini tadi. Rupanya, ditubuhku, si tokso lagi ada di fase turun. Aku bersyukur banget, itu pertanda baik dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Dokter Enny juga tidak memberiku obat-obatan berarti, hanya beberapa multivitamin dan saran untuk banyak minum air putih (3 liter sehari oy!) dan makan buah.

Nah dari sisi fasilitas rumah sakitnya, JIH ini emang layak jadi pilihan. Kayaknya perlu postingan tersendiri untuk cerita tentang JIH.

Baca juga: Review Rumah Sakit JIH Jogja

5. Dokter Mitta (RS JIH)

Aku ke dokter Mitta karena dr. Enny lagi cuti melahirkan selama 1 setengah bulan. Huhu sedih banget sih. Tapi alhamdulillah ketemu dokter Mitta yang baik dan masih muda. Mbak dokter suka berlama-lama mainan USG, aku juga suka banget lah berlama-lama ketemu Mahira di dalam perut. Beberapa kali mbak dokter bilang, ini bayinya aktif dan lucu banget gerak-geraknya. Duh, makin seneng.

6. Dokter Yasmini (RS JIH)

Banyak yang suka dengan dokter ini, terutama ummahat. Aih.. (hehe familiar nggak dengan istilah ini?) Beberapa temen yang bercadar suka ke dokter Yasmini. Kenapa? Setelah aku ke beliau (karena dokter Enny masih cuti) memang beliau terlihat Islami sekali. Disela-sela menerima pasien, beliau menghapal ayat al-Qur’an. Di ruangannya pun selalu terdengar murotal. Saat ke beliau, aku nggak di USG, melainkan hanya mendengarkan detak jantung si janin.

Saat beliau tau aku punya riwayat tokso, beliau langsung ngasih antibiotik. Aku jelaskan ke beliau tentang penjelasan dr. Enny, tapi dr. Yasmini kekeuh, untuk antisipasi mbak, begitu katanya.

Aku dan suami yang gak paham dengan perihal ini, plus kami yang parnoan, jadi nggak punya pilihan lain selain minum antibiotik sambil ketar ketir.

Saat dr. Enny sudah selesai masa cutinya, buru-buru aku bawa obat itu ke beliau. Dr. Enny kaget bukan main, dia sampe memegang kepalanya sambil nyengir. “yaa sudah mbak, tidak usah diteruskan. Sesedikit apapun, yang namanya obat, pasti punya efek samping ke tubuh. Makanya kita perlu hati-hati dalam memberi resep,” begitu kata beliau.

Nah meski demikian, beliau menghargai keputusan dr. Yasmini, sebab tiap dokter punya alasan masing-masing dalam memberi solusi untuk pasien. Beliau juga pernah menggratiskan periksa saat aku kontrol di hari minggu ke beliau. Baik banget deh.

------

Nah itu dia review beberapa dokter SpOG / kandungan di Jogja yang pernah aku kunjungi. Overall, aku sangat cocok sama dr. Enny. Daan belum nemu lagi yang kayak beliau hehe. Kekurangan dr. Enny itu cuma 2: tulisannya jelek dan nggak bisa dikontak via WA (Update: aku lihat sekarang dr. Enny ada nomor WA yang bisa dihubungi. Baiknya tanyakan sendiri ke dr. Enny atau ke perawat).

Asli, aku kesusahan banget baca tulisannya di buku pegangan untuk bumil. Kalau soal komunikasi, aku paham banget sih jadwal beliau emang padet. Bayangkan ya, beliau praktik di JIH dari hari Senin-Jumat jam 07.00 - 14.00 (biasanya mulai dari jam 08.00 - 16.00 karena sering ada tindakan di pagi hari). Dalam sehari, pasiennya bisa 22-25 orang. Satu pasien, biasanya makan waktu 10-30 menit, tergantung pasiennya ya. Karena emang beliau selalu membuka tangan untuk konsultasi. Terus, malamnya masih buka praktik di rumahnya di daerah Adi Sucipto. Aku pernah iseng telp mau praktik di rumahnya, eeh aku dapet nomor antrian yang gilirannya 3 hari kemudian. Beh!

Kebanyakan yang sambat di dr. Enny adalah antriannya yang panjang. Kalau praktik di JIH bisa diakalin loh, karena sistemnya sudah rapi. Bisa ambil nomor di pagi hari sekitar jam 6 atau jam setengah 7. Nanti datang agak siang nggak papa. Atau dikira-kira aja kedatangan sesuai nomornya, kalau ragu bisa telp dulu. Enak kan nggak perlu duduk lama di ruang tunggu.

Baca juga: Review Dokter Anak di Surabaya dan Sidoarjo

Suamiku nggak berhenti berdecak kagum sama dr. Enny. Bagi dia, dr. Enny itu orang yang punya passion tinggi di bidangnya. Kami sampai sangat berat hati ketika memutuskan untuk melahirkan di Surabaya dan ganti dokter.

Saat itu usia kehamilanku sekitar 6 bulan dan ibu sudah wanti-wanti untuk segera pulang sebelum 7 bulan. Dr. Enny punya pertimbangan lain, ia perlu mengontrol kehamilanku hingga usia 8 bulan atau paling tidak 7 bulan akhir. Sempat dr. Enny mengecek panggulku apakah memungkinkan untuk lahiran normal, ternyata memungkinkan.

"Tetapi banyak faktor lainnya mbak, lahiran normal atau tidak belum bisa dilihat sekarang," begitu ujar dr. Enny.

