Review Telon Lang, Minyak Telon yang Aman untuk Bayi dan Anak

minyak telon yang aman


Ada masanya aku sangat selektif dalam memilih produk-produk perawatan bayi. Semua itu bermula ketika aku mendapati ada ruam merah pada punggung dan beberapa bagian tubuh anakku. Awalnya aku kira dia kepanasan, tapi, kamar kami sudah ada AC-nya. Setelah aku cek berkali-kali, ternyata salah satu masalahnya ada pada penggunaan minyak telon yang kurang cocok dengan anakku.


Aku kira, yang namanya minyak telon itu selalu sama bahannya, baik bahan utama maupun tambahannya. Ternyata tidak, minyak telon di pasaran itu berbeda-beda komposisinya. Selain bahan utama berupa minyak adas (Oleum Foeniculi), minyak kayu putih (Oleum Cajuputi), dan minyak kelapa (Oleum Cocos), ada yang diberi tambahan zat lain yang bisa jadi kurang cocok untuk anak. Ada pula yang diberi aroma tertentu untuk menambah khasiat atau manfaat.


Setelah aku coba beberapa merek minyak telon yang bagus, alhamdulillah ada juga yang cocok dengan anakku. Salah satu yang masih aku gunakan hingga saat ini adalah Telon Lang dan Telon Lang Plus. Aku kerap mengoleskan keduanya ke anak-anakku. Kalau lagi masuk angin dan banyak nyamuk, aku mengoleskan Telong Lang Plus. Kebetulan saat ini aku tinggal di Surabaya Timur yang beuh… nyamuknya banyak banget! Jadi, kehadiran Telon Lang Plus ini sangat membantuku. 


Pada tulisan kali ini, aku akan memberi sedikit ulasan penggunaan minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus.


Minyak Telon Lang, Kandungan Alami untuk Bayi

Tadi di atas aku katakan terkadang ada beberapa merek minyak telon yang menggunakan bahan tambahan yang bisa jadi sensitif untuk kulit bayi yang baru lahir. Minyak Telon Lang tidaklah demikian. Kandungan minyak Telon Lang ini alami, tanpa tambahan apa-apa lagi. Dapat aku katakan bahwa ini adalah minyak telon yang cocok untuk bayi baru lahir. Bahannya ya hanya minyak adas 70.80 mg, minyak kayu putih 287.62 mg, dan minyak kelapa 526.58 mg. Kendati nggak ada bahan tambahan, terkadang tetap ada bayi newborn yang kulitnya bereaksi terhadap bahan-bahan di atas. Jadi, bunda tetap harus memerhatikan setelah pemakaian, ya.


Telon Lang ini bisa kita balurkan di dada, perut, punggung, dan telapak kaki setelah mandi atau jika udara dingin. Secukupnya saja, ya, tidak perlu terlalu banyak. Kalau dulu perawatnya anak-anak tuh selalu bilang kalau pakai telon sedikit saja sudah cukup, agar jika anak sakit, bisa lebih berkhasiat jika diaplikasikan. 


minyak telon yang amanminyak telon yang aman

Fungsi minyak Telon Lang ini yang utama adalah menghangatkan tubuh bayi dan membantu meredakan perut kembung. Kalau mau digunakan sebagai campuran minyak pijat untuk bayi juga bisa. 


Yang aku suka dari minyak Telon Lang ini adalah dia mudah ditemukan. Bunda bisa membeli di supermarket terdekat, di pasar, dan online. Harganya pun beragam ya, sekitar 20-30 ribuan. Lalu, yang juga unik dari Telon Lang ini adalah botolnya yang lebih nyaman digenggam. Bagian tengahnya datar dengan bagian atas dan bawah yang lebih melengkung. Kita juga dapat melihat minyak secara keseluruhan karena botolnya bening.


