Aman dan Bagus Banget! Review Korset Pasca Melahirkan Nano Bamboo dari Mamaway

review korset mamaway bamboo


Perjalananku memilih korset yang bagus untuk ibu melahirkan cukup panjang. Menurut adat Jawa, ibu yang baru melahirkan itu harus mengenakan gurita untuk ibu atau ada pula yang mengenaan kendit. Kalau kamu belum tahu, bentuk gurita itu ya sebetulnya seperti korset, hanya saja terbagi menjadi 3 sampai 5 bagian. Apakah nyaman? Tentu saja tidak. Aku tersiksa banget apalagi setelah melahirkan anak pertama, berat badanku masih stuck di 82 kg dari yang awalnya hanya 50an saja. Tapi aku tidak enak karena ibuku sudah terlanjut membelikan dan ingin menghormati adat. Aku masih beruntung tidak diminta untuk memakai jarik setiap waktu hihi.

 

Akhirnya aku meminta izin untuk memakai korset yang biasa saja. Kala itu tahun 2016, tidak banyak pilihan yang aku punya. Aku membeli korset seadanya dan ternyata kurang nyaman untuk kugunakan. Aku pun tidak lagi menggunakan korset sebagai “jalan ninja” untuk mengecilkan lingkar perut. Alhasil, aku harus makin erat menutup telinga dari komentar-komentar yang menjurus ke arah body shaming pasca melahirkan lantaran aku perlu waktu yang sangat lama untuk menurunkan berat badan. Asli, nggak nyaman banget dengernya dan kadang terasa sangat menyakitkan.

 

Tahun ini aku mengamati diskusi teman-temanku di grup WA. Mereka membicarakan salah satu korset yang aman untuk ibu yang melahirkan caesar. Nama brandnya Mamaway. Sebagai ibu yang dua kali melahirkan caesar, aku pun penasaran dong, ya. Sebab, dulu rasanya susah mencari korset yang bagus pasca melahirkan. 

 

Kebetulan sekarang aku mendapat kesempatan untuk mencoba korset Mamaway Nano Bamboo yang bagus ini. Kok ya ndilalah aku lagi ikhtiar juga karena berat badanku sudah naik di ambang batas ideal karena susah banget mengontrol pola makan selama pandemi. Lingkar perut dan lingkar paha membesar. Selain melakukan perbaikan pola makan dan olahraga, aku juga menggunakan korset dari Mamaway Nano Bamboo ini biar bisa kembali ke berat badan yang aku inginkan yakni sekitar 52 kg!

 

Sekalian nih aku mau nulis review korset pasca melahirkan dari Mamaway ini. Baca review korset Mamaway Bamboo dariku sampai tuntas ya, Bund. Aku juga akan berbagi pengalaman berjuang menurunkan berat badan pasca dua kali melahirkan.


review korset mamaway bamboo
Korset pasca melahirkan caesar dari Mamaway yang aku pakai sampai sekarang.


Badan yang Melar Setelah Melahirkan itu Normal

Ada banyak banget perubahan pada tubuh kita setelah melahirkan. Itu normal banget sebetulnya. Kendati begitu, tetap saja kondisi ini bisa membuat kita ngerasa down dengan mudah. Apalagi kalau dibarengin dengan komentar-komentar pedas dari orang terdekat.

 

Aku pun pernah mendapat komentar yang menyebalkan. Pernah dibilang seperti gajah, seperti plembungan atau balon tiup yang tiba-tiba membesar, hingga mengasihani suami lantaran badanku yang membesar. Sedih banget lho rasanya mendengar komentar seperti itu, apalagi kalau ucapan buruk itu datang dari orang yang dekat seperti keluarga atau teman.

 

Dampaknya apa? Buat sebagian Bunda, kalimat yang negatif seperti itu malah membuat krisis percaya diri dan bisa membuat bunda mengalami kendala pasca melahirkan seperti baby blues. Sudah lelah pasca melahirkan, berjuang menyusui dan memberi MPASI untuk anak, eh masih menerima tekanan dari sekitar tentang kondisi badan. Apabila ada diantara Bunda yang mengalami hal ini, aku hanya ingin meyakinkan bahwa kondisi ini bukan bersifat permanen. 

 

Aku berani mengatakan demikian karena aku sudah membuktikannya sendiri. Dua kali melahirkan, dua kali pula aku merasakan mampu menurunkan berat badan dari 80an kilogram ke sekitar 55 kilogram. Ini sangat mungkin kita lakukan, kok! Jadi jangan putus asa, ya, Bunda. Aku pun akan membagikan strategi yang aku lakukan ketika ikhtiar menurunkan berat badan pasca melahirkan anak pertama dan kedua.