Beliau terlihat agak berat dan menyayangkan ketika aku pamit lebih dulu. Sebagai gantinya, beliau memberikan aku beberapa vitamin untuk terus dikonsumsi selama hamil dan semacam surat pengantar gitu tentang kondisi kehamilan.

Terima kasih banyak ya para dokter yang telah berjasa untuk diri dan anakku.. semoga lain waktu bisa bertemu lagi.

Semoga ulasan personal ini bermanfaat ya, jangan lupa yuk tinggalkan komenmu dibawah :)

Catatan: tulisan ini dibuat berdasarkan pengalamanku tahun 2015-2016. Jadwal dokter bisa berubah dan sebaiknya tetap menelepon rumah sakit yang dituju untuk mengonfirmasinya. Semoga sehat selalu ya, Bunda!

11 komentar

  1. Alhamdulillah sudah menikmati 5 dri 6 dokter di atas, malah dr.enny yg kondang belum dicoba, suka keder liat antriannya. 😊
    Tambahan utk dspog yg recomended di jogja mbak "dr.phyoway" praktek sardjito, klinik indira dan sadewa.Bliau humble, tidak tergesa2, sabar dan selalu bertanya apa ada yang mau ditanyakan lagi di akhir konsultasi.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya terima kasih tambahannya mbak dita :) saya dulu mau ke sadewa dan sardjito juga, tapi belum jodoh hihi padahal kalo sakit apa2 ya ke sardjito :D

      Hapus
  2. Boleh tlg info kontak tempat praktek dr. Enny mba? Hehe.. mau coba cari referensi dokter lain.. thanks b4 mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasanya ke RS JIH mba, kalau kontak rumahnya nomor yg saya simpan ini 0823-2258-7000 tapi ndak tau ya masih aktif atau endak. dicoba sama googling aja mba :) saya belum pernah ke tempat praktik dr. enny yg di rumahnya hehe

      Hapus
  3. Malam ini kontrol di dokter Ami di Sakina. Kecewa berat krn beliau sangat2 tdk menghargai pertanyaan pasien. Sy merasa pertanyaan2 saya dikecilkan.. menurut saya sebodoh atau seawam apapun pertanyaan kita mbok ya dijawab aja biar lega kitanya. Jgn diketawain gitu :( kapok banget.. ga mau kesana lagi. Dokternya perempuan di Sakina tgl beliau doang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huee.. pengalamannya hampir sama ya mba kayak saya. Kalo ngga cocok coba cari dokter lain saja mba. Seingat saya di Sakina Idaman ada bidan juga yang lebih senior.

      Hapus
  4. Wah review ttg dr. Enny. I love her too. Dr awal mau hamil memang udh google cari dokter rekomen d jogja, dan tny2 tnyt memang bnyk yg blg cb dokter enny, krn kehamilan pertama biar dikasi catetan kaya lagi sekolah. Hehe dan bener aja dari awal smp mau lahiran sm dr enny di JIH. Knp milih jih? Krn skrg klo antri di klinik nya baru dapet 16 hari kemudian, yap jdnya jih aja dateng jam 7 dapet nomer antrian 20-25. Sehari dia bs hampir 50 pasien skrg. Bayangkannn... Dan skrg bisa di track lewat aplikasi JIH jd klo udh tinggal 5 antrian siap2 deh brgkt ke JIH. Smp sana cm nunggu 2-3 pasien aja . Asal jgn dtg pas adzan pasti nunggu nya bs sejam krn dr. Enny nya istirahat sholat. Dr. Enny pasti ngasih kertas kosong untuk kita catet apa aja yg diomongin dia, boleh dan tidaknya makanan atau apapun, dan ga pelit kasih print usg, bs sampe 6 lembar. Dan untuk obat dia ga sembarangan kasih obat. Cm vitamin aja.. itu pun klo kita udh beli diluar dia gak kasih resep lg, jd cm bayar jasa dokter dan dan usg aja. Ngejelasin wktu usg juga rinciii, jd gak nyesel milih dr. Enny, dibanding dokter lainnya yg dikit2 kasi obat. Untuk mual aja dr. Enny gak kasi obat cm kasih tips2 biar ga mual. Krn pd dasarny mual itu lumrah kecuali sm sekali ga bs masuk makanan itu pun dia kasi obat klo bs diminum seperempat nya aja.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mbak, makasih sharingnya. aku jadi kangen banget ke jogja dan ke dr. enny lagi.. dokter spog terbaik yg pernah kutemui :)) keren ya sekarang JIH udah ada aplikasinya! dan beneerrr gak pelit print USG. aku juga ngerasain banget manfaat vitamin2 yg diresepin.. ahhh bener2 kangen! anw, sehat2 selalu ya, mbaak..

      Hapus
  5. Yaampun makasih banget udah nulis ini, baru butuh. Krna pnglamandr spig sblmnya Pr*f.A** kurang komunikatif jd pengen yg lain.


    Kl mau periksa di JIH daftarnya harus ksna dlu atau ada nmor via wa ya? Yg tau mohon di balas ya. Trimaksih��

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba telp aja JIH, kak. soalnya kalau dulu tuh saya datang langsung, tapi pandemi gini mungkin beda sistem.

      Hapus
  6. Sekarang dr enny ga ada di JIH 😭 padahal hamil kedua ini pengen ke dr enny lagi, walaupun dulu pas hamil pertama ngeluh antrian panjang 😂 sekarang milih dr mitta prana spog

    BalasHapus