Review Telon Lang Plus, Cocok Digunakan Saat Musim Hujan

Itu tadi soal Telon Lang. Ada lagi produk lain yang juga aku gunakan dalam waktu khusus yaitu Telon Lang Plus. Soalnya, Telon Lang Plus ini minyak telon yang memiliki komposisi tambahan dan bermanfaat untuk menghindari gigitan nyamuk, menghangatkan tubuh bayi, menjaga kelembaban kulit bayi, menghindari masuk angin, membantu meredakan perut kembung. Oh, ya, minyak Telon Lang Plus ini juga bisa buat pijat bayi, lho


Kata Plus pada Telon Lang Plus ini memang merujuk manfaat extra yang diberikan oleh Telon Lang Plus. Tambahan komposisi ini berupa natural rhodinol (oleum citronella) 3.0%, Oleum Chamomillae 3.0%, Oleum Olivarum 4.0%, Oleum Anisi 8.5%, Oleum Cajuputi 31.5% dan Oleum cocos 50.0%. Berkat tambahan manfaat di atas, Telon Lang Plus jadi bisa melindungi dan menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk hingga 10 jam. Kalau menurutku, Telon Lang Plus ini anti nyamuk aman untuk bayi karena kita cukup mengoleskan di bagian tubuh bayi tertentu saja dan sudah efektif untuk membuat nyamuk enggak mendekat. Berbeda dengan lotion anti nyamuk yang biasanya berpotensi membuat kulit bayi yang baru lahir iritasi karena harus dioleskan ke kulit tangan, kaki, dan lain-lain. Aku udah pengalaman nih, bayiku dulu kukasih lotion anti nyamuk malah gak bisa tidur dan garuk-garuk terus, hiks. Akhirnya ya cukup pakai Telon Lang Plus ini. Minyak telon ini cukup cocok dengan kulit anakku yang sensitif.


minyak telon yang amanminyak telon yang aman



Kalau Buibu mau beli, Telon Lang Plus ini warnanya boxnya putih, ya. Trus ada gambar nyamuk dicoret, hehe. Oh, ya, kedua produk baik Telon Lang dan Telon Lang Plus ini sudah berlogo halal. Ini tentu semakin membuat Buibu yakin bahwa Telon Lang Plus dan Telon Lang aman untuk anak-anak.


Pengalaman Memakai Telon Lang Plus dari Bayi Sampai Sekarang

Dari pengalamanku menggunakan Telon Lang dan Telon Lang Plus, minyak ini sangat cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir, tinggal di daerah yang dingin, banyak nyamuk, menjaga bayi sehat selama pandemi, dan cocok digunakan pada musim hujan seperti ini. 


Tahu sendiri, kan, bayi itu mudah masuk angin dan mengalami perut kembung. Penyebabnya bermacam-macam, bisa karena pelekatan menyusui yang kurang pas, karena sistem pencernaan yang belum sepenuhnya siap untuk mencerna makanan, dan karena tidak cocok pada susu maupun MPASI yang dikonsumsi. Meski demikian, Buibu nggak perlu khawatir karena semakin anak tumbuh besar, risiko anak mengalami perut kembung dan masuk angin ini bisa lebih berkurang karena sistem pencernaan yang juga lebih matang dan tubuh anak yang telah pintar menyesuaikan diri dengan lingkungan. 


minyak telon yang aman
Kiri: minyak telon lang plus. kanan: minyak telon lang.



Selama memiliki 2 anak, aku sudah pernah merasakan dinamika itu. Jadi aku sangat maklum kalau Buibu yang punya bayi gampang mengeluh anaknya rewel masuk angin atau kembung, soalnya, memang nyaris semua bayi ngalamin. Maka dari itu kita perlu mengatasi dengan cara yang tepat. Sedia Telon Lang dan Telon Lang Plus ini salah satu caranya. 


Kalau anak sudah agak besar, seperti anak keduaku yang sudah berusia 2 tahun, minyak Telon Lang Plus ini masih bisa digunakan, kok. Kadang aku membiarkan anak-anakku memilih mau pakai minyak Telon Lang yang mana, karena mereka sudah bisa memilih. "Mau yang warnanya putih atau kuning, niihh..." hihi.