 

Strategi Menurunkan Berat Badan Pasca Dua Kali Melahirkan

Aku memilih untuk melakukan “gerakan bawah tanah” untuk menurunkan berat badan. Maksudku, tidak banyak bicara, tahu-tahu ada hasilnya. Ini terbukti berhasil, karena beberapa orang yang dulu mengejek tubuhku, sekarang seringkali kaget dan berucap, “Kok sekarang jadi langsing lagi, ya?” Hihi.

 

Dulu pasca melahirkan anak pertama, aku tidak melakukan banyak upaya menurunkan berat badan. Berat badanku mulai kembali normal pasca 2 tahun. Cukup lama, ya, karena ya memang tidak terlalu ngoyo.

 

Begitu selesai melahirkan anak kedua, aku tidak mau mengulangi kesalahan yang sama. Aku melakukan beberapa strategi. Pertama, aku memilih untuk memberikan ASI Eksklusif untuk anak-anakku. Kurasa ini juga membantu mengurangi berat badan ya karena kadang kita harus begadang untuk menyusui dan memompa ASI.

 

Kedua, aku memilih untuk mengatur pola makan. Kebetulan anak keduaku mengalami anemia defisiensi besi ketika bayi dan aku pun banyak belajar tentang gizi untuk menurunkan berat badan. Aku mulai mengatur porsi makan, waktu makan, dan memerhatikan asupan nutrisi untuk tubuhku. 

 

Ketiga, aku berupaya merutinkan olahraga. Sejujurnya, aku bukan orang yang suka banget berolahraga. Jadi aku memilih olahraga yang paling ringan, seperti jalan pagi atau sore, berenang kalau lagi staycation di hotel, dan workout di rumah. 

 

Keempat, aku memakai korset yang sesuai dengan kondisi pasca melahirkan. Sempat aku singgung di atas bahwa aku sudah mencoba beberapa jenis korset. Mulai dari yang berbentuk gurita, yang bentuknya standar dan agak kaku, korset dengan banyak hiasan renda, hingga korset yang aman setelah melahirkan operasi caesar seperti korset Nano Bamboo Mamaway. 

 

Setelah menjajal berbagai korset, aku pun menyepakati pendapat teman-temanku. Mereka menyatakan bahwa sebaiknya setelah melahirkan itu ya memakai korset khusus untuk ibu yang sudah melahirkan. Sebab, sudah pasti desainnya berbeda dan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan ibu. Dengan produk yang tepat, kita pun bisa terbantu lebih optimal dan lebih cepat untuk kembali mengecilkan lingkar perut dan mengurangi lemak. 


review korset mamaway bamboo
Before dan after. Foto before sekitar bulan Agustus 2021 dan foto after bulan Desember 2021.


Alasan Korset Mamaway Cocok Buat Bunda

Kalau buat aku, tentu aku menaruh prioritas pada korset yang aman. Aku sudah dua kali melahirkan secara caesar dan terkadang kalau perut ini terlalu ditekan (oleh korset misalnya) bakal terasa sakit. Dulu aku baru berani memakai korset ya setelah sebulan operasi. Ternyata, korset Nano Bamboo Mamaway ini sudah bisa digunakan setelah proses melahirkan secara caesar 

 

Korset Mamaway ini mendapat rekomendasi dari ahli fisioterapi dan termasuk pakaian kompresi TGA yang disetujui (ARTG No. 262712). Bagian tubuh yang turut ditopang oleh korset Mamaway ini adalah rahim, perut, panggul, punggung, dan tulang belakang dengan fokus tekanan untuk menahan dinding rahim yang membesar, kulit kendur, dan mengembalikan otot ke tempatnya pasca persalinan.

 

Korset Nano Bamboo Mamaway ini juga bisa menopang punggung kita ketika menyusui dan menggendong bayi. Bahannya mengandung arang bambu yang bersifat antibakteri dan mampu memancarkan sinar inframerah-jauh untuk meningkatkan sirkulasi. Sehingga kita pun tidak merasa engep ketika memakai korset karena kulit tetap bisa “bernafas”. 


review korset mamaway bamboo
Tekstur korset Mamaway Nano Bamboo


Tadi aku sempat menyebut bahwa korset terbaik untuk ibu ya adalah korset yang dibuat khusus untuk ibu setelah melahirkan. Nano Bamboo dari Mamaway ini contohnya. Desainnya menarik, dapat menyesuaikan tubuh ibu, dan terlihat beda. Korset ini menyediakan sistem pengikat tiga langkah yang mudah kita gunakan. Ada velcro yang dapat kita sesuaikan kadar keketatannya agat tidak merasa terlalu sempit atau longgar. Velcro ini juga mudah menempel, jadi cukup nyaman ketika kita gunakan bergerak. 