Itu tadi ya review minyak telon yang aman buat bayi yakin Telon Lang dan Telon Lang Plus. Buibu apakah ada yang pakai Telon Lang dan Telon Lang Plus? Ceritain yuk tentang pengalamannya saat menggunakan minyak telon yang bagus ini :)


CONVERSATION

36 komentar:

  1. Aq juga pakai minyak telon lang dan telon lang plus buat anak-anak nih mbak.

    BalasHapus
  2. Sampai sekarang masih suka pake minyak Telon Lang buat anak-anak. Harum dan nyaman buat anak, jadi pengen nyiumin terus. :)

    BalasHapus
  3. Mirza juga aku pakaikan minyak Telon Lang dan Telon Lang Plus ini, Mba. Bahkan di umurnya yang udah 3,5 tahun dia masih pakai Mba. Aku suka karena hangatnya pas dan tidak panas. Selain itu wanginya itu natural dan enak banget. Apalagi wangi Telon Lang Plus yang paling favorit.

    BalasHapus
  4. Akuu pakai Telon Lang Mbak. Wanginya enak hehe apalagi yang plus Karena Ada chamomile nya

    BalasHapus
  5. Anak2ku udah abg, tapi masih suka pakai Telon Lang Plus. Papanya anak2 juga masih demen pakai hehehe :D Fakhri si bungsu kan senang gowes tiap sore. Kadang kehujanan dan kena nyamuk nakal. Abis mandi dibalurin minyak telon ini jadi hangat dan terhindar dari gigitan nyamuk. Jadi multi fungsi nih Telon Lang dan yang ada Plus-nya.

    BalasHapus
  6. Wah double manfaatnya ya. Selain menghangatkan juga bisa menghindari gigitan nyamuk. Aku belum pernah nyobain telon lang ini, kayaknya patut dicoba ni..

    BalasHapus
  7. Baru tahu kalau kandungan minyak telon setiap merek itu beda2. Jadi harus hati-hati ya moms pilih minyak telon, apalagi buat kulit bayi yang sensitif. Dari anak pertama sih saya selalu pakai telon lang, Alhamdulillah aman.

    BalasHapus
  8. Salah satu hal yang membuat saya suka minyak telon lang adalah wanginya harum bayi banget dan bikin nyaman bahkan sampai anak saya umur 5 tahun saat ini juga masih pake. Selalu sediain di rumah duo minyak telon ini agar anak selalu hangat dan terlindungi :)

    BalasHapus
  9. Pilihan terbaik ya mbak Telonlang plus ini buat anak-anak. Selain menyenangkan aromanya hangatnya juga pas banget

    BalasHapus
  10. Minyak telon bukan hanya cocok untuk bayi Bunda tapi untuk dewasa cocok. Kalau sakit perut dan kerokan saya selalu pakai minyak telon lang.

    BalasHapus
  11. Ini mah enak bangetttt aromanya mbak, wah cocok yess buat musim hujan begini hehhehe

    BalasHapus
  12. jadi ceritanya kemarin keponakanku sakit perutnya trus sama mamahku dipijat betis dan kakinya dengan minyak telon lang ini, alhamdulillah membaik

    BalasHapus
  13. Sama banget kita mbak, anakku juga kulitnya sensitif dan beberapa merk telon tak cocok di dia. Syukurlah Telon Lang ini cocok. Ampuh banget proteksi dari nyamuk nakal pula, favorit pokoknya!

    BalasHapus
  14. Kudu anget sedia minyak telon Lang.
    Kami sampai sekarang selalu sedia loo...karena anakku yang 8 tahun, kalau dikasih minyak lain, suka rada kepanasan, katanya.
    Yang pas ya...Telon Lang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istimewanya telon lang adalah ada proteksi dari gigitan nyamuk.
      Meski di Bandung jarang nyamuk, tapi sekalinya ada sangat meresahkan sekali. Kudu pake Telon Lang untuk menghalau semua itu.

      Hapus
  15. Anakku juga masih pakai minyak telon, mba. Menghangatkan badan walau usia udah gede

    BalasHapus
  16. Pas banget musim hujan begini, Mbak Nab, pakai minyak telon buat anak. Hangat dan aromanya itu loh enak banget Telon Lang. Udah terkenal khasiatnya produk dari Cap Lang, jadi ga perlu waswas pakai. Bisa juga lindungi anak dari gigitan nyamuk, jadi anak bisa bebas bermain di luar ya Mbak. Inovasinya selalu terdepan.