 

Sekadar kiat dari saya, Mamaway mampu membantu lebih optimal dengan cepat untuk mengoreksi postur tubuh apabila kita kombinasikan pula dengan olahraga dan mengatur pola makan. Sebetulnya, olahraga itu tujuannya bukan untuk mengecilkan tubuh sih, tetapi untuk menjaga kebugaran. Sementara pola makan yang bagus dapat membuat tubuh kita bekerja lebih optimal.


review korset mamaway bamboo


Belinya Di Mana?

Korset Nano Bamboo Mamaway ini kurasa sudah cukup populer, ya. Teman-temanku saja banyak yang membicarakan. Kamu bisa mengintip Instagram Mamaway untuk melihat testimoni bunda yang lainnya. Untuk informasi produk secara lengkap, aku sarankan membaca di website Mamaway. Nah, kalau mau beli, saranku ke marketplace seperti Shopee Mamaway. Mau aku beri tip penting? Gunakan koin agar mendapat potongan harga lebih banyak, belanjalah ketika ada “tanggal cantik” seperti 11.11 atau 12.12 atau 1.1 karena Shopee rajin menebar voucher cashback menjelang tanggal tersebut. Jadi, kita bisa menuai dua keuntungan deh, mendapat korset berkualitas dan dapat potongan harga! Hihi.

 

Baiklah, sudah selesai nih tulisan tentang review korset Mamaway Bamboo dariku. Apakah bunda sudah pernah memakai korset ini? Coba bagikan pengalamanmu dalam menggunakan korset pasca melahirkan di kolom komentar, yuk.

 

 


24 komentar

  1. Jadi inget zaman istri lahiran pertama di kampung, istri harus pakai korset yang katanya menyiksa banget. Sekarang perkembangan korset semakin bagus ya. Ada produk dari Mamaway Nano Bamboo yang didesain khusus untuk wanita setelah melahirkan. Nice info Mba Nabilla...

    BalasHapus
  2. Semakin berkembang zaman semakin banyak pilihan ya mba. Saya dulu juga susah memilih korset apalagi kalau harus sesuai adat beneran. Sekarang semakin terbantu ya dengan adanya korset nano bamboo dr Mamaway.

    BalasHapus
  3. Ini bisa adhust nggak sih mbak, kalau pakai dress bisa nih pakai korset juga, biar bentuk tubuh juga bagus, struktur tulang juga bagus

    BalasHapus
  4. Korset ternyata banyak jenisnya ya kak. Kukira ya cuma satu aja wkwk. Fitur korsetnya juga keren tuh. Apalagi untuk pasca melahirkan. Kan ga bisa seenaknya pakai korset. Kalo pake korset ini, bisa memberikan tampilan sempurna, kurus langsing, selain tentu saja menyehatkan.

    BalasHapus
  5. Memang sebaiknya sehabis melahirkan pakai korset khusus untuk melahirkan ya mba bukan korset yg biasa, bahannya pun ramah lingkungan ya jadi lebih aman untuk para ibu

    BalasHapus
  6. Memakai korset ini termasuk perawatan pascamelahirkan, ya, Kak. Memang sebaiknya mengenakan korset khusus.

    BalasHapus
  7. Teman andalan para mama nih ya kak. Bahannya loh bagus. Modelnya juga standar dan seperti nya bikin nyaman

    BalasHapus
  8. Aku kayaknya perlu pake korset juga nih mba, soalnya perutku sudah mulai nggabisa dikendalikan dan ngga bisa balik ke bentuk semulaa kayak dulu pas kuliah langsing cihuy haha

    BalasHapus
  9. Pasca melahirkan memang bikin badan melar terus. Saya juga waktu abis melahirkan berat badan masih di angka 72 kg, beneran bikin stress.

    Iya, saya sempet juga pakai kain jarik, tapi beberapa hari aja. Terus pakai gurita juga gak lama, pakai korset juga gak lama karena gak nyaman.

    Alhasil, perut melebar aja. Berat badan gak turun. Saya berat badan berangsur turun setelah masuk kerja lagi. Dari 72 kg sekarang 65 kg, lumayan lah.