    BalasHapus
  17. Saya pengguna minyak telong lang plu, Mbak. Alasannya karena saya dan anak cewe sensitif terhadap gigitan nyamuk.

    Nah, saat hendak beraktifitas, sebelumnya tangan, kaki, lehet, diolesi minyak telon lang plus ini, supaya gak kena gigitan nyamuk. Jadi aktifitas nyaman ya, Mbak

    BalasHapus
  18. Suka sama aromanya minyak telon. Saya juga masih suka pakaikan ke anak yang besar. Buat mencegah gigitan serangga dan supaya badan hangat

    BalasHapus
  19. Kalau udah nama Cap Lang itu jaminan bagus ya mbak. Minyak telonnya juga favorit banyak orang tua

    BalasHapus
  20. telon lang ini favorit mba dari anak pertama, jadi keterusan deh pake terus untuk anak kedua sampai sekarang, suka sekali sama wanginya dan kalo rajin pake jadi wangi yang khas buat anak kita

    BalasHapus
  21. Warnanya jernih dan aromanya seger banget ya mbak. Jadinya anak-anak suka, bisa sebagai penghangat maupun aroma therapy. Saya pun suka pake jika hawa pas dingin atau habis mandi. Aromanya tuh menenangkan :)

    BalasHapus
  22. Baca tulisan ini di tengah malam sambil pakai telon Lang, nyaman banget
    Karena perpaduan minyak adas, dan minyak kelapa nya pas banget minyak

    BalasHapus
  23. Minyak Telon Lang ini memang selalu jadi andalan keluargaku dari sejak dulu bahkan sampai sekarang aku masih suka banget sama wanginya hihi

    BalasHapus
  24. Waktu kecil anak-anakku juga pake minyak telon ini. Dari beberapa merk yang kucoba, memang yang Telon Lang nih paling enak aromanya dan terasa hangat saat dioleskan di tubuh mereka.

    BalasHapus
  25. Minyak telon wajib ada kalo punya bayi dan anak kecil ya. Wanginya enak dan bikin badan hangat.

    BalasHapus
  26. emang ya kalo buat di keluargaku pake telon itu jadi kewajiban sampe sekarang anakku sekolah juga masih aku pakein, telon lang juga the best banget kualitasnya

    BalasHapus
  27. Minyak telon ini awetnya luar biasa lho bun, ya. Aku suka meski udah dewasa pake hehehe
    nyaman gitu keingat ibuk soalnya.

    BalasHapus
  28. Kalau aku wajib banget anakku pakai telon, dari bayi dan sampai sekarang 7 tahun masih suka aku oleskan minyak telon. Selain emang bikin dia hangat terutama sehabis mandi.

    BalasHapus
  29. Saya baru tahu nih kalo adu ya varian minyak telon Lang plus yang bisa buat usir nyamuk. jadi multifungsi gitu yah bund. Dan saya suka banget sama warna kemasannya, kuning dan putih..Eye catchy

    BalasHapus
  30. aku sampe gede pun masih suka pake minyak telon karena segar banget buat hidung yang tersumbat dan untuk menghilangkan bentol di kulit :D

    BalasHapus
  31. benar mbak, meski anakku udah g bayi
    sampai sekarang juga masih pale minyak telon lang ini
    selain memberikan kehangatan juga melindungi anak dari gigitan nyamuk

    BalasHapus
  32. Masih pakai Telon Lang sampai kini...
    Merindu wangi bayi, kami sering pakai telon lang untuk menyembuhkan luka-luka memar pada anak.

    BalasHapus
  33. Minyak Telon Lang selalu jadi andalan buat anak-anak nih. Kemanaa-mana juga aku bawa. Apalagi kalau lagi main di taman, suka banyak nyamuk kan ya.

    BalasHapus
  34. aku lagi program anak ketiga ini, tapi blm berhasil. tar deh kalo punya bayi lg, baru ikutan review. kalo skrg bayi kucing ada 5, gak ada yg pake telon

    BalasHapus
  35. Minyak telon ini memang salah satu produk wajib yang harus ada ya mom kalau kita punya bayi. Soalnya manfaatnya banyak banget

    BalasHapus

Back
to top