    Pas masuk kerja juga banyak yang komentar, "Kamu jadi lebar banget," 🙄🙄

    BalasHapus
  10. duuh paling gemes emang ya Mbak, kalau kita dapat celetukan tentang tubuh kita, apalagi dari keluarga sendiri ya, huhuh, saya sampe bilang ke Tante yg suka godain kalau itu Mom shamming, stop lakukan itu, hihih
    mau coba juga korset Mamaway ini, gak ada problem lain sih setelah melahirkan, kecuali daerah perut yang jadi ndut ini *itu sih saya :D

    BalasHapus
  11. Buat para ibu kehadiran korset Mamaway ini jadi hadiah terindah ya, karena bisa mendukung mereka untuk tetap menjaga tubuh.

    BalasHapus
  12. usai melahirkan, seorang ibu juga mesti memperhatikan postur tubuh dirinya sendiri yaa, tetep bisa memperbaiki bentuk tubuh sembari merawat bayi pake korset mamaway nih, menarik banget ya mengandung arang bambu jadi ada tambahan fitur anti bakteri dan memancarkan sinar infra merah, keep infonya ahh buat masa mendatang hehe

    BalasHapus
  13. Kalau sudah mendapat rekomendasi dari ahli fisioterapi jadinya lebih yakin untuk menggunakan korset ini. Rekomendasi ahli sangat penting sih dalam memilih produk.

    BalasHapus
  14. Korset sekarang keren keren ya kak, aku sendiri masig single, terakhir lihat bagaimana repotnya ibu ibu melahirkan itu ibu saya sendiri sekitar 19 tahun lalu, saat adek terakhirku lahir, beliau pakai korset jadul yang mayan merepotkan 😂. Beda banget sama punya ibu ibu jaman now

    BalasHapus
  15. Keliatan nyaman nih dipakenya korsetnya, nggak ribet juga pakenya nggak usah sibuk lilit-lilit, dan bahannya juga kayaknya adem dipakenya, bisa jadi rekomendasi nih buat ibu yg baru melahirkan

    BalasHapus
  16. waktu lahiran aku gak pake korset atau gurita, karena cesar, hehe. tapi bisa rekomendasiin produk ini untuk mengecilkan perut karena lemak ya mba

    BalasHapus
  17. ah iya, inget dulu pas lahiran diminta ibu mertua pake korset yg tradisonal
    rasanya tersiksa bgt
    klo pake korset mamaway ini nyaman ya mbak

    BalasHapus
  18. Wah, boleh nih saya rekomendasikan ke Istri. Karena sebelumnya korset yang dipakai sepertinya agak susah pakainya, harus saya yang bantu ketika mau pakai korset tersebut. Sepertinya korset Nano Bamboo Mamaway didesign dengan ergonomi yang sangat baik yaa Kak, apalagi dengan kandungan arang bambunya sebagai anti bacteria dan juga mampu melancarkan sirkulasi karena memancarkan infra red.
    Thanks banget infonya yaa Kak..

    BalasHapus
  19. korsetnya bagus nih yaaa buat yang baru melahirkan or buat yang lagi program diet biar shape tubuhnya tetap bagus yaaa, jadi pengen cobain deh

    BalasHapus
  20. Aku juga pake korset mba kemarin2, padahal belum melahirkan. Bb naik, jadi pake korset kalo di acara tertentu biar keliatan singset. Hehe. Btw, makasih rekomendasinya mbaa.

    BalasHapus
  21. praktis kalau pakai korset begini apalagi yang kayak mamaway ini, aku dulu masih pakai setagen/centing jadi ya.. ribet dan makan waktu banget..

    BalasHapus
  22. Akutu kemarin lagi cari korset gitu kan.. terus suamiku gak percaya, katanya "Masa betah pakai korset begitu?"
    Huuhu.. Doi gak tahu perjuangan Mama pasca melahirkan, aku rutin pakai korset, meski dulu korset yang konvensional, dari kain 8.5 m dililit.

    Sekarang sudah ada solusi banget nih..menggunakan Korset Nano Bamboo Mamaway yang nyaman.

    BalasHapus
  23. oke ini bisa jadi wishlist pas nyari kebutuhan melahirkan kelak, mantap sekali ya

    BalasHapus
  24. Wuih enak banget keknya korset ini.. aku selama ini takut mau pakai korset habis lahiran, akibatnya sekarang bergelambir huhuhu. Kira2 kalau lahirannya udah lama, masih bisa dipakai nggak ya korset ini..

    BalasHapus